Thursday 22 November 2018

Soal - jawaban ujian CIIB pialang asuransi - reasuransi (MANAJEMEN KREATIF) - Ir. Sudarno Hardjo Saparto AAIK,ICPU,ICBU,QIP,AMRP,CIIB,AK3

MANAJEMEN KREATIF 7.1 Uraikan apa yang dimaksud dengan berpikir kreatif Jawaban : “berpikir kreatif adalah berpikir yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertian baru, perencanaan baru, dan seni baru (Coleman dan Hamman) “Berpikir kreatif dinamakan berpikir divergen atau lateral yaitu menghubungkan ide atau hal-hal yang sebelumnya tidak berhubungan” (Rawlinston) 7.2 Jelaskan tahapan berpikir kreatif Jawaban : 1. Tahap Persiapan Pada tahap ini ide datang dan timbul dari berbagai kemungkinan. Namun biasanya ide itu berlangsung dengan hadirnya suatu keterampilan, keahlian, atau ilmu pengetahuan tertentu sebagai latar belakang atau sumber dari mana ide itu lahir 2. Tahap Inkubasi Dalam pengembangan kreativitas, pada tahap ini diharapkan hadirnya suatu pemahaman serta kematangan terhadap ide yang timbul. Berbagai teknik dalam menyegarkan dan meningkatkan kesadaran itu, seperti meditasi, latihan peningkatan kreativitas, dapat dilangsungkan untuk memudahkan “perembetan”, perluasan, dan pendalaman ide. Menghentikan proses pemecahan masalah dalam beberapa waktu untuk menyusun kembali pemikiran-pemikiran kita terhadap masalah yang kita hadapi. Melupakan sebuah masalah yang berat dalam sementara waktu dapat membantu kita untuk menemukan ide-ide baru yang lebih sesuai untuk menyelesaikan suatu masalah. 3. Tahap Iluminasi Pada tahap ini terjadi komunikasi terhadap hasilnya dengan orang yang signifikan bagi penemu, sehingga hasil yang telah dicapai dapat lebih disempurnakan lagi 4. Tahap Evaluasi Setelah sebuah ide ditemukan, maka ide tersebut harus diuji. Tahap ini merupakan tahap untuk menguji sebuah produk hasil proses kreatif untuk membuktikan legimitasinya. Tahap evaluasi umumnya lebih singkat dari pada tahap-tahap sebelumnya, karena tahap ini hanya menguji dan meninjau kembali hasil perhitungan seseorang dan juga untuk melihat apakah penemuannya itu berhasil atau tidak. 5. Tahap Revisi Perbaikan dari perwujudan hasil tanggung jawab terhadap hasil menjadi tahap akhir dari proses ini. Dimensi dari perwujudan karya kreatif dari proses ini. Dimensi dari perwujudan karya kreatif untuk diteruskan kepada masyarakat yang lebih luas setelah perbaikan dan penyempurnaan terhadap karyanya itu berlangsung. 7.3 Uraikan 3 (tiga) tipe kreativitas’ Jawaban : 1. Menciptakan Menciptakan adalah proses, berupa untuk mencari sesuatu dari tidak ada menjadi ada 2. Memodifikasi Dalam memodifikasi sesuatu, berupa untuk mencari cara-cara membentuk fungsi-fungsi baru atau menjadikan sesuatu menjadi berbeda penggunaannya oleh orang lain 3. Mengkombinasikan Mengkombinasikan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berhubungan contohnya seperti pesawat telepon yang diciptakan karena hasil sintesis atau kombinasi 7.4 Sebutkan hambatan berpikir kreatif Jawaban : 1. Kebiasaan 2. Terbatasnya waktu dan energi 3. Takut Gagal 4. Kritik atau saran dari orang lain 5. Tidak fokus / konsentrasi 6. Tidak berpendirian / cepat berubah-ubah 7. Puas Diri 8. Tidak mampu mengenali masalah 7.5 Uraikan Inovasi Vs Kreativitas Jawaban : 1. Inovasi dan Kreativitas berada dalam wilayah domain yang sama tetapi memiliki batasan yang tegas 2. Kreativitas merupakan langkah pertama menuju inovasi yang terdiri atas berbagai tahap 3. Kreativitas berkaitan dengan produksi kebaruan dan ide-ide yang bermanfaat 4. Inovasi berkaitan dengan produksi / adopsi ide-ide bermanfaat dan Implementasinya 7.6 Uraian yang dimaksud dengan Decision Making Process FCB (Foote, Cone and belding) grid Jawaban : Kuadran I, Keterlibatan Tinggi berfikir (informative) Pada kuadran ini konsumen diharuskan untuk berfikir, mencari data-data dari suatu produk yang akan di belinya, dan data yang di cari tersebut biasanya berupa harga, spesifikasi produk, hingga kualitasnya. dimana data-data tersebut dapat di perolehnya mulai dari mendatangi toko/kantor pemasaran suatu produk, meminta/mencari brosur, sampai searching di internet. Kuadran II, Keterlibatan Tinggi feeling (afektif) Pada kuadran dua ini konsumen melakukan pembelian suatu produk berdasarkan perasaan atau feelingnya terhadap suatu produk. Biasanya konsumen melakukan pembelian produk karena dia menyukainya, tak heran jika kita sering mendengar orang membeli suatu barang dengan harga yang tinggi dengan alasan orang itu menyukainya, padahal barang tersebut belum tentu kebutuhan yang mendesak. Kuadran III, keterlibatan rendah/berfikir (Pelaku) Konsumen disini tidak banyak berfikir dalam melakukan pembeliaan untuk suatu produk, hal ini bisa terjadi karena tidak adanya pesaing dalam produk tersebut, dan konsumen hanya melihat dari fungsinya saja. contohnya jka konsumen ingin membeli gula pasir, konsumen hanya menerima apa saja gula yang diberikan oleh penjual entah warna gula itu putih atau kuning kecoklatan, konsumen akan tetap menerima. Kuadran IV, keterlibatan rendah/feeling (self-kepuasan) Pada kuadran ini konsumen membeli suatu barang yang menjadi seleranya, dan biasanya konsumen tidak akan mau di berikan barang lain yang bukan dari seleranya. 7.7 uraikan apa yang dimaksud dengan Reputasi Jawaban : suatu nilai yang diberikan kepada individu, institusi atau negara. Reputasi tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat karena harus dibangun bertahun-tahun untuk menghasilkan sesuatu yang bisa dinilai oleh publik. Reputasi juga baru bertahan dan sustainable apabila konsistennya perkataan dan perbuatan 7.8 Uraikan 4(empat) Sisi Reputasi Jawaban : 1. Kredibilitas (Credibility) Merupakan citra yang ditujukan kepada investor di mana credibility ini mempunyai 3 karakteristik yaitu, memperlihatkan profitabilitas, dapat mempertahankan stabilitas dan adanya prospek pertumbuhan yang baik. 2. Terpercaya (Trustworthiness) Citra ini di mata karyawan, di mana organisasi mendapat kepercayaan dari karyawan (karyawan percaya pada organisasi), organisasi dapat memberdayakan karyawan dengan optimal dan organisasi dapat menimbulkan rasa memiliki dan kebanggaan bagi karyawan. 3. Keterandalan (Reliability) Citra ini dibangun untuk konsumen, melalui selalu menjaga mutu produk atau jasa, menjamin terlaksananya pelayanan prima yang diterima konsumen. 4. Tanggungjawab sosial (Social Responsibility) Citra untuk masyarakat sekitar, seberapa banyak atau berarti organisasi membantu pengembangan masyarakat sekitar, seberapa peduli organisasi terhadap masyarakat dan jadilah perusahaan yang ramah lingkungan. 7.9 Bagaimana cara meningkatkan reputasi perusahaan dalam menghadapi digital transformasi Jawaban : Indikator Penilaian Tingkat Reputasi 1. Daya saing perusahaan dalam menjual produknya dengan harga premium pada kurun waktu yang tidak sebentar. 2. Kesanggupan perusahaan dalam merekrut & mempertahankan staf kunci yang berkualitas. 3. Konsistensi perusahaan dalam mendapatkan dukungan words of mouth berupa rekomendasi positif dari publik. 4. Keberpihakan publik ketika terjadi masalah.

Related Posts

Soal - jawaban ujian CIIB pialang asuransi - reasuransi (MANAJEMEN KREATIF) - Ir. Sudarno Hardjo Saparto AAIK,ICPU,ICBU,QIP,AMRP,CIIB,AK3
4/ 5
Oleh