Sunday 1 September 2024

SOAL - JAWABAN ASURANSI PERSONAL (Personal Insurance) March 2006 – Sept 2011 PERSIAPAN UJIAN AAMAI – AAAIK Disusun Oleh : Ir. Sudarno Hardjo Saparto AAIK, QIP, Ahli K3


 

BAB 1 DEVELOPMENT AND CURRENT ENVIRONMENT

  

1.1           Selain kemampuan tehnik, sebutkan 5 (lima) hal yang harus dimiliki seorang staff dalam menjalankan tugasnya berkaitan dengan pengembangan dan lingkungan bisnis saat ini untuk kepuasan pemangku kepentingan (stakeholder). (Sept 2009 no 1)

 

Jawaban :

1.              Dapat membuat visi perusahaan menjadi realitas

2.              Orientasi Nasabah

3.              Komunikator yang baik

4.              Pendengar yang baik

5.              Fliksible dan bisa beradaptasi dimana mereka dapat berinisiatif yang bisa memahami secara jelas prinsip asuransi dan ketentuan dalam polis

6.              Memiliki komitmen dalam pelayanan kualitas pada nasabah

 

1.2           Personal Insurance merupakan asuransi yang secara langsung berhubungan dengan individu. Uraikan 4 (empat) jenis produk yang temasuk didalamnya. (Sept 2006 no 1)

 

Jawaban :

Personal insurance berarti asuransi yang ditujukan kepada, atau berhubungan dengan perorangan dan memasukkan produk produk tersebut sebagai:

 

            1.         Building insurance (asuransi bangunan);

2          Contents insurance (asuransi isi bangunan);

3          Personal possession insurance (asuransi kepemilikan perorangan);

4          Caravan insurance (asuransi kereta caravan);

5          Personal accident & sickness (kecelakaan perorangan dan sakit);

6          Legal expenses (biaya-biaya yang berkaitan dengan hukum);

7             Travel (perjalanan)

 

1.3       Sebutkan 6 (enam) jenis asuransi personal. (Sept 2008 no 1)

 

      Jawaban : lihat diatas

 

1.4            Sebutkan 6(enam) jenis produk asuransi Personal (Okt 2010, 2)

 

Jawaban : lihat diatas

 

1.5           Sebutkan 6 (enam) karakteristik Insurable risk. (Sept 2009 no 2, mar 2011 no 1 )

Jawaban :

1.              Harus dapat diukur secara financial

2                Harus dalam jumlah yang besar atas risiko sejenis

3                Resiko merupakan resiko murni (pure risk) dan sebagian (particular risk)

4                Harus terjadi secara tiba-tiba (fortuitous)

5                Risiko tidak bertentang dengan kepentingan public

6                Harus ada insurable interest

 

   

 

PENJELASAN

1          Harus dapat diukur secara finansial.

Selanjutnya, jika pelanggan mengajukan klaim untuk item-item yang dicuri dalam suatu kebongkaran, perusahaan asuransi akan perlu melakukan penilaian dari item-item yang diajukan klaimnya.

 

2          Harus ada sejumlah besar resiko-resiko yang mirip (similar).

Sebagai contoh, karena banyak pemilik rumah yang ingin mengasuransikan rumah mereka terhadap kebakaran, perusahaan asuransi menyediakan jaminan untuk hal ini.

 

3          Resiko harus murni dan khusus, tidak harus melibatkan kemungkinan keuntungan keuangan, suatu contoh mungkin ada suatu kontribusi untuk jendela “double glazed” yang menggantikan jendela “single glazed”.

 

4          Harus secara kebetulan (fortuitous)

Jika tertanggung menderita suatu kerugian pada suatu kesempatan atau secara tiba-tiba, seperti kehilangan suatu benda permata atau setelah sepeda mereka dicuri, ini akan dijamin berdasarkan asuransi “contents” dan/atau “personal possessions” mereka.

 

5          Resiko harus tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku (public order).

Jika suatu undang-undang melawan hukum, sebagai contoh jika suatu pelanggan telah mempunyai jaminan-jaminan “personal accident” dan mereka memotong lengannya sendiri dengan dalih mencoba untuk memecahkan kaca agar supaya dapat masuk kedalam property-nya sendiri, mereka tidak dapat klaim untuk cederanya.

 

6          Insurable interest harus ada.

Suatu tetangga dekat tidak dapat klaim untuk kerusakan caravan tetangga mereka, karena mereka tidak mempunyai hak terhadap harta benda orang lain.

Contoh-contoh ini membantu untuk menggambarkan bagaimana pelanggan dapat memastikan bahwa ketika resiko-resiko tertentu terjadi mereka tidak menderita suatu kerugian secara finansial. Bagaimanapun juga, adalah pengalaman yang berharga bahwa perusahaan perusahaan  asuransi memerlukan untuk mengoperasikan sebagai suatu bisnis dan dalam iklim komersil saat ini, agar supaya tetap kompetitif mereka telah memastikan bahwa resiko yang dipersiapkan untuk jaminan akan memperoleh keuntungan.

 

1.6           Untuk mempertahankan leading position dalam market place, sangat penting bagi penanggung untuk mengantisipasi dan menespons setiap perubahan lingkungan yang ada. Dalam kaitan dengan Development & Current Environment, jelaskan 7 (tujuh) faktor yang harus dilakukan oleh penanggung dalam merespon  perubahan dimaksud. (Sept 2006 no 9)

 

Jawaban :

 

1.         Strategi Perusahaan

Beberapa perusahaan tidak hanya perusahaan-perusahaan asuransi, ada suatu keperluan untuk mengadopsi praktek-praktek yang baik dari pengorganisasian pemikiran kedepan yang lain. Peningkatan permintaan asuransi, bersamaan dengan kenaikan biaya-biaya klaim, telah memainkan suatu bagian yang signifikan dalam perubahan fokus pasar asuransi.

 

 

 

Ada suatu batasan untuk peningkatan sebuah perusahaan dapat membuat produk-produknya, maka perusahaan-perusahaan asuransi harus melihat cara-cara yang berbeda untuk membedakan mereka sendiri dari pesaing-pesaing mereka.

 

Dalam mempersiapkan sasaran strategi mereka, sebuah organisasi yang berhasil akan mempunyai identifikasi secara jelas apa yang diperlukan untuk memenuhi harapan-harapan pelanggannya secara efektif. Organisasi tersebut akan telah mempertimbangkan trends pasar, iklim ekonomi dan pesaing-pesaingnya, hubungan sasaran-sasaran dan tujuan-tujuan yang dapat dicapai yang telah diartikulasikan kedalam perencanaan bisnis yang jelas untuk memungkinkan pencapaian hasil bisnis yang menguntungkan dan wajar.

 

Perusahaan asuransi yang berhasil mengakui bahwa sekarang ada permintaan lebih dari pelanggan-pelanggan “personal insurance”. Pelanggan-pelanggan tidak hanya menginginkan perusahaan-perusahaan menyediakan suatu komoditi, tetapi mereka juga menginginkan suatu pelayanan. Perusahaan-perusahaan asuransi telah harus mengubah fokus bisnis mereka dari penjualan asuransi ke pemegangpemegang polis, untuk menciptakan pengertian pemberian suatu pelayanan, penyediaan “peace of mind” bagi pelanggan-pelanggan mereka. Singkatnya, mereka telah harus menjadi pelanggan yang terfokus dalam pelayanan yang mereka berikan, dengan demikian perbedaan pada sesuatu hal selain daripada ciriciri produk.

 

Strategi tersebut telah membawa banyak perubahan dalam industri, sebagai

contoh:

          Pengembangan “call centres” dimana pelanggan-pelanggan dapat menelepon untuk keperluan-keperluan asuransi mereka dan mencari saran yang sesuai.

          Perusahaan asuransi sedang merubah struktur organisasi mereka, dari satu hierarki menjadi struktur yang jauh lebih baik dan praktis untuk mengoperasikannya. Untuk melakukan ini berarti memindahkan lapisanlapisan manajemen, terutama pada tingkat Senior Manajer.

          Mendidik semua untuk memikirkan orang yang mengambil polis “personal insurance” sebagai seorang pelanggan yang mempunyai hubungan yang berharga dengan organisasi daripada hanya menjadi seorang pemegang polis. Perubahan persepsi adalah sangat tidak kentara, tetapi telah dibantu dalam

sasaran dari penyampaian suatu pelayanan daripada hanya menjual asuransi.

 

Tidak ada lagi perusahaan-perusahaan asuransi yang dapat mengandalkan semata-mata pada loyalitas pelanggan. Perusahaan yang berhasil sekarang perlu untuk mengelola harapan pelanggan.

 

2.         Merek dagang

 

Merek dagang diluar reputasi bisnis atau produk-produknya, adalah:

          Posisi perusahaan dalam kaitannya dengan pesaing-pesaingnya;

          Menginformasikan pelanggan-pelanggan yang sudah ada, baru dan potensial mengenai apa yang perusahaan sampaikan dalam kaitannya dengan keperluankeperluan pelanggan.

 

 

 

 

 

Sebagai bagian dari strategi yang terfokus pada pelanggan, perusahaan-perusahaan asuransi mengadopsi teknik-teknik yang dipergunakan oleh perusahaanperusahaan komersil yang telah berhasil dalam pembedaan diri mereka sendiri terhadap pesaing-pesaingnya.

 

Strategi tersebut mempromosikan loyalitas dagang karena membantu mengembangkan suatu pandangan keanggotaan atau kepemilikan dalam kelompok pelanggan-pelanggan, dengan demikian penyediaan perusahaan dengan kesempatan-kesempatan untuk menahan pelanggan yang sudah ada sementara juga menarik pelanggan-pelanggan baru dan yang dapat memberikan keuntungan.

 

3.         Kebudayaan

 

Kebudayaan dari suatu organisasi adalah sebuah ekspresi dari orang didalamnya. Untuk membangun suatu fleksibilitas, dapat beradaptasi organisasi yang dapat memenuhi dan melebihi harapan pelanggan. Kebudayaan harus menjadi satu yang diadopsi oleh semua dari “atas sampai ke bawahan” dan menciptakan “keinginan untuk sukses”.

 

4.         Penyampaian pelayanan pelanggan

Pelanggan-pelanggan sekarang meminta, sebagai hal yang minimum, suatu kualitas pelayanan. Perusahaan-perusahaan yang tidak berhasil akan jadi mempertimbangkan bahwa mereka tahu yang terbaik dan bahwa pelangganpelanggannya tidak benar-benar mengerti yang mereka sendiri perlukan.

 

Satu saluran utama dari kelangsungan transaksi asuransi menjadi pendekatan perorangan. perusahaan asuransi untuk mengembangkan hubungan yang lebih personal dengan pelanggan dan menjaga hubungan diperlukan untuk mengerti lebih baik keperluan-keperluan individu pelanggan. Interaksi dengan cara ini, kepercayaan dikembangkan dan daripada perusahaan asuransi menganggap mereka tahu apa yang pelanggan inginkan, harapan-harapan pelanggan secara jelas diidentifikasikan dan perusahaan asuransi selanjutnya dapat berusaha keras untuk menyampaikan keperluan-keperluan itu.

 

Secara umum disetujui bahwa praktek-praktek tersebut dapat mempunyai tambahan manfaat dari memperkuat loyalitas pelanggan.Bila perusahaan asuransi tidak  dapat memenuhi harapan pelanggan, mereka akan menemukan bahwa pelanggan-pelanggan mereka akan memindahkan bisnis mereka ke sebuah perusahaan yang dapat memenuhi harapan-harapan itu.

 

5.         Masyarakat

Perusahaan dapat menyediakan sumber daya untuk menyampaikan pelayanan tersebut tetapi kuncinya terletak pada individu orang yang menyampaikan pelayanan tersebut.

perusahaan-perusahaan asuransi dapat memulai menangani struktur organisasi, mereka harus telah menjalankan perubahan dramatis dari program-program manajemennya, pada mulanya perubahan ditujukan pada kemampuan-kemampuan dan sikap dari pegawainya.

 

Untuk mengembangkan suatu iklim kepercayaan dan saling pengertian, perusahaan harus mempunyai karyawan yang dapat membangun hubungan dengan pelanggan-pelanggannya.

 

 

Adalah penting bahwa seorang pelanggan harus percaya bahwa ketika mereka mengalami suatu kejadian traumatic, dan mereka ingin mengajukan sebuah klaim pada polis “personal insurance” nya, mereka merasakan dapat mendekati perusahaan asuransinya dan menerima suatu tanggapan yang simpatik.

 

Kemampuan perusahaan untuk mengelola sikap dan pengetahuan karyawan-karyawannya secara maksimal, yang membedakan antara organisasiorganisasi yang membawa jalan masuk ke masa mendatang yang baru dan penuh keberhasilan, dan itu akan berhasil atau akan gagal dalam percobaan berikutnya.

 

Sebagai bagian dari “the customer lead strategy”, organisasi-organisasi tersebut mempunyai suatu pandangan yang jelas yang mana mereka berada di bagian terdepan dan pandangan ini adalah suatu ekspresi yang jelas dari apa yang karyawan benar-benar inginkan untuk merangkulnya. Orang-orangnya adalah yang bersemangat, selalu menepati janji, selalu membawa pembaharuan dan individu-individu yang berpengaruh, dengan suatu tingkat motivasi yang tinggi.

Cara yang harmonis karyawan-karyawan ini bekerja sama dalam gilirannya membangkitkan kepuasan untuk semua yang mempunyai beberapa hubungan dengan organisasi termasuk:

          Pelanggan-pelanggan (customers);

          Pemasok-pemasok (suppliers);

          Perantara-perantara (intermediaries)

 

Untuk dapat mencapai ini, sebuah perusahaan asuransi yang berhasil akan perlu mempunyai orang-orang dengan keahlian-keahlian yang berbeda dari keperluankeperluan sebelumnya. Fokus telah diubah dan memperkerjakan pegawai yang semata-mata untuk kemampuan teknisnya saja tidak lagi memadai. Pegawai perlu untuk:

          Dapat membuat pandangan perusahaan mereka menjadi suatu kenyataan;

          Mengutamakan pelanggan (customer orientated);

          Mempunyai keahlian berkomunikasi yang baik (good communicator);

          Menjadi pendengar yang baik (good listener);

          Fleksibel dan dapat beradaptasi sehingga mereka dapat menggunakan inisiatif mereka dalam mendefinisikan aturan-aturan polis dan prinsip-prinsip asuransi secara jelas;

          Menepati janji untuk penyampaian suatu pelayanan kualitas kepada pelanggan.

 

6.         Teknologi

Sistem informasi teknologi perusahaan perlu untuk mampu mendukung usaha-usaha pekerja-pekerjanya dalam penyampaian strategi ini. Komputer-komputer dan piranti lunak yang dipasang didalamnya, adalah “mesin bisnis” dan perlu untuk menghubungkan semua pihak yang terlibat dalam penyampaian pelayanan pelanggan yang bagus..

Kemampuan-kemampuan yang telah diperbaiki adalah elemen-elemen yang membedakan suatu perusahaan dari pesaingnya.

 

Teknologi perlu untuk dilihat tidak sebagai cara untuk mengurangi karyawan, tetapi sebagai kesempatan untuk menempatkan sumber daya pada hubungan yang tepat antara pelanggan dan organisasinya. Kita seharusnya mempertimbangkan penggunaan IT lebih mendalam dalam bab terakhir.

 

 

7.         Data pelanggan

Untuk memasuki pasar sebuah perusahaan yang berhasil akan membangun hubungan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan tersebut (stake holders), yaitu:

 

          Pegawai-pegawai (employees);

          Pelanggan-pelanggan (customers);

          Pemasok-pemasok (suppliers);

          Penyalur-penyalur (distributors)

          Pesaing-pesaing (competitors);

          Agen-agen yang lain (other agencies) seperti ABI dan Insurance Ombudsman.

Perusahaan-perusahaan asuransi yang mengikuti “costumer-led strategy” menggunakan informasi database pelanggan mereka untuk mencapai sasaran produknya secara lebih efektif.

 

8.         Jam-jam operasional

Pelanggan tidak lagi memerlukan suatu pelayanan asuransi yang didasarkan pada jam-jam kerja konvensional dengan tambahan fasilitas dari terbatas 24 jam, 365 hari pelayanan perbaikan darurat. Sekarang ada permintaan bagi perusahaanperusahaan asuransi untuk lebih mudah dapat diakses dan menyediakan sebuah pelayanan asuransi penuh. Dengan datangnya jam-jam kerja yang lebih lama, khususnya untuk penyalur-penyalur retail, perusahaan-perusahaan asuransi telah menanggapi secara sama dengan mengikuti trend saat ini dan akibatnya banyak yang telah diperpanjang jam-jam kerja mereka.

 

9.         Inisiatif pasar yang lain.

Karena persaingan telah meningkat, perusahaan-perusahaan asuransi lebih enggan untuk membagi informasi mereka secara eksternal (kepada pihak luar). Banyak perusahaan-perusahaan asuransi sekarang menggunakan metode-metode seperti “mystery shopping”, yaitu dengan menelepon pesaing-pesaingnya untuk mengetahui bagaimana produk-produk, pelayanan-pelayanan dan biaya-biaya mereka dibandingkan dengan perusahaan mereka sendiri.

 

Beberapa perusahaan asuransi sekarang lebih fleksibel ketika pengenaan suatu “excess”. Pelanggan-pelanggan dapat sering memilih seberapa banyak resiko yang mereka tanggung sendiri dan sering perusahaan-perusahaan asuransi akan menawarkan suatu premi yang didasarkan pada variasi excess, sebagai contoh £100 atau £50, untuk menunjukkan persyaratan mereka dalam kemungkinan keringanan yang terbaik.

 

1.7           Uraikan apa yang dimaksud dengan customers leads strategy. (mar 2009 no 1)

 

Jawaban Yang disarankan :

Suatu kondisi dimana perusahaan memiliki strategy dengan fokus utama memberikan service kepada nasabah dengan memenuhi atau melebihi harapan nasabah (service beyond expectation). Semua staff dari perusahaan akan memberikan pelayanan yang baik serta proses dan penggunaan teknologi yang didesign untuk mensupport kegiatan

 

1.8       Sebutkan 4 (empat) alasan mengapa perusahaan pada umumnya menempuh kebijakan pencapaian target produksi yang efektif. (mar 2009 no 2)

 

 

 

Jawaban yang disarankan :

1.              Increased market share (Peningkatan pangsa pasar)

2.              Improve customer service (Meningkatan layanan pelanggan )

3.              More efficient operating process (Lebih effisien proses operasi)

4.              Reduce cost base

5.              Enhance staff moral (meningkatkan moral staff)

 

1.9           Untuk mempertahankan Leading position , sangat penting bagi penanggung untuk mengantisipasi dan menanggapi setiap perubahan lingkungan. Dalam kaitan dengan hal tersebut, jelaskan 7(tujuh) faktor yag harus dilakukan oleh  penanggung  dalam menanggapi perubahan dimaksud (sept 2011 no 13)

 

Jawaban : lihat diatas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 2 TAKING OUT HOUSEHOLD INSURANCE

 

2.1       Uraikan 3(tiga)  contoh ketika seorang pelanggan memutuskan asuransi yang mereka inginkan, tetapi tidak yakin apa yang tersedia di pasaran, mereka mungkin berbelanja keliling atau menggunakan suatu institusi finansial yang telah mempunyai sebuah hubungan yang baik.

 

            Jawaban :

          Menghubungi kantor cabang secara pribadi dan membuat suatu janji untuk mencari seorang broker;

          Menelepon ke sebuah “call center” untuk memperoleh informasi lebih lanjut pada apa yang ditawarkan;

          Menggunakan internet sebagai suatu peningkatan jumlah insurer yang beralih pada area pasar yang sedang tumbuh.

 

2.2       Uraikan metode apa saja yang mereka gunakan untuk meminta suatu penawaran

 

            Jawaban :

              Setuju untuk mengambil asuransi sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang ditawarkan; atau

        Menelepon kembali kemudian, setelah mereka mempunyai waktu untuk mempertimbangkan semua pilihan; atau

        Meminta suatu fromulir permohonan agar supaya mereka dapat melengkapinya pada kesempatan luang mereka.

 

2.3       Sebutkan 4(empat) contoh tipe asuransi personal

 

            Jawaban :

1.              Household

2.              Health

3.              Travel

4.              Mortgage indemnity

 

2.4           Sebutkan 4 (empat) jenis asuransi household. (mar 2010 no 1)

 

Jawaban :

1.         Home insurance, yang dirancang untuk menyediakan jaminan lengkap pada semua kebutuhan pemilik rumah dan akan memasukkan:

-           Buildings (Bangunan-bangunan)

-           Contents (isi-isi rumah)

-           Isi-isi rumah yang dapat dibawa keluar rumah

-           Personal possession (kepemilikan-kepemilikan pribadi)

-           Family legal protection (perlindungan hukum keluarga). Tipe polis ini menyediakan perlindungan terhadap beberapa perselisihan hukum anggota keluarga yang tinggal didalam rumah yang mungkin terlibatdidalamnya

-           Tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang timbul sebagai pemilik atau pengguna

2          Building insurance only

3                Contents insurance only

 

 

 

 

4                First loss insurance policy (relatif jarang). Tipe polis ini menyediakan perlindungan sampai dengan maksimum kerugian yang diharapkan, daripada biaya membangun kembali.

 

2.5  Dalam kaitan dengan asuransi household jelaskan : (mar 2009 no 14, mar 2011 no 10)

a.               6 (enam) Pertimbangan underwriting dalam penilaian risiko asuransi.

b.         Apa yang dimaksud dengan unspecified dan specified item

 

            Jawaban yang disarankan;

a.         Pertimbangan underwriting dalam penilaian risiko asuransi.

1.              Nama

2.              Alamat

3.              Alamat resiko

4.              Penggunaan / Okupansi

5.              Tanggal lahir

6.              Conviction (pendiriannya)

7.              Sejarah asuransi

8.              Sejarah kerugian atau klaim

9.              Konstruksi dari property

10.           Kondisi

11.           Usia property

12.           Jumlah kamar atau kamar tidur

13.           Kepemilikan

14.           Penggunaan property

15.           Keamanan

16.           Nilai pertanggungan

17.           Ukuran bangunan

18.           Interest yang lain

 

b.         yang dimaksud dengan unspecified dan specified item

                        1.         Unspecified item

Harga pertanggungan yang dijamin maksimum dalam suatu kejadian dan dalam suatu waktu, umumnya dinilai berdasarkan cost of replacement dikurangi dengan wear and tear sehubungan dengan pakaian  dan pakaian dari bulu binatang

 

2          Specified item

Harga pertanggungan yang umumnya menyebutkan nilai penggantian dari item-item secara terinci

Contoh : beberapa specified item adal;ah perhiasan, pakaian dari bulu binatang, lukisan, barang yang disimpan di bank, alat-alat musik, kamera dan video

 

            PENJELASAN

1.         Nama

Insurer akan perlu mengetahui orang yang mana yang ingin menjadi pihak dalam kontrak asuransi, misalnya hanya salah satu seorang yang tinggal didalam rumah atau lebih.

 

 

 

 

 

Sifat nyata dari “insurable interest” pemohon yang mempunyai bangunan akan perlu dikembangkan, sebagai contoh apakah sebagai pemilik atau yang menerima pinjaman dari bank. Jika ada pemohon bersama, sifat dari “interest” masing-masing harus diklarifikasikan.

 

2.         Alamat

Ini adalah faktor penting dalam pentaripan premi dan insurer akan ingin tahu jika alamat pemohon adalah sama sebagai alamat resiko. Perbedaan daerah geografis menunjukkan suatu perbedaan tingkat resiko.

 

3.         Alamat resiko

Ini adalah alamat dimana pemohon ingin mengasuransikannya. Kebanyakan insurer menggunakan kode pos untuk dasar penetapan premi mereka, dan memperhitungkan statistik klaim untuk kode pos yang diminta. Beberapa wilayah menunjukkan suatu tingkat resiko yang tinggi, sebagai contoh suatu daerah yang cenderung mengalami subsidence (tanah amblas), kebanjiran, kerusakan karena badai atau kebongkaran.

 

4.         Penggunaan / Okupasi

Informasi tersebut diminta karena mungkin menunjukkan suatu moral hazard. Sebagai contoh dimana seseorang bekerja dari rumah, underwriter akan menginginkan mempunyai perincian lengkap, karena jenis penggunaan dapat mewakili suatu resiko yang lebih tinggi, misal untuk penyimpanan barang-barang kimia dirumah. Beberapa penggunaan dapat menghasilkan pengunjung-pengunjung ke rumah, misal seorang akuntan dan dengan cara demikian meningkatkan resiko “public liability”.

 

Sebaliknya, dapat memperbaiki resiko jika seseorang pensiunan dan kebanyakan menggunakan waktunya berada dirumah. Beberapa insurer menawarkan suatu diskon untuk orang-orang yang usianya lebih dari 50 atau 55 tahun, karena dianggap bahwa ada suatu resiko yang lebih rendah untuk pelanggan-pelanggan ini, karena sering rumah dihuni sepanjang hari dan/atau rumah dijaga dalam suatu kondisi yang lebih baik.

 

5.         Tanggal kelahiran

Informasi ini mungkin relevan untuk tujuan-tujuan pentaripan misalnya untuk diskon usia dan juga untuk “cross-selling” (penjualan silang) jika perusahaan ingin mencoba dan menjual produk yang lain yang sesuai untuk pelanggan.

 

6.         Conviction (pendiriannya)

Lagi, informasi ini mungkin menunjukkan suatu moral hazard.

 

Menurut “the Rehabilitation of offenders Act 1974”, pelanggan mempunyai “duty of disclosure” yang berkaitan dengan convictions tertentu, kecuali conviction tersebut telah dipergunakan (terjadi diluar periode waktu tertentu) ketika “duty of disclosure” tidak lagi diaplikasikan.

 

7.         Sejarah asuransi

Jika insurer yang lain telah menentukan persyaratan-persyaratan khusus atau premi atau telah menolak untuk menanggung pemohon atau property di masa lalu,

underwriter akan berharap untuk menginvestigasi keadaan-keadaan sebenarnya karena mereka mungkin tidak ingin menjamin salah satu resiko tersebut.

 

 

 

8.         Sejarah kerugian atau klaim

Jika pernah ada kerugian-kerugian dimasa lalu, apakah secara pribadi dialami oleh pemohon sendiri atau oleh anggota keluarga yang lain, underwriter akan menginginkan perincian lengkap. Frekwensi dan tingkat keparahan dari kerugiankerugian dapat mengindikasikan, sebagai contoh, bahwa rumah dalam keadaan buruk.

 

9.         Konstruksi dari property

Informasi yang lengkap dan akurat pada konstruksi bangunan yang memerlukan asuransi adalah sangat penting jika insurer akan membuat suatu putusan yang wajar, apakah mau mengaksept resiko atau tidak, dan jika mereka mengakseptnya, berapa premi yang dikenakan

 

10.        Kondisi

Insurer akan perlu mempunyai informasi bahwa property secara struktur wajar dan terawat dengan baik.

 

11.        Usia property

Insurer mungkin mempunyai sebuah kebijaksanaan yang mengenakan tarip yang lebih tinggi untuk property yang lebih tua karena biaya perbaikan dapat menjadi lebih besar, atau mereka mungkin memutuskan untuk tidak menjamin property yang lebih tua, lebih menyukai untuk memfokuskan pada yang lebih baru dan rumah-rumah yang dikonstruksi lebih baik.

 

12.        Jumlah kamar atau kamar tidur

Ini adalah informasi penting dimana polis asuransi menerapkan tarip pada jumlah kamar atau kamar tidur (hanya untuk “contens insurance”). Insurer mungkin menyatakan jumlah pertanggungan minimum yang direkomendasikan dan jika jumlah pertanggungan sebenarnya dibawah jumlah yang direkomendasikan ini, maka “under insurance” akan diperhitungkan dalam penyelesaian klaim.

 

13.        Kepemilikan

Insurer, dalam menilai resiko, akan perlu mengerti jika property yang dimiliki, diagunkan atau disewa oleh pemohon.

 

14.        Penggunaan property

Insurer akan perlu tahu :

 

           Apakah property atau beberapa bagian darinya digunakan untuk tujuan-tujuan bisnis, dan jika ya, berapa frekwensi dari pengunjung-pengunjungnya, karena ini mungkin menghasilkan suatu peningkatan resiko pencurian; dan

           Jika property tidak dihuni selama periode yang panjang (untuk lebih terperinci lihat bagian D; resiko-resiko non standar)

Beberapa insurer mungkin juga memerlukan informasi pada sejumlah orang yang menghuni rumah. Semua faktor-faktor ini mungkin mewakili suatu peningkatan resiko yang mungkin dipertimbangkan sebagai resiko yang tidak dapat diaksept insurer.

 

Insurer mungkin memberikan suatu diskon premi jika rumah dihuni sepanjang hari.

 

 

 

 

 

15.        Keamanan

Insurer akan perlu mempunyai informasi lengkap terhadap bagaimana property diamankan. Suatu standar keamanan minimum akan diharapkan

 

16.        Nilai pertanggungan

 

Bangunan

Untuk jaminan, jumlah pertanggungan akan didasarkan pada biaya membangun kembali.

 

Biasanya nilai yang ada pada biaya ini akan menjadi biaya sebenarnya pembangunan kembali dan akan memasukkan biaya pembongkaran, pembersihan lokasi, mengikuti peraturan penguasa setempat dan peraturan-peraturan perundangundangan yang lain bersama dengan fee untuk tenaga arsitek, surveyor dan/atau insinyur.

 

“Contents”

Untuk jaminan contents, jumlah pertanggungan akan tergantung pada apakah polis berdasarkan pada indemnity atau “replacement as new” (penggantian sebagaimana baru) (lihat bab 8  dan bab 14 untuk lebih terperinci mengenai dasar penyelesaian). Untuk membantu pemohon menghitung nilai “contents” mereka di masing-masing kamar dan total nilai keseluruhan “contents” yang ada, insurer biasanya memasukkan tabel atau bagan dalam formulir permohonannya.

 

17.        Ukuran bangunan

Premi polis yang dapat dibayarkan memasukkan pertimbangan dari ukuran property yang sedang diasuransikan. Tergantung pada insurer, polis mungkin diberi tarip berdasarkan pada basis berikut:

          Luas lantai;

          Jumlah kamar-kamar dalam rumah;

          Jumlah kamar tidur

Alasan utama untuk pertanyaan ini adalah memudahkan insurer untuk memeriksa jumlah pertanggungannya memadai atau tidak jika suatu klaim terjadi.

 

18.        Other Interests / kepentingan-kepentingan yang lain Untuk memastikan insurer mempunyai pengertian lengkap dari resiko-resiko yang diasuransikan terhadapnya, mereka akan perlu tahu beberpa interest yang lain dalam property, sebagai contoh:

           Suatu mortgage dimana property diagunkan; atau

          Suatu freeholder jika property-nya disewakan

 

2.6         Uraikan informasi yang dibutuhkan dalam risk assessment asuransi property rumah tinggal. (Mar 2006 no 2)


Jawaban yang disarankan

-              Type dari property : apakah rumah, bungalow atau flat ?

-              Apakah terpisah, semi terpisah atau peta

-              Bahan yang digunakan dalam pembangunan seperti : batu bata, batu beton, dll

-              Type atap seperti : batu tulis, genteng, logam, beton, jerami atau flat felt roof.

 

2.7       Uraikan 3 (tiga) assesmen risiko yang dibutuhkan oleh underwriter dalam kaitan dengan asuransi gedung kantor. (mar 2008 no 2)

 

 

Jawaban :

1.              Konstruksi dari gedung kantor tersebut, misalnya : apakah gedung tersebut terpisah dengan dari bangunan lain, material yang digunakan,  dan lain-lain

2.              Okupansi : Penggunaan gedung kantor tersebut apakah hanya digunakan untuk kantor atau apakah penggunaan khusus untuk gudang dan lain-lain

3.              Pengalaman klaim : apakah pernah terjadi kerugian

 

2.8           Dalam kaitan dengan asuransi household, uraikan 4 (empat) hal yang harus dipertimbangkan dalam melakukan keputusan penerimaan bisnis menyangkut konstruksi bangunan. (Sept 2009 no 3, mar 2011 no 4)

 

Jawaban : lihat diatas

 

2.9       Jelaskan 10 (sepuluh) Informasi yang dibutuhkan penanggung dalam melakuan “Risk Assessment” Asurarsi Rumah Tinggal. (Sept 2006 no 12)

 

            Jawaban : lihat diatas

 

2.10          Uraikan 4 (empat) faktor yang dapat mempengaruhi biaya membangun kembali suatu bangunan dalam asuransi household(mar 2008 no 8)

 

Jawaban :

Ada banyak factor yang dapat mempengaruhi biaya pembangunan kembali property yang rusak. Sebagai contoh:

1          Daerah geografis;

2          Material-material yang dipergunakan dalam konstruksinya;

3          Tipe property – town house, semi detached (rumah semi terpisah) atau mansion (rumah yang besar);

4          Usia dan ukuran property.

           

            PENJELASAN :

Q:         Kenapa demikian penting untuk memperhitungkan semua factor-faktor ini?

A:         Adalah penting untuk dicatat bahwa jika suatu “insured peril” terjadi yang mengakibatkan keseluruhan rumah perlu dibangun kembali, insurer akan harusmemastikan bahwa rumah telah dibangun dengan standar yang sama sebagaimana sebelum kejadian. Akibatnya, jika material-material yang mempunyai kualitas tinggi yang telah digunakan sebelumnya, perhitungan pembangunan kembali akan harus merefleksikan biaya penggantian ini.

 

2.11      Untuk penutupan gedung, harga pertanggungan didasarkan pada biaya pembangunan kembali (rebuilding cost), uraikan 4 (empat) faktor yang terkait dengan rebuilding cost of property. (Mar 2006 no 3)

 

Jawaban yang disarankan :

a.          Geographical area

b.         Material yang digunakan dalam pembangunan

c.          Jenis property : town house, semi terpisah atau mansion

d.         Umum dan ukuran dari property

 

 

 

 

2.12         Sebutkan 5 (lima) faktor yang digunakan dalam menghitung final premium untuk risiko-risiko standard. (Sept 2006 no 7)

 

Jawaban :

            Faktor yang digunakan untuk Perhitungan final premi untuk resiko-resiko standar

1.              The contingency loading

2.              The expenses loading

3.              The commission loading

4.              The profit loading

5.              Postcode Rating (Pentaripan berdasarkan Kode Pos)

6.              Frekwensi klaim dan biaya-biayanya

7.              Faktor pentaripan yang lain

Informasi lain mungkin digunakan oleh insurer dalam perhitungan premi yang dibayarkan termasuk:

          Tipe property, misal rumah yang terpisah, rumah semi terpisah dan lain-lain;

          Tahun pembangunan property;

          Sifat konstruksi

 

2.13         Sebutkan 4 (empat) loading factor penghitungan premi. (Sept 2008 no 6,  mar 2010 no 7, mar 2011 no 3)

Jawaban :

 

1          The contingency loading

Jumlah yang diperlukan untuk menjamin resiko bahwa biaya sebenarnya akan melebihi biaya yang diharapkan.

 

2          The expenses loading

Biaya administrasi yang diperlukan untuk menerbitkan dan pelayanan polis.

 

3          The commission loading

Ini hanya akan menjadi suatu pertimbangan jika insurer membayar komisi sebagai suatu alat dari penjualan produk-produk mereka.

 

4          The profit loading

Jumlah yang diperlukan untuk menyediakan tingkat pengembalian (keuntungan) yang diperlukan.

 

2.14         Non Standar Risk dalam Household Insurance dapat diasuransikan oleh tertanggung khususnya untuk building and stock namun ada beberapa informasi yang diperlukan oleh underwriter, jelaskan : (Mar 2007 no 9, sept 2011 no 9)

a.         4 (empat) informasi untuk building

b.         3 (tiga) informasi untuk stock


Jawaban yang disarankan :

a.          4 (empat) Informasi untuk Building (Bobot 60%)

1.         Subsidence, Landslip or Heave

Pada umumnya penanggung meminta agar rumah tertanggung bebas dari setiap kerusakan oleh tanah longsor, subsidence or heave bila tertanggung menjawab “tidak”, underwriter perlu untuk memperoleh opini khusus pada risk exposure.

 

 

 

Biasanya dalam praktek meminta laporan survey yang mereka miliki atau copy dari lapangan surveynya pertambangan jika property ada didaerah pertambangan, bersama-sama dengan dokumen lain yang terkait.


Underwriter akan memerlukan Insinyur bangunan untuk memberikan komentar pada area khusus termasuk informasi :

          tahun pembangunan

          perluasan bangunan

          jenis tanah dari property yang dibangun; seperti pasir, kerikil dan kapur relatif risiko rendah sementara tanah liat, kacang polong, endapan lumpur relatif mempunyai risiko lebih tinggi dari subsidence.

          Property yang berada ditempat miring perlu pertimbangan berhubungan dengan faktor penghubung lain.

          Perluasan dari setiap kerusakan secara terperinci.

 

2.         Tenanted Property (bangunan yang disewakan)

Property yang disewa mempunyai risiko yang lebih tinggi, umumnya dianggap bahwa penyewa tidak mungkin untuk menjaga property sebaik pemiliknya.

Underwriter ingin untuk memastikan property dalam keadaan baik dan syarat khusus akan diberlakukan contoh :

          tambahan premi tergantung pada risiko masing masing dan hal ini bisa dinaikkan s/d 100% atau

          kenaikan excess atau

          tambahan pengecualian seperti kerusakan karena perbuatan orang jahat atau perusakan dan rusak akibat pencurian atau percobaan pencurian.


3.         Thatched Properties (bangunan beratap jerami)

Property ini mewakili risiko yang lebih tinggi, dalam hal kebakaran dan kerusakan karena angin topan. Underwriter akan meminta informasi jenis dari atap dari lalang tersebut masing-masing tipe yang akan memiliki masa hidup berbeda, contoh :


          jerami mungkin bertahan antara 15 – 20 tahun

          serat mungkin bertahan antara 80 – 100 tahun


Apabila penanggung menerima risiko tersebut, mereka biasanya juga membutuhkan sistem pemsangan elektrik dimiliki agar selalu baru dan dirawat dengan teratur.


4.         Unoccupied Properties (rumah yang tidak dihuni)

Risiko menjadi lebih tinggi ketika properties tidak ditempati, pada umumnya property ditinggalkan tanpa pengawasan dan oleh sebab itu cenderung mengalami kerusakan dan ditempati oleh penghuni liar.

 

Jika syarat-syarat dipenuhi mereka akan memasukkan pembatasan cover untuk kebakaran, petir, peledakan dan gempa bumi pada premi normal secara penuh dan akan merupakan permintaan underwriter bahwa property diperiksa dengan teratur, contoh sekali seminggu. Hal ini mungkin juga merupakan persyaratan bahwa air, gas dan listrik harus dimatikan diinduknya / pusatnya.


b.         Contents (Bobot 40%)

 

1.         Letting of Furnished Property (property yang disewakan plus isinya)
Permintaan asuransi oleh pemilik property dilengkapi dengan perabot secara penuh akan dianggap risiko kurang baik, risiko seperti ini dianggap tidak menarik dan biasanya untuk :

          penyewa tidak mengurus barang (isi)nya seperti pemilik mengurusnya sendiri

          Ada pertimbangan untuk dapat meningkatkan risiko kecurian

 

2.         Students

Penanggung sering diminta untuk menutup asuransi Pelajar yang tinggal jauh dari rumah yang tinggal di asrama kampus atau perguruan tinggi. Risiko kecurian dari penginapan para pelajar yang seringkali tinggal yang biasanya karena banyaknya orang-orang dalam gedung dan pengawasan keamanan tidak selalu baik. Contoh : kunci yang mutunya buruk.


3.         Non Standard Construction

Ketika rumah dibangun dari bahan-bahan non standard, contoh dibangun dari kayu, ini tidak saja menjadi risiko yang buruk untuk asuransi bangunan, tapi juga pada setiap isi yang berada didalamnya. Hal ini disebabkan bangunan yang mudah untuk dimasuki, pencuri akan lebih mudah untuk melakukannya. Alternatif lain bila rumah terbakar ada peningkatan risiko bahwa isi yang disimpan akan lebih mudah hancur juga.

 

2.15    Untuk mempertimbangkan risiko-risiko non standar dalam asuransi Household, underwriter memerlukan informasi dari tertanggung, Jelaskan : (mar 2008 no 9)

            a.          4 (empat) informasi untuk bangunan

            b.         3 (tiga) informasi untuk isi bangunan

 

            Jawaban : lihat diatas

 

 

2.16         Non standard Risk dalam Household lnsurance dapat diasuransikan oleh tertanggung khususnya untuk building dan content namun ada beberapa informasi yang diperlukan oleh underwriter, Jelaskan : (mar 2010 no 12)

a.               4 ( empat ) informasi untuk building

b.              3 (tiga) informasi untuk content

 

            Jawaban : lihat diatas

 

2.17         Dalam kaitan dengan polis household, uraikan : (Sept 2009 no 9)

a.          5 (lima) syarat umum polis.

b.         3 (tiga) Pengecualian umum.

                       

Jawaban :

a.          5 (lima) syarat umum polis.

                        1.         Mengenai perubahan terhadap kondisi dan persyaratan

Selama periode jaminan pelanggan harus memberitahu insurer:

-                 Jika pelanggan tidak lagi tinggal pada alamat yang dipertanggungkan (rumah mereka)

-                 Jika mereka mulai menjalankan suatu bisnis dari rumah mereka atau mempunyai tamu yang membayar atau tenants;

 

-                 Jika telah ada beberapa perubahan struktur pada rumah

-                 Jika rumah mereka disewakan atau dibiarkan ketika mereka atau rumah tangga mereka sedang tinggal dilain tempat selama lebih dari 30 hari berturut-turut

-                 Beberapa perubahan keadaan yang lain yang akan meningkatkan kemungkinan suatu kerugian.

 

2                Payment of premiums (pembayaran premi)

          Jika tidak ada pembayaran premi atau beberapa jumlah yang lain yang jatuh tempo menurut polis, insurer dapat membatalkan polis dari tanggal premi menjadi jatuh tempo.

          Jika property yang sedang diasuransikan adalah keamanan bagi sebuah jaminan dari perusahaan asuransi, dan pelanggan belum membayar premi, insurer dapat membayar premi untuk jaminan bangunan-bangunan utama bagian asuransi atas nama pelanggan dan menambahkan premi penuh untuk jumlah yang terhutang pada agunan mereka. Selanjutnya “interest” dapat dikenakan pada premi masingmasing tahun, dan ditambahkan pada agunan.

 

3                Direct debit (Debit langsung)

Karena insurer telah mengembangkan kemampuan untuk menerima pembayaran pembayaran premi melalui debit langsung (beberapa insurer telah berusaha keras dengan ini dikarenakan pembatasan-pembatasan system mereka).

 

4                  Cancellation (pembatalan)

Polis mungkin dibatalkan pada setiap waktu dengan pengiriman sebuah surat permintaan ini kepada insurer.

 

jika pelanggan tidak mempunyai pinjaman dengan perusahaan, insurer dapat membatalkan polis dengan pengiriman pemberitahuan (dengan surat pengiriman tercatat) kepada alamat pelanggan yang terakhir diketahui dalam waktu 14 hari. Beberapa pengembalian yang dapat dibayarkan akan tergantung pada berapa lama polis telah berjalan dan jika ada klaim yang telah dibuat.

 

5.              Premium calculations and alterations to the home (perhitungan-perhitungan premi dan perubahan-perubahan pada rumah)

Premi awal, dan beberapa premi perpanjangan berikutnya, untuk asuransi bangunan memperhitungkan perkiraan biaya pembangunan kembali dari rumah pelanggan.

 

 

Pembangunan kembali yang diperkirakan akan disesuaikan dari waktu ke waktu untuk merefleksikan perubahan-perubahan dalam biaya pembangunan kembali rumah. Jika pelanggan merubah rumah mereka dalam beberapa cara yang dapat berpengaruh pada biaya pembangunan kembali rumah mereka,

 

 

 

 

 

 

sebagai contoh perluasan atau penambahan sebuah ruang tambahan atau pemasangan pemanasan sentral, mereka perlu menginformasikan

 

kepada insurer mengenai fakta ini. Jika mereka tidak memberitahukannya, beberapa klaim mendatang pada polis mereka dapat ditolak.

 

b.              3(tiga)Pengecualian-pengecualian umum

1.              Beberapa kerugian, kerusakan, cedera atau tanggung jawab hukum atau secara tidak langsung disebabkan oleh berikut:

 

(a)        Radioactive contamination (kontaminasi radioaktif)

Radiasi ionisasi atau kontaminasi oleh radioaktif dari beberapa bahan bakar nuklir atau dari beberapa limbah nuklir, dari pembakaran bahan bakar nuklir.

 

Radioaktif, racun, mudah meledak atau property yang berbahaya yang lain dari beberapa peralatan nuklir yang mudah meledak atau penggabungan nuklir atau komponennya.

 

(b)        War risks (resiko-resiko perang)

Perang, invasi, tindakan musuh asing, permusuhan (apakah perang dinyatakan atau tidak), perang sipil, pemberontakan, revolusi atau militer atau perebutan kekuasaan.

 

(c)        Sonic bangs (ledakan suara)

Kerugian-kerugian atau kerusakan-kerusakan secara langsung disebabkan oleh gelombang-gelombang tekanan dari pesawat udara atau perjalanan-perjalan benda yang terbang pada kecepatan suara atau diatas kecepatan suara.

Pelanggan mungkin dapat memperoleh kompensasi dari pemerintah atau penguasa yang berdasarkan undang-undang untuk kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kejadian-kejadian yang tercantum menurut pengecualian a, b dan c.

 

2.              Confiscation (penyitaan / pengambil alihan)

Kerugian atau kerusakan pada beberapa property yang disebabkan property tersebut sedang disita/diambil alih, ditahan atau dihancurkan melalui perintah pemerintah, penguasa local atau publik.

 

3.              Uninsured risks (resiko-resiko yang tidak diasuransikan) Kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh berikut:

 

          Wear and tear (aus karena pemakaian), kerugian nilai atau perawatan.

          Pembusukan, jamur, ulat kayu, serangga atau kutu (termasuk tupai)

          Beberapa sebab gradasi yang lain kecuali untuk subsidence, heave atau landslip

 

 

 

 

 

 

4.                Matching of items (pencocokan item-item) (pairs and sets clause)

Perusahaan Asuransi tidak akan membayar untuk penggantian atau pekerjaan pada beberapa item-item yang tersisa atau tidak rusak hanya karena mereka membentuk bagian dari suatu set, ruangan, kelompok atau kumpulan dari benda-benda yang tipenya sama, warna, pola atau rancangannya.

 

5.              Deliberate acts (tindakan sengaja)

Kerugian atau kerusakan pada pelanggan atau anggota rumah tangga yang disebabkan secara sengaja.

 

6.              Loss of value (kerugian nilai)

Kerugian nilai akibat dari kerugian atau kerusakan property yang sedang diganti atau diperbaiki.

 

 

2.18         Dalam kaitan dengan asuransi  Household, uraikan 3 (tiga) perubahan risiko yang harus disampaikan oleh tertanggung kepada penanggung, selama pertanggungan berjalan. (mar 2008 no 3)

 

Jawaban :

Selama periode jaminan pelanggan harus memberitahu insurer:

1                 Jika pelanggan tidak lagi tinggal pada alamat yang dipertanggungkan (rumah mereka).

2                 Jika mereka mulai menjalankan suatu bisnis dari rumah mereka atau mempunyai tamu yang membayar atau tenants.

3                 Jika telah ada beberapa perubahan struktur pada rumah;

4                 Jika rumah mereka disewakan atau dibiarkan ketika mereka atau rumah tangga mereka sedang tinggal dilain tempat selama lebih dari 30 hari berturut-turut;

5                 Beberapa perubahan keadaan yang lain yang akan meningkatkan kemungkinan suatu kerugian.

 

Dalam keadaan tersebut, jaminan mungkin dirubah atau suatu tambahan premi yang dikenakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 3 HOUSEHOLD INSURANCE – BUILDINGS

 

3.1           Dalam kaitan dengan Househord lnsurance building, uraikan : (Sept 2007 no 10)

a.               10 (sepuluh) risiko yang dijamin.

b.              10 (sepuluh) risiko yang dikecualikan

 

Jawaban :

a.               10 (sepuluh) risiko yang dijamin.

 

1          Fire (kebakaran) atau smoke (asap)

2.         Ligthning (petir)

3.         Explosion (ledakan)

4.         Earthquake (gempabumi)

5.         Riot (huru-hara) atau Civil Commotion (kerusuhan sipil), strikes (pemogokan), labour disputes ( perselisihan buruh) atau political disturbance (gangguan politik)

6.         Collision (tubrukan) atau tumbukan yang melibatkan beberapa kendaraan, kereta api, pesawat atau perangkat antena yang lain atau sesuatu yang jatuh darinya, binatang, pohon yang roboh, tiang lampu, tiang telepon, antena radio

7.         Theft (pencurian) atau attempted theft (percobaan pencurian)

8.         Malicious act (tindakan jahat orang lain) atau vandalism (tindakan perusakan)

9.         Storm (badai) atau flood (banjir)

10        Water or oil escaping from any washing machine, dishwasher or fixed water or heating system (keluarnya air atau minyak dari beberapa mesin cuci, pencuci piring atau saluran air yang terpasang atau sistem pemanasan)

11.       Subsidence (tanah amblas) atau naiknya permukaan tanah yang mana berdiri rumah diatasnya atau landslip (tanah bergeser).

12.        Ongkos perbaikan beberapa sistem pipa air dalam rumah setelah beberapa kerusakan yang disebabkan oleh pembekuan. Peril ini mungkin dicantumkan secara berbeda, sebagai contoh:

i.          Keluarnya air dari beberapa instalasi air yang terpasang atau pemanas yang terpasang atau mesin cuci.

ii.         Keluarnya minyak dari beberapa instalasi pemanas yang terpasang

13.       Kerusakan aksidental pada saluran pembuangan, pipa-pipa, kabel-kabel, tangki-tangki bawah tanah dan inspeksi mereka mencakup penyediaan pelayanan-pelayanan ke atau dari rumah dan untuk yang mana anda bertanggung jawab.

14.       Kerusakan aksidental dari kaca yang terpasang dan perabot saniter didalam rumah.

Didalam beberapa polis, persyaratan ‘sanitary ware’ dipecah menjadi ‘specify bath’, ‘basin’ dll.

15        Clearance costs dan fees.

Kami akan membayar ongkos ekstra dari pembangunan kembali atau perbaikan bagian rumah yang rusak sedemikian sehingga memenuhi beberapa peraturan perundangan yang relevan.

 

16        Temporary accomodation and loss of rent

Semua biaya-biaya wajar yang diperlukan untuk menyediakan akomodasi alternatif untuk anggota keluarga anda dan binatang peliharaan anda jika biasanya hidup dalam rumah tetapi tidak dapat karena suatu sebab yang terdaftar dalam bagian jaminan utama/standar dari polis ‘buildings’.

 

17.        Sale of Building (penjualan bangunan) (dahulunya dikenal sebagai ‘Purchaser’s Interest Clause’) untuk beberapa pembeli dari bangunan anda untuk kerugian atau kerusakan atau ongkos-ongkos yang lain dijamin oleh bagian ini.

18        Tanggung Jawab Hukum

 

b.         10 (sepuluh) risiko yang dikecualikan.

1          Jumlah excess

2          Ongkos perawatan atau pendekorasian ulang yang dilakukan secara rutin atau aus karena pemakaian secara umum

3          Ongkos pemindahan pohon yang tumbang kecuali rumah mengalami kerusakan ketika pohon tumbang

4          Beberapa kerugian, kerusakan, cedera atau kecelakaan yang terjadi sebelum jaminan anda dimulai.

5          Kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh serangga, kutu (termasuk bajing) dan binatang peliharaan. Pengecualian-pengecualian ini berlaku karena sifat dari binatang yang menyebabkan kerusakan tersebut, sebagai contoh goresan pada suatu pintu dll.

6          Kerugian atau kerusakan ketika rumah anda tidak dihuni selama periode lebih dari 30 hari berturut-turut kecuali anda telah menjaga kondisi rumah yang tidak dihuni tersebut (periode dapat bervariasi)

7          Kerugian atau kerusakan disebabkan oleh anda, anggota keluarga anda, pegawai-pegawai anda, tamu-tamu yang membayar atau penyewa. Lagi, periode mungkin bervariasi, tetapi 30 hari adalah tipikal.

8          Kerusakan pada pintu gerbang, pagar pembatas atau pagar-pagar Pengecualian ini biasanya diberlakukan karena kerusakan biasanya disebabkan karena kurang perawatan terhadap properti yang ada.

9          Kerusakan pada alat-alat rumah tangga yang mana air atau oli keluar darinya

10        Kerusakan sebagai akibat dari pengkaratan, korosi atau aus karena pemakaian secara umum.

11        Kerusakan yang disebabkan oleh suatu penyumbatan dalam sebuah pipa yang terjadi sebelum polis dimulai.

12        Kerusakan bila telah menerima pemberitahuan resmi untuk memperbaiki sebelum kerusakan terjadi

13        Biaya makanan dan minuman, Bon bahan bakar, pajak daerah atau biaya-biaya yang lain yang seharusnya anda telah bayarkan jika anda masih tinggal dirumah.

14.       Kerugian / kerusahkan bila tertanggung berada ditempat lain

15.       Kerugian, kerusakan, kematian, cedera, keadaan sakit atau penyakit:

          Yang timbul dari beberapa tindakan yang disengaja

          Yang timbul dari pekerjaan anda sendiri, bisnis atau profesi atau beberapa anggota keluarga anda

          Dialami oleh anda atau beberapa anggota keluarga anda;

          Yang timbul dari kapasitas anda sebagai penghuni dari rumah anda. Kerugian, kerusakan, kematian, cedera, keadaan sakit atau penyakit tertanggung menurut:

 

3.2  Sebutkan 6 ( enam ) luas jaminan dalam polis Household-Building. (mar 2010 no 3)

 

     Jawaban : lihat diatas

 

 

3.3           Sebutkan  6 (enam) pengecualian terhadap accidental damage dalam polis asuransi household untuk building. (Sept 2008 no 2)

 

            Jawaban :

1.              Excess / deductible / resiko sendiri

2.              Kerugian, kerusakan, kecelakaan yang terjadinya sebelum periode asuransi

3.              Kerugian atau kerusakan terhadap rumah yang tidak ditinggali selama lebih dari 30 hari terus menerus keculai disebutkan lebih dhulu

4.              Kerusakan yang dikecualikan dalam polis

5.              Kerusakan terhadap rumah yang dipinjamkan / disewakan

6.              Kerusakan terhadap pagar

7.              Kerusakan yang disebabkan oleh mechanical dan electrical breakdown

8.              Kerusakan yang disebabkan oleh faulty workmanship, design dan material yang buruk

9.              Kerusakan yang disebabkan oleh bianatng peliharaan

10.           Kerusakan yang disebabkan oleh penurunan tanah atau menyusutnya tanah

11.           Kerusakan yang disebabkan oleh aus dan korosi, kehilangan nilai, akar, jamur, cacing, serangga, kutu, kerusakan karena cuaca dan iklim, pembekuan atau kerusakan secara gradual

12.           Goresan, benturan (penyok) atau pecah

 

3.4.       Dalam kaitan dengan household insurance (building), uraikan jaminan yang diberikan dalam temporary accommodation and loss of rent section.(Mar 2006 no 4, sept 2011 no 8)


Jawaban yang disarankan:

a.               Semua kebutuhan biaya yang wajar tersedia untuk dibandingkan dengan bantuan alternative untuk keperluan rumah tangga dan binatang piaraan

b.              Kehilangan uang sewa dari penyewa bila rumah tidak bisa ditempati karena kerugian/kerusakan yang timbul dari setiap sebab yang tercantum dalam primary building section.

 

3.5           Subsidence merupakan salah satu bagian dalam household insurance (building). Untuk melakukan analisa atas risk exposure, seorang underwriter memerlukan laporan structural enginers dari objek yang dipertanggungkan . Jelaskan 6(enam) informasi yang diperlukan dalam analisa dimaksud. (Mar 2006 no 12, sept 2011 no 12)


Jawaban yang disarankan :

a.         made up ground which settles unevenly

b.         the result of underground workings (e.g. coal mines)

c.          the removal moisture from clay soil, typically by tree roots

 

 

The information gathered will include :

1.              Year of construction

Generally, older properties have shallow foundations or none at all. However modern properties have cavity walls, which are more fragile than solid walls.

2.         Whether the property been extended

This can be a reason for the movement or damage.

4                Type of soil the property is built on. In general, sands, gravels. And chalk are
relatively low risk while clays, peat and silts have. Relatively high risk subsidence.

5                 Location of property. Is it situated on a slope ?

This needs to be considered with all other available information.

 

5.         The extend of any visible damage.

6.         Detail of repairs already undertaken.

7.         Full information on tree types and hegde located nearby

8.         History of subsidence in the neighbourhood

 

With this information the underwriter can make their decision. Terms offered could include an increase in premium and/or lager excess.

 

            PENJELASAN :

SUBSIDENCE   : adalah penurunan tanah dan ada beberapa penyebab, sebagai contoh:

a.          Membuat tanah yang menurun secara tidak sama;

 

b.         Akibat dari pekerjaan-pekerjaan bawah tanah (misalkan tambang batubara);

c.          Kehilangan kelembaban dari tanah liat, secara tipikal oleh akar pohon.

Kehilangan kelembaban menyebabkan kebanyakan klaim. Suatu musim kering yang berkepanjangan dapat mempunyai dampak yang serius bagi insurer karena kita telah melihat beberapa tahun yang lewat.

 

‘Heave’ terjadi dimana tanah naik setelah kelembaban kandungan tanah meningkat dan sering diikuti pergerakan dari pohon-pohon besar.

 

‘Landslip’ adalah berkurangnya tanah dan sering disebabkan oleh hujan yang lebat pada suatu tanah yang miring. Tipe kerusakan adalah menjadi suatu masalah yang serius dalam beberapa wilayah pantai, dimana pertahanan laut terbukti tidak berdaya terhadap gelombang besar dari laut.

 

Sekarang ini telah menjadi praktek umum untuk kebanyakan insurer untuk menanyakan suatu pertanyaan berhubungan dengan ‘subsidence’ ketika sedang mempertimbangkan pengambilan bisnis baru, sebagai contoh:

 

Apakah rumah anda jauh dari beberapa tanda kerusakan oleh ‘landslip’ (tanah bergeser), ‘subsidence’ (tanah amblas), ‘settlement’ (penurunan) atau ‘heave’ (tanah naik)?

 

Informasi dikumpulkan akan memasukkan:

 

1          Tahun pembangunan. Secara umum, properti-properti yang lebih tua mempunyai pondasi pondasi yang dangkal atau tidak ada sama sekali. Bagaimanapun juga, properti-properti modern mempunyai dinding yang berongga (batako), yang mana lebih mudah pecah daripada dinding yang solid.

 

2          Apakah properti diperluas. Ini dapat menjadi sebuah alasan untuk pergerakan atau kerusakan.

3          Tipe tanah dimana properti dibangun diatasnya. Pada umumnya, sands (pasir), gravels (kerikil)  dan chalk (kapur) secara relatif resiko rendah sedangkan clays (tanah liat), peat (tanah lumut) dan silts (lumpur) secara relatif mempunyai resiko yang lebih tinggi.

4          Lokasi properti. Apakah terletak pada suatu kemiringan/lereng? Ini perlu dipertimbangkan dengan suatu informasi yang tersedia yang lain

5          Beberapa kerusakan yang terlihat.

6          Perincian perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan. Ini dapat menjangkau dari hanya perbaikan-perbaikan kosmetik yang mungkin telah dilakukan, sebagai contoh pengisian keretakankeretakan, tanpa memperlakukan penyebab kerusakan.

 

            Tiang pondasi lengkap dilakukan menurut petunjuk dan kontrol seorang insinyur struktur yang seharusnya menunjukkan suatu resiko yang ditingkatkan dalam suatu daerah yang buruk.

7          Informasi lengkap pada tipe-tipe pohon dan pembatas-pembatas yang terletak didekatnya.

8          Sejarah ‘subsidence’ di sekitar rumah tetangga.

 

3.6        Sebutkan 5(lima) contoh emergency assistance dalam polis Household-building (okt 2010 no 1)

Jawaban :

1.              Legal service

2.              Emergency service, contoh :

          Saluran pembuangan air yang tersumbat;

          Pos pemadam kebakaran;

          Kerusakan karena badai; 

          Karpet yang ketumpahan, seperti cat atau ‘red wine’ (ini akan dijamin menurut polis bagian ‘contents’);

          Terkunci diluar rumah dikarenakan kehilangan kunci rumah dll (jaminan ‘contents’)

 

            PENJELASAN :

Kebanyakan ‘household insurer’ memasukkan beberapa jenis pelayanan ‘emergency assistance’ (bantuan darurat) yang tersedia untuk semua pelanggan, 24 jam sehari, 365 hari setahun. Pelayanan ini

biasanya diatur oleh perusahan asuransi langsung atau oleh sebuah perusahaan pihak ketiga, yang khusus dalam bidang ini. Pelayanan bantuan berikut biasanya adalah tersedia untuk pelanggan tanpa biaya tambahan.

 

1          LEGAL ADVICE

Insurer mungkin memasukkan jaminan ini secara otomatis dalam asuransi ‘contents’ mereka, bahkan jika ‘legal expenses’ (kadang dirujuk sebagai ‘family legal protection’) adalah bukan sebuah pilihan yang tersedia menurut polis.

 

2          EMERGENCY SERVICE

Kebanyakan insurer besar menawarkan pelayanan ini pada kedua polis ‘buildings’ dan ‘contents’. Pelanggan dapat menelpon setiap waktu untuk bantuang darurat berkaitan dengan asuransi ‘household’

mereka. Contoh-contoh keadaan darurat tersebut memasukan:

 

          Saluran pembuangan air yang tersumbat;

          Pos pemadam kebakaran;

          Kerusakan karena badai; 

          Karpet yang ketumpahan, seperti cat atau ‘red wine’ (ini akan dijamin menurut polis bagian ‘contents’);

          Terkunci diluar rumah dikarenakan kehilangan kunci rumah dll (jaminan ‘contents’)

 

Ketika pelanggan menelpon meminta bantuan, bilamana sesuai, mereka akan merekomendasikan sebuah kontraktor yang bereputasi yang akan melakukan pekerjaan pada harga yang wajar. Biasanya kontraktor ini akan menjadi daftar kontraktor yang disetujui oleh insurer.

 

Jika kerugian atau kerusakan tidak dijamin menurut persyaratan polis, sebagai contoh pekerjaan instalasi pipa air darurat yang disebabkan oleh korosi dari sebuah pipa, pelanggan akan bertanggung jawab untuk pembayaran kontraktor secara langsung untuk ongkos dari pekerjaan darurat tersebut.

 

Beberapa insurer, dengan sebuah tambahan premi, memasukkan ongkos, sampai dengan suatu limit tertentu, dimana tidak ada jaminan menurut sebuah polis ‘buildings’ standar (contents). Kenyataannya, ini adalah tipe pelayanan maintenance untuk perbaikan-perbaikan domestik normal dan ongkos-ongkos yang akan dijamin adalah fee untuk panggilan keluar, ongkos kerja dan material. Batasannya biasanya bervariasi dari £100 samapi £250.

 

Beberapa insurer juga menawarkan ‘stand alone assistance schemes’ untuk menjamin masalah-masalah yang berkaitan dengan rumah tangga, sebagai contoh sebuah boiler pemanas pusat yang cacat.

 

.3         OTHER SERVICES

Ada pelayanan-pelayanan bantuan yang lain yang tersedia menurut polis-polis household’ termasuk:

          Saluran klaim 24 jam;

          Konsultasi perpajakan;

          Konsultasi kesusahan (bela sungkawa)

          Saran dan informasi terhadap pengamanan rumah;

          Bantuan kesehatan dan perjalanan;

          Bantuan medis dan pertolongan pertama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 4 HOUSEHOLD INSURANCE – CONTENTS

 

4.1           Uraikan 3 (tiga) jenis tanggung gugat yang dijamin dalam polis content. (Sept 2009 no  5. mar 2011 no 5)

 

Jawaban :

1                Tanggung gugat secara pribadi atas :

-                 Meninggal atau cidera badan (termasuk penyakit dan sakit)

-                 Kerugian atau kerusakan dari property

-                 Kerugian atau kerusakan dari propety atau cidera badan atau penyakit yang timbul dari pekerjaan, bisnis atau profesi.

2                Staf lokal – sebagai pemberi kerja

3                Tanggung gugat sebagai penyewa

4                Keputusan pengadilan yang tidak dapat direcovery à reserve damage

5                Biaya-biaya pengacara

 

4.2        Sebutkan 6 (enam) pengecualian content dalam polis umum asuransi household. (Sept 2009 no 4)

 

     Jawaban :

1.              Jumlah excess

2          Beberapa kerugian, kerusakan, cedera atau kecelakaan yang terjadi sebelum jaminan polis berjalan

3.         Kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh serangga, kutu (termasuk bajing) atau binatang peliharaan.

4.         Kerugian atau kerusakan ketika rumah anda tidak dihuni selama periode lebih dari 30 hari berturut-turut kecuali anda telah menjaga kondisi rumah yang tidak dihuni (periode dapat bervariasi) Periode kekosongan hunian dapat berubah dari satu insurer ke insurer yang lain

5.         Kehilangan uang atau kartu kredit kecuali ada unsur kekerasan yang digunakan untuk masuk kedalam rumah anda

6.         Kerugian dimana tindakan anda telah mengkontribusi pada penyalahgunaan kartu kredit anda.

7          Kerugian dimana anda telah tidak menjaga semua persyaratan - persyaratan dan kondisi-kondisi kartu redit anda

8.         Kehilangan karena penipuan

 

4.3.      Uraikan 2 (dua) jaminan tambahan yang diberikan secara otomatis dalam asuransi Holisehold Contents. (mar 2008 no 4)

 

            Jawaban :

Beberapa perusahaan menyediakan jaminan-jaminan tambahan berikut secara otomatis menurut bagian ‘contents'

1.         Wedding & Christmas gifts (bingkisan pernikahan & natal)

‘Wording’ yang tipikal mungkin sebagai berikut:

Kerugian atau kerusakan pada bingkisan pernikahan dalam rumah anda oleh sebuah peril yang         dipertanggungkan selama periode satu bulan sebelum dan satu bulan setelah hari pernikahan dari beberapa anggota keluarga anda.

 

 

 

 

2.         Tidak ada pengecualian tambahan yang berlaku.

Kerugian atau kerusakan pada bingkisan natal dalam rumah anda oleh sebuah peril yang dipertanggungkan selama periode bulan desember.

 

Catatan: Jaminan mengenai bingkisan tidak dibatasi pada milik tertanggung dan karenanya bingkisan milik seorang pengunjung yang berada didalam rumah juga akan dijamin.

 

Jaminan kerusakan aksidental dikecualikan kecuali tertanggung telah memilih pilihan ‘accidental damage cover’.

 

4.4.      Dalam kaitan dengan Household Insurance (content) uraikan 3 (tiga) faktor yang dapat menurunkan premi. (Sept 2006 no 8)

 

            Jawaban :

PREMIUM REDUCTIONS

Ada beberapa cara pelanggan dapat mengurangi premi mereka .

Beberapa insurer menawarkan pengurangan premi dimana perangkat pengamanan telah diperkenalkan.

Suatu diskon sampai dengan 15% mungkin diperbolehkan untuk standar kunci tertentu dan/atau sebuah ‘burglar alarm’ yang disetujui, dan sebuah diskon 5% mungkin ditawarkan untuk keanggotaan dari sebuah ‘neighbourhood watch scheme’ yang disetujui. Beberapa insurer mempunyai melepaskan inisiatif ini karena keberadaan scheme tersebut sekarang dipertimbangkan oleh mereka menjadi tidak berguna dalam pengurangan tindak kriminal secara signifikan.

 

Untuk mereduksi resiko kebakaran, beberapa insurer akan memberikan suatu diskon jika ‘smoke alarms’ dipasang. Yang lain, menganjurkan pelanggan untuk tidak klaim, menawarkan suatu ‘no claim discount’ pada bagian ‘contents’. Ini meningkat pada masing-masing tahun sampai batas maksimum, katakan, 20% setelah empat tahun bebas klaim tetapi lagi ini bervariasi antar insurer. Contoh yang lain memasukkan:

1          Voluntary excesses (excess sukarela);

2          Diskon untuk ‘household’ yang tidak merokok;

3          Diskon untuk kelompok yang seprofesi seperti guru-guru, pegawai-pegawai bank dll; dan

4.         Diskon untuk yang berusia lebih dari 45 atau 55 tahun.

 

4.5        Uraikan 4 (empat) cara mengurangi premi (premium Reduction) dalam Content lnsurance. (Sept 2007 no 4, mar 2010 no 5, mar 2011 no 6)

 

Jawaban : lihat diatas

 

4.6.       Uraikan 4 (empat) informasi yang biasanya terdapat dalam laporan survey risiko Contents Insurance. (Mar 2007 no 1)


Jawaban yang disarankan :

a.          Apakah harga pertanggungann wajar (masuk akal)

b.         Konstruksi dan tipe bangunan yang ditempati tertanggung, termasuk tinggi bangunan

c.          Isi bangunan (content) yang mungkin dapat menarik pencuri diperlukan photo untuk barang-barang tertentu

d.         Letak property

 

 

e.          Siapa yang tinggal dialamat risiko, seberapa seringnya property ditinggal tanpa penghuni untuk berapa lama dan tindakan pencegahan dilakukan selama tidak berpenghuni

f.          Kesesuaian alat keamanan yang dipasang apabila hal ini tak sesuai dengan standard minimum penanggung, tertanggung diminta untuk menggantinya.

 

4.7           Uraikan 4 (empat) hal yang harus dicantumkan dalam survey report atas risiko asuransi household untuk content. (Sept 2008 no 3, okt 2010 no 3)

 

            Jawaban : lihat diatas

 

4.8           Dalam melakukan risk control atas Pertanggungan asuransi content, sebutkan 4 (empat) alasan mengapa perlu dilakukan survey ulang. (mar 2009 no 3)

 

Jawaban yang disarankan :

1                harga pertanggungan isi melebihi jumlah normal, dibedakan harga pertanggungan dikota dan daerah

2                Nilai dari barang bernilai melebihi limit tertentu

3                Klaim record yang jelek

4                Property berada pada daerah yang beresiko tinggi, seperti daerah banjir

5                Tertanggung telah mengalami kebongkaran

 

4.9           Sebutkan 4(empat) alasan mengapa perlu dilakukan survey ulang dalam melakukan risk control atas pertanggungan asuransi content (okt 2010 no 6)

 

Jawaban : lihat diatas

 

4.10         Dalam kaitan dengan asuransi content, uraikan : (mar 2009 no 9)

a.               6 (enam) luas jaminan legal liability dalam polis tersebut.

b.              (enam) jenis legal liability yang tidak dijamin dalam polis tersebut.

 

Jawaban yang disarankan :

a.               6 (enam) luas jaminan legal liability dalam polis tersebut.

1                Death or bodily injury

2                Loss of or damage to property

3                Liability for your personal service or contract of service for loss, damage injury, illness or disease

4                Loss or damage to the home and to landloards fixtures and fitting caused of theft, storm or flood, escape of oil  and water, repair to plumbing after freezing, accidental damage to drain and pipes

5                Damage to internal decoration caused by fire or smoke

6                Court fees

7                Solicitor fess

 

b.              6 (enam) jenis legal liability yang tidak dijamin dalam polis tersebut.

1.         The passing of any infection disease or virus

2.         Death or bodily injury and loss of or damage to property arising out of you or your household having a dog

 

 

 

 

3.         Death or bodily injury to you your household

4.         loss or damage to property suffered by you and your household

5.         your employment, business or profession or that of any member to you household

6.         a contractual obligation

7.         owning or using a motor vehicle

8.         using firearms apart from sporting gunsused cfor sporting purposes

9.         Riding horse for racing, steeple chasingv or hunting

10.       Compensation or aother cost arising from accidents involving motor vehicle and ant trailer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V  HOUSEHOLD INSURANCE – PERSONAL POSSESSIONS

 

5.1             Jelaskan yang dimaksud dengan Jaminan ‘personal possessions’

 

Jawaban :

Jaminan ‘personal possessions’ adalah sebuah produk asuransi yang populer karena produk tersebut adalah normal untuk beberapa pelanggan yang secara reguler membawa ‘possession’ mereka keluar rumah.

 

‘Personal possessions’ yang digunakan merujuk pada ‘all risks’, tetapi istilah ini dapat menyesatkan karena ada sejumlah keadaan yang mana insurer tidak akan dipersiapkan untuk membayar. Setelah kritik dari kelompok-kelompok pelanggan, beberapa insurer menghapuskan istilah tersebut dan sekarang merujuk pada bervariasi nama, sebagai contoh:

 

           personal possessions (kepemilikan pribadi);

           contents cover away from the home (contents yang dibawa keluar dari rumah);

           personal belonging (barang-barang pribadi).

 

Sebagaimana disebutkan dalam bab 2, bagian F2L, ‘personal possessions’ adalah item-item yang biasanya dikenakan, digunakan atau dibawa berkeliling dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

5.2           Dalam kaitan dengan polis asuransi personal possesion, uraikan masing-masing 3 (tiga) : (mar 2010 no 9)

a.          Jaminan dasar.

b.         Perluasan jaminan.

c.          Pengecualian.

 

            Jawaban :

a.          Jaminan dasar.

Sebuah ‘personal possessions policy’ biasanya berlaku:

 

           Di wilayah UK, the Channel Islands & the Isle of Man; dan

          Dimana saja didunia selama sampai dengan total 60 hari setiap periode jaminan. Jaminan asuransi dapat dibuat sendiri untuk memenuhi kebutuhan pelanggan pribadi, dan perincian nyata akan dicatat dalam skedul polis pelanggan.

 

Biasa bagi insurer untuk menyediakan ‘inflation protection’ (perlindungan terhadap inflasi) pada jaminan ‘personal possessions’ dengan menyesuaikan limit-limit yang mereka tawarkan untuk masing-masing item sejalan dengan ‘Retail Price Index’.

 

Berikut adalah suatu contoh ‘wording’ yang tipikal yang ditemukan dalam sebuah booklet polis untuk ‘personal possessions insurance’:

Kami akan membayar untuk Kerugian dari atau kerusakan              anda

 

Item 1.

Kebanyakan kami akan membayar £1,000 untuk item-item tunggal yang tidak dispesikasi secara terpisah dalam skedul & £3,500 secara keseluruhan dimana ada lebih dari satu item.

 

Lagi limit akan bervariasi antar insurer.

 

Item 2.

Kehilangan uang dan/atau kehilangan dikarenakan penyalah gunaan kartu kredit anda. Kebanyakan kami akan membayar £500 untuk setiap klaim.

 

Item 3.

Kerugian dari atau kerusakan pada sepeda pedal anda dan assesories-nya. Kebanyakan kami akan membayar untuk setiap sepeda pedal dan assesories-nya sejumlah £300 & £600 dimana ada lebih dari satu sepeda pedal.

 

Adalah catatan yang berguna bahwa beberapa insurer mungkin menyediakan jaminan untuk sepeda pedal menurut bagian ‘contents’ dari polis. Yang lain, sebagaimana contoh, menjamin mereka (sepeda pedal) menurut ‘personal possessions’

 

Beberapa insurer bagaimanapun juga, dikarenakan pernah meningkatkan resiko pencurian, sekarang menyediakan jaminan sampai kepada suatu ‘specified limit’ (akan di-index-linked) sebagai suatu bagian yang terpisah dalam pembebanan polis yang merupakan suatu tambahan.

 

          flat rate premium per sepeda; atau

          Sebuah premi untuk semua sepeda sampai dengan suatu limit tertentu.

Dimana suatu tambahan premi yang dikenakan, akan didasarkan pada pengalaman klaim yang ada pada insurer berkaitan dengan:

 

          Frekwensi;

          Jumlah yang dibayarkan.

 

Item 4.

Kerugian dari atau kerusakan pada specified personal possessions’ anda. Kebanyakan kami akan membayar jumlah yang dispesifikasi dalam skedul polis anda.

 

b.         Perluasan jaminan.

 

1.         PERSONAL MONEY AND CREDIT CARDS

 

Beberapa insurer menawarkan berbagai macam perluasan-perluasan dan pelayanan-pelayanan sebagai tambahan pada jaminan dasar untuk uang dan kartu kredit. Sebagai contoh:

          Uang tunai darurat sampai dengan £400 mungkin dibayar didepan dengan bebas bunga sampai periode waktu tertentu, misalkan 10 hari, jika tertanggung terdampar jauh dari rumah akibat kehilangan kartu kredit mereka.

          Agar supaya mendapatkan fasilitas pendaftaran kartu yang bebas biaya, dalam suatu kejadian kehilangan, insurer segera dilapori dan dapat mengatur pembatalan kartu-kartu yang hilang dengan segera dan menerbitkan kartu barunya

          Ketika seorang pelanggan mengubah alamat mereka, insurer akan, atas nama pelanggannya, melaporkan kepada semua penerbit kartu mengenai perubahan alamat tersebut.

 

 

2          LEGAL EXPENSES

Perluasan yang tipikal akan menyediakan proteksi terhadap kejadian-kejadian berikut:

 

Ongkos tertanggung  untuk melakukan tindakan hukum dalam batas teritorial (biasanya Great Britain, Northern Ireland), Isle of Man & the Channel Islands) terhadap pihak yang lain sebagai akibat dari:

-           kematian atau cedera badan pada beberapa tertanggung (insurer mungkin menspesifikasi bahwa ini tidak akan berlaku dimana mereka adalah pengendara dari sebuah kendaraan bermotor);

 

-           suatu perselisihan atas sebuah kontrak untuk pembelian, penjualan atau penyewaan barang barang atau pelayanan-pelayanan (jumlah yang diperselisihkan harus lebih dari £250 meskipun beberapa insurer menggunakan suatu angka yang lebih rendah;

 

-           suatu perselisihan atas sebuah kontrak atas nama tertanggung yang membeli atau menjual rumah mereka atau sebuah rumah sebelumnya atau untuk menyewa rumah mereka sebagai tenant (penyewa);

 

-           Sebuah pelanggaran dari hak-hak hukum tertanggung berhubungan dengan rumah tertanggung (pelanggaran harus terjadi sedikitnya 90 atau 180 hari setelah jaminan asuransi dimulai);

-           Sebuah perselisihan dengan majikan tertanggung atas kontrak kerja tertanggung

 

Sebagai tambahan, jaminan yang disediakan terhadap ongkos mempertahankan tertanggung dari tindakan hukum dalam batas-batas teritorial terhadap tertanggung sebagai akibat dari:

-           suatu perselisihan atas sebuah kontrak untuk pembelian, penjualan atau penyewaan barang barang atau pelayanan-pelayanan (jumlah yang diperselisihkan harus lebih dari £250 meskipun, lagi, beberapa insurer menggunakan suatu angka yang lebih rendah;

-           suatu perselisihan atas sebuah kontrak atas nama tertanggung yang membeli atau menjual rumah mereka atau sebuah rumah sebelumnya atau untuk menyewa rumah mereka sebagai tenant (penyewa);

 

-           tindakan hukum yang tidak imbang terhadap hak-hak tertanggung terhadap rumah mereka.

 

3          Musical instruments;

4          Painting and other fine arts;

5          Pedal cycles;

6          Sport equipment

7          Frozen foods.

 

c.          Pengecualian.

Insurer akan tidak bertanggung jawab untuk beberapa klaim mengenai:

 

1.              Suatu kejadian yang dipertanggungkan dilaporkan kepada insurer lebih dari 6 bulan setelah kejadiannya

 

2.              Beberapa kontrak dimana penyebab tindakan muncul dalam tiga bulan pertama dari periode asuransi pertama kecuali kontrak berhubungan dengan pembelian barang baru yang dibeli setelah periode asuransi dimulai

3.              Beberapa kontrak penjualan, pembelian atau penyewaan, atau pekerjaan, beberapa kendaraan, bagian-bagiannya atau assesoriesnya

4.              Suatu kontrak yang dimasukkan kedalam oleh beberapa tertanggung yang berhubungan dengan profesi, bisnis atau perdagangan,

5.              Konstruksi, konversi atau perluasan dari bangunan atau bagian-bagian bangunan dimana pekerjaan tersebut dilakukan oleh atau atas nama tertanggung

6.              Beberapa proses hukum yang berhubungan dengan perceraian, pemisahan secara hukum atau masalah-masalah perkawinan Biasanya ada suatu limit ganti rugi dalam setiap kejadian yang dipertangungkan, misalkan £30,000, meskipun, lagi ini bervariasi antar insurer. Beberapa pengecualian-pengecualian yang dirancang untuk mencegah seseorang mengambil suatu polis dengan maksud membuat klaim dengan segera.

 

5.3           Sebutkan 6 (enam) pengecualian dalam polis asuransi household-personal possessions. (Sept 2008 no 7)

 

Jawaban : lihat diatas

 

5.4           Sebutkan 5 (1ima) perluasan jaminan yang umum dalam polis Household-Personal Possessions. (Sept 2009 no 6, sept 2011 n0 2)

 

            Jawaban :

1.         Money & credit card

2.         Legal expenses

3.         Musical instruments

4.         Painting & others fine arts

5.         Pedal cycles

6.         Sport equipment

7.         Frozen foods

 

5.5           Uraikan 3 (tiga) perluasan jaminan yang asuransi personal money dan kartu kredit dalam asuransi personal possession. (mar 2008 no 5)

 

Jawaban :

1                Uang tunai darurat sampai dengan £400 mungkin dibayar didepan dengan bebas bunga sampai periode waktu tertentu, misalkan 10 hari, jika tertanggung terdampar jauh dari rumah akibat kehilangan kartu kredit mereka.

 

2                 Agar supaya mendapatkan fasilitas pendaftaran kartu yang bebas biaya, dalam suatu kejadian kehilangan, insurer segera dilapori dan dapat mengatur pembatalan kartu-kartu yang hilang dengan segera dan menerbitkan kartu barunya

 

3                Ketika seorang pelanggan mengubah alamat mereka, insurer akan, atas nama pelanggannya, melaporkan kepada semua penerbit kartu mengenai perubahan alamat tersebut.

 

5.6        Uraikan 2 (dua) pertimbangan khusus dalam Personal Possession. (Sept 2007 no 1)

 

Jawaban :

 

1          INFLATION PROTECTION

Index-linking adalah suatu pertimbangan yang relevan untuk semua item-item yang diasuransikan  termasuk ‘personal possessions’ untuk meyakinkan bahwa item-item tidak ‘under insurance’. Index yang digunakan oleh banyak insurer adalah ‘Consumer Durable Section’ dari ‘Retail Price Index’ (dipersiapkan oleh Departemen Tenaga Kerja) atau sebuah ‘alternative index’. Premi tahunan didasarkan pada figur yang di-adjust

 

Insurer biasanya mengingatkan pelanggan bahwa nilai item-item semacam permata, benda-benda dari logam berharga dan jam tangan-jam tangan sering fluktuasi secara bebas terhadap inflasi. Untuk memastikan bahwa jumlah pertanggungan adalah akurat dan terkini, pelanggan akan diperlukan untuk menilai kembali barang-barang berharga mereka menurut reguler basis.

 

2          PAIRS OR SETS CLAUSE: PERSONAL POSSESSIONS WORDINGS

Beberapa polis-polis ‘personal possessions’ mungkin memasukkan sebuah ‘pair or sets clause’, baik dalam bagian utama dari polis ataupun dengan endorsemen pada skedul karena ‘the matching items clause’ akan tidak berlaku pada jaminan ‘personal possessions’. Dampaknya membatasi tanggung jawab insurer dalam kejadian kerugian dari atau kerusakan pada beberapa benda-benda yang berbentuk bagian dari sepasang atau satu set benda terhadap nilai bagian atau bagian-bagian khusus dari benda yang rusak atau hilang.

 

5.7       Uraikan apa yang dimaksud dengan unspecified items dalam personal possessions policy. (Mar 2006 no 5)


Jawaban yang disarankan :

 

adalah harga pertanggungan akan menjadi maksimum pada satu waktu tertentu dan umumnya jumlah yang dipilih akan merupakan biaya penggantian kembali menjadi baru dengan potongan bagi wear & tear dalam hal kain atau bulu binatang.

 

Penjelasan : :
Jumlah pertanggungan sepertinya akan menjadi maksimum pada suatu resiko pada suatu waktu. Secara umum, jumlah yang dipilih akan menjadi ongkos penggantian sebagaimana baru, dengan suatu pengurangan untuk ‘wear & tear’ dalam hal pakaian-pakaian dan pakaian bulu binatang.

 

Insurer mungkin menspesifikasi unit-unit atau tingkat-tingkat jaminan, misalkan £2,000; £4,000; £6,000. Alternatif lain, ‘bedroom-rated contents policies’ mungkin menawarkan jaminan ‘personal possessions’ dengan tingkat jaminan bervariasi dengan jumlah kamar tidur, misalkan satu kamar tidur s/d £2,000, tiga kamar tidur £3,000, dengan suatu ‘single article limit’ sebesar £1,000.

 

5.8           Dalam kaitan dengan Household (Personal Possesions), jelaskan 6 (enam) hal yang temasuk dalam "Specified Items”. (Sept 2006 no 10)

 

Jawaban :

 

 

Jumlah pertanggungan biasanya mewakili nilai penggantian dari ‘specified items’. Biasa bagi insurer untuk melihat penilaian yang terbaru dimana item-item yang dinilai melebihi suatu jumlah tertentu, misalkan £1,000. Ini mempercepat proses klaim, karena akan tidak ada perselisihan karena nilai dari item yang dipermasalahkan dalam kejadian suatu klaim. Pelanggan akan diminta untuk membuat daftar secara terpisah semua item-item yang dispesifikasikan dan menghasilkan penilaian dari masing-masing dari mereka.

 

Untuk membuat proses lebih mudah bagi pelanggan dan memastikan ada suatu konsistensi dan proses penilaian yang akurat, beberapa insurer akan menyediakan suatu daftar penilai yang kualified/bermutu yang mana pelanggan dapat memilihnya. Contoh-contoh yang tipikal dari ‘specified items’ memasukkan:

 

1.              ‘Jewellery’

Insurer akan perlu tahu jika perhiasan pelanggan pernah dipindahkan dari rumah. Jika dibawa keluar negeri, akan menjadi penting untuk memastikan bahwa batasan polis untuk jaminan luar negeri adalah memadai. Beberapa insurer mempersiapkan untuk menjamin item-item tersebut menurut ‘worlwide basis’ tanpa batasan, tetapi premi tambahan yang akan dikenakan akan besar.

 

Untuk mengurangi resiko kerugian atau kerusakan, insurer mungkin memerlukan perhiasan dengan suatu nilai yang melebihi nilai tertentu, diinspeksi oleh seorang ‘competent jeweller’, Ini akan memudahkan beberapa perbaikan yang perlu dilakukan, sebagai contoh ‘mounting’ (pasangan permata) atau ’clasps’ (gesper/pengunci), sebelum insurer menyetujui untuk mengambil atau memperpanjang asuransi. Tergantung pada nilainya, beberapa insurer mungkin memerlukan perhiasan disimpan dalam sebuah ‘safe’ (brankas) ketika tidak sedang dikenakan.

 

2.              ‘Furs’

‘Furs’ (pakaian bulu binatang) mungkin memerlukan penilaian ulang secara berkala karena mereka cenderung terdepresiasi karena ‘wear & tear’ (aus karena pemakaian) dan perubahan mode, sebagai contoh sebagai akibat kampanye yang menentang kekejaman terhadap binatang. Pelanggan mungkin memerlukan asuransi untuk menjamin ketika ’furs’ dikirim keluar untuk disimpan dalam ‘cold storage’.

 

3.              ‘Paintings’

Jika pelanggan telah membawa keluar dari polis ‘all risks’, underwriter mungkin memasalahkan kesesuaian ini jika lukisan tidak dipindahkan dari rumah karena ‘contents insurance’ mungkin memadai dan sedikit mahal.

 

Jika ‘gambar’ dibawa keluar dari rumah, sebagai contoh untuk dipajang dalam sebuah pameran, klarifikasi akan harus diminta kepada siapa yang bertanggung jawab jika lukisan dicuri atau rusak.

 

4.              ‘Banks’

Banyak orang menjaga barang-barang berharganya dalam sebuah bank, khususnya jika mereka adalah harta pusaka keluarga dan mereka tidak ingin barang tersebut beresiko untuk dicuri. Biasa bagi insurer untuk menyediakan jaminan pada tarip yang rendah ketika item-item tersebut disimpan dibank, tetap akan dikenakan biaya tarip yang lebih tinggi ketika property dipindahkan dari bank.

  

 

 

5.              ‘Musical Instruments’

Banyak insurer akan tidak menjamin peralatan musik yang dimiliki oleh musisi professional karena mereka biasanya berharga dan dikarenakan mereka ditransportasikan ke tempat penampilan dll, resiko dari mereka dicuri atau rusak adalah tinggi, Jika jaminan dibolehkan, premi dapat dipertimbangkan akan dinaikkan. Umumnya mengecualikan ‘loss of tone’ (kehilangan nada suara), putusnya senar, penggesek atau kulit drum atau penyok, tergores atau lebam dari peralatan musik dimana jaminan disediakan.

 

6          ‘Cameras and video cameras’

Kamera-kamera dan kamera-kamera video yang digunakan oleh profesional dikecualikan karena resiko kerusakan atau kerugian adalah tinggi, khususnya jika mereka sering berjalan keliling dunia. Ada pasar yang spesialis untuk resiko-resiko tersebut dan pelanggan dapat berharap untuk membayar suatu premi

yang tinggi.

 

Untuk non-profesional, jaminan asuransi tersedia, tetapi tarip premi biasanya lebih tinggi daripada barang-barang milik pribadi yang lain.

 

5.9           Sebutkan 5(lima) perluasan umum lain yang diatawarkan dalam Personal Possesions

 

Jawaban :

1                Musical instruments

2                Painting and other fine arts

3                Pedal cycles

4                Sport equipment

5                Frozen foods.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 6  OTHERS PERSONAL  PRODUCT (1)

 

6.1           Dalam kaitan dengan "Domestic Animals Personal Insurance Product”, jelaskan: (Sept 2006 no 13)

a.          Luas jaminan dan pengecualiannya

b.         Additional Cover

c.          Cover lain yang tersedia

d.         Special condition

 

            Jawaban :

a.          Luas jaminan dan pengecualiannya

 

1.         Jika binatang mati atau disembelih akibat luka badan.

                                    Pengecualian :

-           Pemotongan tanpa persetujuan asuradur kecuali  atas pertimbangan dokter hewan

-           Melahirkan

-           Mati akibat pembedahan karena luka badan atau keperluan penyelamatan hidup binatang.

 

2.         Biaya dokter hewan yang dibayarkan sehubungan dengan  penderitaan binatang luka badan atau sakit badan.

Pengecualian :

-           Melahirkan

-           Excess yang tercantum di schedule

 

3.         Biaya recovery yang terjadi akibat :

-           Iklan untuk recovery dari lost atau binatang yang dicuri.

-           Pemberian hadiah yang wajar jika kerugian atau   binatang yang dicuri kembali.

 

b.         Additional Cover

Premi lebih tinggi untuk jaminan tambahan yang   tersedia untuk mengasuransikan binatang  terhadap :

a.          mati atau slaughter sebagai akibat sakit

b.          Total or partial loss dari yang digunakan

c.          Theft atau sedang mengembara

 

c          Cover lain yang tersedia

Jika Underwriter akan mempertimbangkan jaminan tambahan maka Underwriter melaksanakan analisa risiko untuk memutuskan jika risiko diterima.

 

1.         Cats and Dog

-           Pembatalan hari libur sehubungan pembedahan darurat binatang s/d batas tertentu . Seperti 2,500

-           Biaya perawatan ketika pemilik dirawat di RS s/d jumlah tertentu (1,000 )‏

-           TPL untuk kucing dan Anjing

 

 

 

 

2.         Kuda dan keledai

-           Pelana, tali kekang dan asesoris peralatan lainnya sampai limit  1.000 dengan Excess 75 atas loss karena fire, theft, atau accident .

-           TPL s/d 1,000,000 untuk Bodily injury, damage atas pihak ketiga karena kuda. Kerusakan karena pagar atau tanaman pada saat naik kuda dikecualikan.

                                    -           PA pada penunggang ketika dia menaikkan kuda tertaggung .

                                    -           Accidental damage pada mobil penumpang

 

d.         Special Conditions

Kondisi yang khusus dapat diberikan seperti :

1.         Binatang tertanggung harus diberikan  Proper Care setiap waktu termasuk kebutuhan vaksin.

2.         Jika biantang terluka , sakit atau mati tertanggung harus didatangkan dokter bedah hewan atas penyebab kematiannya.

3.         Jika setelah pembayaran klaim untuk Theft atau binatang tersesat tsb ditemukan maka  tertanggung harus mengembalikan sejumlah yang dibayarkan.

4.         Tertanggung atas pembuangan dari karkas diikuti pemotongan harus dibayarkan kembali  ke asuradur atas setiap jumlah recovery yang didapat . 

 

6.2           Uraikan 3 (tiga) additional cover dalam domestic animals Insurance. (Mar 2007 no 2)

Jawaban yang disarankan :

1.         Kematian atau penyembelihan semata-mata akibat penyaki

2.         Kerugian total atau sebagian karena kehilangan manfaat/penggunaan dari hewan tersebut

3.         Kecurian atau tersesat

 

6.3           Dalam kaitan dengan risk assessment caravan personal insurance, uraikan 4 (empat) informasi yang harus disampaikan oleh tertanggung. (Mar 2007 no 3)

 

Jawaban yang disarankan :

a.          Keterangan (description)

Buatan, model dan tahun pembuatan caravan

 

b.         Harga pertanggungan (Sum Insured)

Harga pertanggungan harus diperhitungkan atas dasar penggantian (replacement)

 

c           Alamat lokasi

Informasi ini diminta untuk menilai apakah caravan secara permanen disimpan di lokasi yang tetap atau jika tidak, dimana disimpannya bila tidak digunakan

 

d.         Pengunaan
Beberapa penanggung menanyakan apakah caravan digunakan untuk teman atau keluarganya karena hal ini dapat meningkatkan Risk Exposure.

 

 

 

 

 

 

6.4        Dalam kaitan dengan asuransi Small Boats /Small Craft, jelaskan : (mar 2008 no 10)

     a.          4 (empat) luas iaminan

     b.         5 (lima) assesmen risiko

 

Jawaban :

     a.          4 (empat) luas iaminan

                Asuradur menjamin small boat ( termasuk small craft ) .

                Kapal tidak diartikan small Craft karena harus diasuransikan Polis Marine .

                Asuradur bisa menjamin perahu layar

 

1.         Boat

                                    -           Kerugian atau rusak atas Craft, mesin dan peralatan.

                                    -           SI dapat dipisah untuk masing – masing:

a)         Boat termasuk Lorry, jaket penyelamat dan pelampung.

b)         Motor tempel

c)         Trailer

                                     d)         Layar, tiang dan tali temali lainnya.

Jaminan berlaku ketika di pantai, transit atau diambangkan pada Insland dan pesisir pantai .

 

2.         Personal Effect

-           Menjamin barang – barang pribadi dengan All Risks  atas property tertanggung atau anggota keluarga ketika digunakan sehubungan dengan transit ke atau dari kapal.

-           Pengecualian : Excess , wear dan tear dll.

 

3.         Salvage Charges

                                    Setiap biaya penyelamatan kapal dan biaya yang wajar untuk memperkecil

                                     klaim atas loss or damage.

 

4.         Liability to Third parties and Passenger

Legal liability atas luka badan atau rusaknya property ( termasuk biaya dan pengeluaran yang disetujui ) yang disebabkan oleh atau berhubungan dengan kapal yang dijamin. Seperti biaya pemindahan Wrecks atau biaya lainnya.    

   

Pengecualian

                Boat atau sail board digunakan untuk disewa, diupah atau bisnis.

                Liability atas luka karyawan

                Liability yang terjadi ketika kapal transit di darat ( dijamin Motor Insurance ).

 

b.         5(lima) assesmen resiko

 

                        1.         Klas, jenis boat, mesin tempel , daya kekuatan dan usia

-           Perincian diperlukan identifikasi tujuan

-           Usia diatas 20 tahun dikecualikan

-           Informasi daya untuk check kecepatan maksimum.

 

2.         Sum Insured

                                    -           Nilai barang yang diasuransikan termasuk fitting dan peralatan.

                                    -           SI terpisah untuk mesin tempel dan trailer .

 

 

3.         Penggunaan dan kepemilikan

                                      Perincian atas pemilik dan pengguna selain tertanggung dan keluarga diperlukan

 

4.         Address

-            Banyak boat yang berada di Laut dan pelabuhan ketika tidak digunakan.

                                    -           Hal ini akan meningkatkan risiko Theft

 

7.              Racing (Balapan Perahu)

Penggunaan seperti ini akan meningkatkan resiko dan oleh sebab itu penanggung mempertimbangkan dampaknyasebelum menyetujui menutuop atau tudak

,

6.5           Uraikan 3 (tiga) informasi yang diperlukan penanggung dalam rangka asesmen risiko Small Boat/ Small Craft. (Sept 2007 no 2)

 

Jawaban : lihat diatas

 

6.6           Uraikan 3 (tiga) manfaat yang terdapat dalam medical and associate expensese pada asuransi travel. (Sept 2009 no 7, okt 2010 no 8)

 

     Jawaban :

1.              Biaya medis, biaya operasi, dan biaya gigi darurat dan biaya RS dan biaya klinik

2.              Pengeluaran tambahan atas hotel dan travel termasuk sesuatu yang berhubungan dengannya atau teman yang memerlukan persyaratan medis atau yang merupakan bagian dari tertanggung

3.              Dalam hal meninggal dunia, biaya transportasi atas mayat ketempat asal atau biaya penguburan

 

6.7           Uraikan 3 (tiga) alternatif definisi dari dissability. (Sept 2009 no 8, mar 2011 no 2)

     Jawaban :

1.              Cidera badan akibat dirinya sendiri dan secara langsug dari kecelakaan yang diakibatkan oleh kekerasan dari luar dan dapat  dilihat yang secara langsung dan bebas dari setiap Akibat penyebab lainnya dalam hal meninggal dunia atau cacat atau mendatangkan medis.

2.              Cidera badan akibat dirinya sendiri dan secara langsug dari kecelakaan yang diakibatkan oleh kekerasan dari luar dan dapat  dilihat dimana luka tersebut bebas dari setiap penyebab lainnya yang merupakan penyebab sendiri .... (akan secara khusus diatur dalam ikhtisar polis

3.              Cidera badan akibat dirinya sendiri dan secara langsug dari kecelakaan yang diakibatkan oleh kekerasan dari luar dan dapat  dilihat yang dapat dibutikan secara langsung dan tidak lebih buruk oleh cacat badan atau kelemahan

 

 

           

6.8           Dalam kaitan dengan asuransi perjalanan, jelaskan 5 (lima) jaminan yang diberikan oleh Penanggung. (mar 2008 no 11)

 

Jawaban :

 

1.              Santunan PA

Jaminan diberikan untuk :

                        -           meninggal, kehilangan mata atau kaki, cacat total permanen s/d 15,000 .

 

-           Anak – anak dibawah 16 th diikutkan tapi manfaat  untuk meninggal terbatas s/d 1,000 atau 2,000.

 

-           Santunan mingguan untuk cacat total sementara atau cacat sebagian sementara yang diberikan  bagi   orang yang tidak bekerja dengan biaya yang wajar.

 

2.              Medical & Associated Expenses

Menjamin biaya – biaya yang wajar untuk :

                        -           Biaya medis, pembedahan dan dokter gigi dan RS.

 -            Pengeluaran tambahan hotel dan travel termasuk hal   – hal yang berhubungan atau permintaan tenaga medis

-           Jika terjadi meninggal termasuk biaya pengangkutan  jenazah dan abu atau pemakaman

 

3          Emergency Service

                Jaminan polis termasuk 24 layanan medis .

                Dilaksanakan oleh perusahaan khusus atas nama perusahaan asuransi.

                Jika terjadi keadaan darurat maka perusahaan tersebut akan memberi saran dan bekerja untuk kebutuhan dan perlakuan medis serta pengaturan pengembalian tertanggung jika diperlukan.

 

4                Cancellation Or Curtailment

                Memberikan biaya reimbursemen atas deposit yang tidak bisa dibatalkan dan pembayaran yang terjadi sehubungan :

   -           pemesanan transportasi dan akomodasi tapi tidak digunakan oleh tertanggung.

   -           Kebutuhan yang datang tiba – tiba dan pembatalan yang  tidak dapat dihindari atas liburan dan perjalanan sebelum tanggal keberangkatan.

   -           Hal – hal  yang disebabkan diluar pengawasan

 

                Sum Insured ditentukan sebagai biaya liburan dengan limit 2,000 per orang tertanggung.

                 Kemungkinan penyebab yang termasuk :

 -          Death, Illness, accident dari tertanggung, terbatas teman atau setiap orang yang ikut travel atau terbatas pada bisnis asosiasinya. Termasuk kehamilan dengan ketentuan mulai kehamilan tsb   setelah tanggal booking.

-           Seseorang yang ditunjuk sebagai jasa juri atau wasit atau orang yang sedang karantina .

-           Penggangguran yang berlebihan. ( Sesuai dengan UU )  .

 

                                   Penyebab lain yang termasuk dalam jaminan :

-           Akumulasi pekerjaan yang tidak terduga

-           Theft baik rumah atau tempat kerja

-           Fire atau kerusakan di rumah yang meminta kehadiran  tertanggung.

 

 

 

5                Baggage , Personal Effects and Money

                Jaminan bagasi termasuk loss or damage bagasi pribadi termasuk pakaian dan barang – barang pribadi dan pembelian selama perjalanan atau pengiriman di muka .

                Perluasan jaminan bervariasi dan dapat dibuat All Risks , Accident dan misfortune.

 

                 Sum Insured ditentukan :

-           Antara  1,000 dan 2,000

-           Single article limit . Misal 250

-           Limit On Valueable. Misal 200 to 500

 

                Asuradur menerapkan deductible untuk wear dan tear .

                Memberikan jaminan New for old dibawah 2 tahun sejak terjadi loss.

                Barang – barang tsb dijamin dalam content atau personal possession dalam household .

                Asuradur memasukkan Bagasi menjadi satu paket dan diskon 25 % s/d 33 %

 

6          Personal Liability

Jaminan customer terhadap : 

Legal liability dari pihak ketiga atas kerusakan atau biaya atau pengeluaran orang yang menuntut sehubungan dengan :

 -          Accidental bodily injury or disease

 -          Accidental loss of or damage to material property .

Pembayaran atas recovery  damages terhadap tertanggung terhadap pihak ketiga.

Limit 1,000,000

 

7          Hospital Cash Benefit

                Ada manfaat harian antara 10 dan 15

                Pemberian tambahan setiap pembayaran berdasarkan biaya medis untuk cost of treatment.

                Limit 200 dan 600

 

8          Delayed Baggage

                Jaminan diberikan untuk pakaian dan benda – benda yang digunakan untuk pakaian dan cucian akibat keterlambatan bagasi pada periode tertentu setelah waktu dimana seharusnya tiba.

                Waktu yang ditentukan 12 jam

                SI per orang 50 s/d 100

 

9.         Travel Interruption ( Gangguan )

                Jaminan diberikan atas gagalnya transportasi umum yang menyebabkan tertanggung tidak sampai di tempat pemberangkatan.

                Asuradur menjamin karena mobil mogok

                Adanya tambahan akomodasi  300 per orang .

 

10        Travel Delay

                Menjamin keterlambatan customer pada Travel Aircraft, sea Vessel atau angkutan umum minimal 12 jam sejak waktu keberangkatan sehubungan dengan :

 -          pemogokan

 

-           tindakan industry

-           kondisi cuaca buruk

 -          mesin mati

 -          adanya kecacatan struktural yang mempengaruhi aircraft , vessel & conveyance.

                Benefit 20 atas keterlambatan 12 jam jam dan maksimum  100 per orang .

 

11.       Lack Of Service Or Amenities

                Jaminan diberikan atas penarikan fasilitas hotel tertanggung akibat pemogokan atau tindakan industri paling lama 48 jam

                Layanan meliputi air, fasilitas listrik diruang tertanggung, waiter, dapur, layanan publik dan kolam renang.

                Benefit 20 s/d 200

 

12        Loss Of Passport

                Menjamin biaya perjalanan dan akmodasi untuk memperoleh penggantian Passport sehubungan dengan Loss or Theft.

                Limit 100 dan 250 ( tergantung Asuradur )

                Passport bisa termasuk dalam bagasi , barang – barang pribadi dan money.

 

13       Legal Expenses

                Menjamin legal cost dan expenses yang memberi kompensasi Death dan Personal Injury.

                Si bervariasi 10,000 dan 25,000

                Jaminan termasuk Advise dan guidance atas hukum private yang timbul dalam perjalanan.

 

6.9           Sebutkan 5 (lima) Jaminan dasar dalam asuransi perjalanan. (mar 2009 no 4)

 

Jawaban :

1.              Personal accident

2.              Medical and associate expenses

3.              Loss of deposit and other charges incured due to cancelation or curtailment of the holiday

4.              baggage, persolan effect and money

5.              personal liability

 

6.10         Dalam kaitan dengan asuransi travel: (Sept 2008 no 9, mar 2011 no 12)

     a.          jelaskan 5 (lima) jaminan polis tersebut.

     b.         sebutkan 5 (lima) perluasan jaminan yang dapat diberikan.

 

            Jawaban :

     a.          5 (lima) jaminan polis tersebut.

 

                 Lihat diatas

 

     b.         5 (lima) perluasan jaminan yang dapat diberikan.

1          Hospital Cash benefit

2.         Delayed baggage

3          Travel Interruption

4          Travel delay

 

5          Failure of tour organiser

6          Lack of service or amenities( kenyamanan )

7          Loss of Passport

8                Legal Expenses

 

6.11      Dalam kaitan dengan asuransi travel, jelaskan : (Sept 2009 no 10)

a.               risk assesment yang harus dilakukan.

b.         perhitungan preminya.

 

            Jawaban :

a.                                     risk assesment yang harus dilakukan. :

1.              Asuransi Travel berbeda dengan asuransi personal lainnya.

2.              Jaminan atas permintaan dari customer dalam waktu pendek . Sehingga perlu pendelegasian ke Agen Travel yang bisa menerbitkan Polis atas nama Asuradur

3.              Sedangkan untuk risiko individu agak sulit untuk analisanya .

4.              Informasi yang harus ada meliputi :

 -          nama,alamat, usia dan orang lain yang ikut asuransi

 -          paket polis yang diminta , jaminan dan jumlah SI

  -         tanggal dan periode asuransi

5.              Tertanggung dipersyaratkan mengisi deklarasi kesehatan yang menyatakan bahwa tertanggung atau setiap orang yang ikut asuransi pada kondisi baik secara fisik atau mental atau menerima atau menunggu medis atau perlakuan kesehatan pada saat minta asuransi .

 

b.         perhitungan preminya.

1                Premi bervariasi tergantung perluasan jaminan dan analisa risiko serta periode asuransi.

2                Asuradur menetapkan T/C yang berbeda seperti :

-           Diskon s/d 50 % untuk anak usia < 15 thn

-           Pemberian gratis untuk 2 anak

-           Biaya premi keluarga termasuk suami, istri dan  4 anak

-           Biaya premi yang lebih tinggi untuk kota yang    lebih tua dan olahraga yang berbahaya.

 

6.12      Uraikan 3 (tiga) informasi yang diminta penanggung dalam assesmen risiko travel Insurance. (Sept 2007 no 5, mar 2010 no 6, sept 2011 no 4)

 

Jawaban :

1                                                 Nama, alamat dan usia pemohon dan orang lain yang akan diasuransikan

2                                                 Satuan cover yang dibutuhkan (pola paket) atau bagian dari cover dan jumlah

3.              Tanggal dan periode asuransi

 

6.13 Uraikan apa yang dimaksud dengan extended warranty. (mar 2009 no 8)

 

Jawaban :

                Pada jenis asuransi ini ditawarkan terhadap pembelian barang – barang tahan lama dan menjamin single item atau semua produk elektrik .

                Jaminan diberikan untuk biaya perbaikan gratis sehubungan dengan cacat listrik atau mesin s/d 5 tahun.

                Ketentuan perluasan warranty mengacu pada fakta dari pihak manufaktur yang memberikan jaminan 12 tahun.

 

                Jaminan sesuai dengan pasar retail .

                Kondisi perbaikan dilaksanakan oleh Supplier dari peralatan tsb.

 

6.14      Dalam kaitan dengan other personal insurance products, special risks merupakan risiko yang dapat diterima oleh penanggung sehubungan dengan hal tersebut, jelaskan: (Mar 2007 no 10)
a.         4 (empat) scope of cover dari homeworking

            b.         4 (empat) scope of cover dari Holidays Homes

            c.          3 (tiga) other section covering dari blocks of flats


Jawaban yang disarankan :

a.          4 (empat) scope of cover dari homeworking (Bobot 40%)

 

Definisi “ home “ berdasarkan polis personal household dan termasuk setiap bagian dari rumah yang digunakan untuk tujuan bisnis. Tergantung dari jenis pekerjaan rumah yang dilaksanakan dan bisnis yang terlibat.

 

1.         Household Policy

Dalam banyak hal, penanggung memperluas polis household mereka untuk menutup risiko bisnis tertentu dan cover tersedia secara umum untuk orang banyak, khususnya yang termasuk dalam bagian administrasi dan pekerja profesional.

 

Pengecualian diperinci dalam household polis.

Contoh : pengecualian biasanya dinyatakan :

          Pencurian kecuali masuk atau keluar dengan paksa dan kekerasan , jika rumah digunakan untuk menerima tamu dalam kaitan dengan pengendalian usaha dari rumah.

          Tanggung jawab kepada pihak ketiga kecuali cedera atau rusak yang ditimbulkan dari bisnis.

 

2.         Stand Alone Policies

            Polis Stand Alone untuk risiko tertentu secara khas menyediakan cover s/d US$ 7.500 untuk bisnis stock equipment.

 

            Ciri-ciri standard termasuk :

        All Risk Cover

        Automatic Protection for Portable bisnisequipment any where in the world (up to £ 1.500)

        stock protection (£ 1.000)

        increased costs of working (£ 10.000)

        employer's liability (£ 10 m)

        public liability (£ 1 m)

        a 24 hour legal and emergency helpline Optimal extensions can be added to cater for :

        higher levels of cover.

        loss of fees

        commercial legal expenses

        products liability

        goods in transit and

        personal accident

 

 

3                 Combined Policies

Jaminan utama mengcover household contents. bisnis content dan money bersama dengan 4 jam legal advice helpline ini dapat ditambahkan dengan pilihan untuk menutup :

          bangunan

          personal possessions

          employer's and public liability

          products liability

          business interruptions

          all risks on specified biz equipment

          good in transit

 

4.         Commercial Insurance

Untuk beberapa business, khususnya yang besar, polis komersial mungkin lebih sesuai.

 

b          4 (empat) Scope of Cover Holidays Home (Bobot 40%)

Cover standard household untuk bangunan dan isinya akan secara khusus digunakan, tapi ini biasanya ditambahkan pada lampiran khusus dalam polis. Lampiran khusus dalam working adalah sebagai berikut :

Apabila rumah tidak ditempati lebih dari 48 jam kondisi asuransi adalah :

1.         Semua kunci pintu luar dan jendela dan alarm keamanan yang dipasang harus beroperasi / diaktifkan.

2.         Inspeksi mingguan dari rumah dibuat untuk tertanggung, tetangga, pihakyang terkait atau agen yang ditunjuk

3.         Selama kurun waktu dari bulan Oktober s/d Maret persediaan air dialihkan ke pusat dan persediaan di pemanas harus dimatikan

4.         Bila tidak ada alarm keamanan yang dipasang, persediaan listrik dan gas dari masing-masing dialihkan ke pusat.

 

c.          3 (tiga) other section covering dari bloker of flats : (Bobot 20%)

1.        Isi dari bagian-bagian umum, seperti area lobby atau kantor pengawas. Excess biasanya diterapkan misalnya £ 50 atau £ 100 untuk kerugian akibat kecurian tidak diikuti dengan masuk secara paksa atau dengan kekerasan.

2.        Tanggung jawab kepada umum termasuk penggunaan bagian-bagian umum.

3.         Employers liability untuk Pengawas, cleaners, dsb.

 

6.15         Dalam Kaitan dengan asuransi special risk uraikan (okt 2010 no 9)

a.               4(empat) luas jaminan dari polis homeworking

b.                       3(tiga) risk assessment dalam asuransi homeworking

 

Jawaban :

                    i.                                          4(empat) luas jaminan dari polis homeworking

Lihat diatas

 

c.                        3(tiga) risk assessment dalam asuransi homeworking

Pertimbangan analisa risiko termasuk :

1.         Clerical / professional work

-           Jenis pekerjaan dengan risiko yang sedikit kecuali jika frekuensi pengunjung ke rumah meningkat dimana akan meningkatkan risiko liability.

 

   -        Jenis seperti ini dicover berdasarkan polis personal Insurance.

                        2.         Craft / Manufacturing

Tidak sepeti household, asuradur lebih banyak faktor pertimbangan seperti kebutuhan untuk employer's liability, product liability, visit to  customer's premises , BI insurance.

3          Product Repairs

           Hampir sama dengan pertimbangan asuransi lain. Seperti product liability.

 

6.16      Uraikan 3 (tiga) jaminan yang biasanya diberikan dalam "Block of Flats Insurance” (Sept 2006 no 2)

 

Jawaban : lihat diatas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 7. OTHER PERSONAL INSURANCE PRODUCTS

 

7.1           Dalam kaitan dengan Polis Standar Asuransi Kecelakaan Diri lndonesia, uraikan: (mar 2009 no 10)

a.               Pengertian kecelakaan dalam polis tersebut serta 3 (tiga) hal yang termasuk dalam Pengertian tersebut

b.              Ketentuan jaminan kematian (Jaminan A) dalam polis tersebut.

 

Jawaban yang disarankan :

a.               Pengertian kecelakaan dalam polis tersebut serta 3 (tiga) hal yang termasuk dalam Pengertian tersebut

Kecelakaan : Yaitu suatu kejadian atau peristiwa yang mengandung unsure kekerasan baik bersifat fisik maupun kimia, yang datangnya secara tiba-tiba, tidak dikehendaki atau direncanakan, dari luar, terlihat langsung terhadap tertanggung yang seketika itu mengakibatkan luka badan yang sifatnya dapat ditentukan oleh ilmu kedokteran

 

3(tiga) hal yang termasuk didalamnya

1.              Keracunan karena terhirup gas atau uap beracun, kecuali tertanggung dengan sengaja memakai obat-obat bius atau zat lain yang telah diketahui akibat buruknya termasuk juga pemakaian obat terlarang

2.              Terjangkit virus atau kuman penyakit sebagai akibat tertanggung dengan sengaja terjatuh kedalam air atau suatu zat cair lainnya

3.              Mati lemas atau tenggelam

 

b.              Ketentuan jaminan kematian (Jaminan A) dalam polis tersebut.

 

1.              Meninggal dunia dalam batas waktu 12 bulan sejak terjadinya kecelakaan atau

2.              Hilang atau tidak diketemukannya dalam waktu sekurang-kurangnya 60 hari sejak terjadinya kecelakaan sebagai akibat langsung dari sdutu kecelakaan yang dijamin dalam polis

 

7.2           Dalam Polis Standar Asuransi Kecelakaan Diri lndonesia, uraikan : (mar 2010 no 10)

a.               Pengertian kecelakaan dalam polis tersebut serta 3 (tiga) hal yang termasuk dalam pengertiannya.

b.              Ketentuan jaminan kematian (Jaminan A) dalam polis tersebut.'

 

Jawaban : lihat diatas

.

7.3           Dalam kaitan dengan Personal Accident, jelaskan: (Sept 2006 no 14)

     a           5 (lima) risiko yang dijamin

     b.         5 (lima) yang dikecualikan

 

            Jawaban :

     a.         5 (lima) risiko yang dijamin

1.         Perluasan dari Asuransi rumah tangga itu sendiri karena kecelakaan (Personal Accident Extension)

2          Kecelakaan saja

3          Kecelakaan dan ketidak mampuan karena sakit yang biasa disebut Accident and all sickness policies

4          Polis-polis yang menutup kecelakaan karena situasi dan kondisi tertentu.

 

 

     b.         5 (lima) yang dikecualikan

1                Dalam pengaruh obat-obatan atau alkohol

2                Kesengajaan seperti percobaan bunuh diri

3                Sudah sakit / cacat sebelum membeli polis

4                Melakukan kegiatan kapal terbang, pekerjaan operasional tehnik, balap mobil / motor, berkuda, naik gunung

5                Akibat melahirkan, dan AIDS

6                Perang, revolusi

7                Sakit yang terjadi selama periode 28 hari setelah polis berjalan

8                Huru-hara (beberapa asuransi memberikan perluasan ini)

 

7.4           Dalam kaitan dengan asuransi Personal Accident, uraikan : (Sept 2007 no 13)

a.          6 (enam) ketentuan polis (conditions)

     b.         6 (enam) pengecualian (exclusions).

           

Jawaban :

     a.          6 (enam) ketentuan polis (conditions)

1          Interprestasi

            biasanya pihak asuransi akan mencantumkan definisi dalam polis

2          Perubahan risiko

            harus diinformasikan kepada pihak asuransi. Gagal melakukan hal ini maka polis batal sejak awal.

3.         Prosedur klaim

            standard masing-masing perusahaan

4          Pembatalan

            7 hari apabila akan dibatalkan oleh pihak asuransi, sedangkan tertanggung boleh kapanpun

5.         Pengalihan

            Pihak tertanggung tidak dapat dialihkan, kecuali untuk permintaan khusus misalnya dalam hal utang dibank

6.         Peninjauan ulang

             kondisi polis-kondisi polis haruslah dipenuhi oleh pihak tertanggung, dan apabila dilanggar maka pihak asuransi dapat meninjau ulang polis

 

     b.         6 (enam) pengecualian (exclusions).

           

                        Lihat diatas

7.5           Uraikan 4 (empat) manfaat yang terdapat dalam polis asuransi kecelakaan diri. (Sept 2008 no 8, okt 2010 no 4)

            Jawaban :

Biasanya polis akan memberikan manfaat dalam bentuk uang lump sum akibat:

1          Meninggal

2          Kehilangan anggota badan seperti mata, kehilangan penglihatan

3          Kehilangan anggota badan seperti tangan dan kaki

4                 ketidakmampuan untuk bekerja sementara atau selamanya

 

 

7.6       Uraikan 3 (tiga) definisi dari “Permanen Total Disablement” dalam asuransi kecelakaan diri. (mar 2008 no 6)

 

Jawaban :

Definisi dari ketidakmampuan kerja permanen bervariasi tergantung dari masing-masing asuransi, contoh:

Ketidakmampuan kerja permanen untuk:

1.         Melakukan pekerjaan apapun

2.         Melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh tertanggung dan sesuai dengan training yang pernah diberikan dijalankan kepada tertanggung

3.         Melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan tertanggung

  

Penjelasan :

a.               Contoh: Dokter gigi, setelah tangannya putus maka dia mungkin tidak dapat lagi menjalankan profesinya sebagai dokter gigi, namun masih tetap dapat bekerja sebagai penjaga toko misalnya, maka dia akan mendapatkan benefit nomor 3(Kehilangan anggota badan seperti tangan dan kaki), namun bukan nomor 1. (Meninggal)

 

b.              Definisi ketidak mampuan kerja permanen mengakibatkan tertanggung tidak dapat menjalankan pekerjaannya sebagaimana biasanya ataupun pekerjaan apapun lainnya, atau tidak dapat menjalankan usahanya lagi sesuai dengan kemampuannya.

 

c.               Contoh pemain sepak bola yang bekerja sebagai asisten manager pemain, mungkin saja menjadi tidak mampu lagi  bermain sepak bola akibat kecelakaan, namun dia tetap masih dapat menjalankan tugasnya sebagai asisten manager pemain dikantor, maka yang bersangkutan tidak dapat dikatakan-permanent disabled.

 

7.7        Uraikan definisi permanent total disablement. (Mar 2006 no 6, mar 2009 no 7, okt 2010 no 7)

 

Jawaban yang disarankan : lihat diatas

a.          Gainful employment of any & every kind

b.         The customer’s usual occupation and any other occupation from which they are fitted by kwoledge and training

c.          The customer’s usual occpuation.

 

Penjelasan

Dimana seseorang yang dipertanggungkan tidak dapat melakukan usahanya atau pekerjaannya dalam bentuk apapun atau melakukan pekerjaan-pekerjaan rutin

 

7.8           Dalam polis Asuransi kecelakaan diri, jelaskan ; (Sept 2009 no 11)

a.             total disablement.

b.            Temporary partial disablement.

c.             Medical expenses.

 

Jawaban :

a.         total disablemen

Ketidakmampuan kerja permanen untuk:

1.         Melakukan pekerjaan apapun

2.         Melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh tertanggung dan sesuai dengan training yang pernah diberikan dijalankan kepada tertanggung

3.         Melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan tertanggung

 

 

 

 

b .       Temporary partial disablement.

Untuk cacat sementara dimana tertanggung tidak dapat melakukan pekerjaannya untuk sementara waktu, biasanya akan diberikan manfaat yang lebih kecil daripada total disablement

 

c         Medical expenses.

Biaya pengobatan yang diganti sesaat telah mengalami kecelakaan?

-                 Biaya pengobatan, operasi, dan lainnya

-                 Biaya selama masa perawatan atau alat-alat bantu lainnya yang memang diharuskan oleh dokter untuk dipakai

-                 Biaya rumah sakit termasuk ambulan

 

7.9.      Dalam polis asuransi kecelakaan diri, jelaskan apa yang dimaksud dengan : (okt 2010 no 14)

            a.         Total disablement

            b.         Temporary partial disablement

            c.         Medical expenses

 

Jawaban : lihat diatas

 

7.10      Dalam kaitan dengan personal accident insurance, jelaskan 4 (empat) pengelompokan utama dalam menetapkan perhitungan premi. (Mar 2006 no 9)


Jawaban yang disarankan :


a.          Klas 1 : No Accident/Health risk :

Professional, administrative and clerical workers.


b.         Klas 2 : Slight Accident/Health risk :


Skilled occupation involving a moderate level of manual work this maybe further subdivided by some insurer into supervisors and employers


c.          Klas 3 : Moderate Accident/Health risk


-           Skilled occupations of a predominantly manual nature


-           Semi skilled occupations involving a moderate level of manual work


d.         Klas 4 : Appreciable/Helath risk


-           Physically Strenuos work

-                 Semi skilled occupations of a predominantly manual nature.

 

7.11      Salah satu bagian dalam personal insurance product adalah permanent health insurance. Jelaskan luas jaminan yang biasanya diterapkan dalam permanent health insurance tersebut (Mar 2006 no 13)

 

Jawaban yang disarankan :

            Polis meyediakan manfaat mingguan pada saat tertanggung mengalami kelumpuhan dari ketentuan berikut :

 

 

            1.         For so long as the incapacity lasts, or

            2.         Until they die

            3.         Recover


Whichever happen first

Benefit are usually restricted to a specified percentage which can range from 50% to 75% of the customers earning capacity before they were taken ill.

This figure icludes the value of any state benefits. Benefits are provided in the event of disability caused by sickness of accedent up to an agreed age, usually 55, 60 or 65.

Generally, earnings do not cease immediately in the event of incapacity to work. As this type of insurance is intended to replace income from employment, benefit under the policy is subject to an appropriate deferred period, which may be 4, 13, 26, 52 or 104 weeks depending on the customer’s requirement. Capital sum benefitscan be included, but most policies are issued to provide a weekly benefit only. Partial disablement is not usually covered, as it would be difficult to provide an appropriate percentage of benefit which could be related to the degree of disability. Some insurers do, however, allow partial benefit for a limited period, possibly up six months, to encourage the insured to return to work, and to assist in rehabilition following a period of total diability.

 

            PENJELASAN :

-           Polis ini memberikan manfaat perlindungan mingguan selama tertanggung menjadi total disable untuk melakukan pekerjaan:

            a.          Selama tertanggung menjadi tidak bisa bekerja selamanya

            b.         Sampai tertanggung meninggal dunia

            c.         Sampai tertanggung pulih kembali

            d.         Yang mana terjadi terlebih dahulu

 

-           Manfaat biasanya dibatasi hanya sebesar 50-75% dari pendapatan tertanggung sesaat sebelum mengalami sakit.

-           Manfaat juga diberikan hanya sampai umur tertanggung mencapai 55 atau 60 atau 65 tahun

 

Masa Penundaan

-                 Karena gaji tertanggung biasanya tidak terpotong sekaligus sesaat setelah mengalami kecelakaan, maka polis asuransi ini bertujuan untuk memberikan manfaat sebagai ganti rugi kehilangan gaji.

-                 Untuk itu biasanya pemberian manfaat ditunda sampai katakan 4,13,26,52 atau 104 minggu-tergantung permintaan tertanggung.

Dalam hal pengusaha (bekerja sendiri), maka pendapatannya langsung hilang sesaat setelah mengalami kecelakaan, maka memerlukan manfaat secepatnya. Biasanya ada excess 7 hari-untuk memastikan kejadian yang terjadi

 

Manfaat

            -           Polis PHI ini menyerupai polis indemnity, karena membayar gaji yang seharusnya diterima tertanggung apabila tidak mengalami kecelakaan/sakit. Walaupun manfaat capital sum biasanya termasuk, namun sebagian besar polis diterbitkan untuk memberikan manfaat mingguan.

-           Partial disablement tidak dicover disini, namun ada beberapa asuransi yang memberikan manfaat-misalnya selama beberapa tahun-untuk memberikan semangat kepada tertanggung untuk kembali bekerja dan membantu masa rehabilitasinya setelah mengalami cacat tetap.

 

7.12         Jelaskan 5 (lima) kondisi yang tercantum dalam polis Permanent Health lnsurance. (mar 2010 no 14)

 

            Jawaban :

1.              Umur-pada saat klaim harus dapat menunjukan jati diri

2.              Pembayaran premium-maksimum 30 hari

3.              Disability-masing-masing asuransi memiliki definisi yang tersendiri

4.              Pekerjaan-jika ganti pkerjaan harus memberitahukan

5.              Klaim-adanya surat dokter yang memeriksa perawatan

6.              Manfaat proporsional-jika tertanggung dapat kembali bekerja setelah mengalami disability, namun dengan penghasilan yang lebih kecil dari sebelumnya, maka polis akan membayar proportional sisa dari manfaat dihitung dari gaji rata-rata mingguan pada 12 bulan terakhir yang diterima tertanggung

7.              Batasan manfaat-total manfaat yang diterima tertanggung adalah 3/4 dari total gajih rata-rata tertanggung

8.              Tempat tinggal-jika pindah keluar negri polis menjadi batal.

9.              Waiver of premium-polis dapat menegaskan bahwa selama masa pembayaran klaim, maka pembayaran premium dapat dihentikan

10.           Recurrent disability-jika selama masa 3 bulan tertanggung mengalami hal yang sama, maka kejadian kedua dianggap sebagai kelanjutan dari klaim pertama

 

7.13        Sebutkan 5 (lima) pengecualian umum dalan Permanent Health Insurance. (Sept 2006 no 3, sept 2011 no 1)

 

Jawaban :

1.              Melukai diri sendiri

2.                                               Pengaruhalcohol, obat-obatan

3                Perang

4.              Aktivitas berbahaya seperti balapan motor, berburu, dll

5.              Cacat akibat perbuatan kriminal, misalnya saat merampok

6.              Melahirkan ataupun akibat kehamilan

7.              AIDS

 

7.14 dalam kaitan dengan polis asuransi permanent health, uraikan : (sept 2011 no 11)

a.                                                                                5(lima) pengecualian umum

b.                                                                               5(lima) syarat umum polis

 

            Jawaban : lihat diatas

 

7.15      Uraikan 3 (tiga) opsi utama dalam pembayaran santunan private medical insurance. (Mar 2006 no 7, mar 2010 no 8, mar 2011 no 7)


Jawaban yang disarankan

a.               Full Refund Basis, covering all cost incured, but often with a limit in any one year

b.              Accomodation and nursing cost in full, with maximum amounts for specialist’ fees

c.               Monetary limits for both accommodation and treatment fees.

 

7.16         Uraikan 3 (tiga) opsi utama manfaat pembayaran dalam asuransi Private Medical. (mar 2008 no 7)

 

Jawaban : lihat diatas

 

7.17         Dalam kaitan dengan private medical insurance: (Sept 2008 no 13, Sept 2009 no 14, okt 2010 no 10)

            a.          jelaskan 6 (enam) jaminan polis tersebut.

b.         sebutkan 6 (enam) pengecualiannya.

 

    Jawaban :

            a.          6 (enam) jaminan polis tersebut.

            1.         akomodasi perhari di rumah sakit

            2.         Perawatan dirumah

            3.         Biaya operasi dan anaesthetists

            4.         Biaya dokter spesialis

            5.         radiology

            6.         Biaya konsultasi

            7.         Biaya  ruangan operasi

            8          Cash benefit

 

b.         sebutkan 6 (enam) pengecualiannya.

1.         Kehamilan dan melahirkan

2.         Cek gigi rutin

3.         akomodasi selama dirumah

4.         Perawatan bedah kosmetik

5.         General check up rutin

6.         Biaya yang dapat diganti oleh pihak ketiga

7.         Perawatan yang tidak direkomendasikan oleh dokter umum kecuali dalam hal darurat

8.         Perawatan homeopathic

 

7.18         Dalam kaitan dengan polis private medical insurance (mar 2010 no 11)

a.          Uraikan 6 (enam) manfaat polis

b.         Sebutkan 6 (enam) pengecualian polis.

 

Jawaban : lihat diatas

 

7.19 Uraikan cara pembayaran manfaat private medical insurance

 

Jawaban :

            Ada 3 pilihan:

 

1                Full refund basis-mengganti semua biaya dalam 1 tahun

2                Biaya kamar full dan specialist diganti terbatas

3.              Manfaat terbatas untuk kamar dan perawatan

       

7.20      Uraikan 3 (tiga) kategori polis private medical insurance. (Mar 2007 no 4)

Jawaban yang disarankan :

1.         Premier Plans

Atas dasar pengembalian penuh untuk seluruh Rumah Sakit, termasuk yang di London.

 

2.     Standard Plans

Dimana bebefit dan cover adalah sejalan dengan yang digambarkan pada bagian diatas.

 

 

3.     Budget plans-dengan batasan penggantian

Dengan beberapa pembatasan dan pengecualian hal yang paling umum adalah rencana 6 minggu yang mengecualikan cover untuk pengobatan yang tersedia pada NHS dalam 6 minggu. (Bobot 35%)

 

7.21      Uraikan 3 (tiga) faktor yang digunakan dalam menghitung tarif premi Hospital Cash dalam private medical cover. (Mar 2007 no 5)


Jawaban yang disarankan :

a.               Level & scope of cover yang dipilih (Bobot 30%)

b.              Jumlah orang yang akan dimasukkan dalam cover (Bobot 30%)

c.               Usia tertanggung, kondisi ke tidakkesehatan akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Rate dibayar biasanya ditetapkan untuk anggota keluarga tertua. Beberapa penanggung membebankan rate terpisah untuk perorangan, Pasangan menikah dan keluarga. Sementara biaya lainnya atas dasar individu dengan rate yang lebih rendah untuk anak-anak. Berbagai macam potongan tersedia. (Bobot 40%)

 

7.22         Sebutkan 5 (lima) faktor yang harus dipertimbangkan dalam penetapan premi asuransi hospital cash. (mar 2010 no 2, sept 2011 no 3)

                                                       

            Jawaban :

1.              Jenis cover yang diminta

2.              Jumlah orang yang ikut di asuransikan

3.              Umur dari tertanggung

4.              Discount bagi beberapa okupasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB   8  CLAIMS PROCEDURES

 

8.1           Uraikan 3 (tiga) hal yang harus dilakukan seorang petugas klaim setelah informasi awal diterima. (mar 2009 no 5)

 

Jawaban yang disarankan :

 

1                Informasi yang diberikan oleh tertanggung apakah sama dengan data tertanggung dalam polis yang masih berjalan

2                Apakah bahaya yang menyebabkan kerugian tercover didalam polis

3                Jika pengecualian timbul, maka perlu dilihat surat SPPA untuk melihat apakah ada breach of warranty

 

8.2        Sebutkan 4(empat) informasi yang dibutuhkan  dalam proses klaim secara umum (sept 2011 no 5)

 

Jawaban :

1.                                                             Nomer polis

2.                                                             Tanggal kejadian

3.                                                             Bahaya yang menyebabkan kerugian

4.                                                             Premi sudah dibayar atau belum

 

8.3           Jelaskan 3 (tiga) syarat yang harus dipenuhi untuk membuktikan bahwa tertanggung menderita kerugian. (Sept 2009 no 12, sept 2011 no 14)

 

            Jawaban ;

1.                                                  Mereka menderita kerugian secara financial

1                Property yang mengalami kerugian tersebut sesuai yang tercantum dalam polis

2.              Kerugian yang disebabkan oleh preoximate clause  yang secara khusus dijamin dalam polis

 

8.4           Dalam kaitan dengan Claim Procedure Household policy, jelaskan 2(dua) kewajiban dari pihak-pihak yang terkait dengan suatu claim (Claim conditions). (Mar 2007 no 11)

 

Jawaban yang disarankan :

Seperti telah disebutkan sebelumnya untuk membantu dalam mengembangkan suatu hubungan dengan pelanggan, penanggung cenderung untuk lebih menggunakan pendekatan pribadi dan bentuk yang lazim dalam kumpulan polis mereka.

Contoh : kami (penanggung), anda (pelanggan), rumah tangga (anggota rumah tangga pelanggan).

Ciri dari personal household polis termasuk :

1.         Implied duties atas pihak-pihak yang terkait dengan klaim dan (Bobot 40%)

2.         Express duties yang biasanya kondisi dipasang dalam polis (Bobot 60%)

 

Penjelasan :
1.         Implied Duties

Hal ini merupakan kewajiban yang tidak tertulis yang diberlakukan oleh hukum, sebagai contoh :

 

 

 

 

a.              Insurable Interest

Tertanggung harus menunjukkan Insurable Interest, baik pada saat dimulai pertanggungan dan pada saat kerugian terjadi, bila kepentingan ini tidak ada,

tidak ada kerugian yang terjadi, dan tidak ada ganti rugi dibawah polis ini yang harus dibayar. Setiap usaha untuk mengklaim pada property secara hukum akan dikategorikan seabgai penipuan.

 

b.              Insurable Interest of Other Persons

Definisi polis akan menunjukkan kalau property dengan lebih dengan satu kepentingan yang ditutup.

 

Contoh : dalam Household Polis dimana property yang dimiliki oleh semua keluarga yang tinggal dalam rumah akan dicover. Kesimpulan dari definisi demikian adalah bahwa anak-anak yang pindah dan mengatur rumah mereka sendiri tidak mempunyai cover berdasarkan polis untuk property ini dan akan butuh untuk menyiapkan asuransi personal household mereka sendiri.

 

c.               Insurers must act in a reasobale way

Contoh : penanggung atau agen mereka bertindak untuk kepentingan mereka (suppliers atau loss adjusters) mempunyai hak untuk masuk kedalam setiap gedung dimana kerugian atau kerusakan terjadi, tapi bila mereka tidak bertindak secara wajar mereka akan kehilangan hak mereka.

 

2               Express Duties

Kewajiban ini tercatat didalam kontrak dan biasanya kondisi tertulis dalam dokumen polis.

Contoh : dalam polis household personal insurance, kondisi klaim dan pengecualian yang ditetapkan, pada seluruh polis dapat mencakup hal-hal berikut :

a.               To Prevent Loss : you & your household harus mengambil semua langkah yang wajar untuk :

          mencegah kerugian, kerusakan atau cedera dan

          memelihara rumah dalam kondisi yang baik dan perbaikan yang layak

b.         When an event occurs which is likely to result in a claim you must tell us as soon as you can

c.          For lose, damage or breakage claim, you must :

           memberikan semua informasi, bukti dan semua bantuan yang wajar lainnya yang boleh diminta. Penanggung biasanya tidak akan membayar setiap biaya yang terjadi dalam penyediaan informasi ini.

          Menjaga setiap bagian yang rusak

          Segera memberitahu polisi tentang kerugian atau kerusakan akibat pencurian, perbuatan jahat atau kerusuhan atau keributan buruh.

          Memberitahu pemerintah setempat berdasarkan ketentuan undang-undang terkait bila kerugian atau kerusakan disebabkan huru hara, keributan buruh dan perbuatan jahat di Irlandia Utara.

          Tidak meninggalkan setiap property pada pananggung

d.              If an incident occurs which could result in any one making a claim against you, you must

          memberitahu penanggung sesegera mungkin

                 mengirim surat klaim, surat perintah, surat panggilan pengadilan atau dokumen sah lainnya yang tidak dijawab sesegera setelah diterima.

 

 

                Tidak mengakui tanggung jawab, penawaran atau negoisasi tiap pembayaran klaim kecuali disetujui oleh penanggung.

 

e.               Unoccupied Homes (rumah yang tidak dihuni)

-           Apabila rumah tidak ditempati lebih dari 30 hari berturut-turut cover untuk theft atau berusaha mencuri, perbuatan jahat atau vandalisme, bocornya air atau minyak, pembekuan atau peledakan pipa ledeng, accidental breakage dari fix glass atau sanitary fitting atau accidental damage pada rumah ditetapkan bila :

          semua kunci, baut dan alat keamanan dalam keadaan beroperasi

                 sistem air dan pemanasan telah dialihkan ke induk dan dikuras

                 persediaan gas telah dialihkan ke induk dengan tanki persediaan

                 setiap persediaan minyak telah dialihkan ketanki

                 orang yang bertanggung jawab memeriksa bagian dalam rumah tertanggung sekurang-kurangnya setiap 14 hari

-                 Tertanggung harus memberitahukan Penanggung bila rumah sering tidak ditempati lebih dari 4 hari atau tidak ditempati lebih dari 6 bulan.

f.               Fraud

Bila ini dapat dibuktikan bahwa setiap klaim adalah salah atau dibesar-besarkan, penanggung tidak akan membayar klaim tersebut.

 

g.              Other Insurances

Bila anda mempunyai asuransi yang lain yang mengcover kerugian yang sama, kerusakan atau liability, akan diselesaikan atas dasar proporsional

 

h.              Rights and Responsibilities

Kondisi ini akan diperinci tentang hak dan tanggung jawab penanggung bahwa dengan mengeluarkan polis, tertanggung akan menyetujui bahwa pembayaran klaim akan bergantung pada penanggung yang mempunyai hak untuk :

           mengambil alih atau menyelidiki dan mengatur asuransi tertanggung, setiap negoisasi atau tindakan hukum yang berhubungan dengan klaim dibawah polis

 

8.5       Uraikan 3 (tiga) Implied duties dalam proses penyelesaian klaim (Claims Procedure). (Mar 2007 no 6)


Jawaban yang disarankan :

 

a.              Insurable Interest

Tertanggung perlu menunjukkan Insurable Interest, baik pada awal pertanggungan dan saat terjadi kerugian. Bila hal ini tidak ada dan tidak ada kerugian yang ditemukan, maka tidak ada ganti rugi dibawah polis ini dan setiap usaha untuk mengklaim pada property ini secara hukum akan dikategorikan sebagai penipuan. (Bobot 35%)

 

 

 

 

 

 

b.                                Insurable Interest of Other Persons

Definisi polis menunjukkan apabila property dengan lebih dari satu kepentingan yang ditutup, contoh household polis dimana property dimiliki oleh seluruh keluarga yang tinggal dirumah akan ditutup. Masalah dari definisi ini adalah bahwa anak yang pindah dan mengatur rumah mereka sendiri tidak punya cover sesuai polis untuk property mereka dan mereka akan butuh untuk mengatur asuransi mereka sendiri. (Bobot 35%)

 

c.                                 Insurance Must act in a reasonable way.

Contoh : penanggung atau agen mereka bertindak atas kepentingan mereka (supplier atau loss adjuster) mempunyai hak untuk masuk kesetiap gedung dimana kerugian atau kerusakan terjadi, tapi apabila mereka bertindak tidak wajar mereka akan kehilangan hak mereka. (Bobot 30%)

 

8.5           Dalam Personal Household Policy, jelaskan 8 (delapan) Expresse Duties yang terdapat dalam kondisi polis. (Sept 2007 no 11)

 

Jawaban :

Express duties merupakan kewajiban yang tertulis secara tegas di dalam polis.

 

1          untuk mencegah kerugian, tertanggung harus mengambil semua tindakan yang seperlunya untuk :

-           Mencegah kerusakan, kerugian, atau injury (sebelum / sesudah loss).

-.          Menjaga rumah dalam kondisi baik

Kondisi ini memastikan bahwa tertanggung bertindak seolah-olah property-nya tidak diasuransikan dan melakukan langkah yang wajar untuk meminimalkan kerugian.

 

2          Pada saat terjadi kerugian, tertanggung harus memberitahu / melapor klaim kepada penanggung secepatnya (ada time limit). Tujuannya :

1.         Mencegah kerusakan lebih lanjut.

2.         Penanggung dapat cepat melakukan investigasi / recovery.

3.         Memberitahu R/I dengan cepat à  untuk kerugian-kerugian yg besar

4.         Untuk pertimbangan U/W  à apabila mendekati masa perpanjangan

Cadangan klaim.

Dalam kasus ‘Mason v. Harvey (1853), dalam asuransi kebakaran tertanggung melaporkan kejadian kebakaran 3 bulan setelah kejadian, penanggung menolak tanggung jawab dan pengadilanmemutuskan bahwa penanggung berhak untuk melakukan itu karena kondisi telah dilanggar.

 

3          Pada saat terjadi kerusakan, kerugian, tertanggung harus :

1.         Memberikan semua informasi, bukti, dan bantuan yang diperlukan penanggung.

2.         Tetap menjaga barang-barang yang rusak.

3.         Memberitahu polisi/pihak yg berwenang secepatnya mengenai kerusakan, kerugian yang disebabkan oleh pencurian, perbuatan jahat, kerusuhan, huru-hara, pemogokan pekerja.

4.         Tidak menyerahkan hak kepemilikan harta benda kepada penanggung.

 

4          Kalau ada TPL yang loss akibat tindakan / objek pertanggungan milik.Tertanggung:

1.         Memberitahu ke penanggung secepatnya (ada time limit).

2.         Memberikan semua dokumen yang berhubungan klaim pihak ketiga.

 

 

3.         Tertanggung tidak boleh memberikan janji / kesan bahwa tertanggung mengakui

tuntutan pihak ketiga, sampai penanggung yang memutuskan.

 

5          Objek pertanggungan yang tidak dihuni.

1.         Ketika objek pertanggungan tidak dihuni selama lebih dari 30 hari berturut-turut, jaminan huosehold policies, berlaku jika:

-           Semua kunci, peralatan keamanan berfungsi dengan baik.

-           Sistem pemanas, air dimatikan.

-           Semua supply untuk gas dimatikan.

-           Semua supply untuk bahan bakar dimatikan.

-           Ada orang yang melakukan inspeksi ke rumah tertanggung setiap 14 hari sekali.

2.         Tertanggung harus memberitahu penanggung bila rumahnya secara rutin tidak dihuni lebih dari 4 hari atau tidak dihuni lebih dari 6 bulan.

 

6          Fraud.

Kalau tertanggung terbukti melakukan penipuan dengan cara memberikan laporan palsu atau melebih-lebihkan nilai klaim, penanggung tidak akan membayar klaim.

 

7          Pertanggungan lain.

Kalau tertanggung mempunyai pertanggungan lain atas objek pertanggungan yang

dipertanggungkan pada polis ini, tertanggung diwajibkan memberitahu penanggung.

Proportional basis, untuk mencegah tertanggung memperoleh ganti rugi lebih

Sebagai corolary of indemnity.

 

8          Hak dan tanggung jawab.

Jika tertanggung telah menyetujui pembayaran klaim, maka penanggung berhak untuk mengambil alih atau melakukan investigasi atas nama tertanggung untuk beberapa

negosiasi atau tindakan hukum berkaitan dengan klaim menurut kondisi polis

subrogasi, dengan menggunakan biayanya sendiri.

Jika tertanggung tidak puas atas keputusan penanggung dalam hal jumlah klaim yang

dibayarkan atau interpretasi dari ‘policy wordings’, tertanggung mempunyai hak melaporke mediasi (IOB atau Court).

 

8.6           Jelaskan 5 (lima) kewajiban tertanggung yang merupakan "Express Duties' berkaitan dengan Claim Prosedure. (Sept 2006 no 11)

 

Jawaban : lihat diatas

 

8.7           Jelaskan 3 (tiga) implied duties dan 5 (lima) express duties sehubungan dengan klaim asuransi personal. (Sept 2008 no 11)

 

Jawaban : lihat diatas

 

8.8           Dalam prosedur klaim terdapat specific claims condition, jelaskan bagaimana kondisi tersebut diberlakukan pada : (Mar 2006 no 10)

a.          Building
b.         Contents
c.          Personal Possessions


Jawaban yang disarankan :

a.               Building

We will pay at our portion :

the cost of repair or the cost of replacemenor make a cash payment based on the cost of repair or replacement. This paymen will be subject to any policy excess.

 

b.         Contents.

-           Repair.

We will not pay more for the repair than it would cost to replace the item as new and this will be subject to overall policy limit.

 

-           Where content are beyonds repair we will at our option either :

*          Replace the items ; or

*          Pay the cost to us of replacement of each item as new or

*          Pay the value of the item at the time it was lost

-           If damage item is not to be repaired we will not pay more than the estimated cost of reparing the item.

 

c.          Personal Possesions

-           For personal possesion claims where contents cover away from the home applies, the insurer will usually pay :

-           The cost of replacement as new except for :

*          clothing and linen, where a deduction for wear & tear will be made; or

*          items that can be economically repaired (including clothing), where the cost of repaire will be paid.

 

            PENJELASAN :

SPECIFIC CLAIMS CONDITION.

Claims condition yang spesifik untuk item objek pertanggungan.

 

a.               BUILDING.

Penanggung akan membayar ganti rugi dengan :

1.         Perbaikan.

2.         Penggantian (replacement).

3.         Uang tunai sebesar biaya perbaikan atau penggantian.

Pembayaran ganti rugi subject to beberapa excess yg tercantum dalam polis

Secara umum, ada 2 pilihan untuk ‘claim  settlement”:

 

1.         Indemnity

2.         Replacement as new

 

Jika tertanggung tidak merawat rumah dengan wajar, maka penanggung akanmengenakan pengurangan untuk wear & tear

 

Jika perbaikan/penggantian tidak dilakukan,maka perhitungannya, nilai pasar dari rumahtersebut dikurangi nilai rumah setelahkerusakan. Nilai rumah adalah ongkosmembeli rumah (dalam keadaan tidak rusak) dipasar terbuka pada waktu kerugian.

 

Penanggung tidak akan membayar lebih daripada ongkos perbaikan rumah yang telah disetujui.

 

b.              CONTENTS

Beberapa opsi yang bisa dilakukan oleh penanggung:

 

Perbaikan dengan batasan limit yang tercantum dalam polis

 

Jika biaya perbaikan lebih besar dari replacement, maka :

1.         Mengganti item yang rusak.

2.         Memberikan uang sebesar biaya penggantian.

3.         Memberikan uang sebesar nilai pasar pada saat terjadi loss.

 

Kalau barang yang rusak tidak diperbaiki, penanggung akan membayar  maksimum sebesar estimasi biaya perbaikan.

 

Subject to policy limit, excess.

Biasanya penanggung memasukkan kondisi, bahwa tertanggung harus benar-benar memperbaiki barang rusak dengan baik, dan tertanggung diwajibkan untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah kerugian.

 

c.               PERSONAL POSSESIONS.

Untuk klaim barang milik tertanggung yang berada di luar rumah,  penanggung akan membayar

-                 Cost of replacement , kecuali untuk :

1.               Pakaian dan kain

 ada pengurangan untuk ‘wear & tear’

 

2.         Barang yang jika diperbaiki, biayanya lebih ekonomis.

Subject to policy limit, excess.

Insurer sering menyisipkan sebuah klausula sbb: jika

-                 Biaya perbaikan > biaya penggantian baru

biaya penggantian baru

 

-                 Biaya perbaikan < biaya penggantian baru

          biaya perbaikan

          Biasanya tertanggung memiliki kerjasama dengan supplier

          untuk mengurangi biaya klaim.

 

d.                LEGAL EXPENSES

 

          Klaim biaya pengadilan harus berhubungan dengan kasusnya dan adaterritorial limit.

          Proses pengadilan akan dilakukan, bila mempunyai kesempatan untuk menang.

 

 

8.9       Dalam prosedur klaim terdapat kondisi khusus (specific clamis conditions), jelaskan bagaimana kondisi tersebut dapat diberlakukan pada : (Sept 2007 no 14)

a.               Bangunan

b.              lsi bangunan

c.               Barang milik pribadi,

 

            Jawaban : lihat diatas

 

 

8.10         Dalam kaitan dengan prosedur klaim, uraikan 2 (dua) opsi dalam penyelesaian klaim bangunan. (Mar 2006 no 8)

 

Jawaban yang disarankan :

a.          Indemnity

b.         Replacement as new

 

8.11      Sebutkan 4(emat)  metode ganti rugi 

 

            Jawaban :

1.         Cash.

2.         Repair.

3.         Reinstatement.

4.         Replacement.

 

8.12 Uraikan 3 (tiga) keuntungan dan dari product replacement scheme. (Sept 2006 no 4)

Jawaban :

 

1.                                                           Premi lebih besar.

2.         Mengurangi claims disputes.

            3          Menggunakan perhitungan average bila terjadi under insured

 

Kerugian dari replacement :

1.         Memperbesar kemungkinan timbulnya moral hazard yang kurang baik (fraud /

exaggerated claims).

2.         Kesulitan dalam menghitung harga pertanggungan yang mencukupi.

 

8.13          Dalam kaitan dengan prosedur penyelesaian klaim, jelaskan : (Sept 2007 no 12)

a.         4 (empat) informasi yang diperlukan dalam melakukan registrasi klaim.

b.         8 (delapan) manfaat yang diperoleh bila menunjuk pihak ketiga sebagai service provier.

 

            Jawaban :

     a.          4 (empat) informasi yang diperlukan dalam melakukan registrasi klaim.

1.         Tanggal, keadaan dan penyebab dari kerugian

dalam kasus pencurian, apakah tertanggung telah melaporkan ke polisi dan melakukan langkah-langkah pencegahan

2.         Estimasi jumlah kerugian.

3.         Situasi dan penggunaan dari premises

disewakan / diagunkan / tidak berpenghuni

4.         Pihak lain yang memiliki interest pada objek pertanggungan, dan pertanggungan lain

          Kemungkinan adanya kontribusi dari travel insurance

          Pada tahap ini harus melakukan validasi klaim.

          Jika klaim memang tidak dijamin, penanggung harus dengan cepat memberitahukan tertanggung beserta alasannya.

 

b.         8 (delapan) manfaat yang diperoleh bila menunjuk pihak ketiga sebagai service provier.

1.         Mereka adalah independen dan mempunyai pengetahuan yang lebih baik, sehingga dapat meminimalkan loss dan kerusakan dan dapat memberikan nasihat kepada nasabah.

 

 

2.         Dengan pengalaman dan pengetahuannya bisa melakukan validasi bukti-bukti klaim lebih baik, sehingga menurunkan fraud klaim.

3.         Memastikan prinsip indemnity berjalan.

4.         Memberikan garansi atas keputusan yang dihasilkan dengan pemberian limit otorisasi

5.         Penanggung mendapatkan diskon dari fee yang dibayarkan cara yang paling efektif

6.         Memberikan service yang lebih baik yang melebihi harapan dari tertanggung.

7.         Pemasok membantu untuk menyediakan layanan independent dan pribadi pada tertanggung yang akan mereka bicarakan tentang klaim dengan tertanggung melalui telephone dan dimana diminta akan berkunjung kerumah mereka

8          Dalam hubungan dengan mereka yang luas dengan klaim , penyediaan layanan mampu untuk meningkatkan perngalaman &  pengetahuan mereka dengan demikian dukungan penanggung dalam penyediaan layanan yang layak, penuh harapan tertanggung

 

8.14         Pada saat laporan klaim diterima, petugas klaim harus memeriksa dan menyampaikan action plan-nya bahwa, jelaskan :

 

Jawaban :

1.                Informasi yang diberikan tertanggung sesuai dengan data penanggung di databasenya dan polis masih berlaku.

2.           Peril yang menyebabkan loss dijamin di dalam polis.

 setelah cek T & C dari polis, klaim dapat segera diselesaikan dengan:

-           menolaknya

-           menyetujui pembayaran yang diajukan

-           beberapa tindakan langsung yang lain, sebagai contoh penggunaan penyedia jasa pelayanan untuk membantu klaim, seperti loss adjuster, supplier, surveyor, solicitor.

Dalam contoh kasus: karpet ketumpahan wine

          penanggung akan menunjuk supplier pembersih karpet

          supplier tersebut akan contact tertanggung untuk pengaturannya dan selanjutnya dapat segera melakukan pembersihan karpet dengan segera setelah kejadian.

3.         Apakah ada pelanggaran prinsip Utmosth Good Faith dari tertanggung.

          Kalau klaim ditolak tertanggung harus diberitahu dengan segera.

          Perusahaan asuransi harus mempunyai emergency helplines 24 jam.

          Tujuannya agar setiap saat tertanggungyang mendapatkan musibah, bisa langsung lapor ke penanggung dan penanggung bisa mengambil tindakantindakan yang diperlukan untuk mencegah klaim

Contoh : Pipa air pecah mengirimkan supplier

          kalau tidak liable, tentang yang dibayar.

 

8.15         Uraikan keuntungan menggunakan service provider

 

Jawaban :

1.         Mereka adalah independen dan mempunyai pengetahuan yang lebih baik, sehingga dapat meminimalkan loss dan kerusakan dan dapat memberikan nasihat kepada nasabah.

2.         Dengan pengalaman dan pengetahuannya bisa melakukan validasi bukti-bukti klaim

lebih baik, sehingga menurunkan fraud klaim.

 

3.         Memastikan prinsip indemnity berjalan.

4.         Memberikan garansi atas keputusan yang dihasilkan • dengan pemberian limit otorisasi

5.         Penanggung mendapatkan diskon dari fee yang dibayarkan cara yang paling efektif

6.         Memberikan service yang lebih baik yang melebihi harapan dari tertanggung.

 

8.16         Jelaskan 6 (enam) hal khusus yang dipertimbangkan dalam penanganan klaim pencurian. (mar 2009 no 12, okt 2010 no 12)

 

Jawaban yang disarankan :

Main considerations pada saat klaim theft :

1.         Apakah tertanggung telah melapor polisi dengan cepat?.

2.         Ketika theft terjadi, apakah ada kemungkinan recovery dari pihak ketiga.

3.         Cara pencuri masuk.

4.         Apakah ada saat theft rumah didiami atau dikosongkan?

5.         Kepemilikan.

6.         Nilai dari barang yang diklaim.

7.         Kemungkinan recovery.

 

8.17     Apabila penanggung mendapat laporan klaim pencurian dari tertanggung, Uraikan 7(tujuh) pertimbangan utama dalam penanganan klaim tersebut. (mar 2011 no 13)

 

Jawaban : lihat diatas

 

8.18          Dalam kaitan dengan permanent disablement dalam polis personal accident uraikan 8 (delapan) hal yang harus diperiksa oleh petugas klaim. (Sept 2009 no 13, mar 2011 no 11)

 

Jawaban :

1          Klaim untuk kecelakaan dan penyakit, formulir klaim dibagi 2. yang pertamadilengkapi oleh tertanggung atau orang lain yang bertindak untuk dan atas namanya dan yang kedua harus dilengkapi oleh petugas kesehatan (biayanyadikeluarkan oleh tertanggung).

2          Injury disebabkan oleh accidental, violent, external, visible means,Ada waiting period (biasanya 3 minggu).

3.         Bila ada perubahan hazards , harus diberitahu ke penanggung.

4          Umur dan berat tertanggung.

5.         Tertanggung telah memperoleh  dan melakukan  saran medis  seperti persyaratan dalam polis

5.         Medical reports,  sejarah mengenai kesehatan tertanggung

6          Apakah ada saran bahwa tertanggung dalam pengaruh alkohol atau obat-obatan lain

7.         Apakah ada pertanggungan personal lain, yang mana penanggung tidak diberi tahu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 9 TANGGUNG JAWAB HUKUM INDIVIDU

 

9.1       Dalam kaitan dengan legal liabilities of a private individuals, jelaskan sources of legal liability for private individuals. (Mar 2006 no 14)

 

Jawaban yang disarankan :

Each person has a duty to their “neighbour” to regulate their actions, the condition of their property, and the activities of their employess, so as not to cause injury or damage to others.

Failure to carry out the duty of care could render one guilty of negligence and be required to pay damages to the injured party.

There are many different circumstances in which private individuals may incur legal liabilities, including :

1.         Ownership, use, and/or occupation of private housing

2.         Employment of domestic servants or casual labour

3.         Personal liability e.q. careless use of an umbrella

4.         Ownership or control of pet animals

5.         Ownership or use of motor cars/cycles

6.         Sporting activities e.q. golf, skiing, sailing

7.         Other leisure activities e.q cycling, camping, etc.

 

When the claims advisor is ascertaining if the customer has a valid claim, they will have to asses all the facts to identify whether a legal liability exists which is covered under the terms and conditions of the policy.

 

            Tambahan :

 

setiap orang memiliki kewajiban terhadap tetangga mereka untuk mengatur  tindakan mereka, kondisi harta benda mereka dan aktivitas pegawai mereka. Agar tidak menyebabkan cedera atau kerusakan terhadap orang lain.

Perbedaan keadaan yang menimburkan Tanggung Jawab Hukum antara lain:

1                                                             kepemilikan, penggunaan dan/atau okupasi dari rumah pribadi

2                mempekeriakan pembantu rumah tangga atau pekerialepas

3                tanggung jawab pribadi misalkan sembrono dalam menggunakan payung

4.              kepemilikan atau pengendalian hewan peliharaan;

5.              kepemilikan atau Penggunaan mobil atau sepeda motor;

6.              akivitas olahraga, misalkan golf, ski, berlayar; aktivitas waku luang yang lain, misalkan bersepeda, berkemah, dsb

 

9.2       Jelaskan pelanggaran hukum sipil & criminal

 

            Jawaban :

Contoh pelanggaran hukum kriminal (pidana)

Seseorang membangun suatu struktur pada premise yang mereka miliki atau huni tanpa mendapatkan ijin perencanaan yang sesuai

Contoh pelanggaran hukum sipil (perdata)

seorang pengunjung cedera karena jatuh dari tangga yang rusak

Contoh pelanggaran yang bersamaan

 

 

Pemilik bangunan membiarkan suatu nuisance timbul pada bangunan mereka yang dapat menimbulkan tuntutan atas pelanggaran Public Health Act 1936 (hukum kriminal) dan pada saat yang bersamaan dapat dituntut atas nuisance oleh individu yang menderita cedera (hukum sipil).

 

1          Perbedaan antara hukum sipil dan hukum kriminal

Ø    Tuntutan pengadilan sipil diajukan oleh pihak yang dirugikan untuk mendapatkan kompensasi atas kerusakan yang disebabkan kepada mereka,  misalkan untuk melaksanakan kewajiban tertentu yang dibuat untuk kepentingan mereka atau memulihkan harta benda.

Ø    Tuntutan pengadilan kriminal diajukan oleh negara untuk mencegah  kejahatan dan untuk menghukum pelaku kejahatan.

 

2.         Peraturan Pemerintah

Pemerintah bertanggung jawab untuk membuat peraturan untuk membantu memastikan hukum dan tata tertib ditegakkan.

Data Protection Act 1998, prinsip dasarnya adalah data pribadi harus

Ø    diproses secara adil dan berdasarkan hukum

Ø    akurat dan bila perlu terus diperbarui

Ø    dijaga kerahasiaannya.

 

Tertanggung berhak secara hukum untuk mendapatkan salinan semua informasi mengenai mereka yang dipegang oleh Penanggung, termasuk semua data dan dokumen yang dipegang oleh agen Penanggung dan pihak ketiga, termasuk loss adjuster dan mereka berhak atas kompensasi untuk pelanggaran Undang-Undang ini.

 

9.3        Uraikan 3(tiga) sumber hukum tort

 

            Jawaban :

1.              common law (berdasarkan adat dan pemakaian, misal kelalaian),

2.              statute law (berdasarkan UU)

3.              case law (keputusan pengadilan tingkat tinggi mengikat pengadilan lebih rendah dalam hal kasus yang sama).

 

9.4       Uraikan perbedaan tort dan kontrak

 

            Jawaban :

 

Perbedaan antara tort dan kontrak adalah:

Tort

Breach of Contract

Pelanggaran kewajiban terhadap setiap orang

Pelanggaran kewajiban tgerhadap pihak yang dikontrak

Ganti rugi unlimited damager

Ganti rugi unlimited damager atau unlimited damager

Liability tergantung dari besar kecilnya kesalahan yang dilakukan

Liability sangat ketat/stricth

Proses pengadilan diajukan oleh penggugat

Proses pengadilan diajukan oleh pihak yang terlibat dalam perjanjian

 

 

9.5       Uraikan yang dimaksud  Definisi Tort

 

            Jawaban :

“Penyimpangan atau Pelanggaran atas kewaiiban seseorang sebagai seorang yang berada  dalam masyarakat yang dapat menyebabkan orang lain dapat menuntut untuk ganti rugi karena :

Ø         kerusakan harta benda

Ø         Luka badan / injury

 

9.6.      Uraikan 4 (empat) Point of Proof dalam konteks negligence menurut Donoghue versus Slevenson (1932) dalam Product Liability. (Sept 2007 no 3)

 

Jawaban :

Donoghue v. Stevenson (1932) “Plaintiff diberi sebotol bir dan ia meminumnya sebagian. Waktu ia menuangkan sisanya kedalam gelas, ia melihat ada sesuatu/ barang didalam minuman itu dan akibatnya ia menjadi sangat sakit setelah meminumnya”.

           

4 (empat) Point of Proof dalam konteks negligence

            1.         Harus dapat dianggap kurang adil / bijaksana atas bangunan dari pabrikan

            2.         Mungkin untuk penyebab injury

            3.         Telah ada pada waktu produk ditinggal plek pemilik pabrikan

4.         Tidak harus menjadi satu penengah  yang sah atau pengguna akan diharapkan  untuk menemukan  dan membetulkan atau mengubah

 

9.7       Uraikan yang dimaksud dengan  lnjuria dan damnum

 

            Jawaban :

Biasanya ketika seseorang menuntut dalam tort mereka harus membuktikan bahwa mereka menderiti injuria dan juga damnum sebagai akibat injuria- Damnum adalah kerugian fisik aktual yang diderita, dan injuria adalah suatu pelanggaran hak atau hukum.

 

Damnum sine injuria adalah kerugian fisik yang diderita tanpa adanya pelanggaran hak atau  hukum. Sedangkan Injuria sine damno adalah pelanggaran hak hukum tanpa adanya kerugian fisik yang diderita.

 

9.8           Sebutkan 5 (lima) jenis tort dalam asuransi tanggung gugat personal. (Sept 2008 no 4)

 

     Jawaban :

1.              negligence (kelalaian);

2.              nuisance(gangguan);

3.              strict liability (tanggung gugat tegas);

4.              trespass (Pelanggaran hak);

5.              defamation (pencemaran nama baik).

 

9.9           Uraikan 3 (tiga) element tort dalam principle of negligence legal liabilities. (Mar 2007 no 7)


Jawaban yang disarankan :

a.          A legal duty to take care (tugas yang sah untuk mengawasi) (Bobot 35%)

b.         Breach of that duty (adanya pelanggaran terhadap tugas tersebut) (Bobot 35%)

 

 

c.          Damage suffered as a consequence of that breach (menderita kerusakan akibat dari pelanggan tersebut) (Bobot 30%)

 

PENJELASAN :

Negligence : Kelalaian untuk melakukan sesuatu yang seorang normal akan lakukan atau melakukan sesuatu yang tidak akan dilakukan oleh orang yang normal dan hati-hati (Blyth v. Birmingham Waterrworks Co' (1856).

Negligence tidak otomatis menimbulkan tanggung gugat, penggugat harus membuktikan bahwa:

Ø    tergugat memiliki kewajiban berhati-hati (dury or care) terhadap pengugat;

Ø    tergugat melanggar kewaiibannya tersebut;

Ø    Pelanggaran kewaiiban itu mengakibatkan kerugian atau kerusakan terhadap penggugat

Ø    Penggugat harus membuktikan bahwa jenis kerugian itu dapat diperkirakan atau tidak berada dalam aturan dasar keterpisahan

 

9.10         Dalam kaitan dengan asuransi tanggung gugat pribadi, uraikan : (Sept 2008 no 14)

a.               7 (tujuh) sumber timbulnya risiko tanggung gugat terhadap private individual.

b.              pengertian dan pembuktian negligence.

 

Jawaban :

a           7 (tujuh) sumber timbulnya risiko tanggung gugat terhadap private individual.

2                             Ownership

3                             Employment

4                             Personal liability e.q careless use of umbrella

4.              Ownership or control of pet animal

5.              Ownership or use of motor cars / cycle

6.              Sporting activities e.q golf, skiing, sailing

7.              Others leisure activities e.q cycling, camping

 

b.              Pengertian dan pembuktian negligence.

 

Dalam perbuatan melawan hokum negligence terdiri atas 3 elemen, yaitu :

1.              tergugat memiliki kewajiban berhati-hati (dury or care) terhadap pengugat;

2.              tergugat melanggar kewaiibannya tersebut;

3.              Pelanggaran kewaiiban itu mengakibatkan kerugian atau kerusakan terhadap penggugat

 

Sedangkan pengertian Negligence adalah : kelalaian untuk melakukan sesuatu dimana harus dilaksanakan atau melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan

 

Pembuktian Negligence :

Pointnya adalah Penggugat harus membuktikan adanya :

1.              Yang digugat harus dalam melakukan tugas yang ditugaskan oleh penggugat

2.              Adanya pelanggaran kewajiban

3.              Penggugat terus menerus mengalami kerugian sebagai buktinya

4.              Pelanggaran kewajiban adalah sebab Utama dari kerugian / kerusakan

 

9.11        Sehubungan dengan tanggung jawab hukum, jelaskan : (mar 2011 no 9)

a.         Definisi dari Negligence.

b.         4(empat) hal yang harus dibuktikan Penggugat bahwa telah terjadi ngeligence

 

            Jawaban : lihat diatas

 

9.12    Uraikan pengertian Res lpsa Loquitur

 

Jawaban :

Penggugat harus mengajukan bukti-bukti bahwa kerugian yang diderita oleh penggugat disebabkan oleh kelalaian tergugat.

Bila tindakan/perbuatan/kealpaan itu telah merupakan buki kuat tentang adanya kelalaian dari tergugat, maka kewaiiban pembuktian beralih kepada tergugat yang harus membuktikan bahwa ia tidak melakuken kesalahan.

 

Doktrin ini dikenal dengan Res lpsa Loquitor yang berarti "The things speak for itsefl/ fakta yang ada berbicara sendiri"

Kondisi yang harus dipenuhi untuk menetapkan res ipsa loguitur

Ø    jika sesuatu yang menyebabkan kerusakan ditunjukkan berada dibawah pengendalian khusus tergugat;

Ø    kerusakan tidak akan terjadi jika kehati-hatian yang layak telah dilakukan;

Ø    tanpa adanya bukti langsung lain atau penjelasan yang masuk akal mengenai penyebab kecelakaan, ini memberikan bukti yang masuk akal bahwa kecelakaan timbul karena kurangnya kehati-hatian.

 

9.13         Uraikan tentang contributory negligence. (mar 2010 no 4)

 

Jawaban :

Sebelum adanya Law Reform (Contributory Negligence) Act 1945, kelalaian bersama merupakan pembelaan penuh untuk kelalaian, artinya jika penggugat terbukti turut berkontribusi dalam kelalaian maka ia tidak memperoleh penggantian sama sekali. Tetapi setelah adanya peraturan tersebut, kerugian tetap diganti tetapi dengan dikurangi sesuai proporsi kesalahan penggugat. Contoh kasusnya adalah Sayers v. UDC (1958).

 

Aspek-aspek yang penting adalah:

·                Pengadilan akan menilai kerugian secar penuh  dan kemudian mengurangi jumlah kompensasi berdasarkan kelalaian bersama.

·                Ahli waris dari orang yang meninggal akan menerima kerugia mereka dikurangi jika orang yang meninggal tersebut turut bersalah dalam menyebabkan kematiannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 10 TORT YANG BERPENGARUH PADA PROSES KLAIM

 

10.1      Sebutkan 5(lima) jenis tort yang berpengaruh pada proses klaim

 

Jawaban :

1.              Publik Nuisance

2.              Private Nuisance

3.              Strict Liabitity

4.              Absolute Liability

5.              Tresspass

 

10.2      Uraikan yang dimaksud public nuisance dan private nuisance

 

Jawaban :

1          PUBLIC NUISANCE

Didefinisikan sebagai 'melakukan suatu aktivitas yang mungkin menyebabkan ketidaknyamanan atau gangguan kepada publik, atau bagian publik, atau tanttuan terhadap hak bersama semua orang.

Public nuisance merupakan suatu kejahatan (orang yang melakukan nuisance dapat dituntut kriminal) dan suatu kesalahan sipil (setiap orang yang menderita cedera atau kerusakan akibat nuisance dapat menuntut kompensasi).

Gangguan publik termasuk menjalankan rumah pelacuran, menjual makanan yang tidak layak untuk dikonsumsi publik, dan menghalangi jalan raya.

 

2.              PRIVATE NUISANCE

Gangguan tidak sah terhadap Penggunaan seseorang atas harta bendanya, atau terhadap kesehatan, kesenangan dan kenyamanannya. Bentuk-bentuk private nuisance

Ø    Hak yang melekat pada tanah, berhubungan dengan gangguan yang salah atau tidak sah terhadap hak yang melekat pada tanah.

Ø    Lolosnya sesuatu yang merugikan, melibatkan tindakan yang secara salah atau tidak sah membiarkan lolosnya sesuatu yang merugikan, seperti asap, bau, suara, tas, getaran, lembab dan akar tanah ke dalam properti orang lain sehingga mengganggu kesehatan, kesenangan, kenyamanan atau kenikmatan seseorang atas propertinya, atau menyebabkan kerusakan terhadap propertinya.

 

10.3      Jelaskan pembelaan dalam Nuisance

 

            Jawaban :

 

1          Persetujuan

adanya persetujuan pihak penggugat atas tindakan yang dilakukan tergugat yang merupakan nuisance jika persetujuan tidak diberikan.

 

2          Otoritas perundang-undangan

jika perundang-undangan memberikan kewenangan bagi aktivitas lergugat maka tidak ada tanggung gugat untuk gangguan yang diakibatkan akivitas tersebut.

 

3          Preskripsi

Gangguan yang terjadi secara berkesinambungan selama 20 tahun dan dapat dituntut sebagai nuisance tetepi tidak pernah dituntut membuat private nuisance itu menjadi legal.

 

4          PEMBELAAN TIDAK EFEKTIF

Penggugat mendatangi gangguan, bukan merupakan pembelaan bahwa penggugat mendatangi gangguan dengan menghuni tanah yang bersebelahan.

Kehati-hatian dan keahlian yang cukup telah dilakukan, tidak ada standar kehati-hatian dalam nuisance sehingga bagalmanapun kehati-hatian telah dilakukan jika terjadi gangguan yang tidak wajar tetap dianggap nuisance.

Tindakan yang turut berkontribusi, gangguan yang disebabkan oleh kombinasi aktivitas, yang jika berjalan sendiri sendiri bukan merupakan nuisance, tetap dianggap sebagal nuisance dengan tanggung jawab secara proporsional.

Penggunaan harta benda yang wajar, tidak dapat dianggap sebagai pembelaan karena nuisance sendiri adalah tidak wajar berdasarkan delinisinya.

 

10.4         Uraikan pengertian  STRICT LIABILITY

 

Jawaban :

Pada umumnya suatu kelalaian/negligence bersumber pada kelalian/fault. Namun dalam kasus tertentu, liability dapat bersifat "Strict” artinya seseorang tetap dinyatakan bersalah walaupun sebenarnya ia tidak melakukan kesalahan.

Case law: " Rylands v. Fletcher (1868)

Tambang batubara milik penggugat kebanjiran karena tergugat telah membangun suatu reservoir untuk penyimpanan air bagi penggiligannya. Pada waktu mengerjakan proyek itu, kontraktor menemukan terowongan bawah tanah dari tambang yang lama.

Waktu pekerjaan itu selesai, terowongan itu menjadi jalan masuknya air dan membanjiri milik penggugat.Walaupun tergugat tidak menyadari adanya terowongan tersebut ia tetap dinyatakan bersalah.

 

10.5         Uraikan Beberapa cara defence / pembelaan diri bagi Tergugat untuk strict liability

 

Jawaban :

1          Seijin  Penggugat (consent of the plaintiff): Penggugat sendiri telah mengetahui dan menyetujui adanya risiko yang dapat menimbulkan tanggunggugat

2          contributory negligence/default of the plaintiff: Penggugat sendiri telah bersalah sehingga timbul kerugian/luka badan

3          statutory authority: hukum memberikan kewajiban dan tanggungjawab tertentu kepada orang karena jabatannya sehingga orang-orang tersebut harus melaksanakannya dan karenanya yang bersangkutan tidak dapat dimintakan pertanggungjawabannya didalam hukum

4          Act of a stranger: kerugian timbul akibat tindakan seseorang yang tidak dikenal dan dikuasai Tergugat

5          Act of God: kerugian timbul akibat gejala alam yang ada diluar kehendak/kekuasaan manusia

6          Common benefit: Penggugat dan Tergugat bersama-sama mendapatkan manfaat dari sesuatu yang menimbulkan kerugian/luka badan sehingga harus bersama-sama pula menanggung kerugian yang timbul

 

10.7         Dalam kaitan dengan Trespass, jelaskan 3 (tiga) bentuk trespass yang ada dalam Tort yang berpengaruh dalam proses klaim. (Mar 2007 no 12)


Jawaban yang disarankan :

1.                                                           Trespass to the Person (Bobot 50%)

3 (tiga) accepted trespass pada orang :

 

a.          Assault (penyerangan/penyerbuan)

Assault yang tidak membutuhkan kontak fisik adalah usaha atau tawaran untuk menggunakan kekuatan yang tidak sah pada seseorang oleh orang lain, dimana seseorang secara wajar yakin bahwa pihak lain mempunyai maksud atau mampu memberi ancaman maka hal ini sudah dikategorikan sebagai penyerangan.

Berikut ini contoh yang merupakan Assault :

          ancaman dengan palsu untuk mengusir seseorang yang menolak untuk meninggalkan tempat

          menunjuk sebuah pistol mainan pada seseorang yang percaya bahwa pistol tersebut asli

          menunjuk pada seseorang sambil memberikan komentar ancaman kepada mereka

 

b.         Battery (pengancaman)

Battery adalah tindakan nyata dari kekuatan yang tidak sah yang ditimbulkan pada orang lain sekecil apapun. Kontak fisik dapat dikatakan sebagai ancaman.

Battery dapat timbul sendiri atau mungkin bersama dengan Assault. Contoh : ketika seseorang mengancam orang lain dan kemudian menusuk mereka didata atau melempar air ke muka mereka.

Bila seseorang menyetujui untuk diancam secara fisik contoh ketika :

                jalan-jalan dikerumunan orang dimana diharapkan seseorang dapat didorong; atau

          berolahraga

          tidak ada battery kecuali aturan dilanggar

 

c.          False Imprisonment (pemahaman yang salah)

Hal ini tidak memerlukan pengurangan atau penggunaan kekuatan tapi paksaan tidak legal atas pembatasan atau kemerdekaan atau gerakan pada seseorang harus total, jadi pengurungan dengan sengaja dari seseorang oleh kelompok tertentu jika tidak ada yang menghindar dapat dianggap penghukuman yang salah. Bila ada cara lain untuk meninggalkan tempat tidak merupakan penghukuman yang salah.

 

 

2.              Trespass to Land (pelanggaran terhadap lahan tanah) (Bobot 30%)
Jenis trespass ini terdiri dari setiap gangguan ketidakadilan dengan lahan yang dimiliki oleh pihak lain, tidak cukup bahwa penggugat adalah pemilik, mereka juga harus menguasai lahan tersebut.

Trespass to land dapat terjadi bila seseorang :

          memasuki tanah yang dimiliki oleh orang lain

          membiarkan sasaran dimasuki, atau tempat sasaran tanah yang dimiliki orang lain

          tinggal ditanah atau bangunan setelah izin atas tanah tersebut atau bangunan telah dihentikan atau surat izinnya telah jatuh tempo.

a.          Entry on to Land

b.         Public Property

c.          Trespass by Remaining on Land

d.         Allowing an Object to Enters Land

e.          Position of Building Contractors

f.          Remedies for Trespass to Land

 

g.         Defences to Trespass to Land

 

3.              Trespass to Chattels (pelanggaran terhadap barang-barang bergerak) (Bobot 20%)

Barang-barang bergerak (chattels) adalah bagian dari kepemilikan pribadi/ individu dan pada hukum adat (common law) terdiri dari :

Intervensi (langsung dan secara paksa) dengan harta yang dimiliki orang lain. Hukum/peraturan yang terkait dengan Trespass to Chattels terutama dipengaruhi oleh kesalahan (Tort) ,(Interference with Goods) act 1977

a.          wrongful interference by trespass with goods

b.         wrongful interference by conversion

c.          remedies for conversion of goods

d.         defences to an action for conversion

 

10.8      Uraikan 3 (tiga) bentuk Tresspass dalam kaitan dengan proses klaim asuransi Tanggung Gugat. (Sept 2007 no 6)

 

Jawaban :

1.              Assault (Ancaman)

Semata-mata suatu percobaan atau ancaman untuk melukai merusak badan orang-orang sedemikan rupa sehingga orang lain itu waiar jika merasa takut bahwa tindakan itu akan dilakukan.

 

2          Battery (Serangan Fisik)

            Tindakan yang benar-benar melakukan penganiayaan sehingga melukai orang.

 

3                False Imprisonment(kurungan / pasung)

Disini tidak membutuhkan pengurungan atau penggunaan kekuatan tapi paksaan tidak legal pada  kebebasan orang lain dari gerakan yang menyeluruh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 11 PEMBELAAN DALAM TORTS

 

11.1      Uraikan yang dimaksud dengan pembelaan ACT OF GOD

 

     Jawaban :

Act ofGod adalah sesuatu yang disebabkan penyebab alami yang secara langsung dan ekklusif tanpa adanya campur tangan manusia.

     Suatu kejadian disebut Act of God apabila;

-                 disebabkan oleh penyebab alami secara eksklusif

-                 sifatnya yang luar biasa dan

-                 kejadian tersebut tidak dapat diantisipasi atau siap dihadapi.

 

11.2     Uraikan pengertain pembelaan INEVITABLE ACCIDENT

 

Jawaban :

Dalam pembelaan inl tergugat akan menunjukkan bahwa kecelakaan terjadi tanpa adanya kelalaian mereka dan sedikit yang dapat mereka lakukan untuk mencegah kecelakaan karena mereka telah melakukan ketelitian, kehati-hatian dan keahlian yang wajar.

Defence ini adalah suatu kecelakaan yang terjadi tidak dapat dihindari walaupun telah dilakukan tindakan pencegahan oleh orang yang normal.

Case Law: Stanley vs Power ) tergugat sedang menembak burung dan meleset mengenai korban.

Perbedaan dengan Act ofGod:

-                 Inevitable acc melibatkan unsur manusia

-                 Act of God semata-mata faktor alam

 

11.3      Uraikan pengertian pembelaan  NECESSITY

 

     Jawaban :

Pembelaan ini berlaku apabila kerugian dilakukan untuk mencegah kerugian yang lebih besar

Pernbelaan dimana defendant terpaksa melakukan sesuatu sebagai suatu kebutuhan untuk melindungi orang/harta benda terdekat.

Aturan yang dapat berlaku dalam menggunakan pembelaan ini:

-                        Pencegahan kerugian yang lebih besar.

-                        Penyelamatan nyawa atau harta benda.

-                        Untuk melindungi harta benda dari binatang.

 

11.4         Dalam kaitan dengan Defences to an actions dalam asuransi liability, jelaskan 6 (enam) bentuk Volenti Non Fit lnjuria. (Sept 2007 no 9)

 

Jawaban :

VOLENTI ON FIT INJURIA : Seseorang yang telah mengetahui adanya risiko dan ia menyetujui untuk menjalaninya, maka ia tidak berhak untuk menuntut apabila terjadi kecelakaan.

 

1.              Kasus olahraga dan volenti

Pembelaan ini berlaku bagi penonton pertandingan olahraga yang terkena bola yang terpukul atau tertendang ke arah mereka selama pertandingan berlangsung,

 

 

 

 

2.              Tingkah laku yang tidak profesional

Pembelaan ini tidak berlaku jika pemain melanggar aturan permainan dan mencederai penonton atau pemain lain.

 

3.              Majikan dan pelayan

            Pembelaan ini hanya berlaku apabila pegawai melanggar kewajiban berdasarkan undang-undang yang berlaku pada mereka.

 

4.              Kasus penyelamatan

Pembelaan ini tidak berlaku bagi orang yang melakukan penyelamatan terhadap orang lain dalam keadaan darurat yang diakibatkan oleh kelalaian tergugat.

 

5.              Pengemudi yang mabuk

            Pembelaan ini berlaku jika seseorang menerima tumpangan dari pengemudi yang terlihat mabuk à tidak diperbolehkan lagi oleh Road Traffic Act 1988.

 

6.              Aturan ex turpi causa

            Aturan ini berarti suatu tuntutan tidak dapat didasarkan pada maksud yang buruk karena pengadilan tidak akan membantu penggugat yang bersalah atas tindakan ilegal.

 

11.5      Jelaskan yang dfimaksud dengan pembelaan CONTRIBUTORY NEGLIGENCE

     Jawaban :

-                 Contributory negligence berarti kegagalan seseorang untuk melakukan kehati-hatian yang waiar bagi keselamatan dirinya dan harta bendanya, sehingga ia menjadi 'penyebab kesalahannya sendiri'.

-                 Kecerobohan penggugat tidak perlu merupakan penyebab kecelakaan tetapi harus berkontribusi terhadap kerugian yang diderita.

-                 Dengan pembelaan ini kesalahan akan dibagi yang mengurangi jumlah kompensasi yang didapat. Pengadilan akan memperhitungkannya ketika menentukan kompensasi yang diberikan kepada penggugat.

-                 Dalam aturan reversal of position, posisi dibalik karena seseorang yang lalai dalam menjaga keselamatan dirinya sendiri sehingga membahayakan orang lain dinyatakan bersalah atas negligence. Misalkan : pejalan kaki yang menyeberang jalan tanpa memperdulikan kendaraan yang lewat.

-                 Dalam kasus anak-anak, usia merupakan keadaan yang harus dipertimbangkan dalam menerapkan apakah terdapat contributory negligence atau tidak

 

11.6 Uraikan. Perbedaan antara volenti non fit injuria dan contributory negligence

 

            Jawaban :

-                 Perbedaan antara volenti non fit injuria dan contributory negligence adalah sebagai berikut:

-                 '' Dalam situasi volenti non fit injuria, penggugat mengetahui fakta dan menyetujui untuk menjalankan risiko dimana mereka terekspos.

-                 Dalam situasi contributory negligence, orang yang dianggap contributory negligence gagal untuk mengambil tindakan kehari-hatian yang wajar atas keselamatan mereka sendiri.

Contoh kasus: Baker Vs Wiloughby

Seorang pejalan kaki memiliki jarak pandang paling sedikit 200 yard dijalan, dan sama halnya dengan seorang sopir, yang harus memperhatikan banyak peringatan mengenai pejalan kaki yang sering berusaha untuk menyebrang jalan.

 

Walau telah ada ketentuan itu, tetap saja terjadi kecelakaan ketika seorang pejalan kaki berusaha untuk menyebrang jalan dan ditabrak oleh sebuah mobil.

Pengadilan banding memutuskan bahwa sopir dan pejalan kaki sama-sama bersalah. Pejalan kaki mendapat penggantian berkurang setengah dari yang seharusnya ia terima.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 12 BENTUK TANGGUNG GUGAT

 

12.1         Uraikan (dua) bentuk vicarious liability dalam asuransi tanggung gugat personal. (Sept 2008 no 5)

 

Jawaban :

Doktrin Vicarious Liability à Seseorang yang tidak melakukan pelanggaran tort dapat turut bertanggung iawab (joint tortfeasor) atas pelanggaran tort yang dilakukan orang lain.

Hubungan yang dapat menimbulkan doktrin ini berlaku adalah:

1.              majikan dan pelayan (master and servant)

2.              Orang tua dan anak

3.              prinsipal dan kontraktor independen

4.              prinsipal dan agen.

qui facit per olium facit per se à ia yang melakukan sesuatu melalui orang lain sama dengan melakukannya sendiri

 

12.2      Jelaskan bentuk tanggung gugat HUBUNGAN MAJIKAN DAN PELAYAN

 

     Jawaban :

-                 Harus ada hubungan maiikan-pelayan yang khusus (spesilik)

-                 Majikan biasanya tidak berunggung jawab terhadap toft yang dilakukan oleh kontraktor independen, kecuali:

o        mereka rnempekeriakan kontraktor yang tidak berkompeten

o        pekerjaan tersebut tidak dapat didelegasikan oleh majikan karena sangat

o        berbahaya dan sulit.

-                 pegawai adalah yang bekeria berdasarkan kontrak jasa (contract of service)

-                 kontraktor independen adalah yang bekerja berdasarkan kontrak untuk jasa (contract for service) kedekatan hubungan dan pengendalian atas pihak lain.

-                 pengendalian majikan terhadap cara pekerjaan dilakukan tort harus dilakukan ketika pegawai sedang melakukan pekerjaannya

-                 Tort harus dilakukan ketika pegawai sedang melakukan pekerjaannya

-                  

Melakukan pekerjaan dengan cara tidak benar

-                 Majikan tetap bertanggung jawab walaupun pegawai melakuakan pekerjaannya dengan cara yang salah dan tidak dikuasakan

-                 Case law : Century Ins VS Northern Ireland RTB: ledakan dan kerusakan akibat pengemudi membuang korek api sembarangan mengenai petrol

 

Darurat

-                 Majikan bertanggung jawab atas tindakan darurat pegawainya untuk menjaga harta bendanya

-                 Case law : Poland Vs Jihn Parr & son : pegawai terluka saat melindungi properti majikan dari pencuri

 

Tindakan yang dilarang

-                 Majikan bertanggung jawab atas tindakan pegawai yang dilakukan dalam rangka pekerjaan meskipun telah dilarang secara tegas oleh majikannya

-                 Case law : Limpus Vs London General : pengemudi bus menabrak akibat tidak patuhi peraturan perusahaan

 

 

 

Pegawai yang melakukan perjalanan antara rumah dan tempat bekerja

-                 Umumnya pegawai yang melakuakn perjalanan antara rumah dan tempat bekerja dianggap tidak dalam rangka pekerjaan, akan tetapi pegawai yang melakukan perjalanan :

a.               Dalam jam kerja yang dibayar dari rumah ke tempat bekerja (dan sebaliknya) selain tempat kerja reguler, atau

b.              Antar tempat kerja.

Dianggap dalam rangka pekerjaan dan majikan bertanggung jawab

 

Penipuan dan tindakan kriminal

-                 Majikan dapat bertanggung jawab untuk tindakan kriminal yang dilakukan secara sengaja oleh pegawainya dalam rangka pekerjaannya, selama pegawai tersebut memiliki kewenangan untuk melakukan hal tersebut

 

12.3 Jelaskan bentuk tanggung gugat ORANG TUA DAN MAJIKAN

 

            Jawaban :

-                 Anak bertanggung jawab atas tort yang dilakukannya, namun tingkat kehati-hatian yang dibutuhkan oleh anak lebih rendah dari orang dewasa.

-                 Orang tua tidak memiliki vicarious liability untuk anaknya, tetapi dapat bertanggung jawab untuk lalai dalam pengawasan

-                 Faktor-Faktor utama dalam menentukan apakah orang tua telah melakukan kehati-hatian yang wajar

a.               Usia anak

b.              Kenormalan anak

c.               Instruksi yang diberikan kepada anak

-                 Case law :  Gorley Vs Codd anak 17 tahun uamg terbelakang mental secara lalai telah menggunakan senapan dan melukai penggugat. Tergugat dinyatakan tidak bersalah karena telah memberikan intruksi yang cukup dan sesuai kepada anaknya

 

12.4      Uraikan 3 (tiga) kewajiban yang dimiliki terhadap trespasser (trespass non pengunjung)

 

Jawaban :

Berdasarkan Occupiers’ Liability Act 1984, kewajiban penghuni trespasser timbul apabila tiga persyaratan berikut terpenuhi :

-                 Penghuni sadar bahaya itu ada

-                 Penghuni tahu dan percaya bahwa orang yang masuk berada didekat atau dapat datang mengdekati bahaya yang dimaksud

-                 Penghuni memiliki kewajiban untuk menjaga secara wajar dalam segala keadaan untuk memastikan bahwa non-pengunjung tersebut tidak menderita cedera dalam premise akibat bahaya tersebut

 

12.5.     Dalam kaitan dengan Trespassers (Non Visitors), uraikan 3 (tiga) factor yang dapat dipertimbangkan dalam extent of duty. (Mar 2007 no 8)


Jawaban yang disarankan :

a.               Kemungkinan terjadi cidera atau kemungkinan luka-luka, apabila risiko semakin tinggi, maka tindakan pencegahan lebih besar harus diambil. (Bobot 40%)

b.         Keadaan lingkungan dari Premises (Bobot 30%)

c.          Hal-hal yang dapat diketahui dari non visitor. (Bobot 30%)

 

 

12.6      Uraikan 3(tiga) faktor yang dipertimbangkan dalam Extent of duty dalam kaitan dengan Tresposser (Non Visitors). (Sept 2006 no 5)

 

Jawaban :

Apabila kewajiban tersebut timbul, maka faktor-faktor yang dipertimbangkan adalah sebagai berikut :

-                 Kemungkinan dan kegawatan cedera

-                 Sifat premises

-                 Kedapat terlihatnya non- pengunjung

 

Pembelaan :

Pembelaan common law, Volen non fit injuria, harus dipertimbangkan jika kewajiban itu ada (case law : rackcliff Vs Mc donnel)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 13 OTHER LEGAL CONSIDERATION

 

13.1          Jelaskan 7 (tujuh) kontrak yang terkait dengan product liability. (Mar 2007 no 14)

Jawaban yang disarankan :

5.                                                             Privity of Contract (Bobot 10%)

Menurut prinsip privity of contract, siapa saja diluar kontrak yang terluka / cidera tidak akan dapat menuntut sesuai kontrak tapi harus menggunakan pertolongan / dasar hukum lainnya, mungkin kelalaian.

Dalam kasus Donoghue V. Stevenson (1932) Mrs. Donoghue tidak dalam kontrak dengan pedagang eceran yang telah menjual sebuah botol bir jahe yang mengandung siput/keong busuk kepada temannya. Oleh sebab itu ia telah menggunakan hak untuk menuntut pabrik bir jahe tersebut, dibawah judul negligence dalam hal memulihkan kerusakan.

 

6.                                                             Contractual Terms (Bobot 10%)

Digunakan untuk membuat syarat dalam suatu kontrak, mengecualikan liability dan alasannya masalah bagi pihak yang terluka bila mereka telah menerima syarat pengecualian ini.
Posisi ini seringkali muncul ketika kemampuan tawar menawar dari para pihak tidak sama.
Untuk mencegah hal ini “Sale of Goods Act 1983 (kemudian dirubah oleh Sale of Goods Act 1979) telah diperkenalkan

 

3.         Sale of Goods Act 1979 (Bobot 20%)

Sesuai Sale of Goods Act 1979 yang relevan dengan product liability secton untuk rangkaian ini adalah :

          Section 13 yang berhubungan dengan keterangan dari barang-barang dan keadaan bahwa kondisi pembeli akan menerima apa yang dijanjikan penjual. Untuk itu, bila pembeli memesan product X tapi menerima product Y hal ini menyimpang dengan section 13

          Secton 14 yang berisi kualitas dan kelayakan barang. Barang yang

            dijual untk kepentingan bisnis harus berkualitas dan layak untuk dijual.

 

Bila pembeli memesan barang kepada penjual dan barang dipesan tidak sesuai dengan kualitas dan kelayakan barang maka pembeli dapat menuntut penjual dan berhak untuk mendapatkan uang kembali. Barang-barang terjual dalam rangka bisnis mereka harus pedagang yang berkualitas dan adil sesuai tujuan mereka.

 

Section 14 hanya digunakan untuk penjualan dengan jalan bisnis. Aturan Caveat Emptor (let the buyer beware) digunakan dalam hubungan dengan penjualan antara perorangan swasta. Untuk itu bisa seseorang membeli barang dari tetangga atau teman mereka harus memuaskan mereka sendiri dari harga mereka yang sebenarnya atau hanya mereka sendiri bersalah untuk setiap kerugian.

 

4.         Sale and Supply of Good Act 1994 (Bobot 10%)

Sesuai UU ini section 14 dapat diperjual belikan kata “merchantable” menjadi “kualiats yang memuaskan” (satisfuctory quality) yakni mereka memenuhi standard dan memberikan kesan puas kepada pembeli karena barang tersebut sesuai, menarik???

 

 

 

ke dalam laporan setiap keterangan barang-barang, harga dan keadaan yang terkait lainnya.

 

Bila pembeli diberikan kesempatan untuk memeriksa barang-barang dan mempunyai gambaran ketidaksempurnaan untuk perhatian mereka, prinsip-prinsip ini tidak digunakan.

5.              Liability of The Retailer (Bobot 10%)

Kewajiban utama untuk kelayakan barang adalah tanggung jawab dari pengecer (atau penjual), bukan pengusaha pabrik kecuali ada hubungan langsung antara pembeli dan pengusaha pabrik. Setelah penggantian kerugian pembeli untuk kerugian pada waktu itu kepada pengecer atas kerugian terhadap orang yang menjualnya, maka selanjutnya pengecer seperti menuntut dan meminta ganti rugi kepada pabrik/produsen yakni orang yang berkutnya dalam rangkaian (chain). Dalam Blackmore V. Bellamy (1983) seorang tukang pos mempunyai hobby membeli, memperbaiki dan kemudian menjual mobil-mobil tua. Sejak ia menjalani hobynya ia juga tidak mencari; juga tidak memperoleh keuntungan yang berarti. Ia telah dituntut dipengadilan untuk penyimpangan dari peraturan tahun 1977. Ia dinyatakan tidak bersalah. Dalam kasus David VS Summer (1983) seorang utusan karyawan sendiri menggunakan mobilnya hampir seluruhnya untuk tujuan pekerjaanya. Ia dituntut dipengadilan ketika ia menjualnya dan ia dibebaskan dari tuduhan karena menjual bukan dalam rangka perdagangannya atau bisnisnya.

 

6.         Exclusion Clauses In Contracts (Bobot 20%)

The Sale of Good Act 1979 berhubungan dengan posisi dimana salah satu syarat kontrak tidak ada atau hal ini tidak jelas adalah kebiasaan umum dalam dunia perdagangan khusus penjual; untuk memasukkan klausul pengecualian dalam kontrak mereka untuk membatalkan kontrak atau batas tanggung jawab mereka untuk pelanggaran apakah dengan kiriman terlambat atau kiriman yang buruk atau kasus lain. Pengadilan telah memperkenalkan suatu rangkaian aturan untuk mencoba dan mencegah hal ini :

          Notice of the exclusion clause

Dokumen atau pemberitahuan yang berisi pengecualian harus muncul sebagai bagian dari kontrak.

 

          A Clause must be added setelah kontrak dibuat dalam Olley VS Malborough Court (1949), dua orang pasangan tiba di hotel dan membayar kamar mereka. Mereka pergi ke kamar yang disediakan pada mereka. Pada salah satu tembok ada pemberitahuan yang ditetapkan bahwa pemilik hotel tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang-barang atau kecurian kecuali diserahkan kepada manajer untuk diawasi.

 

          An exclusion clause tidak ada perlindungan terhadap penipuan atau keterangan yang salah.

Dalam kasus Curtis VS Chemical Cleaning Co. (1951) seorang asisten binatu mengatakan kepada pelanggan bahwa karcis yang diminta untuk ditandatangani diserahkan hanya pada jenis kerusakan tertentu ketika dalam kenyataan dikecualikan semua tanggung jawab telah menjadi pedoman bahwa perusahaan cleaning tidak dapat bergantung pada klausul karena asisten salah memberikan keterangan yang berdampak pada fakta-fakta/dokumen.

 

 

          Bila suatu klausul mengandung dua arti atau tidak jelas akan cenderung untuk diartikan bertentangan dengan orang yang menggambarkannya. Hal ini dianggap sebagai “Contra Proferentum Rule”.

 

Apabila klausul pengecualian adalah jelas dan tidak mengandung 2 arti seseorang yang menandatangani kontrak akan terikat dengannya sebagai Common Law (L'Estrange VS Lilaucob (1934).

          Setiap klausul exclusion tidak hanya dapat melindungi orang yang meletakkannya ke depan dan mampu tidak ada perlindungan kepada orang lain

 

6.              Unfair Contract Term Act 1977 (Bobot 20%)


Undang-undang ini dirancang untuk menjamin semua pihak yang diperlakukan dengan adil tapi ini tidak selalu terjadi dan akhirnya pemerintah memperkenalkan The Unfair Contract Terms Act 1977 (UCTA).


Undang-undang ini utamanya berhubungan dengan klausul pengecualian dan pengumuman peringatan menghindari tanggung jawab akibat kelalaian petugas. Sasaran undang-undang ini adalah :

          Mencegah atau membatasi penghindaran tanggung jawab untuk kelalaian petugas, khususnya dalam hal kehidupan manusia dan klausul pengecualian demikian akan menjadi tidak berlaku (void).

 

a.               Overlap with other legislation

The UCTA overlap dalam beberapa situasi dengan aturan terbaru lainnya. Contoh :


Dalam Buckpitt VS Oates (1968) penuntut telah terluka dalam mobilnya tertuduh sebagai akibat dari kelalaian pengemudi. Tertuduh tidak dalam bisnis dan ada suatu pemberitahuan yang dilekatkan pada panel yang ditempel pada mobil yang berdampak pada penumpang dalam mobil travel

pada risiko sendiri mereka.


b.         Situation Not Involving Negligence

Dimana ada yang terluka, kerugian atau kerusakan tanpa ada kelalaian, undang-undang tidak berlaku, contoh bila suatu kerugian disebabkan oleh bahaya alami, orang yang menempati bangunan tidak dihalangi oleh undang-undang dari peragaan pemberitahuan, peringatan tamu dari bahaya-bahaya tertentu yang harus ada dalam tanah dan bangunan. Mereka seperti : bahaya air atau terlepasnya batu. Sesungguhnya hal ini harus dianggap kelalaian bila mereka gagal untuk peragaan peringatan untuk tamu. Bila tamu mengabaikan peringatan ini dan terluka oleh bahaya-bahaya ini, hal ini tidak mungkin bahwa UU dapat diterapkan dalam situasi ini. Dalam kasus Chappell VS National Car Parks (1987), telah berjalan bahwa dimana sebuah kendaraan diparkir pada tanah NCP untuk membayar biaya tapi tidak ada pemisah, tanah terbuka dan tidak ada kunci pada kendaraan yang diserahkan, tidak ada tebusan pada kendaraan yang dialihkan dan NCP tidak bertanggung jawab untuk pencurian

 

 

13.2         Dalam kaitan dengan Product Liability Contractual, Jelaskan 7 (tujuh) kontrak yang terkait dengan liability tersebut. (mar 2008 no 12, mar 2010 no 13)

 

Jawaban : lihat diatas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 14 CLAIM SETLEMENT

 

14.1         Asuransi kecelakaan diri dapat merupakan kontrak indemnity dan non indemnity. Jelaskan. (Sept 2008 no 10, sept 2011 no 10)

 

Jawaban :

1.              Polis Non indemnity.

Disebut juga polis Benefit dimana didalam kontrak polis akan membayarkan sejumlah uang apabila terjadi kecelakaan dalam suatu kejadian. Hal ini sangatlah sulit untuk menghitung ganti rugi berapa jumlah yang harus dibayar kepada tertanggung sehubungan kecelakaan yang terjadi atas cacat tertanggung, karena nilai dari tubuh manusia tidak dapat ternilai.

 

2                Polis Indemnity

Didalam salah satu jaminan polis penggantian biaya medical benefit dimana ganti rugi yang dilakukan oleh penanggung sesuai dengan nilai yang tertera pada kwitansi dan tertanggung tidak boleh mendapatkan keuntungan / lebih besar atas perluasan jaminan ini.

 

14.2 Jelaskan: (Sept 2008 no 12, mar 2011 no 14)

     a.          5 (lima) faktor yang membatasi pembayaran ganti rugi (indemnity).

b.         modifikasi penerapan prinsip indemnily dalam asuransi personal.

 

            Jawaban :

     a.          5 (lima) faktor yang membatasi pembayaran ganti rugi (indemnity).

1                Sum insured

2                Excess

3                Francise

4                Valued and inventory policies

5                Agreed additional cost

 

b.         modifikasi penerapan prinsip indemnily dalam asuransi personal.

1.         Repair

2.         Pay to cash

3.         Replacement

4.         Reinstatement

 

14.2      Sebutkan 4(empat) hal yang termasuk dalam agreed additional cost (sept 2011 no 7)

 

Jawaban :

1.         Akomodasi ketika bangunan sedang diperbaiki.

2.         Puing-puing yang akan dipindahkan.

3.         Peraturan pemerintah setempat yang harus dipenuhi.

4.         Fee untuk arsitek dan surveyor bangunan di dalam hubungan untuk membangun kembali bangunan.

􀃎

14.3         Sebutkan 5 (lima) syarat berlakunya prinsip kontribusi dalam polis asuransi personal. (mar 2009 no 6, mar 2011 no 8)

 

 

 

 

Jawaban yang disarankan :

1.         2 atau lebih polis indemnity berlaku.

2.         Polis menjamin interest yang sama.

3.         Polis menjamin peril yang sama yang menyebabkan loss.

4.         Polis menjamin subject matter yang sama.

5.         Setiap polis harus liable terhadap loss. Dab berlaku pada saatyang bersamaan.

 

14.4 Dalam kaitan dengan penyelesaian klaim, uraikan 2 (dua) situasi berlakunya konstribusi

            yang berhubungan dengan klaim. (Sept 2007 no 7)

 

Jawaban :

2(dua) situasi berlakunya konstribusi yang berhubungan dengan klaim :

 

1.              At common law (hukum Adat)

Bila yang customer  mempunyai lebih dari satu penaggung mereka dapat membatasi klaim pada  satu dari mereka bila mereka menghendaki

 

2.              by contractual condition ( melalui kondisi berdasarkan perjanjian)

Kondisi berisikan dalam bagian besar polis menyebutkan bahwa penaggung bertanggung jawab pada proporsi kemampuan mereka dari kerugian

Masing-masing penanggung liable berdasarkan rateable proportionnya.

 Contractual Condition ada 2 cara penyelesaian :

1.         Berdasarkan proposional Sum Insured.

2.         Berdasarkan Independent Liability.

 

14.5         Dalam kaitan dengan Claim Settlement, jelaskan 4 (empat) pihak lain yang terlibat di dalamnya selain pihak tertanggung dan penanggung (Mar 2007 no 13)

Jawaban yang disarankan :

1.                                                             Reasuransi (Reinsurance) (Bobot 25%)

Para penanggung individu, tergantung pada jenis penutupan yang mereka butuhkan, boleh menggunakan berbagai jenis reasuransi yang sesuai untuk menyediakan dana dalam rangka membantu penyelesaian klaim. Dalam banyak hal kebutuhan akan reasuransi ditetapkan oleh tingkat retensinya penanggung. Tingkat retensi adalah batas keuangan yang penanggung tahan pembayaran klaim dari dana mereka sendiri.

Ketika penanggung berhubungan dengan satu klaim dimana suatu kerugian besar telah diderita, atau ada banyak klaim yang mengikuti suatu kerugian karena bencana, contoh banjir yang terjadi diwilayah tertentu atau semua jalan rumah runtuh akibat penyurutan.

 

a.          Bentuk dari Reasuransi

Reasuransi dapat ditempatkan atas :

          dasar fakultatif dimana risiko-risiko diasuransikan kembali atas dasar individu, atau

          dengan metode treaty dimana ada perjanjian untuk mereasuransikan semua risiko yang jatuh dalam syarat treaty.

 

Reasuransi terdiri dari proportional dan non proportional.

-                 Proportional

Reasuransi menerima suatu bagian tetap dari risiko-risiko yang penanggung telah terima sebelumnya.

 

 

Ada 2(dua) unsur :

          Quota share : dimana suatu saham tetap dari semua risiko-risiko yang direasuransikan

          Surplus : dimana hanya jumlah diatas retensi penanggung direasuransikan

 

-           Non Proportional

Berdasarkan Reasuransi Non Proportional, Reasuradur menerima kerugian-kerugian dari jumlah yang disetujui. Hal ini tunduk pada batas lebih tinggi. Dasar yang digunakan adalah :

 

          Excess of Loss :

ini dapat berdasarkan risiko individu atau atas dasar kejadian dimana kumpulan kerugian dari setiap satu peristiwa direasuransikan

 

          Stop Loss :

dimana kerugian-kerugian netto dari kumpulan penanggung langsung dalam satu tahun di reasuransikan, bila melebihi dari jumlah tertentu dan atau proporsi dari pendapatan premi

b           Property

Property dapat menyebabkan kerugian yang tersebar luas, oleh sebab itu setiap Reasuradur biasanya menyiapkan Excess of Loss treaty atas dasar occurance. Penanggung juga memerlukan proteksi terhadap kumpulan loss exposure selama tahun berjalan untuk mana reasuransi stop loss lebih sesuai.

Reasuransi surplus mungkin diperoleh bila retensi dilebihi ada sedikit akumulasi risiko (seperti beberapa orang melakukan perjalanan dalam satu pesawat).

 

c.          Personal Accident

Reasuransi proportional, biasanya surplus, dapat disiapkan untuk jumlah pertanggungan diatas retensi penanggung atau akumulasi yang tidak diketahui. Excess of loss cover akan dibutuhkan untuk akumulasi yang tidak diketahui.

 

d.              Liability

Kesulitan dengan cover liab, contoh berdasarkan household polis bahwa liability penanggung tidak dibatasi oleh TSI yang tetapi tapi oleh limit ganti rugi yang jumlahnya besar untuk setiap klaim.

Exces of loss R/I lebih sering digunakan dalam liab cover.

 

e.               Live Stock

Reasuransi yang diperlukan disini adalah :

          kerugian-kerugian besar untuk binatang-binatang berharga

          akumulasi untuk satu tertanggung akibat dari binatang yang di asuransikan Sedang dirumahkan atau diangkut bersama.

         akumulasi untuk beberapa tertanggung, dalam peristiwa wabah penyakit

 

 

 

f.               Individual Cases

           Quota share treaty lebih sesuai; atau
          Reasuransi facultatif dapat disiapkan

g.              Catastrophe Cover

Walaupun penanggung telah menyiapkan proportional atau Reasuransi Excess of Loss, penanggung mungkin mengalami kerugian besar yang tidak diduga akibat akumulasi kerugian lebih dari satu tertanggung timbul dari satu kejadian contoh : ada ratusan kerugian yang jatuh pada perusahaan asuransi. Akibat tersebarnya kerusakan karena angin topan dan banjir.

Proportional dan Excess of Loss cover harus disediakan untuk klaim-klaim individu dan yang melebihi retensi perusahaan.

 

2.         Claims and Underwriting Exchange (CUE) (Bobot 25%)

CUE adalah perubahan catatan klaim & underwriting. Hal ini berhubungan dengan household, travel & asuransi Motor dan memungkinkan anggota perusahaan asuransi memiliki kesempatan ke pusat data untuk memeriksa sejarah klaim secara individu, sebelum mereka menyetujui untuk membayar klaim.

 

Biasanya pemeriksaan ini disetujui pada tingkat pemberitahuan dan tertanggung dibuat sadar bila mereka mengajukan klaim maka pemeriksaan ini akan disetujui.

Setiap malam, anggota perusahaan menyampaikan data klaim mereka ke suatu pusat Bank data sehingga ada data terkini untuk semua penanggung yang mengambil bagian dalam pertukaran.

Semua anggota membayar sejumlah fee untuk menggunakan fasilitas ini yang dapat juga digunakan pada tingkat daftar harga.

4.              Art Loss Register (ALR) (Bobot 25%)

Dimana seorang tertanggung menganggap barang akan bernilai tinggi,. Barang tersebut biasanya akan diperinci dalam polis dan keterangan dengan rincian barang tersebut akan diperlukan oleh underwriters. Untuk barang yang tidak dirinci, penanggung biasanya akan mendukung tertanggung Mereka untuk menyimpan keterangan yang baik dan foto-foto barang berharga mereka, rincian demikain akan memperbesar peluang recovery dan membantu dalam penyelesaian klaim yang wajar.

 

5.              ABI Crime and Frand Prevention Bureau (Bobot 25%)

ABI disusun tahun 1995 sasaran utama adalah untuk memperbaiki komunikasi antara :

-            Asuransi jiwa dan umum

-            Kekuatan-kekuatan polis individu

-            Agen-agen lainnya

Semua yang terlibat dalam pertempuran kecurangan untuk membantu mengangkat kesadaran penipuan biro dijalankan dengan berbagai kursus pelatihan.

 

14.6      Dalam kaiatan dengan penyelesaian klaim asuransi personal, selain tertanggung dan penanggung, jelaskan 4 (empat) pihak lain yang terlibat didalamnya. (mar 2008 no 13)

 

Jawaban : lihat diatas

 

 

14.7         Uraikan: (mar 2009 no 11¸ okt 2010 no 11)

a.              5 (lima) faktor yang membatasi ganti rugi (indemnity)

 

b.              6 (enam) keuntungan dan 2 (dua) kerugian menggunakan arbitrase dalam penyelesaian perselisihan

 

Jawaban yang disarankan :

a.              5(lima) faktor yang membatasi ganti rugi (indemnity)

2.              Sum insured

2                             Excess

3.              Francise

4.              Valued and inventory policies

5.              Agreed additional cost

 

b          6(enam) keuntungan dan 2 (dua) kerugian menggunakan arbitrase dalam penyelesaian perselisihan

1                Lebih privacy

2                Kurang formal dan waktu lebih cepat

3                Biaya lebih murah

4                Penanggung menghindari biaya legal yang mahal

5                Abritaor ahli dalam insurance law

6                Keputusan adalah final

 

                        2(dua) kerugian menggunakan arbitrase

1.              non-binding nature : keputusan seringkali dianggap tidak mengikat

2.              non enforceable : kadangkala keputusan sulit dieksekusi

3.              non universal application : keputusan Arbitrase bersifat spesifik, case by case sehingga tidak dapat dijadikan jurisprudensi

4.              incomplete disclosure : ada kemungkinan masih ada fakta/keterangan yang disembunyikan – bandingkan dengan kesaksian di Pengadilan yang di bawah sumpah dan dapat dikenai tuntutan kesaksian palsu

 

14.8      Uraikan 5(lima) hal bila Para pihak dapat mengambil tindakan ke pengadilan

 

Jawaban :

1.         Arbitrator melakukan tindakan yang merugikan.

2.         Arbitrator bertindak melebihi jurisdiksinya.

3.         Bukti pendukung diperoleh setelah keputusan arbitrase

4.         Keputusan diambil secara tidak benar

5.         Terdapat kesalahan penafsiran .

6.         Terdapat ketidakpastian dalam keputusannya.i tindakan legal yang mahalterhadap tertanggung, ketika berhasil, mereka dapat ganti rugi biaya-biaya tersebut.

7.         Gagal memenuhi semua ciri-ciri yang diperlukan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 15  MARKET PLACE

 

15.1         Dalam kaitan dengan saluran distribusi asuransi personal, jelaskan : (mar 2008 no 14)

a.         2 (dua) saluran pemasaran tidak langsung

b.         3 (tiga) altematif saluran distribusi

c.          3 (tiga) saluran pemasaran langsung

 

Jawaban :

     a.         2 (dua) saluran pemasaran tidak langsung

                 1.         AGENTS

Ini adalah perantara yang bisnis utamanya bukan transaksi asuransi dan termasuk agen estate, travel dan profesi lainnya yang tertanggung mungkin mempunyai keutuhan untuk asuransi jenis tertentu

Contoh : dokter hewan boleh bertindak sebagai agen untuk asuransi binatang kesayangan.

Agen boleh terikat pada suatu perusahaan tertentu. Sesuai ABI code practice company. Agen boleh mewakili sampai dengan maksimal 6 perusahaan. Bila transaksi asuransi jiwa, agen boleh Menunjukkan perwakilan sesuai UU the Provision of the Dinancial Services Act 1988

 

3.              BROKER / CONSULTANT

Ada perbedaan legal antara kedua jenis perantara ini, namun mereka dapat dianggap bersama dalam syarat – syarat marketing mereka chanels, Keduanya berfungsi sebagai ahli full time dalam asuransi dan dapat menawarkan berbagai macam produk asuransi personal dengan sutau range dari perusahaan. Banyak broker – broker besar adalah anak perusahaan bank

 

Pada jenis bisnis  ini dengan jelas tidak menguntungkan untuk mereka karena secara relatif premi lebih rendah dan akibatnya komisi juga rendah, Banyak broker – broker besar dan konsultan hanya akan bertransaksi produk asuransi personel  untuk tertanggung yang lebih besar yang bertransaksi jenis lain dari akun besar dengan mereka

 

b.         3 (tiga) altematif saluran distribusi

           

1.              Building Societes

Secara tradisional building socites menyediakan penggadaian dan keterlibatan mereka dengan asuransi adalah terbatas untuk mortgage terkait dengan produk asuransi jiwa, Household asuransi berguna dan mortgage bisnis jaminan,. Perubahan dalam pasar layanan keuangan dan perundang-undangan khususnya the finansial service act 1986 dan building sociates act 1988 telah diperkenankan kesempatan baru untuk sektor layanan keuangan

Contoh : membolehkan mereka untuk masuk kepasar perantara asuransi

 

2.              Banks

Berhubung deregulasi sesuai UU tahun 1986 disebutkan diatas banyak building socites menjadi bank, menjadi perusahaan publik terbatas dengan saham sedang dipertukarkan pada pasar saham.

 

 

 

 

Bank saat ini amat kuat dalam marketplace asuransi personal. Mereka punya keuntungan dari customer base yang besar dan jaringan ditribusi luas untuk mengembangkan customer baru.

 

Beberapa bank mempunyai broker asuransi terdaftar sendiri dan mengatur premi sedang sampai besar keuntungan bisnis melalui perkenalan dari cabang bank atau dari periklanan.

 

3.              Third Party Arrangement

Penanggung akan menugaskan kepada pihak ketiga (perantara) hak untuk menerbitkan polis, menangani perpanjangan dan beberapa kasus, untuk membayar klaim sampai jumlah tertentu.

Perantara menyimpan data dan perhitungan informasi akan diserahkan kepada penanggung sesuai dengan perjanjian kontrak.

Rate komisi yang lebih tinggi dibayar kepada perantara dalam pengakuan dari kenaikan biaya administrasi mereka, Yakni VAT saving untuk penanggung sesuai skema otoritas penugasan.

Perantara menjaga data-data polis dan ciri khas penting dari skema tersebut adalah melaksanakan pemeriksaan secara teratur oleh penanggung untuk menjamin skema berjalan dengan effisien.

 

c.          3 (tiga) saluran pemasaran langsung

            1.         EXISTING CUSTOMER

Tujuannya adalah memungkikan penjualan silang dari produk, dari menyakinkan customer untuk membeli tambahan jenis cover asuransi. Penaggung biasanya melalui analisa dari database customer mereka telah dikenal segmen customer serta untuk sasaran yakni yang lebih berkepentingan dalam pembelian produk yang ditawarkan, contoh : penawaran permanaent health cover untuk seseorang diatas 75 tahun atau penawaran bangunan untuk tempat tinggal seseorang dalam dewan penginapan adalah nilai yang kecil

 

1                POTENTIAL NEW CUSTOMER

Informasi mengenai customer ini dapat dibeli dari berbagai sumber, termasuk data registrasi pemilih otoritas setempat. Lagi dalam hal menurunkan biaya pemasaran yang dapat amat penting. Dimana mungkin akan ada latihan pendahuluan untuk melaksdanakan identifikasi hadirin yang dituju sebelum pengiriman alat-alat pemasaran.

Menurut pilihan kampanye televisi atau radio dapat diminta customer untuk menyembunyikan nomor telephone, untuk memperoleh lebih terinci tanpa memandang saluran komunikasi yang digunakan, masing-masing kampanye akan dimonitor untuk identifikasi tingkat kesuksesan dansetiap pelajaran yang dapat digunakan untuk kampanye yang akan datang

 

2                HOME SERVICE AGENTS

Perwakilan layanan home or customer adalah pada mulainya terlibat dalam penjualan produk industrial life, namunbjenis asuransi ini telah ditolak, banyak home service agents bole juga menawarkan nasehat dari menjual produk asuransi personal ketika mereka mengunjungi customer dirumah mereka sendiri. Untuk menjamin pengabulan dengan financial services act 1986. Polis-polis yang lebih kompleks adalah tanggung jawab dari konsultant keuangan

 

 

15.2      Dalam kaitan dengan market place, distribution channels merupakan komponen penting bagi perusahaan asuransi. Jelaskan channel of distrution yang dipergunakan dalam perusahaan asuransi. (Mar 2006 no 11)

 

Jawaban yang disarankan :

Direct, where employees of the insurer sell the insurance product; and Indirect, where intermediaries not employed by the insurer arrange cover on the insurer’s behalf.

1.         Direct Marketing Channels

Contoh : Direct mail, the internet, press advertising, televison, radio & telesales

a.          Existing Customers

The intention is to enable cross selling of products by persuading customers to purchase further types of insurance cover.

b.         Potential New Customer

Information on such customers can be purchased from various sources. Including the local authorities electroral registration records.

c.          Home Services Agents

Home or customer service representative are primarily involved in the sale of industrial life product.

 

1.              Indirect Marketing Channels

a.          Agen

b.         Broker / Consultants

 

15.3         Dalam memasarkan produk-produk asuransi personal perusahaan asuransi dapat menggunakan 2 (dua) cara yaitu direct dan indirect. Jelaskan 3 (tiga) jenis distribution channel dari masing-masing cara tersebut. (mar 2009 no 13)

 

Jawaban yang disarankan :

2 (dua) cara yaitu direct dan indirect.

1                Direct marketing channel

a.                              Direct marketing

b.                              Company sales  staff

c.                              Home service agent

 

2.              Indirect marketing channel

a.                                                  Consultan

b.                                                  Brokers

c.                                                  Agenst

 

15.4         Dalam kaitan dengan pemasaran produk asuransi personal, Jelaskan 3(tiga) jenis distribution channel secara direct dan indirect (okt 2010 no 13)

 

            Jawaban : lihat diatas

 

15.5          Dalam kaitan dengan distribution channels, sebutkan 5 (lima) pihak yang termasuk dalam alternatif saluran distribusi. (Sept 2007 no 8)

 

 

 

 

 

Jawaban ;

5 (lima) pihak yang termasuk dalam alternatil saluran distribusi

1.              Building sociates  (perusahaan yang memberikan pinjaman uang) secara tradisi, building sociates memberikan jaminan dan  keterlibatan mereka dengan  asuransi dibagi untuk jaminan terkait produk asuransi jiwa

2.         Banks

3.         Third party arrangement

4.         Retailers

5.         Travel Operators and Agents

 

15.6         Uraikan dengan contoh apa yang dimaksud dengan direct marketing channel (okt 2010 no 5)

 

Jawaban : lihat diatas

 

15.7        Sebutan 6 (enan) Insurance Product & Services yang ditutup dalam "Private Customer Care”. (Sept 2006 no 6)

 

Jawaban :

1               Motor

2               Home insurance building & contens

3               Caravan, pets and other property

4               Travel

5               Private medical and dental

6               Personel Accident

7               Extended warranty and breakdown

8               Legal expenses

9               Payment protection insurance for mortgage and other loans

 

15.8          Dalam kaitan dengan Teknologi lnformasi, uraikan (tiga) manfaat sistem jaringan (networking System ).(mar 2008 no 1)

 

Jawaban yang disarankan :

1.              memperbesar / menambah saluran komunikasi

2.              penyampaian yang lebih effektif dari strategi perolehan informasi

3.              keberhasilan dari standar yang lebih baik

 

 

Related Posts

SOAL - JAWABAN ASURANSI PERSONAL (Personal Insurance) March 2006 – Sept 2011 PERSIAPAN UJIAN AAMAI – AAAIK Disusun Oleh : Ir. Sudarno Hardjo Saparto AAIK, QIP, Ahli K3
4/ 5
Oleh