Dari
kargo dikirim melalui laut pada tahun 2006, sekitar 80% nya terdiri dari bahan
baku, seperti minyak, batu bara, bijih besi dan gandum. Salah satu perkiraan
bahwa minyak menyumbang sekitar 50% dari semua bahan baku yang dibawa oleh
kapal pada tahun itu.
C1 Barang dalam jumlah besar, bubuk atau
bentuk cair
Banyak barang dikapalkan dalam jumlah besar, bubuk
atau bentuk cair untuk pembeli yang menggunakannya dalam berbagai proses.
Barang dalam bentuk curah sebagian besar barang dalam perjalanan hanya satu
kali
C1A Minyak, gas dan bahan kimia
Kebanyakan minyak mentah diangkut dalam pembawa Very
large crude carriers (VLCCs) sekitar 250.000 dead weight ton (dwt). Namun, Ultra
large crude carriers (ULCCs) kadang-kadang digunakan. Kapal tersebut lebih dari
300.000 dwt. Produsen minyak mentah, selain TengahTimur adalah Amerika Serikat,
Rusia, Venezuela, Libya dan Norwegia.
(Mencatat)
Sebuah ton bobot mati (DWT) atau long ton digunakan untuk menggambarkan kapasitas kotor kapal.
Sebuah ton bobot mati (DWT) atau long ton digunakan untuk menggambarkan kapasitas kotor kapal.
Liquefied petroleum gas (LPGs) dan gas alam cair
(LNGs) dicatat di LPG yang dirancang khusus dan masing-masing operator LNG.
Bahan kimia adalah produk lain yang dilakukan dalam
bentuk curah cair. Banyak bahan kimia yang berbahaya sehingga mereka dicatat di
kapal tanker yang dirancang khusus. Ini adalah jauh lebih kecil dari kapal
tanker minyak dan biasanya dioperasikan oleh operator armada kimia besar.
C1B Produk Pertanian
Transportasi dari semua tanaman biji-bijian berikut
ini dalam bentuk curah. Kebanyakan dicatat di kapal hingga 50.000 DWT dan kapal
Panamax sekitar 60.000 dwt:
·
Gandum dan oats:
diproduksi terutama di Amerika Serikat, Rusia, Cina, Kanada, Perancis, India,
Turki,Italia, Australia dan Argentina
·
jelai: diproduksi terutama di Amerika Serikat,
Rusia, Inggris dan negara Eropa lainnya
·
Jagung:
terutama diproduksi di Amerika Serikat, Brazil, Cina, Afrika Selatan, Meksiko,
Rusia, mantanYugoslavia dan Argentina dan
·
Beras:
tumbuh terutama di Asia Tenggara, terutama Thailand, India, Jepang, Indonesia, Bangladesh
dan Pakistan.
(Mencatat)
Kapal Panamax yang dinamakan demikian karena mereka dirancang untuk dapat melewati Terusan Panama.
Kapal Panamax yang dinamakan demikian karena mereka dirancang untuk dapat melewati Terusan Panama.
Produk pertanian lainnya
dikirim dalam bentuk curah adalah:
·
Tebu:
negara-negara penghasil utama adalah India, Brazil, Cina, Kuba dan Hindia
Barat,Amerika Serikat, Filipina, Thailand, Mauritius, Australia dan Afrika
Selatan, dan
·
Gula
bit: tumbuh di tanah beriklim dingin, seperti Rusia, Perancis, Inggris dan
lainnyaEropa negara.
C1C Mineral
Mineral, bagian penting dari kehidupan sehari-hari,
ditemukan di situs-situs di seluruh dunia dan diangkut sebagai bahan baku ke
pusat-pusat manufaktur dan pengolahan terutama oleh laut. Mineral utama
dilakukan adalah:
·
Besi:
diekstraksi dari bijih besi. Dimana negara produsen utama adalah Rusia, Brasil,
Australia, Amerika Serikat, Cina dan Afrika Barat. Bijih besi biasanya
dilakukan pada vessel antara 120.000 DWT dan 200.000 DWT.
·
Bauksit:
ditambang di Australia, Jamaika, Guyana, Rusia, Suriname, Guinea dan bekas
Yugoslavia.
·
Tembaga.
terutama yang dihasilkan oleh Amerika Serikat, Rusia, Chili, Kanada, Zambia dan
Australia.
·
Timah:
terutama diproduksi di Malaysia, Bolivia, Indonesia, Thailand dan Cina.
·
Salt:
deposito terbesar dapat ditemukan di negara-negara seperti Inggris, Spanyol,
Amerika Serikat, Chili dan Meksiko.
·
Batubara:
diproduksi terutama di Australia, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Rusia, Cina,
Polandia, India dan Jerman. Hal ini biasanya dikirim dalam bagian bawah antara
25.000 ton menjadi 120.000 ton pada kapal curah besar.
(Mencatat)
Referensi to ship in bottom dari term kelautan, 'limit any one bottom ini adalah term yang digunakan dalam polis marine cargo untuk membatasi agregasi dari kargo pada satu kapal dengan jumlah maksimum diasuransikan dalam polis.
Referensi to ship in bottom dari term kelautan, 'limit any one bottom ini adalah term yang digunakan dalam polis marine cargo untuk membatasi agregasi dari kargo pada satu kapal dengan jumlah maksimum diasuransikan dalam polis.
C1D Pupuk
Pupuk juga dilakukan di seluruh dunia dalam jumlah
besar sebagai berikut:
·
Nitrat:
bersumber dari Chile utara dan selatan Peru. Mereka dikirim dalam jumlah besar
dibagian bawah 10.000 sampai 14.000 ton.
·
Fosfat:
bersumber dari Amerika Serikat dan Maroko dan dikirim dalam ukuran besar dari
12.000 sampai 14.000 ton. India adalah importir utama produk ini.
·
Sulphur.
bahan baku penting industri digunakan dalam pembuatan asam sulfat,belerang
dioksida dan sulfit natrium. Ini digunakan untuk pemutih serat jerami dan
kayu,dan untuk menghilangkan lignin dari pulp kayu untuk industri kertas, serta
dalam pembuatan bahan kimia organik yang mengandung belerang. Hal ini biasanya
dikirim dari New Orleans dan Stockton, di Amerika Serikat, dan Vancouver di
Kanada pada bagian bawah 25.000 ton menjadi tempat-tempat seperti Maroko. Hal
ini juga berasal dari pelabuhan Arab beberapa dan dikirim ke Afrika Utara dan
pelabuhan Mediterania. Tonase Konsinyasi biasanya di kisaran 16.000 hingga
20.000 ton
C1E kargo curah lainnya
Kargo curah lainnya termasuk:
·
Semen:
dibawa dalam kapal curah atau dikantongi. Spanyol dan Yunani adalah pemasok
utama semen sementara di sebagian semen kantong berasal dari bekas Yugoslavia,
Rumania, Korea Selatan, Jepang dan Polandia.
·
Scrap:
datang dalam berbagai ukuran dan bentuk, termasuk bobot mati yang berat,
diparut, blok motor dan liku. Vessel yang paling sesuai adalah kapal curah
tetapi pemilik kapal terkadang menolak kargo bekas karena mereka dapat
menyebabkan kerusakan atau biaya ekstra. Port asal termasuk New York, Chicago,
New Orleans dan Long Beach di Amerika Serikat, Liverpool, Tilbury dan Cardiff
di Inggris dan Rotterdam di Belanda.
·
Baja:
diproduksi terutama di Jerman, Belgia, Perancis dan Amerika Serikat. Hal ini
dikirim dalam berbagai ukuran seperti billet, piring, gulungan, pipa, lembaran
dan batang. Kargo ke Amerika Serikat cenderung berada dalam kapal curah kargo
untuk sementara tweendeckers penggunaan tujuan lainnya.
(mencatat)
Tween deckers adalah kapal kargo umum dengan dua atau kadang tiga deck. Dek atas disebut dek utama sementara dek bawah adalah tweendeck tersebut. Barang seperti bales atau drum juga dapat ditumpuk di ruang tweendeck, di atas tweendeck tersebut. Di bawah tweendeck adalah ruang kosong, digunakan untuk kargo umum.
Tween deckers adalah kapal kargo umum dengan dua atau kadang tiga deck. Dek atas disebut dek utama sementara dek bawah adalah tweendeck tersebut. Barang seperti bales atau drum juga dapat ditumpuk di ruang tweendeck, di atas tweendeck tersebut. Di bawah tweendeck adalah ruang kosong, digunakan untuk kargo umum.
(pertanyaan
2)
Bagaimana baja dikirim?
C2
Kargo Non-massal
Beberapa barang tidak dilakukan secara massal. Kami
melihat ini dalam bagian ini.
C2A Pakaian
Pakaian dibuat di Eropa Timur, India, Pakistan,
Bangladesh, Vietnam, Cina dan Filipina. Itu dikirim melalui jalan darat (dalam
hal pakaian manufaktur Eropa) atau laut.
C2B
Mesin / kendaraan bermotor
Jepang adalah produsen terkemuka mesin, diikuti oleh
Korea Selatan dan Taiwan. Negara-negara lain juga memproduksi mesin. Basis
manufaktur utama untuk kendaraan bermotor adalah:
·
Amerika
Serikat
·
Beberapa
negara Eropa, khususnya Inggris, Perancis, Spanyol, Italia, Jerman dan Swedia,
dan
·
Negara-negara
Timur Jauh Jepang, Korea Selatan dan Singapura.
C2C
Kayu
Kayu berasal dari Rusia, Finlandia, Swedia dan
Amerika Selatan. Di sisi lain,chipboard, contiboard dan menengah board serat
kepadatan (MDF) berasal dari Kanada, Portugal dan Amerika Selatan.
C2D Makanan laut Beku
Udang, khususnya, yang dipanen dari perairan
sub-benua India, beku dan kemudian dimasukkan ke dalam kontainer suhu
terkontrol untuk pengiriman seluruh dunia.
Dua negara lainnya mengkhususkan diri dalam produk
makanan laut adalah Kanada, yang menghasilkan $3,690,000,000 ikan dan makanan
laut pada tahun 2008, dan Amerika Serikat.
C2E Makanan kaleng
Berbagai negara di seluruh dunia menghasilkan
makanan kaleng. Misalnya, buah kalengan berasal dari Afrika Selatan, sementara
ikan kaleng cenderung datang dari Eropa Utara dan Kanada. Mereka biasanya
dilakukan pada palet dengan kapal atau kendaraan jalan.
C2F Barang listrik Domestik
Barang-barang elektronik rumah tangga dikategorikan
sebagai putih, coklat dan barang abu-abu:
·
Barang Putih terdiri dari mesin cuci,
pencuci piring, microwave dan kompor mirip memasak gadget. Ini diproduksi di
banyak negara di seluruh dunia dengan Italia, Spanyol dan Turki menjadi pusat
utama, seperti Timur Jauh. Selain itu, Italia juga memiliki basis manufaktur
yang kuat untuk keramik seperti lantai dan ubin dinding.
·
Barang Coklat adalah televisi, radio,
sistem hi-fi dan stereo.
·
barang Abu-abu komputer dan barang
serupa terkait.
Jepang memiliki kehadiran yang kuat di pasar untuk
barang cokelat dan abu-abu, seperti yang disebutkan sebelumnya tenaga kerja,
murah di negara lain, telah pindah manufaktur di tempat lain.
C2G Chip komputer Elektronik
Jepang
memproduksi lebih dari setengah chip elektronik di dunia untuk komputer. Gempa
bumi Kobe pada tahun 1995 menunjukkan pentingnya hal ini ketika menghancu kemampuan
manufactur jepang. Ini gangguan besar
menyebabkan pasokan dan permintaan meningkat untuk beberapa tersedia terbatas ditempat lain. Tidak hanya harga
naik, tapi chip menjadi lebih menarik bagi pencuri, yang memiliki sedikit
kesulitan dalam membuang mereka.
Jenis barang yang diangkut - ASURANSI PENGANGKUTAN (cargo)
4/
5
Oleh
sudarno hardjo