1.
Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip
akuntansi keuangan, uraikan apa yang dimaksud dengan persamaan akuntansi
(accounting equations). (Mar 2016 no 1)
Jawaban :
Merupakan suatu hubungan korelasi mengenai bagaimana suatu harta (assets) didanai
• Dirumuskan
dalam persamaan
Assets = capital + liabilitis
• Persamaan ini harus selalu seimbang
(balance)
2.
Dalam kaitan dengan konsep dan tata kelola
perusahaan, uraikan 4 (empat) peran external auditor. (Mar
2016 no 2)
Jawaban :
Lebih khusus
melakukan pengawasan apakah :
1.
Laporan keuangan memberikan pandangan yang benar dan
wajar dan memenuhi dengan aspek hukum yang relevan dan persyaratan regulator.
2.
Informasi yang diberikan pada laporan direksi telah
konsisten dengan Akunnya.
3.
Bagian khusus dari laporan gaji Direksi telah
memenuhi Undang – Undang.
4.
Perusahaan telah menjaga catatan akuntasi dengan
baik
3.
Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber
daya manusia, uraikan 3 (tiga) komponen motivasi. (Mar 2016 no 3)
Jawaban yang disarankan :
Merupakan suatu rangkaian faktor yang mendorong kita
untuk melakukan hal tertentu atau sebaliknya menarik kita dari perilaku
tertentu.
Ditentukan
oleh 3 komponen :
1) Direction
Apa seseorang yang ingin
dicoba untuk dilakukan
2) Effort
Seberapa keras yang
telah dilakukan seseorang
3) Persistence
Berapa
lama sesorang berusaha secara terus – menerus
4.
Dalam kaitan dengan fungsi manajemen
pemasaran, uraikan 5 (lima) proses yang dilakukan perusahaan
dalam pengembangan produk. (Mar 2016 no 4)
Jawaban :
1.
Penelitian pasar
2.
Rancangan produk
3.
Uji model yang pertama ( prototype )
4.
Melakukan penambahan yang dibutuhkan
5.
Produksi secara komersial
5.
Dalam kaitan dengan konsep tata kelola
perusahaan, uraikan 5 (lima) elemen penting dalam komunikasi
individu. (Mar 2016 no 5)
Jawaban :
Ada 5 unsur penting pada setiap komunikasi individu :
1. source : biasanya perusahaan
2. message : biasanya informasi
mengenai barang dan jasa.
3. Medium : saluran komunikasi tv,radio,internet, konferensi atau seminar.
4. reciever : seseorang atau bisnis
yang menerima komunikasi.
1.
respons : reaksi dari berita.
6.
Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber
daya manusia, uraikan 4 (empat) strategi pengembangan sumber daya manusia terintegrasi.
(Mar 2016 no 6)
:
Jawaban :
1.
Ketrampilan yang diperlukan
2.
Nilai dan budaya perusahaan
3.
Struktur perusahaan yad
4.
Potensi pola karir
7.
Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber
daya manusia, uraikan 3 (tiga) faktor yang dapat membentuk budaya perusahaan. (Mar
2016 no 7)
Jawaban :
1.
Krisis perusahaan
2.
Merger dengan perusahaan lain
3.
Adaptasi membangun budaya sendiri
4.
Perubahan perusahaan
- Rancangan
pekerjaan
- Rekruitemen
Baru
- Sistim
pengawasa
8.
Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip
akuntansi keua ngan, uraikan perbedaan antara
budgeting dan forecasting. (Mar 2016 no 8)
Jawaban :
Definisi Budget : pernyataan keuangan dan
kuantitatif yang disiapkan ke depan secara khusus periode akuntansi .
Fungsi Bugetting dilaksanakan ketika telah dihitung
strategi perusahaan dan tujuan lain dengan rencana korporasi
Baudgetting biasanya digunakan pada waktu jangka
pendek. Manager akan tertarik pada persepsi Jangka panjang dan dibuatkan
penetapan rencananya .
Hal ini termasuk aktivitas yang disebut Forecasting
.Forecasting digunakan untuk menjelaskan prediksi jangka menengah pendapatan
dan pengeluaran perusahaan .
9. Dalam
kaitan dengan konsep tata kelola perusahaan, uraikan : (Mar
2016 no 9)
a. 7
(tujuh) keuntungan organic growth.
b. 2
(dua) kelemahannya.
:
a. 7(tujuh)
keuntungan
1 Kunci Perusahaan banyak yang telah mengikuti pendekatan
pertumbuhan organik telah menemukan bahwa hal itu dapat memberikan manfaat tren panjang dan hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan.
Bila dibandingkan dengan pendekatan non-organik, pertumbuhan organik dapat memberikan biaya yang lebih rendah dan keuntungan investasi lebih baik karena membuat perusahaan meregangkan batas-batasnya dan mengambil inovasi.
2 Pendekatan. memungkinkan.
eksekutif untuk berkonsentrasi pada
pencapaian tujuan strategis dan tidak dibelokkan oleh
harus memimpin integrasi merger
atau bisnis yang diperoleh.
3 Budaya orang bentrokan
dan masalah moral, yang sering timbul melalui
merger atau akuisisi,
yang dihindari mampu
terus fokus dan berkonsentrasi pada pencapaian tujuan bisnis
tanpa perbedaan yang jelas dalam pendapat
tentang norma-norma dan bagaimana
mereka harus bekerja sama
4. Ketika ada merger atau akuisisi perusahaan, karyawan akan mengharapkan pengurangan staf dan penghematan
biaya. Ini akan memperkenalkan
ketidakpastian di kalangan staf, konsekuensi yang
sering cenderung menurunkan
produktivitas. Suatu pendekatan organik
membantu staf untuk merasa lebih aman sehingga
memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada tuntutan internal. Juga dengan pendekatan
ini, staf sering terlibat dalam
generasi ide untuk
meningkatkan kinerja dan mengurangi
biaya operasi.
5. Pertumbuhan organik dapat lebih ekonomis dibandingkan dengan akuisisi. Ketika
ada akuisisi perusahaan, sering
premi dibayar untuk
bisnis dan ini bisa mengurangi re-nilai
akuisisi dan tidak meningkatkan nilai pemegang saham seperti yang diharapkan.
6. Dari sudut pandang seorang
analis, pendekatan ini memiliki manfaat
nyata dalam bahwa mereka dapat
mengukur efektivitas, bisnis yang telah dicapai melalui upaya internal tanpa
sosok yang terdistorsi
melalui merger atau akuisisi. Ini
berarti cek dapat
dibuat, apakah pertumbuhan bisnis
adalah nyata, berkelanjutan atau benar-benar tertular.
7. Pendekatan pertumbuhan organik juga bisa menjadi salah satu kurang berisiko. Sebuah contoh yang baik di mana hal yang salah di jalur
non-organik adalah
Royal Bank of Scotlands (RBS) akuisisi ABN
AMRO Bank Belanda,
yang mengakibatkan RBS harus diselamatkan oleh
pemerintah Inggris sebagian besar disebabkan oleh portofolio
beracun Bank Belanda.
b. Kekurangan dari pertumbuhan organik
1.
Dengan pertumbuhan bisnis
organik rute biasanya
membutuhkan lebih banyak waktu untuk
tumbuh karena permintaan karyawan yang dapat menangani proses pertumbuhan seiring dengan tindakan lain yang diperlukan
untuk memajukan bisnis.
2.
Ini bisa berarti komitmen waktu besar dan
sumber daya sebagai personil mungkin
perlu ditemukan, direkrut dan dilatih, aset tetap
yang diperoleh, saluran penjualan
didirikan dengan pemasaran yang luas
untuk mendapatkan productsknown di lapangan baru mereka.
3.
Risiko yang lebih dapat terlibat dalam rute organik, sebagai
sebuah bisnis akan perlu menanggung biaya seluruh
risiko itu sendiri. Dikombinasikan
dengan harus menyiapkan jalan bisnis baru dapat
berarti generasi pendapatan
dan keuntungan mungkin lambat.
Selain itu, aspirasi pangsa pasar dan alasan target ditetapkan,
bisnis yang berisiko dan berpotensi
menguntungkan dapat diambil pada sehingga tidak
hanya membahayakan prospek
pertumbuhan yang sehat tetapi
juga keuangan stabilitas
perusahaan itu.
10. Dalam kaitan dengan konsep tata kelola
perusahaan, uraikan : (Mar 2016 no 10)
a. Pengertian
outsourching.
b. 5
(lima) kelebihan dan kekurangannya.
Jawaban :
a. yang
dimaksud dengan outsourcing.
Menggunakan
ketrampilan bersumber dari luar perusahaan untuk melaksanakan pekerjaan (
Cleaning & Catering Services )
b. Masing-masing
5 (lima) kelebihan dan kekurangan dari outsourcing.
Keuntungan outsourcing
1.
Sebagai kebutuhan bisnis berubah, perusahaan memiliki keuntungan
dari hanya membayar untuk apa yang mereka butuhkan daripada mempertahankan
mereka sendiri di-rumah layanan. Hal ini terlihat ketika tidak ada permintaan
untuk layanan dan perusahaan yang tersisa dengan sumber daya yang tidak
terpakai. Dengan outsourcing dapat menyelesaikan dengan kontrak untuk biaya
kurang dari menutup daerah rumah di-down.
2.
Bisnis ini dijamin tingkat pelayanan tertentu sebagaimana diatur
dalam kontrak.
3.
Bisnis dapat anggaran untuk biaya pra-disepakati tetap untuk
jasa yang telah disepakati.
4.
Perusahaan outsourcing biasanya spesialis dalam wilayah mereka
dan akan membawa keterampilan baru dan metode bekerja untuk sebuah perusahaan.
5.
Banyak kontrak outsourcing menyebabkan peluang kemitraan baru
antara bisnis dan perusahaan outsourcing, karena mereka belajar cara-cara baru
dalam melakukan proses bisnis.
6.
Usaha yang outsourcing klaim untuk menjadi jauh lebih fleksibel
dalam sikap karena mereka tidak terikat dalam rumah-praktek dan politik.
7.
Bisnis dapat meningkatkan
kemampuan untuk mengembangkan produk baru dan kecepatan
mereka ke pasar.
8.
Usaha yang melakukan outsourcing memiliki lebih banyak waktu
untuk fokus pada area bisnis inti mereka.
Kekurangan
outsourcing
1
Setiap bentuk kontrak yang memungkinkan bisnis untuk melakukan
outsourcing proses akan berarti bahwa kontrol tertentu dan arah akan hilang.
2
Bahkan jika kerusakan dapat diberikan untuk layanan yang buruk,
bisnis akan kehilangan, karena pelanggan tidak akan memahami seluk-beluk
kebutuhan untuk outsourcing, sehingga kerusakan pada reputasi sulit untuk
membalikkan.
3
Di daerah tertentu, ada
risiko nyata bahwa informasi rahasia atau rahasia akan hilang atau bocor ke
luar sebagai staf eksternal tidak menyadari pentingnya mereka.
4
Jika bisnis terlalu
tergantung pada proses outsourcing, maka akan terbuka untuk biaya yang lebih
tinggi, karena harus mempertahankan kontrak eksternal, bahkan jika ada
alternatif yang lebih murah internal
5
Jika perusahaan
outsourcing masuk ke masalah keuangan bisnis akan menghadapi masalah untuk
menemukan penyedia alternatif.
11. Dalam
kaitan dengan konsep tata kelola perusahaan, jelaskan 6 (enam) kelemahan dari merger
and acquisitions. (Mar 2016 no 11)
Jawaban :
1.
Mengurangi pilihan pelanggan melalui
pengurangan jumlah organisasi yang menawarkan produk kepada pelanggan. Ini
berarti akan ada pengurangan dalam kompetisi. Untuk menjaga terhadap hal ini
Pemerintah membentuk Komisi Persaingan (sebelumnya Merger & Komisi Monopoli).
Selain itu, sebagai akibat dari krisis perbankan dan kebutuhan: Pemerintah
untuk masuk dan bale beberapa bank, komisaris persaingan Uni Eropa telah
terlibat dan terdaftar kekhawatiran pada kurangnya kompetisi di industri
perbankan di Inggris . Hal ini mungkin berarti bahwa bank-bank yang telah
menerima dana akan gol publik harus dipecah untuk menciptakan persaingan yang
lebih besar.
2
Dampak
pada staf yang terkena dan biaya moral staf redudansi dapat dipengaruhi jauh,
terutama jika proses perubahan keseluruhan tidak dikelola secara efektif.
Seringkali biaya redudansi dan / atau penugasan kembali staf tinggi dengan
kerugian yang signifikan dari pengalaman staf yang berharga, keterampilan dan
pengetahuan.
3
Clash
budaya budaya perusahaan perusahaan dapat digambarkan sebagai kepribadian
organisasi. Jika ini adalah sangat berbeda dari satu sama lain itu mungkin
sulit untuk menyetujui pendekatan budaya yang akan
memungkinkan organisasi untuk bekerja sama secara efektif dan bergerak maju.
Ada beberapa kasus di mana bentrokan budaya dicegah merger akan maju.
4
Mata
dari bola 'perubahan saat mengambil tempat sering merger atau akuisisi akan
menyebabkan besar' jumlah perubahan. Akibatnya, sebagian besar energi
organisasi 'mungkin diarahkan terhadap proses perubahan bukannya menumbuhkan
bisnis dan memberikan layanan kepada pelanggan.
5
Mengurangi
layanan pelanggan sementara perubahan yang dilaksanakan sejumlah faktor dampak
mungkin 'pada layanan pelanggan seperti semangat staf berkurang, kurangnya
komunikasi, staf tidak tahu apa yang sedang terjadi atau apa produk mereka
untuk menjual atau apa yang mereka katakan kepada pelanggan dengan akibat
peningkatan dalam keluhan dan kerugian bisnis.
6
Diharapkan
M & A tidak benar-benar disadari setiap kali merger atau akuisisi diumumkan,
janji-janji besar yang dibuat oleh direksi dengan biaya yang dapat disimpan
dan nilai pemegang saham akan
ditingkatkan. Seringkali janji tidak datang ke hasil penuh atau tidak benar diukur sehingga nilai riil dari
perubahan ini tidak jelas terlihat.
12. Dalam
kaitan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, jelaskan 3 (tiga) komponen man
power planning. (Mar 2016 no 12)
Jawaban :
Dua kunci komponen strategi Sdm adalah Tenaga kerja
dan suksesi .
Perencanaan tenaga kerja membantu menentukan jumlah
dan ketrampilan sdm perusahaan akan dibutuhkan untuk mencapai strategi tujuan
ketika perencanaan suksesi yang
memastikan kelanjutan dan pertumbuhan manajemen bisnis dan memastikan bahwa
suksesi untuk posisi kunci telah teridentifikasi dan dikembangkan
1 Sifat perencanaan Tenaga Kerja
Perencanaan Sdm untuk memastikan bahwa penyediaan
orang dalama perusahaan secara kuantitas memadai dan berisi kualitas yang
diperlukan untuk memastikan pencapaian sasaran perusahaan .
3 ( tiga ) komponen utama perencanaan Sdm yaitu
supply,demand dan time .
Kontribusi perencanaan Sdm untuk mengurangi masalah keseimbangan supply dan
demand dengan penyediaan waktu yang dapat diambil untuk memperoleh recovery
1.
Keluaran Dari rencana tenaga kerja
Perbandingan perkiraan supply dan demand akan
mengindikasikan perubahan akan dibutuhkan sehubungan dengan persyaratan tenaga
kerja perusahaan .
Proses perencanaan Sdm akan menghasilkan formulasi
sasaran sdm untuk mengkoreksi imbalances dengan perusahaan.
Beberapa sasaran termasuk, contoh :
- improvisasi progres karir
- modifikasi struktur usia
- optimalisasi campuran ketrampilan
- memperkecil wastage
Untuk mencapai sasaran Tenaga Kerja diperlukan
perencanaan tindakan Manager :
-
Program rekruiment
-
Program pelatihan
-
Redundancy
-
Short – time working
-
Re – organisasi
-
Re – training dan mengembangkan ketrampilan
3 Problems
and limitations
Masalah utama yang sering , memperoleh perkiraan
yang akurat . Idealnya proses perencanaan dilakukan selama 5 tahun.
Pelaksanaannya dapat dilakukan penyesuaian kecil dibuat perencanaan Tenaga
Kerja berdasarkan tahunan .
Masalah lain yang termasuk :
- memperoleh informasi up dating
- perubahan yang cepat dalam lingkungan
bisnism
- hukum
- perubahan pasar tenaga kerja
- Kebijakan pemerintah
- Kesulitan memperoleh komitmen
13. Dalam
kaitan dengan manajemen keuangan, jelaskan : (Mar 2016 no 13)
a. 4
(empat) komponen income statement.
b. 3
(tiga) format cash flow statement.
Jawaban
;
a. 4 (empat) komponen income statement
1.
Gross profit
Laba Bruto
dihitung dengan mengurangi biaya penjualan dari Turnover . Biaya harus sesuai
dengan pendapatan yang pada umumnya sama dengan periode akuntasi . Sehingga
nilai stock yang tidak terjual tidak dimasukkan dalam laporan laba rugi.
Revenue –
Jumlah nilai dari semua penjualan selama setahun .
Biaya
penjualan – Biaya membeli stock selama setahun yang terjual kemudian . Tidak
termasuk uang yang dikeluarkan untuk stock tapi belum terjual
2. Profit
for the year
a. Finance
income
Pendapatan
yang diterima setiap investasi selama setahun
b. Finance
costs
Biaya
pinjaman yang dibuat perusahaan seperti
Bank loan.
c. Overheads
Biaya
– biaya lain yang dikeluarkan oleh perusahaan seperti biaya Manajemen,
Staf dan akomodasi kantor.
d. Taxation
Semua
bisnis yang harus membayar pajak atas keuntungan .
3. Movement
in equity
Cadangan
akan meningkat atas profit dan berkurang atas pembayaran dividen kepada
pemegang saham . Perubahan cadangan diubah ke modal . Contoh Statement of
changes in equity (SOCE ) , Statement of recognised income and expense (SORIE )
a.
3 (tiga) format cash flow statement
1 Pengguna cash flow
2. Bentuk
laporan arus kas
a. Aktivitas
operasional
b. Aktivitas
investasi
c. Aktivitas
keuangan
3. Meningkat / turun kas dan setara kas
. Contoh sederhana dari laporan kas
4. Arus
kas bisnis jangka panjang
14. Dalam
kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi keuangan, jelaskan 3 (tiga)
metode pencadangan klaim pada perusahaan asuransi. (Mar
2016 no 14)
Jawaban :
1. Catagorising claims and collecting
the claims statistics
Penentuan
jumlah klaim yang tepat dengan membuat klaim permintaan informasi yang berguna
analisa . Informasi klaim pada umumnya
kecelakaan tahunan dan dengan alasan premi yang diterima pada akhir hari
periode akuntansi dan tujuan dengan keuntungan yang membutuhkan kesesuaian
dengan klaim kecelakaan yang timbul pada
hari yang sama
Informasi yang pada umumnya dikelompokkan
berdasarkan Class Of Business ( Motor, property,Liability etc ) dan setiap statistik klaim atas kelas dikelompokkan
dalam katagori tergantung bagaimana pengembangan klaim setiap kelas .
Penetapan
katagori tersebut berdasarkan :
- Length
of tail ( Pada saat dari tanggal kejadian sampai pemberitahuan dan pembayaran )
.
- Pola
klaim yang diharapkan
- Harapan
surplus atau defisit pada klaim yang sedang berjalan
- Nilai
klaim rata – rata
Rule of thumb “ Liability claims are separated
from property damage claims and large claims are extracted from statistics and
assesed separately “ .
Pengembangan katagori klaim untuk setiap kelas
bisnis mengikuti statistik yang dikelompokkan atas kecelakaan tahunan :
- Jumlah klaim yang dilaporkan
- Jumlah yang tidak terjadi klaim
- Jumlah nilai klaim yang dibayarkan
- Jumlah nilai estimasi klaim masih
outstanding pada akhir periode .
Claim development triangles :
Incident year
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
2xx3
|
Xxx
|
Xxx
|
Xxx
|
Xxx
|
Xxx
|
Xxx
|
2xx4
|
Xxx
|
Xxx
|
Xxx
|
Xxx
|
Xxx
|
|
2xx5
|
Xxx
|
Xxx
|
Xxx
|
Xxx
|
||
2xx6
|
Xxx
|
Xxx
|
Xxx
|
|||
2xx7
|
Xxx
|
xxx
|
||||
2xx8
|
Xxx
|
2. Range
of methodologies
a. Proyeksi
klaim dibayar
Metode
sederhana mengektrapolasi pembayaran klaim dan tidak menggunakan informasi lain
yang tersedia seperti biaya klaim yang terjadi .Pembayaran telah mengacu
inflasi yang memiliki asumsi bahwa pengalamam klaim inflasi yang lalu akan
menjadi pengalaman yad .
b. Proyeksi
klaim yang terjadi
Metode
ini menggunakan lebih informasi, harapan metode ini akan menghasilkan lebih
akurat jumlah klaim dibandingkan klaim yang dibayarkan pada proyek .
c. Metode
rasio kerugian
Metode
yang digunakan untuk dimiliki sendiri tapi dapat digunakan tahun kecelakaan
terkini dimana nilai yang dibayarkan atau klaim yang terjadi rendah sehubungan
dengan jumlah klaim yang diharapkan .
d. Bornhuetter
Ferguson
Kombinasi straightforward dari metode rasio kerugian
dengan salah satu mengembangkan pembayaran kerugian atau kerugian yang terjadi.
Pada tahun pertama dan kedua diperkirakan klaim 5 %
dan 15 % . Kemudian pengembangan tahun pertama , 5 % dari proyeksi yang akan
menjadi dasar metode pengembangan pembayaran dan 95 % proyeksi rasio kerugian .
Pada proporsi tahun kedua digunakan perubahan menjadi 15 % dan 85 %
3. Menentukan jumlah
yang disisihkan untuk klaim
-
Board harus memutuskan apa yang dipresentasikan
secara wajar pada laporan keuangan dan mulai dari sini opini signifikan
estimasi akuntasi seperti jumlah klaim yang dikesampingkan .
-
Board pada umumnya akan memutuskan kebijakan
cadangan klaim dimana termasuk keputusan mengesampingkan jumlah klaim seperti
tidak ada antisipasi yang run – off
-
Klaim run – off , Akurasi jumlah yang dikesampingkan
seperti keputusan klaim run – off .
-
Run – off pada tahun ini : biaya yang terjadi selama
setahun atas jumlah klaim yang dikesampingkan pada saat awal tahun .
Materi lengkap soal -jawaban 103 bisnis dan finansial dari 2006 sampai 2016
Silahkan Free Download disini : DOWNLOAD
Materi lengkap soal -jawaban 103 bisnis dan finansial dari 2006 sampai 2016
Silahkan Free Download disini : DOWNLOAD
Soal - Jawaban UjianLSPP AAMAI 103 insurance business and financial Maret 2016
4/
5
Oleh
sudarno hardjo