Saturday 31 August 2024

Asuransi kebongkaran ( Bulgalary Insurance)


Harta kekayaan yang tersimpan dan dijaga sekalipun, bisa diambil perampok dan maling. Yang paling aman adalah membuat proteksi.

Apakah rumah, toko, gudang atau kantor kita dijaga Satpam (satuan pengaman)? Atau dilengkapi alarm dan security camera? Jangan buru-buru merasa aman. Perampok sekarang lebih nekat dan 'pintar'. Mereka bisa menembus tempat-tempat yang dijaga dan dilengkapi alat-alat canggih seperti alarm dan security camera. Perampok dan maling berusaha menjarah barang-barang yang sudah mereka incar dengan berbagai cara, termasuk membongkar dan merusak. Situasi demikian membuat hidup selalu diliputi kecemasan.

Tetapi, apakah kita membiarkan diri digerogoti oleh rasa tak nyaman? Atau masih adakah cara lain yang bisa kita tempuh? Ya, sebagai insan-insan yang berpengharapan, kita dituntut berikhtiar dan kreatif mengatasi keadaan. Untunglah industri asuransi cukup inovatif mencari terobosan-terobosan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang membuat hidup kurang nyaman, termasuk yang disebabkan oleh pembongkaran dan pencurian yang terus saja merajalela.

1.       Jaminan Asuransi Kebongkaran

Menghadapi risiko kerugian akibat kebongkaran, perusahaan asuransi telah menyediakan perlindungan, yakni Asuransi Kebongkaran (Burglary Insurance). Jika anda pemegang polis ini,

anda boleh merasa lega, sebab milik anda sudah terjaga. Masyarakat bisa memperoleh polis ini dengan premi yang terjangkau.

Sebagaimana telah ditegaskan di atas, Asuransi Kebongkaran mengganti kehilangan atas obyek pertanggungan sebagai akibat pencurian yang harus disertai dengan pengrusakan atau pemaksaan terhadap bangunan dimana obyek pertanggungan berada atau disimpan, yang dilakukan oleh pencuri ketika memasuki atau keluar dari bangunan serta menjamin kerusakan atas obyek pertanggungan sebagai akibat tindakan pencuri ketika melalakukan tindakan pencurian tersebut.

Harta benda yang dijamin antara lain adalah: perabotan rumah, alat-alat kantor, stok barang di gudang atau toko, dan lain sebagainya. Perhiasan dan barang antik bisa juga dijamin, sepanjang nilainya dinyatakan secara tegas dalam polis.

2.       Pengecualian

Dikecualikan dari penjaminan Asuransi Kebongkaran:

a.       Uang, cek, saham, kendaraan bermotor dan aksesorisnya.

b.       Barang pecah belah.

c.        Harta benda milik orang lain yang dibawa ke lokasi yang dipertanggungkan.

d.       Barang-barang yang terletak di luar rumah.

3.       Perluasan

Jaminan dapat diperluas dengan risiko huru-hara dan kebakaran, sehingga bila pencurian atau kebongkaran terjadi saat ada huru-hara atau kebakaran, memperoleh ganti rugi.

4.       Underwriting Info

a.       Perhatikan surrounding property

b.       Tingkat keamanan

c.       Jenis objek pertanggungan

d.       Pengalaman peristiwa pencurian di lingkungan sekitar

e.       Yang terpenting adalah survei risiko.

5.       Premi

Besar kecilnya premi yang harus dibayar tertanggung dalam penutupan Asuransi Kebongkaran dipengaruhi oleh tempat (lokasi) pertanggungan, pengamanan yang disediakan dan jenis-jenis barang yang diasuransikan. Umumnya, premi ini berkisar antara satu hingga dua setengah persen (%) dari nilai pertanggungan. Namun tetap memperhatikan tingkat persaingan di market dan net earning untuk perusahaan.

Related Posts

Asuransi kebongkaran ( Bulgalary Insurance)
4/ 5
Oleh