Monday 19 November 2018

SOAL - JAWABAN UJIAN CIIB PIALANG ASURANSI / REASURANSI - MANAGEMENT STRATEGY

MANAGEMENT STRATEGY 10.1 Sebutkan komponen Perusahaan berkaitan dengan Macro Environment Jawaban : a. Lingkaran luar 1. Keadaan ekonomi secara umum 2. undang-undang dan peraturan 3. demografi populasi 4. usaha sosial dan gaya hidup 5. Teknologi b. Lingkaran dalam (perusahaan) 1. Pembeli 2. Pemasok 3. Produk pengganti 4. Pendatang baru 5. perusahaan saingan 10.2 Sebelum merumuskan strategi perusahaan, manajemen terlebih dahulu melakukan analisis lingkungan, berkaitan dengan analisis lingkungan ekternal, uraikan 6 faktor lingkungan makro (lingkungan umum) yang terkenal sebagai analis PESTEL Jawaban : PESTLE Analysis menyediakan kerangka yang dapat digunakan untuk menginvestigasi lingkungan eksternal dengan menggunakan pertanyaan pada setiap faktor – faktor tersebut dan mendiskusikan yang mungkin memiliki keterlibatan. Berikut adalah tipe – tipe pertanyaan yang mungkin digunakan: • Apa saja faktor – faktor dari kunci politik? • Apa saja faktor- faktor ekonomi yang penting? • Apa saja aspek kebudayaan yang penting? • Apa inovasi teknologi yang mungkin tercipta? • Apakah mungkin undang – undang yang saat ini dan yang akan datang mempengaruhi industri? • Apa saja pertimbangan lingkungan yang dilakukan? 10.3 Sebutkan 5(lima) Kekuatan Strategy Korporasi Jawaban : 1. Industri berebut kedudukan diantara pesaing yang ada 2. Ancaman pendatang baru 3. Kekuatan tawar menawar pelanggan 4. Ancaman dari produk atau jasa pengganti 5. Kekuatan tawar penawaran pemasok 10.4 Uraikan definisi Strategy Jawaban : - Cara yang harus dilakukan agar lebih unggul dari pesaing - Rencana komprehensif untuk mencapai tujuan organisasi - seni dan ilmu merumuskan, menerapkan dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang memungkinkan dan organisasi untuk mencapai tujuannya 10.5 Uraikan strategi dan taktik Jawaban : Strategi Menentukan apa yang harus dikerjakan Strategi yang baik adalah mampu memenangkan persaingan tanpa harus berkonfrontasi dan melakukan perngorbanan yang terlalu besar atau mengeluarkan cost yang besar Taktik: Menentukan bagaimana kita mengerjakan sesuatu Menentukan bagaimana kita mengerjakan sesuatu agar memenangkan persaingan (bagaimana kita mengimpleementasikan strategi yang sudah dirumuskan) 10.6 Uraikan apa yang dimaksud dengan visi, misi, dan goal Jawaban : VISI : Sesuatu yang harus dikejar untuk mencapai misi Misi : Sesuatu Yang Harus Dicapai Tujuan : Hasil Akhir yang harus dicapai melalui eksistensi dan operasinya. 10.7 Uraikan 3 strategi bersaing generik yang diperkenalkan Michel porter dengan memberikan contoh, khususnya contoh pada industri asuransi Jawaban : 1. Strategi biaya rendah (cost leadership) Menekankan pada upaya memproduksi produk standar (sama dalam segala aspek) dengan biaya per unit yang sangat rendah. Produk ini (barang atau jasa) biasanya ditujukan kepada konsumen yang relatif mudah terpengaruh oleh pergeran harga (price sensitive) atau menggunakan harga sebagai faktor penentu keputusan 3. Strategi Pembedaan Produk (differentiation) Mendorong perusahaan untuk sanggup menentukan keunikan dalam pasar yang jadi sasarannya. Keunikan produk (barang atau jasa) yang dikedepankan ini memungkinkan suatu perusahaan untuk menarik minat sebesar-besarnya dari konsumen pontensialnya 4. Strategi fokus Membangun keunggulan bersaing dalam suatu segmen pasar yang lebih sempit. Strategi jenis ini ditujukan untuk melayani konsumen yang jumlahnya relatif kecil dan dalam pengambilan keputusannya untuk membeli relatif tidak dipengaruhi oleh harga 10.8 Uraikan fokus Manajemen Strategi Jawaban : 1. Proses penetapan tujuan organisasi. 2. Pengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan strategi organisasi. 3. Pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran. 4. Pengkombinasikan aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis 10.9 Uraikan Keuntungan dari Mempelajari Manajemen Strategi Jawaban : 1. Kesadaran akan visi strategis yang lebih jelas 2. Fokus yang lebih tajam pada apa yang secara strategis dianggap penting 3. Meningkatkan pemahaman tentang lingkungan yang berubah dengan cepat 10.10 Uraikan fitur-fitur strategi Jawaban : 1. Tanggung jawab manajemen puncak 2. Alokasi sumberdaya dalam jumlah besar 3. Dampak kemakmuran perusahaan dalam jangka panjang panjang 4. Orientasi kemasa depan 5. Konsekuensi kepada multi fungsi dan multi bisnis 6. Mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan dari luar 10.11 Uraikan Mengapa Perusahaan Harus Mempunyai Tujuan? Jawaban : 1. Tujuan membantu mendefinisikan organisasi dalam lingkungannya. 2. Tujuan membantu mengkoordinasikan keputusan dan pengambil keputusan 3. Tujuan menyediakan norma untuk menilai prestasi organisasi 4. Tujuan merupakan sasaran yang lebih nyata dari pada pernyataan misi TUJUAN bukanlah STRATEGI, tetapi STRATEGI merupakan SARANA untuk MENCAPAI TUJUAN. 10.12 Sebutkan mengapa perusahaan tidak melakukan perencanaan strategi Jawaban : 1. Kurang pengetahuan tentang perencanaan strategi 2. Struktur penggajian yang buruk 3. Terpaksa 4. Buang-buang waktu 5. Terlalu mahal 6. Malas 7. Terlalu percaya diri 8. Pengalaman buruk 9. Mementingkan diri sendiri 10. Takut karena akan hal yang tidak diketahui 11. Perbedaan pendapat secara terbuka 12. Curiga Ir. Sudarno Hardjo Saparto AAIK,ICPU,ICBU,QIP,AMRP,CIIB,AK3 10.13 Uraikan perangkap dalam perencanaan strategi Jawaban : 1. Top manager tidak mendukung proses perencanaan strategi 2. Gagal menggunakan rencana sebagai standar untuk mengukur kinerja 3. Hanya mendelegasikan rencana kepada seseorang daripada melibatkan semua manajer 4. Gagal melibatkan karyawan kunci dalam semua fase perencanaan 5. Gagal menciptakan iklim kolaboratif yang mendukung perubahan

Related Posts

SOAL - JAWABAN UJIAN CIIB PIALANG ASURANSI / REASURANSI - MANAGEMENT STRATEGY
4/ 5
Oleh