Wednesday, 22 June 2016

Insurance CLAIM RESERVING (CADANGAN KLAIM ASURANSI)

Persyaratan kunci perusahaan asuransi dan reasuransi adalah memastikan membuat penentuan biaya klaim yang timbul dalam polis dan proses cadangan yang claim .

8(delapan)  faktor Ketidakpastian mempengaruhi  dalam membuat tingkat cadangan klaim
1.                  Perubahan UU yang berdampak pada klaim yang ada
2.                  Pola pembayaran klaim ke depan berbeda dengan pengalaman historis .
3.                  Klaim jenis baru seperti klaim tekanan darah tinggi dan penyakit , risiko yang muncul tahun yang lalu .
4.                  Kasus eksposure laten seperti abestos .
5.                  Hasil pengadilan atas klaim yang ada
6.                  Kegagalan dalam recovery reasuransi
7.                  Ketidakantisipasian perubahan inflasi  klaim

Incurred but not reported ( IBNR) and perannya didalam akutansi perusahaan asuransi
-                      Konsep dasar akuntansi atas akun dihasilkan mengikuti konsep accrual yang berarti diakui ketika terjadi .
-                      IFRS mengakui kerangka kerja dan standard akuntansi lain yang mengakui persyaratan .
-                      Akibatnya , ketika mempertimbangkan klaim yang seharusnya dihitung pada periode akuntansi yang mempersyaratkan semua estimasi yang timbul dari kecelakaan pada tahun apakah klaim telah dilaporkan atau tidak
-                      Perhitungan IBNR berdasarkan Ekstrapolasi dari pola klaim yang dilaporkan tahun sebelumnya dan sampai tanggal Neraca .
-                      Pola tahun sebelumnya digunakan mengestimasi jumlah klaim  diharapkan yang diharapkan setelah tanggal Neraca sebelum tanggal kecelakaan .
-                      IBNER ( Incurred but not enough reported )
Cadangan Unearned premium yang diujikan dengan membuat paling tidak menutupi            biaya klaim yang diharapkan


 perbedaan IBNR dengan IBNER

IBNR : incurred but not reported
Pada berakhirnya setiap periode asuransi tidak semua klaim yang telah terjadi selama periode asuransi telah dilaporkan kepada penanggung. Bahkan, dalam contoh kita, jumlah klaim tidak stabil hingga 48 bulan setelah dimulainya risiko.
Pelaporan klaim jarang seketika. Pemberitahuan terlambat terjadi karena berbagai alasan seperti:
1)                  Insiden itu diperkirakan terjadi lebih satu bulan dan beberapa bulan kemudian diajukan  sehingga klaim menjadi jauh lebih mahal
2)                  sejauh mana kerugian yang diderita tidak terlihat pada saat insiden;
3)                  ada prosedur pelaporan panjang dan rumit di tempat yang menyebabkan keterlambatan dalam klaim mencapai penanggung.

Untuk risiko liability tidak jarang untuk klaim harus dilaporkan beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah berakhirnya jangka waktu underwriting. Pertimbangkan kasus penyakit laten yang mungkin berhenti atau yang belum ditemukan selama bertahun-tahun sebelum didiagnosis atau ditemukan (asbestosis misalnya).

Ketika mengalami sebuah klaim underwriter   akan menggunakan `IBNR istilah '(artinya`Terjadi namun belum dilaporkan ') untuk menggambarkan kejadian yang telah terjadi tetapi di mana klaim tersebut belum dilaporkan kepada penanggung.

IBNR menyebabkan masalah yang signifikan untuk underwriter  ketika mereka mengalami risiko klaim untuk individu atau portofolio. Mereka akan tahu bahwa setiap klaim IBNR akan menampakkan diri pada suatu waktu di masa depan dan harus membuat ketentuan bagi mereka ketika memproyeksikan pengalaman klaim untuk kerugian akhir sebagai dasar untuk memperkirakan klaim di masa depan.
           
 IBNER (incurred but not enough reserved)
IBNER istilah berarti `yang terjadi namun tidak cukup reserved. Hal ini terkait dengan klaim yang telah dilaporkan kepada perusahaan asuransi dan, meskipun perusahaan asuransi telah membuka cadangan dalam pembukuannya, nilai cadangan terbukti tidak memadai dalam kaitannya dengan penyelesaian akhir klaim.

 metode pencadangan klaim.
1.         Catagorising claims and collecting the claims statistics
            Penentuan jumlah klaim yang tepat dengan membuat klaim permintaan informasi yang berguna analisa .  Informasi klaim pada umumnya kecelakaan tahunan dan dengan alasan premi yang diterima pada akhir hari periode akuntansi dan tujuan dengan keuntungan yang membutuhkan kesesuaian dengan klaim kecelakaan  yang timbul pada hari yang sama
Informasi yang pada umumnya dikelompokkan berdasarkan Class Of Business ( Motor, property,Liability etc ) dan setiap  statistik klaim atas kelas dikelompokkan dalam katagori tergantung bagaimana pengembangan klaim setiap kelas .

Penetapan katagori tersebut berdasarkan :
-           Length of tail ( Pada saat dari tanggal kejadian sampai pemberitahuan dan pembayaran ) .
-           Pola klaim yang diharapkan
-           Harapan surplus atau defisit pada klaim yang sedang berjalan
-           Nilai klaim rata – rata

Rule of thumb “ Liability claims are separated from property damage claims and large claims are extracted from statistics and assesed separately “ .
Pengembangan katagori klaim untuk setiap kelas bisnis mengikuti statistik yang dikelompokkan atas kecelakaan tahunan :
-           Jumlah klaim yang dilaporkan
-           Jumlah yang tidak terjadi klaim
-           Jumlah nilai klaim yang dibayarkan
-           Jumlah nilai estimasi klaim masih outstanding pada akhir periode .

Claim development triangles :


Incident year







1
2
3
4
5
6
2xx3
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx
2xx4
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx

2xx5
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx


2xx6
Xxx
Xxx
Xxx



2xx7
Xxx
xxx




2xx8
Xxx






2.         Range of methodologies
a.         Proyeksi klaim dibayar
            Metode sederhana mengektrapolasi pembayaran klaim dan tidak menggunakan informasi lain yang tersedia seperti biaya klaim yang terjadi .Pembayaran telah mengacu inflasi yang memiliki asumsi bahwa pengalamam klaim inflasi yang lalu akan menjadi pengalaman yad .   

b.         Proyeksi klaim yang terjadi
            Metode ini menggunakan lebih informasi, harapan metode ini akan menghasilkan lebih akurat jumlah klaim dibandingkan klaim yang dibayarkan pada proyek .
c.         Metode rasio kerugian
            Metode yang digunakan untuk dimiliki sendiri tapi dapat digunakan tahun kecelakaan terkini dimana nilai yang dibayarkan atau klaim yang terjadi rendah sehubungan dengan jumlah klaim yang diharapkan .
d.         Bornhuetter Ferguson
Kombinasi straightforward dari metode rasio kerugian dengan salah satu mengembangkan pembayaran kerugian atau kerugian yang terjadi.
Pada tahun pertama dan kedua diperkirakan klaim 5 % dan 15 % . Kemudian pengembangan tahun pertama , 5 % dari proyeksi yang akan menjadi dasar metode pengembangan pembayaran dan 95 % proyeksi rasio kerugian . Pada proporsi tahun kedua digunakan perubahan menjadi  15 % dan 85 %

3.         Menentukan jumlah yang disisihkan untuk klaim
-                     Board harus memutuskan apa yang dipresentasikan secara wajar pada laporan keuangan dan mulai dari sini opini signifikan estimasi akuntasi seperti jumlah klaim yang dikesampingkan .
-                     Board pada umumnya akan memutuskan kebijakan cadangan klaim dimana termasuk keputusan mengesampingkan jumlah klaim seperti tidak ada antisipasi yang run – off
-                     Klaim run – off , Akurasi jumlah yang dikesampingkan seperti keputusan klaim run – off .
-                     Run – off pada tahun ini : biaya yang terjadi selama setahun atas jumlah klaim yang dikesampingkan pada saat awal tahun .

Related Posts

Insurance CLAIM RESERVING (CADANGAN KLAIM ASURANSI)
4/ 5
Oleh