Containerisation
adalah term yang digunakan untuk menggambarkan penempatan barang dalam kotak
baja yang terjamin dan memberikan kontainer untuk pembeli atau tempat bongkar
muat dan distribusi. Bongkar muat kontainer dikenal dalam perdagangan sebagai
isian dan destuffing.
Kontainer terbuka atas
tidak memiliki atap baja. Atas dapat dilet terbuka untuk menampung barang
kebesaran, atau dapat dicover dengan terpal tahan cuaca yang dijamin dengan
tali. Jenis kontainer sesuai untuk over-tinggi kargo dan mesin berat. (Anda
dapat menemukan definisi ini di setara
www.encyclopedia.thefreedictionarycom/Twenty-foot+ + unit.)
Di seluruh dunia,
kontainer datang dalam tiga ukuran umum. Kami menunjukkan ukuran masing-masing
dan daya dukung dalam tabel 1.3.
Tabel 1.3 ukuran kontainer
umum
20 foot container
|
40 foot container
|
45 foot high-cube container
|
|
Maximum weight
|
24,000 kg
|
30,480 kg
|
30,480 kg
|
Empty weight
|
2,200 kg
|
3,800 kg
|
4,800 kg
|
carrying capacity
|
21,800 kg
|
26,680 kg
|
25,680 kg
|
D1 Keuntungan containerisation
Salah satu keuntungan
utama menggunakan kontainer adalah bahwa hal itu dapat dimuat di tempat
pengirim dan dikirim ke pembeli tanpa barang yang sedang terganggu dalam
perjalanan, sehingga tiba di kondisi dan kuantitas di mana mereka dimuat.
Kadang-kadang barang dapat terganggu oleh kebiasaan inspeksi, tetapi secara keseluruhan pengiriman barang
dengan kontainer merupakan perbaikan atas pra-container sebelumnya. Pada masa itu barang dimuat ke
sebuah truk, dibawa ke dermaga, diturunkan dan dimasukkan ke dalam gudang
menunggu sebuah kapal yang tersedia. Mereka kemudian dibawa dari gudang dan
sarat dengan pengangkat atau sling ke kapal. Proses ini diulang secara terbalik
ketika kapal tiba di pelabuhan di luar negeri.
Anda dapat melihat
bagaimana sistem lama barang mengangkut terkena mereka untuk bahaya kerusakan
penanganan ekstra dan pencurian. Containerisation telah mengurangi kedua bahaya
secara signifikan. Secara khusus, sebelum munculnya pencurian kontainer adalah praktek umum di pelabuhan
di seluruh dunia.
Fakta-fakta berikut
menggambarkan tingkat perubahan yang dibawa containerisation:
·
Pada
saat ini, sekitar 90% non-massal kargo di seluruh dunia akan dipindahkan dalam kontainer
·
Beberapa
26% dari semua kontainer berasal dari Cina, dan
·
Lebih
dari 200 juta perjalanan per tahun yang dibuat oleh 18 juta kontainer di seluruh dunia.
D2 Bagaimana kontainer digunakan
digunakan dalam dua
cara dasar:
·
Full
container load (FCL), atau
·
Groupage,
juga dikenal sebagai less than container load (LCL).
Sebuah muatan
kontainer penuh diisi dan destuffed dengan risiko dan untuk kepentingan satu penjual
atau pembeli. Sebaliknya, lebih dari satu penjual dan / atau pembeli
menggunakan LCL kontainer tunggal untuk mengangkut barang-barang mereka. Kargo
Groupage sama kargo LCL, kecuali bahwa sebuah perusahaan yang mengkhususkan
dalam penyediaan muatan bagian secara berkala sering mengelola kontainer. Risiko
kerugian atau kerusakan barang dalam kontainer LCL dan Groupage lebih besar
daripada dengan sebuah FCL. Hal ini karena kontainer FCL dijaminan dan disegel
di tempat dari penjual dan tidak dibuka hingga mencapai pembeli di tempat
tujuan, kecuali untuk pemeriksaan oleh Pabean perjalanan. Namun, bagi pengirim
atau pembeli yang hanya memiliki sedikit barang untuk transportasi, biaya lebih
rendah dari angkutan untuk penggunaan ruang kecil dalam kontainer Groupage,
jauh akan lebih besar daripada keuntungan dari sebuah FCL.
(Pertanyaan
4)
Apakah
tiga ukuran umum dari kontainer?
14. Kontainer sebagai alat transportasi barang dirancang untuk
tujuan spesifik. Jelaskan 3 (tiga) tujuan
spesifik tersebut (mar 2013 no 14)
Jawaban
:
D3 Kontainer dirancang untuk tujuan tertentu
Ada tiga tipe tertentu
dari kontainer:
·
Kontainer
berventilasi
·
Kontainer
dengan pendingin, dan
·
kontainer
terisolasi.
Kontainer
berventilasi
Ini juga dikenal
sebagai pasif berventilasi atau kontainer kopi dan membawa kargo yang harus
berventilasi dalam perjalanan. Biji kopi hijau adalah salah satu kargo utama
dilakukan dalam jenis kontainer. Bukaan di sisi rel atas dan bawah, dirancang
sehingga mereka tidak mengizinkan masuknya hujan atau semprotan, memberikan
ventilasi. Jenis kontainer ini juga digunakan dalam pengangkutan kaleng minuman
berkarbonasi ke tujuan di iklim panas. Ventilasi mengurangi risiko kaleng `blowing, yaitu meledak, saat suhu tinggi
meningkatkan tekanan di dalam kontainer standar. Penggunaan kontainer ventilasi
mungkin diperlukan jika asuransi adalah untuk menjamin risiko blowing. Hal ini
untuk penjamin individu untuk memutuskan apakah mereka ingin untuk menjamin
risiko tersebut dan, jika demikian, untuk memutuskan ketentuan jaminan itu.
Kontainer
pendingin
Kontainer pendingin
dibagi lagi menjadi dua kategori:
·
Unit
pendingin terpisahkan (atau, terpisahkan reefer kontainer / unit terpadu), dan
·
jendela kapal kontainer.
Unit
pendingin terpisahkan
memiliki sendiri unit integral untuk mengendalikan suhu dalam kontainer. Unit
ini run off pasokan tenaga listrik dari kapal sementara di board dan kontainer di
terminal sementara di terminal. Ketika sedang dilakukan melalui jalan darat
atau kereta api yang paling dijalankan dari generator set, yang dapat berupa
komponen dari unit pendingin itu sendiri, atau tersambung ke jaringan
tersebut.Unit-unit pendingin bekerja dengan menarik Airhangat dari dalam kontainer,
mendinginkannya dalam unit pendinginan dan kemudian meniup kembali ke dalam kontainer
sebagai Airdingin.
kontainer
jendela kapal
adalah kontainer terisolasi yang tidak memiliki unit pendingin sendiri. Airdingin
masuk kontainer melalui pendinginan buatan
kapal sendiri . Airdingin ditiup dibagian bawah dan Airhangat diekstrak di
bagian atas.
Kontainer berpendingin
membawa barang yang harus disimpan dingin atau beku. Ini termasuk daging, ikan,
produk susu banyak, sayuran dan buah. Langit-langit dari beberapa kontainer ini
dilengkapi dengan kait untuk pengangkutan menggantung daging.
Insulated
kontainer
Kontainer ini
terisolasi dengan sekitar empat inci dari busa poliuretan dan ideal untuk
menyimpan produk yang sensitif terhadap suhu ekstrem lingkungan atau kondensasi. Secara internal
mereka berjajar dengan baik stainless steel atau glass reinforeced plastic
(GRP).
Satu digunakan untuk kontainer
terisolasi dalam transportasi bunga-bunga. Perawatan paling baik harus diambil dalam menentukan dan
mempertahankan suhu di mana bunga-bunga yang akan dilakukan. Hal ini karena
mereka memiliki toleransi suhu yang sangat terbatas di luar yang mereka akan
rusak. Penting bahwa barang disimpan dengan benar
dalam kontainer untuk memungkinkan seluruh aliran udara.
(Kegiatan)
Cari tahu lebih lanjut tentang pengoperasian kontainer berpendingin oleh dengan mencari containers berpendingin dan terisolasi internet.
Cari tahu lebih lanjut tentang pengoperasian kontainer berpendingin oleh dengan mencari containers berpendingin dan terisolasi internet.
D3A Kontainer angkutan udara dan palet
Semua kontainer yang
baru saja dijelaskan sesuai untuk mengangkut barang melalui jalan darat, laut
dan pengangkutan udara. Namun, bentuk dan ukuran terbatas pesawat berarti bahwa
kontainer baja tradisional kotak tidak sesuai untuk pengangkutan melalui udara.
Sebaliknya unit load devices (ULDs) dan / atau palet Airkhusus yang digunakan.
Ini tersedia dengan kapasitas muatan yang berbeda dan begitu juga sesuai untuk
digunakan dengan berbagai jenis pesawat:
·
AAP
LD9 kontainer: muatan kapasitas maksimum 4.400 kg dan sesuai untuk Boeing 747,
747F dan 777 dan Airbus A340
·
Kontainer
LD6 ALF : kapasitas muatan maksimum 3.020 kg dan juga sesuai untuk di atas pesawat
Airdan
·
kontainer
DPE LD2: kapasitas muatan maksimum 1.225 kg dan sesuai untuk Boeing767.
Palet Airmemiliki
kapasitas muatan yang lebih besar. Sebuah palet yang khas dapat mengangkut
maksimal 4.930 kg. Barang yang ditempatkan ke palet dan dijamin dengan jaring
yang kuat.
D4 Pengangkutan kontainer
Trailer truk terbuka
datar atau trailer tulang biasanya membawa kontainer dari dan ke pelabuhan.
Trailer datar terbuka secara harfiah platform datar di atas chassis Trailer
roda. Sebuah trailer rangka adalah hanya sebagai nama berarti itu adalah sebuah
trailer baja berbingkai tanpa platform kayu dengan kunci sentuhan di setiap
sudut untuk mengamankan kontainer untuk itu. Ada juga setara rel dari platform
datar dan trailer rangka
Containerisation - KONTAINER ASURANSI PENGANGKUTAN (CARGO)
4/
5
Oleh
sudarno hardjo