Monday, 19 November 2018

Soal-Jawaban ujian CIIB pialang asuransi / Reasuransi - KOMUNIKASI BISNIS

KOMUNIKASI BISNIS

 

9.1     Uraikan apa yang dimaksud dengan komunikasi

 

          Jawaban :

proses dua cara untuk mencapai saling pengertian, di mana para peserta tidak hanya bertukar (menyandikan - memecahkan kode) informasi, berita, ide dan perasaan tetapi juga menciptakan dan berbagi makna, secara umum, komunikasi adalah sarana menghubungkan orang atau tempat.  dalam bisnis, adalah fungsi kunci dari manajemen suatu organisasi tidak dapat beroperasi tanpa komunikasi antara level, departmen dan karyawan

 

9.2       Uraikan mengapa berkomunikasi

 

            Jawaban :

-                 manusia adalah budaya sosial

-                 Perlu mempertukarkan gagasan, pendapat, dan informasi

-                 Pertumbuhan dan perusahaan bisnis

-                 Persaingan Usaha Ketat

 

9.3        Berikan contoh komunikasi bisnis

 

Jawaban :

1.          Administrasi surat dalam perusahaan

2.          Proses interview

3.          Press release perusahaan

4.          Komunikasi antar perusahaan

5.          Komunikasi pemasaran

 

9.4     Uraikan 2(dua) jenis komunkasi secara umum

 

          Jawaban :

1.         Komunikasi lisan

-                 Bersifat personal

-                 Efektif untuk gagasan yang relatif sederhana

-                 Memberikan umpan balik segera

-                 Off – record

-                 Efektif untuk mencari respons secra cepat atau yang bersifat emosional

 

2.          Komunikasi Verbal

-                 Bersifat formal / resmi

-                 Efektif untuk gagasan yang relatif komplek

-                 Memberikan umpan balik yang berbeda

-                 Ada catatan resmi

-                 Ada rentang waktu untuk men dapatkan respon

 

9.5        Jelaskan 3(tiga)  elemen penting dalam komunikasi pemasaran :

 

Jawaban :

1.          Merk/Brand

Desain unik, tanda, simbol, kata-kata, atau kombinasi dari ini, digunakan dalam menciptakan gambar yang mengidentifikasi suatu produk

 

2.          Segmentation targeting & Positioning

Market segment

a.           mengidentifikasi basis untuk segmentasi pasar

b.          mengembangkan profil segmen yang dihasilkan

 

Market Targeting

a.           mengembangkan ukuran daya tarik segmen

b.          pilih segmen sasaran

 

Market positioning

a.          mengembangkan posisi untuk target setiap segmen

b.          mengembangkan bauran pemasaran untuk sasaran setiap segmen

 

3.          Promotional mix

1.              Periklanan ( Advertising ) : Komunikasi non individu dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media.

2.              Penjualan Perseorangan ( Personal Selling ): Interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain

3.              Public Relation : Merupakan sebuah usaha untuk merangsang permintaan terhadap suatu produk secara non personal dengan membuat berita yang bersifat komersial tentang produk tersebut dalam media cetak atau media lain, maupun hasil wawancara yang disiarkan dalam media tersebut

4.              Promosi Penjualan ( Sales Promotion ) : Adalah salah satu kegiatan promosi untuk melakukan rangsangan kepada konsumen untuk melakukan pembelian.

 

9.6     Uraikan 5(lima) bentuk Komunikasi Bisnis

 

Jawaban :

1.          Komunikasi Lisan

Interview, rapat, konferensi, presentasi, counselling, training, negoisasi

2.          Komunikasi tertulis

Permberitahuan, surat, poster, manual, majalah, Memo, Buletin

3.          Komunikasi Non Verbal

Body language, Touching, dress code, proxemis à bahasa ruang, chronemics à bahasa waktu, kontak mata

4.          Komunikasi Visual

Ilustrasi, warna, foto, simbols, pembungkus, trademark

5.          Komunikasi Audio Visual

Iklan TV, Film, Presentasi, video tape

 

9.7     Uraikan 7(tujuh) C prinsip Komunikasi

 

          Jawaban :

1.          Completeness : memberikan informasi selengkap mungkin kepada pihak yang membutuhkan, informasi yang lengkap akan memberikan kepastian dan kepercayaan

2.          Conciseness : Semua bentuk komunikasi disusun secara jelas, singkat dan padat

3.          Concreteness : pesan yang disampaikan secara spesifik dan tidak anstrak

4.          Consideration : mempertimbangkan situasi penerimanya

5.          Clarity : menggunakan kata-kata maupun dengan simbol yang mudah dipahami

6.          Courtesy : Memperhatikan tata krama dan sopan santun sebagai penghargaan kepada komunikan

7.          Correctness : dibuat secara cermat baik dari sisi tata bahasa maupun kemampuan berbahasa dan komunikan

 

9.8     Sebutkan contoh komunikasi Bisnis

 

          Jawaban :

-                 Administrasi surat dalam perusahaan

-                 Proses interview karyawan

-                 Press release perusahaan

-                 Komunikasi antar perusahaan

-                 Komunikasi Pemasaran

 

9.9     Uraikan apa yang dimaksud dengan Brand dan identitas brand

 

          Jawaban :

desain unik, tanda, simbol, kata-kata, atau kombinasi dari ini, digunakan dalam menciptakan gambar yang mengidentifikasi suatu produk

 

Identitas Brand

Identifikasi merek identitas bahan bakar, diferensiasi amplifier dan membuat ide-ide besar dan makna yang dapat diakses, Branding mengidentifikasi mengambil elemen dan menyatukan mereka ke dalam seluruh sistem

 

9.10   Uraikan Karakteristik Brand

 

          Jawaban :

-                 Efecktifitas sebuah merek dilihat dari mudah tidaknya calon pelangan mengendifikasi merek tersebut

-                 Identifikasi merek yang baik terjadi apabila sebuah merek memiliki karakteristik sebagai berikut:

1.          Mudah diucapkan

2.          Mudah dikenal dan diingat

3.          Singkat, jelas unik

4.          Dapat mendiskriditkan produk, jenis, manfaat

5.          Memiliki arti konotasi positif, merk adalah jaminan mutu

6.          Memperkuat citra produk

7.          Secara legal dapat dilindungi

 


Related Posts

Soal-Jawaban ujian CIIB pialang asuransi / Reasuransi - KOMUNIKASI BISNIS
4/ 5
Oleh