A Persepsi Risiko dan
evaluasi
Seperti tercantum dalam bab sebelumnya, semua barang
yang terkena berbagai bahaya selama perjalanan dari penjual ke pembeli.
Beberapa risiko yang umum untuk semua barang, sementara penyebab lainnya
seperti penanganan kerusakan dan pencurian lebih relevan untuk jenis barang
tertentu, sementara yang hampir tidak material terhadap orang lain. Kita juga
telah melihat bahwa barang menghadapi bahaya yang berbeda tergantung pada
apakah mereka sedang diangkut melalui darat atau laut. Pada tahap berikutnya
dari diskusi kita persepsi risiko, kita akan mulai dengan studi tentang ancaman
terhadap barang dari bahaya laut.
A1 Bahaya
alam - laut
Semua barang, dari jenis apapun, yang dilakukan di
atas udara , tunduk pada kekuatan alam. Laut di seluruh dunia menjadi sangat kejam.
Tidak peduli apa sifat kargo, atau di mana bagian dari kapal mereka disimpan,
barang berada dalam kekuasaan laut, yang dapat mencuci mereka dari kapal atau
bahkan membanjiri kapal sama sekali, menyebabkan ia tenggelam.
Setiap pengangkutan melalui laut menghadapkan kapal,
kargo dan pengangkutan untuk cuaca yang terjadi secara alami dan kondisi fisik,
seperti badai, petir, salju, es, kabut, pasang surut, batu, gumuk pasir,
letusan gunung berapi dan gempa bumi bawah laut. Kita tahu dari sejarah bahwa letusan
gunung berapi dan gempa bumi bawah laut dapat menyebabkan gelombang besar
tsunami, yang menguasai hampir segala sesuatu di jalan sampai kekuatannya
dihabiskan. Semua bahaya membentuk dasar dari asuransi Marine dan, di bagian
ini, kita akan membahas bahaya utama yang mempengaruhi kargo dan pengiriman.
Kami juga mengidentifikasi daerah dan musim di mana bahaya ini biasanya
terjadi.
A1A
Kabut
Kabut terdiri dari tetesan udara uap ditangguhkan di Udara di dekat laut. Dalam
icing musim dinginkondisi, kabut musim dingin padat mengandung partikel es. Ini
bisa sangat berbahaya jikadiizinkan untuk membangun di suprastruktur kapal,
karena dapat menyebabkan kapal menjaditidak stabil, berguling dan tenggelam.
Risiko utama dengan kabut tabrakan antara kapal dangrounding. Kabut adalah
bahaya tertentu di Atlantik Utara di Newfoundland dan Labrador, di mana arus
Labrador dan Arus Teluk bertemu, serta dari Greenland, yang secara teratur
kabut terikat.
A1B
Arus
Arus adalah badan udara yang mengalir di driections tertentu dan pada
kedalaman yang berbeda. Arus permukaan dapat bergerak pada kecepatan hingga
beberapa mil laut per jam (satu mil laut per jam setara dengan satu simpul).
Tergantung pada arah dan kekuatan, saat ini dapat mendorong sebuah kapal
tentunya, lambat turun atau mempercepatnya. Arus yang kuat, seperti yang
ditemukan di lepas pantai selatan Afrika, meningkatkan risiko terdampar dan
landasan.
A1C
Cuaca Berat
Cuaca Berat terdiri dari laut dan angin yang kuat.
Mereka adalah musuh pelaut tertua dan paling tangguh. Pasukan mereka sehingga
dapat menyebabkan kapal pecah atau, pada kondisi kurang serius, cuci marine
cargo, merusak dalam palka dan kontainer atau menyebabkan bergeser, membuat
kapal berbahaya tidak stabil.
A1D Es
Es adalah ancaman yang signifikan untuk pengiriman
tetapi, tidak seperti cuaca berat, ancaman adalah lebih bertahap. Ini terbentuk
di superstruktur kapal sampai mencapai titik kritis, menyebabkan kapal menjadi
tidak stabil sebagai berat es terakumulasi di atas permukaan udara . Jika kapal
menjadi terjebak di perudara an beku itu mungkin akhirnya akan hancur.
Gunung es adalah fragmen yang telah memisahkan diri
dari gletser di Kutub Utara atau Antartika dan telah terbawa oleh arus di laut.
Es adalah ancaman signifikan di Atlantik Utara, Baltik, Laut Utara, Pasifik
Utara, Arktik, Antartika dan Laut Bering.
(Contoh)
RMS Titanic tenggelam setelah bertabrakan dengan gunung es yang besar sementara pada pelayaran perdananya dari Southampton ke New York pada April 1912. Sampai kecelakaan itu ditemukan pada tahun 1985, secara umum percaya bahwa gunung es telah menyebabkan luka lama di lambung, sepanjang garis udara , tetapi survei berikutnya dari bangkai kapal di dasar laut menunjukkan luka tidak. Paku keling memegang piring lambung kapal bersama-sama telah gagal di bawah tekanan tumbukan, membuka ke laut. Dia terletak, dalam dua bagian, sekitar 600 kaki terpisah, beberapa 12.600 kaki di bawah 375 km sebelah selatan timur dari St John, Newfoundland dan 1.000 km sebelah timur karena dari Boston, Massachusetts.
RMS Titanic tenggelam setelah bertabrakan dengan gunung es yang besar sementara pada pelayaran perdananya dari Southampton ke New York pada April 1912. Sampai kecelakaan itu ditemukan pada tahun 1985, secara umum percaya bahwa gunung es telah menyebabkan luka lama di lambung, sepanjang garis udara , tetapi survei berikutnya dari bangkai kapal di dasar laut menunjukkan luka tidak. Paku keling memegang piring lambung kapal bersama-sama telah gagal di bawah tekanan tumbukan, membuka ke laut. Dia terletak, dalam dua bagian, sekitar 600 kaki terpisah, beberapa 12.600 kaki di bawah 375 km sebelah selatan timur dari St John, Newfoundland dan 1.000 km sebelah timur karena dari Boston, Massachusetts.
A1E
Gunung berapi dan tsunami
Ketika gunung berapi meletus mereka puing mandi,
abu, batu dan udara super panas untuk
mil sekitar, sering disertai dengan aliran lava cair . Ketika Krakatau meletus
pada tahun 1883 kekuatan itu begitu besar sehingga kapal sekitar 130 mil
jauhnya dicover abu. Gelombang tekanan atmosfer dari ledakan tersebut dicatat
sebagai mengelilingi dunia sebanyak tujuh kali. Letusan gunung berapi adalah
salah satu penyebab tsunami, penyebab lainnya adalah gempa bumi bawah laut.
(Contoh)
Sebuah demonstrasi jelas dari kekuatan tsunami terjadi pada 26 Desember 2004. Sebuah subduksi disebabkan, megathrust gempa bawah lepas pantai barat Sumatera, Indonesia dipicu serangkaian tsunami di sepanjang pantai daratan yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Gelombang hingga 30 meter dibanjiri society pesisir, menewaskan hampir 230.000 orang di sebelas negara.Meskipun itu adalah salah satu bencana alam paling mematikan yang tercatat dalam sejarah dari segi kehidupan manusia, itu memiliki dampak minimal pada pengangkutan dan asuransi lambung. Namun, mudah untuk melihat bagaimana menghancurkan itu bisa saja untuk industri dan perdagangan jika itu terjadi di dekat area manufaktur besar, atau ke pusat perdagangan utama keuangan.
Sebuah demonstrasi jelas dari kekuatan tsunami terjadi pada 26 Desember 2004. Sebuah subduksi disebabkan, megathrust gempa bawah lepas pantai barat Sumatera, Indonesia dipicu serangkaian tsunami di sepanjang pantai daratan yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Gelombang hingga 30 meter dibanjiri society pesisir, menewaskan hampir 230.000 orang di sebelas negara.Meskipun itu adalah salah satu bencana alam paling mematikan yang tercatat dalam sejarah dari segi kehidupan manusia, itu memiliki dampak minimal pada pengangkutan dan asuransi lambung. Namun, mudah untuk melihat bagaimana menghancurkan itu bisa saja untuk industri dan perdagangan jika itu terjadi di dekat area manufaktur besar, atau ke pusat perdagangan utama keuangan.
A1F
Bahaya laut lain
Sandbanks menipu sebagai tindakan
arus pasang surut dan mereka bisa berubah, menghalangi apa yang sebaliknya
saluran yang jelas hanya beberapa minggu sebelumnya. Semakin lama sebuah kapal
terjebak pada gosong, semakin besar bahaya untuk kedua lambung dan kargo dari
tindakan-tindakan angin dan gelombang. Ini mungkin begitu parah sehingga
lambung mengalami kerusakan struktural, yang menyebabkan hilangnya kargo
Rocks biasanya tidak bergerak,
tetapi yang baru kadang-kadang muncul ke permukaan setelah aktivitas gunung
berapi.
Tides pasang surut selama
beberapa jam karena posisi relatif dan orbit bumi, bulan dan matahari,
menghasilkan kekuatan sentrifugal dan gravitasi. Perubahan udara pasang dapat menyebabkan kapal menjadi
terdampar. Pilihan yang umum adalah untuk menunggu gelombang berikutnya ketika
upaya akan dilakukan untuk mencoba mengapung liburnya tanpa tekanan ekstra atau
regangan. Namun, tergantung pada seberapa cepat iamacet, kadang-kadang mungkin
perlu untuk meringankan muatan nya dengan pembongkaran beberapa atau semua
nyakargo ke kapal lain.
(Pertanyaan
1)
Apa dampak
dapat memiliki arus di sebuah kapal di laut?
A2
Unnatural bahaya laut
A2A
Api
Sebuah api dilaut dapat merusak dan destruktif
sebagai salah satu bahaya alam. Api biasanyadimulai oleh kegagalan listrik atau
mekanis dalam mesin kapal, yang menyebar pada kargo. Atau, berasal di salah
satu kargo dan menyebar ke barang lainnya. Hal ini dicover baik dengan
referensi khusus untuk itu dalam klausa seperti Institute Cargo Clause (B) dan(C) atau dengan tidak
dikecualikan oleh Institute Cargo Clause
(A), yang memberikan perlindungan terhadap segala risiko kerugian atau
kerusakan.
Dengan cara yang sama, ketiga klausa menjamin risiko
kerusakan akibat ledakan. Lembaga CargoKlausul (B) dan (C) 1/1/09 menyebutnya
secara khusus dan datang dalam definisi semua risiko dalam Institute Cargo Clause (A) 1/1/09.
A2B Pembajakan (Piracy)
Pembajakan telah lama menjadi salah satu ancaman
bagi perdagangan maritim. Pada saat menulis dunia telah mengalami peningkatan
yang signifikan dalam pembajakan, khususnya di lepas pantai Afrika Timur dan di
Samudera Hindia. Tujuan tradisional adalah untuk mencuri uang kapal membawa
membayar upah dan persediaan pembelian di pelabuhan di luar negeri. Namun,
dalam beberapa tahun terakhir telah bergerak ke arah memegang kapal dan awaknya
sampai uang tebusan telah diperhatikankan.
Pengadilan Banding penilaian bulat di Masefield AG v
Amlin, disampaikan pada bulan Januari2011, menguatkan putusan sebelumnya di
pengadilan pada tingkat pertama, dan menegaskan dua hal penting hukum dalam
kasus pembajakan:
·
tidak
bertentangan to.pay polis publik tebusan untuk pembajak untuk membebaskan kapal
dan krudipegang oleh mereka, dan
·
penangkapan
dan penyitaan kapal tidak dengan sendirinya merupakan suatu Kerugian Total
Aktual (ATL) daribaik kapal atau muatannya. Para pemilik kapal atau barang
tidak dapat digambarkan sebagaiyang telah irretrievably kehilangan properti
mereka.
Rix LJ menyimpulkan:
kejang pembajakan dalam keadaan kasus ini di mana
tidak ada hanya kebetulan, tetapi kemungkinan kuat, bahwa pembayaran sejumlah
relatif kecil, dibandingkan dengan nilai kapal dan kargo, akan mengamankan recovery
dari keduanya, bukan jumlah aktual kerugian. Itu bukan kekurangan bisa
diperbaiki dari properti. Itu adalah typical'wait dan situasi lihat '.
Anda juga harus mencatat bahwa pembayaran uang
tebusan suara General average, sehingga memungkinkan pemilik kargo untuk indemnity
oleh perusahaan asuransi yang berhubungan dengan hal tersebut liability GA.
Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa harus
ada perbedaan yang jelas antara bajak laut dan teroris. Setiap pembayaran ke
teroris atau organisasi teroris adalah ilegal. Inilah sebabnya mengapa penting
bahwa negosiator terampil digunakan ketika berhadapan dengan pembajakan, karena
mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk mengidentifikasi perbedaan
kadang-kadang run off antara bajak laut dan teroris.
Akhirnya, para pemohon meninggalkan klaim mereka
untuk Kerugian Total Konstruktif (CTL) pada hari pertama sidang banding,
sehingga menerima bahwa penangkapan kapal dan muatannya oleh bajak laut bukan
merupakan sebuah CTL.
A2C
Kerusakan karena Penanganan
Barang yang rentan terhadap kerusakan selama
penanganan pemuatan, penyimpanan, pembongkaran dan pemindahan. Jaminan ini
berlaku berdasarkan Institute Cargo
Clause (A), sementara lebih jaminan ketat diberikan di bawah klausa (B).
A3
Kehilangan atau kerusakan selama
transit darat
Pada keseimbangan, asuransi lebih terkena bill yang
timbul dari bagian tanah transit,terutama di mana ini adalah dengan jalan
kendaraan, daripada dari bagian laut. Jumlah lalu lintas jalan kecelakaan
secara signifikan lebih besar dari insiden tabrakan, terdampar, terbalik dan
tenggelam di laut. Oleh karena itu benar untuk mengatakan bahwa barang dibawa
dengan jalan umumnya terkena risiko lebih besar kerusakan. Risiko utama untuk
barang-barang di sebuah perjalanan darat , bagaimanapun, adalah pencurian, dan
kami akan membahas ini terlebih dahulu.
A3A Pencurian
Pencurian mewakili sebagian besar dari klaim dengan
nomor kedua dan dengan jumlah biaya asuransi. Barang konsumen dan pakaian,
khususnya, sangat pencurian menarik, seperti juga barang-barang yang berharga,
meskipun nilai intrinsik tidak selalu diperlukan.
(Contoh)
Meskipun rokok tidak terlalu berharga sehingga tidak intrinsik pencurian menarik, tingginya tingkat tugas Pemerintah yang dibebankan pada mereka di Inggris (mewakili sekitar 80% dari harga total) membuat mereka sangat mudah untuk menjual jika tugas ini tidak ditambahkan ke penjualan harga. Jadi mereka sangat menarik bagi pencuri, yang dapat membuangnya dengan cepat dengan keuntungan yang baik.
Meskipun rokok tidak terlalu berharga sehingga tidak intrinsik pencurian menarik, tingginya tingkat tugas Pemerintah yang dibebankan pada mereka di Inggris (mewakili sekitar 80% dari harga total) membuat mereka sangat mudah untuk menjual jika tugas ini tidak ditambahkan ke penjualan harga. Jadi mereka sangat menarik bagi pencuri, yang dapat membuangnya dengan cepat dengan keuntungan yang baik.
Jika kita dibagi pencurian ke dalam berbagai metode
yang digunakan oleh pencuri, kita akan melihat sejauh mana eksposur sebuah
asuransi selama pengangkutan barang pada kendaraan jalan. Pencuri menggunakan
berbagai metode untuk barang bagian dari pemilik mereka yang sah, dan pencurian
dapat berupa:
·
Dari
kendaraan tanpa pengawasan
·
Dari
menghadiri kendaraan, misalnya selama pengisian bahan bakar
·
Sementara
pengemudi tidur di kendaraan
·
Dengan
penipuan (penerima barang palsu)
·
Dengan
trik (yang berguna 'yang lewat')
·
Dengan
ancaman kekerasan atau kekuatan yang sebenarnya membajak
·
Selama
pemuatan atau pembongkaran
·
Dengan
driver atau karyawan lainnya
·
Dengan
kolusi driver dan
·
'tikungan'
pencurian.
Di Star Api Berlian Y. Malaikat Ltd (1962) Master
kemudian dari Rolls, Tuhan Denning, mengatakanbahwa kendaraan yang dihadiri
jika pengemudi sudah di depan mata itu dan dalam posisi untuk melakukan sesuatu
tentang segala upaya pencurian atau dari kendaraan. Oleh karena itu, seorang
sopir yang tidak memenuhi duapersyaratan tidak hadir pada kendaraan. Menurut
definisi, kendaraan tanpa pengawasan. Jika kita melihat situasi di mana driver
yang tertidur di kendaraan dalam terang penghakiman ini, adaalasan untuk
mempertimbangkan kendaraan tanpa pengawasan. Seorang pengemudi tidur jelas
tidak memiliki melihat kendaraan dan tentu tidak dalam posisi untuk melakukan
sesuatu untuk mencegah pencurian kendaraan ataunya isinya. Namun, beberapa
perusahaan asuransi menerima tidur driver di kendaraan sebagai menawarkan
tingkatperlindungan ekstra terhadap pencurian, sedangkan yang lain bersikeras
bahwa pengemudi harus hadir waspada di atasnya.
Hal ini tampaknya signifikansi utama untuk haulage
contrantor’s liability insurance, tetapi itu adalah, pada kenyataannya, yang
sangat penting kepada pemilik barang dicuri dari jalan yang membawa
kendaraanatau kepada perusahaan asuransi kargo dipanggil untuk membayar seperti
kerugian. Penerapan tes ini akan menjadikritis faktor yang memungkinkan
perusahaan asuransi kargo untuk memulihkan terhadap kontraktor pengangkutan.
Sebaliknya dapat menyangkal asuransi kesempatan untuk pulih dengan memlet
kontraktor pengangkutan untuk sukses dengan defence yang menunjukkan itu tidak
lalai. Ini menekankan pentingnya mengatur asuransi kargo untuk kepentingan
pemilik barang.
'Putaran sudut' pencurian menjelaskan metode dari
pencurian dengan penipuan. Sopir, sampai pada suatu alamat pengiriman,
terpenuhi di luar oleh satu orang atau lebih, berpakaian seolah-olah bekerja di
sana, lengkap dengan clipboard. Orang-orang ini menyarankan pengemudi untuk
mengambil muatan mereka di tikungan kegudang melimpah karena gudang utama sudah
penuh. Sopir memberikan barang ke dalam gudang meluap dan catatan pengiriman
ditandatangani. Sopir melanjutkan perjalanan mereka, berpikir mereka telah
membuat pengiriman sukses. Sayangnya kebenaran adalah sangat berlawanan, mereka
telah menyerahkan barang ke dalam pengamanan orang-orang yang tidak berhak
menerimanya. Pada saat tipu muslihat tersebut ditemukan barang akan telah
dihapus dari gudang 'overflow' dan dibuang dengan cara persaudaraan kriminal.kecelakaan
Lalu lintas Jalan.
A3B Kecelakaan lalu lintas
Risiko kerusakan dalam kecelakaan lalu lintas lebih
besar dari kecelakaan di laut karena ada kecelakaan lalu lintas jalan lebih
dari ada tabrakan di laut. Apakah kontraktor pengangkutan akan bertanggung
jawab atas kerusakan tersebut, karena dengan penyebab lain dari kerugian atau
kerusakan, tergantung pada keadaan setiap kejadian dan kondisi kontrak yang
berlaku untuk pengangkutan melalui jalan darat.
Ini hanya beberapa dari banyak faktor yang
perusahaan haulage contrantor’s liability insurance memiliki ingatan ketika
mempertimbangkan proposal untuk jenis risiko. Sebagaimana telah kita lihat,
pencurian adalah ancaman utama untuk barang dalam perjalanan jalan, dengan
bukti yang bersifat anekdot menunjukkan itu berjumlah sekitar 40% dari premi
dalam akun haulage contrantor’s liabilityu. Kecelakaan lalu lintas adalah
bagian terbesar berikutnya dari account, diikuti oleh kerusakan lingkungan yang
terkait dan kemudian kehilangan atau kerusakan yang terjadi selama pemuatan
atau pembongkaran yang kontraktor pengangkutan bertanggung jawab.
(Pertanyaan 2)
Apa itu
bulat pencurian sudut?
A4
Air freight
Mengirim barang melalui angkutan Udara
menghadapkan mereka sama dengan kekuatan alam. Dalam hal ini kekuatan alam yang terbatas pada angin
dan badai, hujan, salju dan kabut dan eksposur adalah untukwaktu jauh lebih
singkat. Pengangkutan barang melalui udara, dengan beberapa pengecualian, harus
terbatas pada relatif ringan barang dan menyumbang sekitar 5% dari barang dalam
perjalanan selama salah satutahun. Ini merupakan risiko menarik untuk asuransi marine
cargo, yang hati-hati risiko yang lebih baik dengan memungkinkan diskon hingga
40% dari tarif yang dikenakan untuk sendings permukaan.
A5 Ringkasan
Ini mengakhiri pertimbangan kita tentang risiko yang
dihadapi barang selama transit. Untuk menyimpulkan bagian ini, berikut adalah
ringkasan dari risiko utama untuk barang dalam perjalanan darat, laut atau
udara:
·
Kontak
dengan item eksterior menyebabkan kontaminasi oleh rasa, bau, kualitas warna,,
kutudan kutu
·
Noda
oleh minyak, bahan kimia atau barang lainnya
·
Basah
dari air tawar, air laut, keringat atau
kondensasi
·
Pencurian,
pencurian dan pembajakan
·
Tindakan
angin, matahari hujan, dan gelombang
·
Pengorbanan
General average
·
Perang
dan pemogokan, kerusakan yang disengaja atau penghancuran, kontaminasi
radioaktif
·
Washing
over board
·
Dampak
kerusakan selama gerakan atau selama penanganan, pemuatan, penyimpanan,
pembongkaran, menghancurkan,melanggar longgar selama perjalanan, mengusap,
menggaruk, denting dan memar, runtuhnya menyelundup
·
Tabrakan
kendaraan, kapal atau pesawat Udara yang menyampaikan
·
Tenggelam,
mereda, landasan dan menabrak dari modus yang dipilih dari transportasi
·
Berkarat,
oksidasi dan perubahan warna
·
Memutar
dan membungkuk
·
Kekurangan,
pengiriman pendek, non-pengiriman, hilangnya misterius
·
Hook
atau penanganan kerusakan
·
Inherent
vice
·
Kerusakan
·
Kebocoran,
penguapan, dan
·
Variasi
suhu barang suhu terkontrol.
Persepsi risiko sehari-hari sebagai dihadapi oleh barang-barang yang dalam perjalanan di seluruh dunia darat, laut dan udara, dan bagaimana persepsi yang dievaluasi.
4/
5
Oleh
sudarno hardjo