Monday, 11 July 2016

Market reseach & product development processes - Proses pengembangan produk dan riset pasar

Perusahaan melakukan penelitian pasar untuk memberikan kepuasan atas kebutuhan seluruh pasar atau pangsa pasar .

Perusahaan percaya penelitian pasar yang bertujuan :
1.                  Mengembangkan rencana pemasaran
2.                  Identifikasi target pasar
3.                  memformulasi strategi pemasaran
4.                  Mengawasi operasional pemasaran
5.                  Monitoring keberhasilan barang dan jasa

1          Proses riset pasar
1.                  Identifikasi kebutuhan informasi yang hilang untuk analisa .
2.                  Menentukan data yang dibutuhkan ( waktu dan tempat diperoleh )
3.                  Rancangan metodologi penelitian ( pertanyaan ( quis ) atau wawancara )
4.                  Rancangan ukuran sample dan karakteristik ( berapa jumlah orang yang mewakili sample yang memadai , karakteristik ; usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan )
5.                  Pengumpulan data ( Bagaimana dikumpulkan dan disimpan )
6.                  Teknologi yang digunakan dalam analisa dan hasil presentasi

2          Pengembangan Produk
Produk merupakan salah satu unsur yang paling penting dalam marketing mix.
Faktor External yang mempengaruhi pengembangan produk :
1.                   Ekonomi
2.                   Regulasi pemerintah
3.                   Pesaing
4.                   Pendekatan ke nasabah
5.                   Teknologi
6.                   Pengaruh sosial dan budaya

2A       Produk baru
Fase yang dilakukan dalam membuat produk baru :
1.                   Penelitian pasar
2.                   Rancangan produk
3.                   Uji model yang pertama ( prototype )
4.                   Melakukan penambahan yang dibutuhkan
5.                   Produksi secara komersial

2B       Existing product and product life cycle ( PLC )
Eksistensi produk dapat sukses yang mendatangkan keuntungan pada periode tertentu .
Konsep PLC semua produk memiliki keterbatasan waktu setelah melewati rangkaian dari tahapan PLC .
1.                  Pengembangan ( development )
                        Dana habis buat penelitian, pengembangan dan pengujian yang berarti perusahaan mengeluarkan biaya pada produk dibandingkan pendapatan .
            2.         Pengenalan ( Pengantar )
                        Barang dan jasa dikenalkan ke pasar. Pendapatan penjualan pada umumnya kecil   ketika baik nasabah dan distributor menjadi aware atas barang dan memutuskan           menerima produk tersebut atau tidak .
            3.         Pertumbuhan ( Growth )
Adanya penerimaan barang secara cepat dan peningkatan secara dramatis terhadap pendapatan . Pada umumnya berlanjut dengan improvisasi distribusi dan barang serta   harga bisa dikurangi .
            4.         Dewasa (Maturity )
Pasar terbuka dan lebih bersaing serta duplikasi tersedia . Penjualan dan Keuntungan         masih tinggi , tapi biaya memelihara bisnis dan meningkatnya persaingan akan menekan keuntungan .
            5.         Penurunan ( Decline )
                         Mengalami penurunan dalam penjualan . Hal ini disebabkan adanya pengenalan    teknologi sebagai pengganti atau persaingan harga yang agresif atau adanya    perubahan selera , nilai dan kepercayaan .

2C       Changing markets
            Ada 4 wilayah utama, yang seharusnya dimonitoring secara teratur :
1.                   Aktivitas pesaing
2.                   Perubahan kebutuhan nasabah
3.                   Improvisasi kualitas produk
4.                   Teknologi baru

Mengikuti perubahan pasar pada umumnya menjadi tanggung jawab Senior manager . Adaya analisa pasar tertentu membantu perusahaan menentukan bagaimana produknya dapat memuaskan nasabahnya .
Manager harus memilih reaksi setiap perubahan di pasar .

Related Posts

Market reseach & product development processes - Proses pengembangan produk dan riset pasar
4/ 5
Oleh