tujuan
asuransi tanggung gugat profesi adalah untuk melindungi orang profesional
terhadap tanggung gugat hukum untuk membayar damages kepada orang-orang yang
menderita kerugian finansial yang timbul dari kelalaian profesional mereka
sendiri atau pegawainya dalam melakukan suatu bisnis.
Tinjauan pasar
Asuransi tanggung gugat profesi telah berkembang
menjadi suatu kelas spesialis dan memasuki profesi yang baru, seperti industri
komputer, telekomunikasi dan sektor pendidikan swasta dan kesehatan.
Sebagai tambahan profesi tradisional juga berkembang
menjadi sektor lain dan berhubungan, misalkan akuntan dan auditor menjadi
konsultan manajemen dan komputer.
Pertumbuhan asuransi tanggung gugat didukung oleh
dua faktor yang berhubungan:
·
kesiapan lebih
banyak orang untuk mencari saran hukum dan terlibat dalam proses hukum untuk
mendapatkan kompensasi daripada sebelumnya
·
persyaratan
yang ditetapkan oleh badan profesional agar anggotanya memiliki asuransi
tanggung gugat profesi sebagai standar minimum.
Bagaimana
tanggung gugat timbul
Ketika
seorang profesional memberikan suatu saran atas masalah yang melibatkan profesi
mereka, mereka harus memberikannya dengan suatu tingkat keahlian yang wajar dan
memiliki informasi yang cukup untuk membuatnya aman dalam memberikan saran
khusus tersebut.
Hukum kasus dan tort
Seorang
profesional memiliki suatu kewajiban kepada pelanggannya untuk melakukan suatu
tingkat keahlian yang diharapkan dari seseorang dalam profesi tersebut. Orang
tersebut tidak harus memiliki keahlian yang tertinggi, tetapi harus dapat
menunjukkan suatu standar ahli biasa dalam profesi tersebut. Contoh kasus Bolam v. Friern Hospital Management Committee (1957).
Berdasarkan kontrak
Salah
satu pesyaratan tersirat (implied terms) dalam kontrak jasa antara seorang
profesional dengan pelanggannya adalah ia memberikan jasa dengan keahlian dan
kehati-hatian yang wajar.
Sebagai
tambahan, tanggung gugat terhadap pihak ketiga dapat timbul sesuai dengan
prinsip Hedley Byrne, dimana tanpa adanya hubungan kontrak terdapat suatu tanggung
gugat untuk penyataan salah yang dibuat secara lalai yang menyebabkan kerugian
finansial atau fisik.
Perundang-undangan
Pertumbuhan
dalam aktivitas profesional dan konsultasi telah diimbangi dengan
perundang-undangan yang dirancang untuk mengatur profesi tertentu dan
melindungi warga negara dan konsumen.
Contoh
bagaimana tanggung gugat timbul dalam profesi yang berbeda
Konstruksi dan harta benda
Arsitek dan insinyur
Arsitek dan insinyur dapat memiliki tanggung gugat hukum
untuk saran yang tidak tepat, pembuatan rancangan yang tidak tepat dan
kesalahan dalam spesifikasi, disain, tender atau kuantitas dan juga pengawasan
yang lalai dalam pekerjaan struktur atau yang lainnya.
Auctioneers, estate agents, surveyors dan
valuers
Risiko
timbul dari survey yang dilakukan terhadap harta benda atau saran yang
diberikan sehubungan dengan penjualan atau pemesanan harta benda. Kewajiban
surveyor tidak hanya untuk melaporkan fakta-fakta tetapi juga untuk
menginterpretasikan penemuan-penemuan tersebut kepada nasabah.
Hukum
Barristers
Dalam
kasus Arthur JS Hall & Co. v. Simons;
Barrat v. Ansell; Harris v. Schofield Roberts & Hill, pengadilan menyatakan
bahwa perwakilan hukum tidak lagi kebal dari tuntutan sipil untuk pekerjaan
mereka sebagai advokat dalam pengadilan.
Solicitors
Kewajiban
solicitors adalah untuk melakukan semua kehati-hatian keahlian yang wajar dalam
dan mengenai bisnis nasabah mereka, tetapi seorang nasabah yang tidak
berpengalaman dapat lebih membutuhkan saran daripada yang berpengalaman.
Salah satu penyebab klaim yang umum adalah kegagalan
solicitors untuk mengambil tindakan hukum yang diperlukan dalam jangka waktu
yang ditetapkan undang-undang.
Obat-obatan
Orang-orang
dalam profesi medis dapat mengalami tuntutan dengan dasar mereka gagal menggunakan
kehati-hatian yang wajar. Walaupun saran atau perawatan yang diberikan adalah
yang terbaik, ada kemungkinan klaim spekulatif oleh pasien yang tidak pulih
secara memuaskan atau secara cepat seperti yang mereka harapkan dan yang
mengimplikasikan bahwa, jika bentuk perawatan lain diberikan, semua akan
menjadi lebih baik.
Keuangan
Akuntan dan auditor
Akuntan
harus mengetahui prinsip umum tentang hukum perusahaan dan persyaratan hukum
dari sertifikat auditor. Jika mereka berlaku sebagai seorang auditor terhadap
pembukuan mana yang harus diaudit berdasarkan persyaratan hukum, mereka harus
mengetahui ketentuan perundang-undangan selama mempengaruhi tugas mereka.
Mereka bertanggung jawab untuk kelalaian jika mereka gagal melihat informasi
yang dibutuhkan dan untuk penipuan, jika mereka membuat pernyataan tanpa
mempermasalahkan atau membenarkan hal itu.
Auditor suatu perusahaan harus membuat suatu laporan
mengenai pembukuan yang diperiksa oleh mereka. Mereka harus menyatakan apakah
neraca keuangan dan pembukuan telah dipersiapkan dengan layak dan apakah, dalam
pendapat mereka, suatu pandangan yang benar dan adil telah diberikan mengenai
keadaan perusahaan pada akhir periode pembukuan dan mengenai keuntungan atau
kerugian perusahaan untuk periode tersebut.
Broker asuransi
Broker
asuransi memiliki kewajiban berhati-hati kepada nasabah mereka dan juga kepada
penanggung dalam menyusun asuransi. Mereka harus melaksanakan instruksi nasabah
mereka dan memberikan mereka saran yang layak. Setiap pelanggaran kewajiban ini
dapat melibatkan mereka dalam suatu tanggung gugat hukum. Pertanyaan kunci yang
menjadi dasar semua aktivitas broker dan penempatan langsung adalah dalam
menetapkan ‘fakta material’.
Profesi dan konsultasi lain
Agen pemasaran dan pengiklanan
Klaim
dapat timbul dari kesalahan seperti kegagalan untuk memperhatikan kesalahan
cetak, gagal memenuhi tenggat waktu, pencemaran nama baik, dan pelanggaran hak
cipta.
Konsultan komputer
Ketergantungan
yang besar terhadap teknologi informasi yang efektif membuat nasabah komersil
dan industri mudah melakukan klaim apabila mereka merasa mereka menerima
pelayanan yang di bawah standar.
Badan riset dan pendidikan
Banyak universitas dan badan riset yang bergantung pada
dana yang diterima dari dunia komersil. Hal ini seringkali diberikan dengan
imbalan untuk riset mengenai teknologi yang paling maju atau inisiatif bersama
dengan industri dalam area yang berisiko tinggi seperti a aeronautika,
obat-obatan dan pekerjaan mengenai binatang.
Telah terjadi peningkatan
jumlah klaim akhir-akhir ini terhadap sekolah, misalkan, kegagalan untuk
mengidentifikasi dan menyediakan kebutuhan murid-muridnya.
Employment agencies
Hal yang perlu diperhatikan adalah apakah employment
agencies tersebut menerima tanggung jawab berdasarkan kontrak dengan perusahaan
pemakai jasanya atas tindakan dari staf yang mereka suplai.
Disain dan saran
industrial
Beberapa perusahaan manufaktur dapat terlibat dalam
suatu risiko saran dan disain, tidak berhubungan dengan penyediaan suatu
produk, dimana mereka menerima bayaran. Mereka mungkin diakui sebagai ahli
dalam suatu bidang tertentu dan siap untuk memberikan saran atau panduan.
Jasa investigasi dan
analisis
Firma yang memberikan jasa investigasi atau yang
melakukan analisa memiliki risiko untuk mengalami klaim apabila penemuan mereka
terbukti tidak akurat. Contoh
aktivitasnya:
·
agen pencari
perusahaan
·
saksi ahli
·
ahli forensik
·
agen pencari
hukum
Telekomunikasi
Ada risiko besar bagi perusahaan telekomunikasi untuk
dinyatakan bertanggung jawab untuk pencemaran nama baik atau libel yang
disiarkan melalui sistemnya, sebagai tambahan terhadap setiap saran yang mereka
berikan yang dapat mneyebabkan klaim untuk kelalaian atau kesalahan.
Penterjemah
Area
problem utama adalah apabila pekerjaan melibatkan penterjemahan pekerjaan
ilmiah dan atau teknis dimana penterjemah harus berkualifikasi dalam pokok yang
diterjemahkan dan juga dengan bahasa yang digunakan.
Tanggung gugat internet
Dengan
penggunaan internet oleh konsumen dan perusahaan, banyak tanggung gugat muncul.
Polis
yang ada di pasar menyediakan penjaminan pihak pertama dan pihak ketiga.
Penjaminan itu antara lain:
·
kerusakan
website tertanggung dari serangan virus internasional
·
kerugian
finansial karena penipuan dengan penggunaan e-mail atau akses yang tidak
berotoritas lain
·
pelanggaran hak
intelektual
·
pencemaran nama
baik
·
hak pribadi
·
penyebaran
virus
Jaminan polis
Wording polis
Klausul penjaminan
Penjaminan diberikan
dengan dasar ‘claims made’ yang berarti selama klaim dilakukan dalam jangka
waktu pertanggungan, tanpa memperhatikan kapan tindakan kelalaian tersebut
dilakukan. Penanggung biasanya sebelum menerbitkan polis akan mempelajari
formulir permohonan yang diajukan untuk melihat apa yang telah terjadi. Klaim
yang sudah terjadi akan dikecualikan dan jika terdapat non-disclosure maka
polis menjadi void. Penanggung dapat juga menerapkan retroactive date.
Pelanggaran kewajiban profesional
Pelanggaran kewajiban profesional dengan alasan kelalaian atau
kesalahan yang terjadi atau dilakukan dengan maksud baik oleh:
tertanggung
pegawai
agen
pendahulu
orang, firma, atau perusahaan lain yang bertindak secara bersama dengan
tertanggung
Tanggung gugat
tertanggung berdasarkan tanggung gugat dalam hukum, yaitu kegagalan untuk
melakukan suatu tingkat keahlian yang cukup, wajar dan kompeten daripada
ketidakjujuran atau penipuan.
Kesalahan dijamin
dengan atau tanpa kelalaian, dengan syarat tidak disengaja dan pada prinsipnya
menimbulkan tanggung gugat.
Tanggung gugat yang
dijamin juga dapat berasal dari partner terdahulu, karena partner bertanggung
jawab secara bersama dan terpisah. Demikian juga dengan perbuatan dari pegawai.
Ketidakjujuran
yang timbul dari ketidakjujuran atau tindakan penipuan atau kesalahan
pada pihak pegawai atau agen
Polis ini juga
termasuk klausul seperti:
libel dan slander
kehilangan atau
kerusakan dokumen
kompensasi untuk
kehadiran di pengadilan
Batas ganti rugi
Batas ganti rugi
adalah batas agregat (aggregate limit) yang berkurang setiap kali terjadi
klaim. Pembayaran biaya dan pengeluaran lain adalah cost inclusive. Kadang kala
dalam polis juga tercantum batas ganti rugi setiap kejadian (single occurrence
limit).
Biaya-biaya lain
Asuransi tanggung
gugat profesi biasanya berlaku risiko sendiri dengan tujuan untuk menghilangkan
klaim-klaim kecil dan memberikan tertanggung keterlibatan finansial dalam
klaim.
Biaya investigasi
klaim tanggung gugat profesi seringkali tinggi, khususnya jika dibutuhkan untuk
mendapatkan laporan independen dari ahli dalam bidang tertentu. Oleh karena itu
biasanya penanggung mempersyaratkan biaya-biaya ini juga dikenakan risiko
sendiri.
Pengecualian polis
risiko sendiri
tanggung gugat untuk
kematian penyakit atau cedera badan dari pegawai ® employers’ liability
tanggung gugat untuk
cedera badan atau kerusakan harta benda pihak ketiga kecuali timbul dari saran,
rancangan, spesifikasi atau kesalahan untuk melakukan kewajiban profesional ®
public & products liability
liquidated damages
konsekuensi dari
setiap keadaan yang diberitahu di bawah polis sebelumnya atau setiap keadaan
yang diketahui tertanggung pada awal pertanggungan yang secara wajar mungkin
menimbulkan klaim
perang
kontaminasi
radioaktif dan sonic bangs
rembesan (luar ke
dalam), polusi atau kontaminasi dalam berbagai bentuknya
Perluasan polis
Pelanggaran warranty
kewenangan yang dilakukan dengan itikad baik
Collateral warranty
Discovery period
Kondisi polis
Pada
umumnya memiliki kondisi-kondisi yang serupa dengan polis tanggung gugat yang
lain, hanya ada satu klausul khusus yaitu Queen’s Counsel. Klausul ini mengakui
adanya posisi khusus dari seorang profesional yang dihadapkan dengan suatu
klaim atau ancaman proses hukum, karena proses hukum seringkali merusak
reputasi profesional mereka.
Seorang
profesional tidak ingin nama mereka dihubungkan dengan suatu tuntutan kelalaian
profesional dan akan melakukan apa saja yang dapat mereka lakukan untuk
memenuhi keinginan si penuntut dalam rangka untuk mencegah kasus tersebut masuk
pengadilan. Hal ini menyebabkan pertentangan kepentingan antara penanggung dan
tertanggung.
Prosedur perpanjangan
·
Tertanggung
mengisi kembali formulir permohonan dengan rincian staf yang diperbarui ® untuk perhitungan premi
·
Tertanggung
melaporkan kejadian yang mungkin menimbulkan klaim di masa mendatang ® perubahan premi dan tingkat risiko sendiri
Formulir permohonan
Rincian setiap partner dan direktur
·
kualifikasi profesional ® penanggung harus memastikan bahwa pemohon berkompeten
untuk profesi tersebut dan ukuran terbaiknya adalah standar yang ditetapkan
oleh badan profesional dalam bentuk ujian kualifikasi
·
tanggal diperolehnya kualifikasi dan usia ® untuk menentukan tingkat
pengalaman profesional sesungguhnya sejak kualifikasi diperoleh
·
periode praktek sebagai seorang partner ® untuk menilai pengalaman
pemohon
·
rincian partner sebelumnya ® harus disediakan jika termasuk untuk dijamin
Jumlah keseluruhan staf lain
Informasi ini dibutuhkan untuk penetapan suku premi
karena premi sebagian berdasarkan jumlah keseluruhan staf.
Aktivitas
·
daftar lima kontrak terbesar yang diambil dalam tiga tahun
terakhir
·
rincian tiga kontrak terbesar yang diharapkan akan diambil
untuk tahun yang akan berjalan
·
koneksi dengan
firma lain
·
keanggotaan
konsorsium atau praktek grup lain
·
deskripsi
aktivitas dan gross fee setiap tahun dalam tiga tahun terakhir – dengan merinci
jika berhubungan dengan AS dan Kanada
·
deskripsi
setiap kontrak dimana partner atau direktur memiliki suatu kepentingan dan
apakah mereka memiliki pengendalian terhadap suatu keputusan
·
pendapatan dari
nasabah terbesar
·
rincian apabila produk akhir berhubungan dengan luar negeri
·
kontrak standar yang digunakan – brosur, dsb
Manajemen risiko
·
Apakah pemohon bekerja berdasarkan suatu kode praktek
profesi?
·
Apakah pemohon memiliki instruksi kerja tertulis atau
daftar pemeriksaan untuk jasa yang disediakan?
·
Apa yang dianggap pemohon sebagai risiko potensial yang
paling signifikan yang berhubungan dengan lapangan pekerjaannya?
·
Apa yang
dilakukan proposer untuk mengurangi risiko tersebut?
·
Seberapa sering
manajemen meninjau prosedur kerja untuk
memastikan kesesuaiannya berkesinambungan dan apa bentuk tinjauan tersebut?
·
Apakah pemohon
diakreditasi dengan IS 9000 atau memenuhi bentuk penilaian eksternal yang lain?
Pengendalian kontrak
ü Apa prosedur yang dilakukan sebelum kontrak diterima
untuk memastikan bahwa:
ü spesifikasi kontrak telah dipenuhi
ü kebutuhan nasabah dapat dipenuhi?
ü Apa catatan yang disimpan mengenai
ü kontrak asli
ü perubahan selanjutnya terhadap kontrak tersebut
ü perjanjian verbal
ü percakapan telepon?
ü Apa langkah yang dilakukan oleh pemohon untuk
meninjau pekerjaan yang dilakukan oleh staf?
ü Apakah proses perekrutan memerlukan surat referensi?
Asuransi sebelumnya
Apakah
pemohon saat ini atau pernah diasuransikan terhadap risiko tanggung gugat
profesi?
Fakta
bahwa pemohon belum pernah diasuransikan dapat mempengaruhi penanggung,
tentunya tergantung, seberapa lama bisnis telah didirikan dan seberapa lama
bisnis tersebut tanpa penjaminan.
Polis
diterbitkan dengan dasar ‘claims made’ dan dapat memberikan penjaminan
retroactive secara penuh. Penanggung harus memastikan bahwa tidak ada dasar
untuk curiga mengenai pembelian asuransi karena adanya kemungkinan klaim telah
dilakukan untuk tindakan kelalaian yang dilakukan di masa lalu. Dalam beberapa
kasus polis dapat diubah untuk mengecualikan atau membatasi penjaminan
retroactive.
Tingkah laku pegawai
Apakah
pemohon atau pendahulunya dalam bisnis mengeluarkan atau bermaksud mengeluarkan
pegawai karena:
a.
setiap tindakan
kelalaian atau kesalahan
b.
perbuatan
jahat, kriminal, penipuan atau ketidakjujuran
Ini
dilakukan untuk mengungkapkan kemungkinan suatu klaim terjadi dari aktivitas
masa lalu pegawai dan pendahulu pemohon
dalam bisnis berdasarkan penjaminan retroactive yang diberikan polis.
Klaim sebelumnya
Apakah
ada klaim yang telah dilakukan terhadap pemohon atau direktur, partner atau
pegawai untuk kelalaian dan kesalahan yang berhubungan dengan kewajiban
profesi?
Apakah
pemohon menyadari setiap kelalaian atau kesalahan atau keadaan yang dapat
menimbulkan klaim?
Ini
digunakan untuk mengetahui informasi yang dapat tersedia mengenai pengalaman
klaim sebelumnya dan setiap hal yang dapat meyebabkan klaim di masa mendatang.
Penanggung
juga menanyakan apakah yang telah dilakukan oleh pemohon untuk mencegah
berulangnya situasi yang menimbulkan klaim.
Perluasan pilihan
Apakah pemohon menginginkan untuk memperluas polis untuk
menjamin, misalkan:
·
pelanggaran
warranty kewenangan?
·
collateral
warranty?
Penetapan suku
premi
Premi
untuk bisnis tanggung gugat profesi biasanya dihitung dengan mengalikan suatu
suku premi dengan gross fee atau gross billings atau batas ganti rugi, ditambah
dalam keadaan tertentu, suatu bayaran per kapita untuk setiap orang yang
dipekerjakan dalam bisnis. Suku premi yang ditetapkan bervariasi antar profesi
dengan memperhitungkan pengalaman klaim individu penanggung dan penilaian
mereka terhadap potensi klaim dalam profesi tersebut.
Premi
juga dapat diperbesar karena adanya informasi lain mengenai risiko, misalkan:
ü lebih dari satu kantor
jika kantor terdiri lebih dari satu lokasi, risiko
dapat meningkat dengan mempertimbangkan sistem pengendalian, pemantauan dan
komunikasi antar lokasi yang berbeda
ü pengalaman klaim
pengalaman klaim yang buruk dapat menyebabkan
peningkatan premi dasar, dan dengan
kemungkinan peningkatan risiko sendiri
ü usia partner atau pengalaman bisnis
peningkatan premi dapat terjadi jika partnernya
berusia muda atau bisnis tersebut baru didirikan
ü rasio partner terhadap staf
penambahan premi tergantung pada pandangan
penanggung terhadap risiko sebagai suatu keseluruhan dan penilaian mereka
mengenai rasio yang dapat diterima antara staf yang berkedudukan sebagai
pengawas dan staf lain
Asuransi tanggung jawab profesi - Profesional Indemnity
4/
5
Oleh
sudarno hardjo