Suatu perusahaan asuransi membutuhkan
cadangan klaim individu (atau 'kasus cadangan' seperti yang kadang-kadang
disebutkan) untuk
sejumlah alasan. Menggunakan mereka untuk berbagai tujuan di seluruh organisasi :
• Penjaminan
• Manajemen
• Tujuan
akuntansi dan Informasi statistic
• Departemen
aktuaria.
Semua
membutuhkan informasi mengenai cadangan klaim dan penangan klaim kadang-kadang
memerlukan koordinasi dengan rekan-rekan dari setiap atau semua departemen.
Semua kegunaan yang berbeda berarti bahwa penangan klaim harus selalu mengatur
cadangan klaim pada dasar konsistensi terlepas dari subjektivitas yang
melekat tersirat dalam estimasi mereka.
Contoh :
Untuk klaim
bangunan mungkin polis perusahaan asuransi selalu untuk cadangan atas dasar
membangun kembali atau memperbaiki bangunan, meskipun beberapa klaim kemudian
dapat diselesaikan secara tunai
Penggunaan
pertama dan paling jelas dari :
cadangan klaim cukup sederhana untuk memungkinkan perusahaan asuransi untuk
mengatur menyisihkan
uang yang cukup untuk
membayar klaim bila telah jatuh tempo untuk dilunasi. Jumlah cadangan merupakan
bagian dari cadangan teknis pada laporan perusahaan dan account (yang lain
adalah perkiraan statistik untuk klaim masa depan dan risiko belum berakhir
atau premi yang belum merupakan pendapatan, tetapi ini adalah di luar silabus
untuk hal ini). Cadangan teknis biasanya bagian terbesar dari keuntungan setiap
perusahaan asuransi dan laporan neraca laba rugi,
jadi, seperti yang kita lihat dalam bab 4, pentingnya tidak dapat
dilebih-lebihkan.
Anda mungkin ingat kasus Perusahaan Asuransi Independen. Asuransi ini tampaknya berhasil masuk ke likuidasi pada bulan Juni 2001. Sementara ada beberapa alasan untuk kehancurannya (ketua dan dua direktur dipenjara untuk penipuan pada tahun 2007), salah satu penyebab utama adalah kegagalan merekam cadangan yang tepat untuk klaim yang masih besar. Perusahaan tidak memiliki cukup modal untuk memenuhi liability luar biasa dan begitu gagal.
Cadangan klaim juga menyediakan perkiraan kemungkinan biaya klaim individu. Dengan demikian memberikan indikasi keseriusan klaim dan membantu pembuatan
keputusan lainnya, seperti menentukan apa yang akan menjadi jumlah yang proporsional untuk dibelanjakan pada penyelidikan eksternal atau saran. Manajemen senior juga bisa mendapatkan indikasi pentingnya. Ini akan membantu mereka memutuskan bagaimana mengatasinya dan menetapkan ke penangan klaim dengan tingkat yang sesuai wewenang.
Sebuah
cadangan yang telah ditetapkan dengan benar bertindak sebagai panduan untuk
penangan klaim dalam jumlah penyelesaian yang tepat dari klaim dan ketika mereka memasuki fase
berikutnya dalam siklus hidup klaim
negosiasi dan penyelesaian. Dengan cara ini cadangan dapat dikatakan
memberdayakan seorang klaim handler untuk mencapai
penyelesaian klaim yang mereka tahu adalah pada tingkat moneter benar, bahkan
jika tidak persis sama dengan cadangan.
Penanggung akan menggunakan cadangan klaim yang beredar serta jumlah yang dibayarkan untuk menilai kerugian dan karena itu mengalami tingkat mereka membebankan pada bisnis. Sebagaimana telah kita lihat mereka juga menjadi masukan penting ke dalam account perusahaan asuransi.
Akhirnya, cadangan klaim akan membantu analisa statistik yang dibutuhkan untuk menghitung ketentuan apa perusahaan asuransi perlu melakukan klaim untuk masa depan belum dilaporkan kepada mereka pada akhir periode akuntansi. Klaim semacam ini disebut klaim Incurred But Not Reported (IBNR) dan aktuaris biasanya memperkirakan nilai dengan menggunakan berbagai teknik peramalan. Hal ini diperlukan untuk mengaktifkan penilaian yang tepat dari keuntungan atau kerugian asuransi. Untuk kasus cadangan aktual berguna untuk latihan ini, penting bahwa mereka seakurat mungkin dan diciptakan dengan cara saling konsisten untuk setiap kelas bisnis
Mengatur cadangan klaim asuransi - Insurance Claim reserved method
4/
5
Oleh
sudarno hardjo