Tujuan yang harus dicapai :
·
Menguraikan
tujuan permintaan survey;
·
Menjelaskan
penggunaan survey dan isi dasar laporan survey dan gangguan usaha;
·
Bekerja
melalui prosedur yang ada dalam pengkajian penerimaan berdasarkan EML dan nilai
pertanggungan;
·
Mengidentifikasi
pertimbangan utama underwriting dalam asuransi harta benda dan kepentingan
keuangan;
·
Menguraikan
apa yang dimaksud dengan suatu profil, resiko standar dan mengidentifikasi penyimpangan
dari profil tersebut,
·
Mendiskusikan
sistem dasar dalam memeriksa resiko fidelity.
Tujuan Permintaan Survey
Tujuan utama permintaan survey adalah
·
Memberikan
suatu pengkajian resiko;
·
Meningkatkan
fitur komersial resiko,
·
Menawarkan
manfaat peningkatan kualitas kepada pihak terkait;
·
Mengembangkan
program pencegahan kerugian.
Memberikan suatu pengkajian resiko
·
Suatu
survey adalah satu-satunya cara yang wajar untuk memastikan semua fakta
material diperoleh untuk diberikan kepada underwriter ¨formulir permohonan seringkali tidak dapat
diandalkan.
·
Petugas
survey akan melaporkan semua yang diperoleh selama kunjungan dengan menanyai
pemohon dan pegawainya, serta melalui observasi.
·
Laporan
biasanya disertai dengan suatu denah untuk membantu underwriter mambayangkan
bagian-bagian premise yang berbeda untuk mengkaji apa yang terjadi di satu
daerah dan bagaimana itu dapat mempengaruhi daerah lain pada saat terjadinya
peristiwa yang dijamin.
·
Petugas
juga akan meminta perhatian terhadap keadaan yang beresiko tinggi dan
mendiskusikan cara mengurangi resiko tersebut, serta melaporkan tanggapan
pemohon kepada underwriter
Meningkatkan fitur komersial resiko
·
Tujuan utama firma industri dan komersial adalah untuk
mendapatkan keuntungan untuk pemilik atau pemegang sahamnya dan berusaha menjaga
kesinambungan bisnisnya agar keuntungan tetap berjalan.
·
Asuransi menolong tercapainya kedua tujuan tersebut dengan keahlian
petugas survey dan underwriter
Ø Perusahaan asuransi dapat memberikan ganti
rugi biaya perbaikan dan kehilangan keuntungan suatu bisnis akibat suatu
kerusakan yang dijamin polis
Ø Mengurangi resiko terjadinya kerusakan
untuk kepentingan kedua belah pihak¨penghematan premi bagi tertanggung dan
biaya klaim bagi penanggung
Menawarkan manfaat peningkatan kualitas bagi semua pihak
Keuntungan bagi pemohon:
·
Pemohon
bisa mendapatkan pertanggungan;
·
Harga
pertanggungan bisa diturunkan;
·
Pengurangan
resiko kehilangan pangsa pasar, pegawai berpengalaman, dan keahlian ’in house’
selama suatu gangguan.
Keuntungan bagi penanggung:
·
Mendapatkan
lebih banyak premi ¨dari resiko yang seharusnya tidak dapat
diterima;
·
Mengurangi
kemungkinan harus membayar suatu kerugian besar,
·
Penggunaan
dan pengembangan keahlian survey dan underwriting dalam perusahaan (in house);
·
Membangun
hubungan dengan nasabah.
Keuntungan bagi pihak-pihak lain:
·
Pegawai
pemohon ¨mendapatkan gaji dan pembayaran klaim gangguan
usaha;
·
Orang-orang
perdagangan ¨yang memiliki hubungan bisnis dengan pemohon
dan pegawainya;
·
Pembayar
pajak ¨tidak harus mendanai pengangguran dan
manfaat lain jika pegawai diberhentikan.
Mengembangkan program pencegahan kerugian
·
Program
pencegahan kerugian dapat mengkombinasikan persyaratan (requirement) dan
rekomendasi (recommendation) untuk memberikan manfaat bagi tertanggung dan
penanggung.
Ø
Persyaratan (requirement) adalah peningkatan atan
kualitas resiko yang harus dilaksanakan agar pertanggungan dapat diberikan;
Ø
Rekomendasi (recommendation) adalah peningkatan
kualitas resiko yang dapat menolong mencegah kerugian dan menghasilkan pengurangan
premi jika dilakukan.
·
Terdapat juga langkah-langkah yang tidak
dibutuhkan untuk membuat resiko diterima, tetapi akan mengurangi jumlah
kerugian jika dilaksanakan, dan yang mungkin memberikan pengurangan premi.
·
Underwriter
dan petugas survey (risk surveyor) umumnya menghasilkan suatu program pencegahan
kerugian dengan:
Ø Menetapkan jenis dan ukuran resiko;
Ø Memutuskan apakah resiko tersebut dapat
diterima;
Ø Memutuskan apa yang perlu dilakukan untuk
membuat resiko tersebut dapat diterima, jika ada;
Ø Menetapkan langkah-langkah pencegahan/pengurangan
kerugian yang beroperasi saat ini;
Ø Menetapkan langkah-langkah
pencegahan/pengurangan kerugian lebih lanjut yang relevan dan dapat
dipraktekkan, dan kemudian
Ø Membangun langkah-langkah
pencegahan/pengurangan kerugian yang ada saat ini untuk membuat resiko dapat
diterima, mengurangi biaya prerni dan/atau memberikan manfaat lainnya.
Peranan Petugas Survey (risk surveyor)
Tugas yang berhubungan dengan underwriter
·
Memberikan
suatu deskripsi mengenai trade dan proses yang dilaksanakan pada premise yang
akan dipertanggungkan.
·
Memberikan
rincian dari setiap proses berbahaya
·
Menggambarkan
konstruksi dari semua unsur konstruksi yang terkait dengan penyebaran
kebakaran. Suatu plan biasanya membantu.
·
Mengkaji
Estimated Maximum Loss atas bangunan, isi bangunan dan stok berdasarkan resiko
yang dijamin.
·
Menggambarkan
dalam bentuk uraian peralatan pendeteksi dan pemadaman kebakaran, alarm pencuri
dan komentar mengenai efektivitas mereka.
·
Menginvestasikan
tindakan-tindakan yang diambil setelah kerugian yang terjadi sebelumnya.
·
Mengomentari
standar manajemen yang berhubungan dengan resiko yang dijamin.
·
Memberikan
pendapat mengenai resiko, biasanya sehubungan dengan resiko yang sama.
·
Apabila
pertanggungan gangguan usaha terlibat, informasi dibutuhkan untuk mendukung
perkiraan EML ¨ deskripsi bisnis dan angka-angka.
·
Membuat
kesimpulan apakah resiko tersebut dapat
diterima atau peningkatan kualitas yang dipertukan ¨ supervisor mempertimbangkan peningkatan kualitas
yang penting, mendiskusikan dengan proposer dan membujuk dan meminta konfirmasi
proposer dengan jadwal untuk implementasi yang disepakati.
·
Petugas
survey dapat menguji efektivitas fungsi peralatan yang berhubungan dengan
pencurian dan kebakaran. Ini dapat termasuk memeriksa gambar dan spesifikasi
dari peralatan tersebut.
Tugas yang berhubungan dengan proposer
·
Proposer
memperoleh nasihat dari yang berpengalaman yang akan membantu mereka mengurangi
resiko yang dihadapi dari peril yang dapat dipertanggungkan ¨ tidak ada bisnis yang menginginkan terjadinya
peristiwa kerugian, karena asuransi tidak akan menjamin semua biaya.
·
Peralatan
pelindung dapat diperiksa, dan khususnya spesifikasi desain dari instalasi
sprinkler juga dinilai.
·
Beban
untuk mendeklarasikan semua fakta material kepada penanggung akan berkurang
bagi proposer ¨ selama tidak ada penyembunyian fakta.
·
Beberapa
penanggung memperhitungkan bagaimana proposer mematuhi hukum keselamatan untuk
mengkaji pendekatan manajemen terhadap resiko ¨ dilihat juga oleh petugas survey.
SURVEY DAN PENGKAJIAN RESIKO - MASTER ASURANSI
4/
5
Oleh
sudarno hardjo