Wednesday, 22 June 2016

Manajemen bisnis Asuransi


Komposisi Boad of Director ( BOD )
               Shareholder dari perusahaan publik menetapkan direktur dari dewan direksi dan memilih seorang Pimpinan dari anggotanya . 
               Tugas Pimpinan memastikan pertemuan berjalan sesuai dengan kebutuhan dan efisien .
               Mewakili perusahaan dalam interaksi dengan dunia luar .

Jenis Direktur
1.            Executive Director
            Bekerja full time  dan bertanggung jawab menjalankan bisnis perusahaan . Dewan direksi menetapkan salah satu executive director yang akuntable menjalankan perusahaan dari day – to day – basis dan sering diketahui sebagai Chief Executive Officer ( CEO ).
2.  Non Executive Director
            Bekerja part time dan dipilih atas keahlian khusus dan tidak muncul dalam susunan manajemen Eksekutif perusahaan . Kehadiran dalam pertemuan dewan direksi dan sebagai anggota dari sub – komite untuk memberikan pandangan secara independent seperti audit , manajemen remunerasi , risk manajemen .

Dalam  kaitan  dengan  pengembangan tata  kelola  manajemen  perusahaan asuransi, tanggung jawab hukum dari direksi perusahaan selain peran stratejik. Memastikan Executive Director dan senior management menjalankan kepentingan Shareholder dan melaksanakan bisnis sesuai peraturan pemerintah
1.            Menyetujui laporan perusahaan dan akuntansi, annual budget, strategi dan other important plan .
2.            Selecting, appraising,rewarding CEO dan memastikan succession planning .
3.            Melihat proses analisa risiko dan memastikan tindakan mitigasi terhadap risiko .
Memastikan perusahaan terintegrasi dengan prinsip – prinsip dengan baik Seperti Akurasi laporan keuangan , pemenuhan legal dan regulasi serta dengan peraturan etika standard perusahaan

Board of Directors (BOD)
Bertanggung jawab terhadap kebijakan perusahaan secara menyeluruh (termasuk menetapkan kebijakan strategis utk mencapai tujuan perusahaan) Þ strategic role
Legal responsibility/ role:
1          beritikad baik/ jujur
2          bertindak hati-hati, teliti & didasarkan keahlian yg dimiliki
3.         mengawasi pembuatan & distribusi laporan keuangan perusahaan
4.         memastikan perusahaan mematuhi peraturan hukum yg berlaku

BOD bertanggung jawab kepada pemegang saham, hak & kewajiban BOD dituangkan dlm company’s articles of association/ written partnership agreement. 

Senior Executive
Memiliki “ cabinet responsibility “ untuk mengembangkan strategi perusahaan yang akan didiskusikan di Board .

Board menyiapkan dokumen yang tersusun dimana masalah sebagai cadangan untuknya dan didelegasikan kepada CEO dan member lainnya Tim Senior Executive

1          CEO / Managing Director
               Hubungan antara board dan manajemen dari perusahaan adalah CEO atau Managing Director ( atau GM dengan kedudukan di board jika tidak managing director ).
               Sama seperti direktur , bertanggung jawab fungsi bisnis dan day – to – day aktivitas perusahaan .

2          Finance Diirector & Company Secretary
Direktur keuangan (FD), kadang-kadang disebut sebagai chief financial
 officer, biasanya akan menjadi anggota tim eksekutif senior dan biasanya tetapi tidak harus seorang direktur perusahaan. FD biasanya akan memiliki tanggung jawab untuk, atau setidaknya berpengaruh secara signifikan, sebagai berikut:
                 Model ekonomi modal untuk membantu dalam penentuan tingkat yang sesuai modal bagi perusahaan untuk menahan.
                 Stres dan pengujian skenario untuk membantu dalam penentuan jumlah risiko ekstrim perusahaan dapat dikenakan.
                 Proposal ke dewan pada bentuk modal untuk menahan selain modal ekuitas, seperti utang subordinasi
                 Persiapan kertas untuk papan untuk membantu dalam penentuan tingkat yang tepat untuk membayar dividen kepada pemegang saham.
                 Membuat rekomendasi kepada dewan pada tingkat yang sesuai ketentuan klaim untuk menahan.
                 Persiapan rekening hukum perusahaan untuk disetujui oleh dewan dan
pemegang saham
                 Membuat presentasi untuk, dan mengelola hubungan dengan analis investasi yang menyiapkan laporan kinerja perusahaan dan pemegang utang perusahaan.
                 Persiapan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh FSA dan menjadi salah satu utama kontak FSA telah dengan perusahaan.
                 Persiapan informasi manajemen, seperti indikator terkemuka keuangan
kinerja, untuk tim eksekutif dan dewan.
                 Pengelolaan utang, likuiditas arus kas, dan hal-hal treasury.
                 Pengelolaan portofolio investasi.
                 Pengelolaan aspek keuangan dari proses perencanaan, proses anggaran dan
memperkirakan proses.
                 Persiapan untuk ulasan oleh lembaga pemeringkat.
                 Persiapan dan perencanaan untuk audit eksternal wajib dilakukan oleh independent auditor.
                 Manajemen proses akuntansi reasuransi.

3          Company Secretary
Companies Act tahun 2006 mewajibkan semua perusahaan publik untuk memiliki sekretaris perusahaan, meskipun perusahaan swasta tidak perlu memiliki satu. Lihat bab 4, bagian C3 untuk detail lebih lanjut tentang peran sekretaris perusahaan.
4          Chief Actuary
Status Chief actuary ditetapkan di Life Insurer . Dalam perkembangannya actuary dipekerjakan di Non Life Business . 
Tanggung jawab chief actuary  :
1.         Perhitungan kerja secara tekhnik baik produk baru dan existing .
2.         Menghitung cadangan klaim
3.         Menghitung persyratan RBC
4.         Analisa resiko investasi dan dana untuk mendukung  cadangan tekhnik

hal Management actions
1.            Planning
Sebuah proses kelanjutan dan ulangan yang dibuat berbeda pada fase yang banyak .
Meliputi sumber fisik, alokasi taggung jawab, waktu dan anggaran dan tujuan dari hasil pencapaian harus jelas. 

2.            Organising
Berhubungan dengan proses perencanaan,pengorganisasian sumber aset dan manusia dengan sepenuhnya dan membantu dlm mencapai tujuan bisnis dengan kerangka waktu yang telah disetujui.

3.          Leading
Adanya hubungan antara leadership dan management, keterampilan leadership dan management efektif.
Perbedaan manager dan karyawan lain dengan organisasi yang faktanya diharapkan mengatur subordinatnya meskipun organisasi memiliki struktur “flat” managemen (struktur tidak sesuai dengan model hirarki)
Salah satu aspek yang penting dalam leadership adalah akuntabilitas . Keputusan seorang leaders merupakan tanggung jawab atas aktualisasi diri dari organisasi atau bagian yang bersumber bahan atau sdm dan hasil dari keputusan.

4.            Controliling
Setiap perencanaan membutuhkan pengawasan  dan salah satu aturan manager melakukan monitoring dan evaluasi setiap progressnya.

sumber Komponen Bisnis
1.            Material Resources
Sumber bahan termasuk fisik seperti pabrik, peralatan, tempat / ruang kantor, kendaraan dan peralatan modal seperti sistim informasi .

2.            Financial Resources
Sumber keuangan untuk mengumpulkan dana yang tersedia bagi manager untuk melaksanakan operasional ( day to day ) .

3.          Human resources
Sdm dimana orang bekerja untuk perusahaan secara permanen, sementara, full time atau part time dan bekerja secara langsung atau tidak langsung .
Kemampuan dalam mengelola personal menjadi penting sehingga diperlukan peningkatan ketrampilan manajemen .
Khususnya masalah demokrasi sosial dimana seseorang membutuhkan kepastian , kebebasan dan hak dalam perlindungan pada saat kerja .

 peran  Individual Manager’s
Manager membutuhkan ketrampilan baru terkait dengan perubahan pola pekerjaan, teknologi baru dan deregulasi secara perlahan baik domestik dan internasional .
a.             Earing the respect of subordinates & colleagus
                        Sesuai dengan perubahan ke arah demokrasi maka manager harus mampu memberikan jawaban kepada subordinatnya baik sekarang ata yad .

b.         Focusing On Customer
                        Manager harus lebih memperhatikan atas dampak keputusannya terhadap nasabah yang potensial .

c.         Multi – Tasking
Manager dapat memanfaatkan atas kemajuan teknologi seperti sistim penyimpanan data, cara berkomunikasi, dan mudah dalam mengakses komunikasi .

d.         Mobility and Global Out – Look
                        Manager diharapkan dapat menjalankan bisnis dalam situasi ekonomi yang berbeda , budaya dan lingkungan keuangan .

            karakteristik dari komunikasi internal agar dapat berjalan efektif. (sept 2012 no 3)

            Ciri – ciri komunikasi yang efektif
1.            Akurat
2.             Jelas
3.             Relevan
4.             Realitas
5.             Kredibilitas
6.                        Batasan waktu yang jelas

Dalam kaitan degan Komunikasi Internal, jenis saluran komunikasi dan contoh masing-masing.
1.         electronic/interactive contoh : intranet, electronic mail dan web sites.
2.         face to face contoh : diskusi informal, rapat staf dan formal team briefings.
3.         one way contoh : notice board, audio/video cassettes staff handbooks, publikasi, buletin mingguan, company nessletters.

 Kendala  dan  manfaat komunikasi efektif
:
Kendala komunikasi effektif
1.             Sifat alamiah / ketakutan / tidak percaya diri .
2.             Pengetahuan yang memiliki kekuatan
3.             Masalah bahasa dan waktu
4.             Pelatihan
5.             Gagal menemukan kebutuhan
6.             Ketidakmampuan dalam mendengar

Manfaat komunikasi efektif
1.             Membawa perubahan budaya dan struktur bisnis yang cepat
2.              Mendorong staf bisa bekerjasama dan memiliki inovasi .
3.             Memastikan ada relevansi dengan staf sesuai sasaran perusahaan .

Team Leader yang efektif
1.             The Task : Kebutuhan utama dalam memperoleh pekerjaan .
2.             The Team : Kebutuhan membangun satu tim yang kuat
3.            The Individual : Adanya variasi kebutuhan memberikan motivasi untuk melakukan tindakan yang memuaskan

tambahan ketrampilan Staf
1.             Respon positif untuk berubah
2.             Flexibilitas dan dapat beradaptasi
3.             Memiliki inisiatif
4.             Dapat berorganisasi  dan mengatur waktunya sendiri secara efektif .

            Dalam kaitan dengan Gaya Manajemen (Management Style), model manajemen dan karakteristiknya.
1.            Open Door
                        Manager dapat ditemui oleh staf setiap saat
2.         Autocratic
                        Pengawasan dan kemampuan kecil dilakukan oleh individu . Seperti Chief Excecutive
3          Paternalistic
                        Perusahaan melihat seperti ketika karyawan bekerja seperti cara kebapakan , karyawan patuh kepada Manager perusahaan , seperti seorang anak patuh kepada orang tuanya
4.         Militaristic / Hierarchical
                        Manajemen dibentuk dengan cara formal dengan batasan pekerjaan yang jelas
5.         Democratic / Consultative
                        Keputusan diambil dari  referensi banyak Staf yang positif sebelumnya .

Related Posts

Manajemen bisnis Asuransi
4/ 5
Oleh