Tuesday 20 February 2018

langkah-langkah yang diambil oleh loss adjuster - final report loss adjuster

Penanggung sering menggunakan jasa loss adjuster dalam menangani suatu klaim asuransi harta benda, terutama untuk klaim-klaim besar. Terkait dengan itu:
langkah-langkah yang diambil oleh loss adjuster setelah menerima instruksi dari penanggung untuk menangani suatu klaim
1.       Call the premises: menghubungi tertanggung atau wakilnya
2.       Survey the damage: melakukan survey
3.       Investigating the cause: meng-investigasi penyebab terjadinya kerugian
4.       Policy liability: mengecek apakah harta benda yang mengalami kerugian dijamin polis, apakah terms, conditions, warranties dipenuhi
5.       Salvage: memastikan apakah salvage dapat dilindungi, dijual.
6.       Recovery Claim: apakah terdapat hak recovery kepada pihak ketiga
7.       Preliminary report
8.       Interim payment report
9.       Final report

informasi detil yang harus dicantumkan dalam final report loss adjuster ( Final Report)
1.       Gambaran mengenai premises (Description of premises)
a.         konstruksi bangunan
b.         identifikasi bangunan yang mengalami kerusakan
c.         foto kerusakan

2.       Gambaran mengenai bisnis (Description of business)
a.       jenis bisnis tertanggung
b.       penggunaan bangunan yang mengalami kerusakan

3.       Kronologis kejadian (Discovery)
a.       tanggal dan waktu kejadian
b.       pihak yang terlibat

4.       Penyebab kerusakan/kerugian (Cause)
a.       hubungan dengan konstruksi dan proses produksi
b.       asal mula kejadian dan material pertama yang terbakar
c.       jika penyebab tidak diketahui, dilakukan investigasi dan pertimbangan mengenai penyebabnya

5.       Penyebaran api (Spread and stop) Bagaimana api menyebar dan faktor-faktor yang membantu dan membatasi penyebaran, seperti :
a.       cuaca,
b.       air untuk pemadaman
c.       konstruksi
d.       content
e.       housekeeping
f.       lainnya : ventilasi atap, penggunaan plastic

6.       Usaha pemadaman (Extinguishment)
a.       waktu dan cara pemanggilan pemadam
b.       waktu tibanya pemadam
c.       tindakan yang dilakukan karyawan
d.       pembatasan kerusakan oleh pemadam
e.       efektifitas sprinkler dan alat pemadam lain

7.       Sifat dan tingkat kerusakan (Nature and extent of damage) Kerusakan/kerugian atas bangunan, stok dan mesin



8.       Tindakan pencegahan yang dilakukan (Initial Measures) Penghancuran, pembuangan puing, tindakan perlindungan, penanganan salvage

9.       Warranty (Warranties) Detil mengenai pelanggaran warranty

10.     Aspek pihak ketiga, dan kemungkinan recovery (Third party recovery aspect) Investigasi dan menemukan bukti kemungkinan recovery dari pihak ketiga.

11.        Cadangan klaim untuk penanggung (Reserve for insurers)

12      Penunjukan penilai oleh tertanggung (Appointment of assessors by the insured)

13.     Perhitungan klaim (Claim and adjustment)
a.       detail klaim yang diajukan
b.       detail adjustment
c.       biaya-biaya yang dipindahkan kepada klaim Business Interuption
d.       referensi klausul, misal average, stock declaration dsb
e.       detail biaya pemadaman
f.       rekomendasi pembayaran

14.     Good in transit,

15.     Kecukupan harga pertanggungan (Adequacy of sums insured) Penerapan average atau reinstatement

16.     Salvage

17.     Asuransi lain dan penerapan kontribusi (Contribution)

18.     Revisi cadangan klaim (Outstanding reserve) Revisi terhadap cadangan klaim karena ada pembayaran uang muka klaim (bila ada)




Related Posts

langkah-langkah yang diambil oleh loss adjuster - final report loss adjuster
4/ 5
Oleh