Penyelesaian
klaim tidak hanya melibatkan terjamin dan asuransi mereka. Pihak lain memiliki
peran untuk bermain. Pihak-pihak ini dapat membantu dalam menentukan keabsahan
klaim atau dalam memastikan bahwa setiap recovery mungkin dibuat.
Surveyor
Surveyor
Klaim marine cargo ditemukan di seluruh dunia. Peran mereka adalah untuk
memeriksa kargo yang rusak dan menyelidiki klaim untuk kargo hilang atau
dicuri. Sertifikat asuransi berisi rincian kontak dari agen survei,
memungkinkan penuntut manapun dengan insurable interest untuk menghubungi agen
lokal ke tempat kargo rusak mendarat, tanpa perlu menghubungi driect asuransi.
Agen tersebut akan memiliki wewenang dari perusahaan asuransi untuk:
·
Menyelidiki
klaim
·
Bertanggung
jawab terhadap dokumentasi yang relevan, termasuk bill of lading dan sertifikatasuransi,
dan
·
Setuju
perbaikan atau menegosiasikan penyelesaian, di mana perbaikan yang baik tidak
mungkin atau tidak ekonomi dikaitannya dengan nilai barang yang rusak ketika
baru.
Para
surveyor akan mengingatkan yakin tugas mereka untuk bertindak seolah-olah tidak
diasuransikan dan untuk mengurangi kerugian mereka. Namun, mereka biasanya akan
juga bertindak untuk melindungi hak apapun atas subrogasi dengan memegang operator
dan bailees lain dari barang bertanggung jawab.
Average
adjuster
Average
Adjuster adalah pakar dalam hukum dan praktek General average dan asuransi
Marine. Mereka mempersiapkan klaim di bawah polis asuransi Marine, yang umumnya
melibatkan kehilangan atau kerusakan pada marine craft, kargo atau barang.
Dalam kursus ini kita perhatian dengan peran average adjuster dalam kaitannya
dengan liability umum para pemilik barang 'average setelah pengorbanan General
average. General average daerah tertentu keahlian dan average adjuster
menyiapkan laporan General average dan membantu dalam mem pengaruhi permukiman.
Instruksi mereka biasanya meliputi koleksi keamanan General average dan
keamanan penyelamatan dan mungkin bertanya pada mereka untuk mempersiapkan
laporan klaim terhadap pihak ketiga dan untuk menangani pembagian recovery dari
pihak ketiga.
(Hati-hati)
Para pemilik sebuah kargo yang dimiliki oleh pemilik kapal menyusul tindakan General average harus memberikan pada umumnya keamanan average kalau ada barang yang akan dirilis. Keamanan ini sebenarnya disediakan oleh perusahaan asuransi kargo di bawah jaminan standar yang diberikan oleh Institute cargo clause.
Para pemilik sebuah kargo yang dimiliki oleh pemilik kapal menyusul tindakan General average harus memberikan pada umumnya keamanan average kalau ada barang yang akan dirilis. Keamanan ini sebenarnya disediakan oleh perusahaan asuransi kargo di bawah jaminan standar yang diberikan oleh Institute cargo clause.
Setiap
pihak yang terlibat dalam klaim laut dapat mengangkat average adjuster. Namun,
terlepas dari identitas pihak average adjuster terikat untuk bertindak secara
imparsial dan independen.
Pengacara
dan pengadilan
Kata
pengacara berfungsi untuk menjamin kedua pengacara dan pegangan tangga. Ada
spesialis pengacara yang telah mendedikasikan mitra berurusan semata-mata
dengan laut serta barang yang di klaim transit. Mereka memberikan nasihat
tentang posisi hukum dari kedua perusahaan asuransi dan terjamin, dan dapat
ditunjuk oleh salah satu. Ketika ditunjuk oleh terjamin sering karena
perselisihan jaminan telah timbul menyusul pemberitahuan dari klaim nilai
besar. Mereka ada untuk membujuk perusahaan asuransi untuk membayar klaim dalam
sengketa, dengan ancaman tambahan tindakan hukum jika perusahaan asuransi tetap
menolak indemnity.Penanggung juga menginstruksikan pengacara untuk bertindak
atas nama mereka di mana mereka telah menolak klaim dan tantangan mereka
meyakinkan penolakan, atau mereka mungkin hanya mencari panduan tentang
sengketa baik dalam klaim atau underwriting.
Pengacara
kadang-kadang terlibat dalam mengejar recovery dari pihak lain diduga telah
menyebabkan kerugian atau kerusakan barang selama berada di perjalanan. Namun,
penggunaannya terbatas pada kasus di mana perselisihan bersangkutan bailee
klaim tersebut. Hal ini karena dua alasan, pertama mereka yang mahal untuk
mempekerjakandan kedua, agen recovery biasanya bekerja atas dasar bahwa mereka diperhatikan hanya jika mereka berhasil dalam
tindakan recovery.
Jika
kasus masuk ke pengadilan, pengacara harus mewakili penggugat. Mereka memiliki
hak-hak penonton sebelum hakim. Tugas mereka adalah untuk bertindak demi
kepentingan terbaik klien mereka, tapi hanya ada satu pemenang yang pernah, dan
itu akan menjadi baik penggugat atau terdakwa. Hakim memutuskan kasus
berdasarkan bukti.
Pengacara
juga menyediakan layanan lain dengan memberikan opini dalam ruang pada poin
tertentu dari hukum yang terkait dengan kasus dalam sengketa. Harapannya adalah
bahwa pendapat yang diberikan akan cukup kuat untuk menghalangi sisi lain tidak
meneruskan kasus ini dan menimbulkan biaya hukum yang tidak perlu.
Setiap
pihak yang terlibat dalam litigasi di pengadilan Inggris, apakah mereka
penuntut atau terdakwa, dapat membuat Bagian 36 Penawaran berdasarkan Civil
prosedure rule (CPR). Hal ini berlaku tekanan pada pihak lain untuk
menyelesaikan perselisihan tersebut sebelum datang hakim. Ini mungkin bermanfaat untuk satu atau
semua pihak yang bersengketa, terutama jika tidak ada pihak memiliki kasus yang
jelas dipotong atau jika salah satu sisi lebih lemah dari yang lain. Tawaran
ini harus dilakukan secara tertulis dan terstruktur dengan cara yang
ditentukan. Jika pihak lain menolak Bagian 36 Penawaran, dan penghargaan
berikutnya oleh pengadilan tidak lebih baik, mereka akan mengeluarkan
biaya-biaya lebih tinggi terkait dengan pergi ke pengadilan tidak perlu,
meskipun kasus mereka berhasil. Dengan demikian, mereka perlu untuk
menyeimbangkan keputusan untuk menolak Bagian 36 Penawaran
hati-hati
terhadap risiko ini.
Metode
lain potensi perselisihan menyelesaikan adalah penggunaan arbitrase. Kebanyakan
menawarkan pengacara saran dan dukungan dalam proses arbitrase dan kedua belah
pihak setuju untuk menerima keputusan arbiter. Polis ini mungkin berisi klausul
arbitrase, memberikan pilihan untuk asuransi dan meyakinkan mereka untuk
merujuk sengketa antara mereka untuk arbitrase.
Agen
Recovery
Agen
recovery adalah perusahaan yang
bertindak sebagai klaim dan agen recovery. Mereka mungkin menjadi terlibat
dalam proses klaim sebelum tahap recovery dengan bertindak untuk mengurangi
kerugian. Mereka dapat mengatur untuk mengambil barang ke tempat penyimpanan
rilis tertunda untuk pemiliknya setiap marine
liability, seperti General average, telah terpenuhi. Masalah jaminan General
average oleh asuransi kargo, atau penerimaan deposit moneter dari pemilik
barang, akan membawa pelepasan barang. Dimana para penjarah mengambil barang
dari lokasi bangkai kapal, agen recovery dapat bertindak untuk memulihkan
barang curian. Tindakan tegas oleh agen recovery secara signifikan dapat
mempengaruhi biaya akhir dari klaim dan mengurangi apa yang sebaliknya akan
menjadi kerugian besar.
(Contoh)
Napoli MSC rusak selama cuaca
buruk dan, setelah kru dievakuasi,
adalah terdampar oleh penjaga pantai tidak jauh dari pantai di Devon, Inggris.
Banyak dari kontainer yang jatuh ke laut dan mereka dan isinya mendarat di
pantai. Para penjarah turun dan mencuri banyak item dari reruntuhan, termasuk
sepeda motor merek baru. Beberapa perkiraan menyatakan bahwa para penjarah
meningkatkan biaya kerugian sebesar 800%. Hilangnya barang terpengaruh produksi
di manufakturunit yang jauh seperti Afrika Selatan.
Layanan
yang ditawarkan oleh perusahaan khas agen recovery meliputi:
·
perlindungan cepat dan efektif asuransi
'dan operator' kepentingan
·
investigasi, penilaian, penyesuaian, negosiasi
dan penyelesaian liability klaim
·
mengejar indemnity / recovery klaim terhadap
operator lain
·
survei jasa
·
pencegahan kehilangan, dan
·
konsultasi.
(pertanyaan
3)
Sesuaikan
ahli berikut dengan layanan yang mereka sediakan.
Surveyor Memberikan opini secra
hukum pada jaminan polis
Agent recovery Invigasi klaim
Pengacara menangani
klaim yang melibatkan pengorbanan
General Average
Average
adjuster mememindahkan
kargo ke tempat penjagaan yang
aman dan menunda untuk membebaskan mereka kepada pemiliknya
Peran surveyor, Average adjuster, pengacara dan pengadilan Penyelesaian klaim asuransi Pengangkutan
4/
5
Oleh
sudarno hardjo