Dalam kaitan dengan konsep tata kelola
perusahaan, uraikan 3 (tiga)
financial statement dari suatu perusahaan.(sept 2015 no 1)
Jawaban
:
a. The profit and loss
account (required by Company low) (Bobot 40 %)
The main purpose of a profit and loss account is to show the difference between the measure of what the organization has accomplished in roles against the measure of the effort which has been put into creating those roles over a fix period of time.
The main purpose of a profit and loss account is to show the difference between the measure of what the organization has accomplished in roles against the measure of the effort which has been put into creating those roles over a fix period of time.
b. The balance sheet
(required by Company low) (Bobot 30 %)
The balance sheet reveals an organizations wealth as a particular moment.
The balance sheet reveals an organizations wealth as a particular moment.
3 Cash flow statement (required by
accounting standard)
(Bobot 30 %)
Untuk melihat keluar maksudnya uang cash selama suatu periode tertentu.
Untuk melihat keluar maksudnya uang cash selama suatu periode tertentu.
2.
Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip
akuntansi keuangan, uraikan 3 (tiga) model manajemen style dan
karaktenstiknya. (sept 2015 no 2)
Jawaban
:
1.
Open
Door
Manager dapat ditemui
oleh staf setiap saat
2.
Autocratic
Pengawasan dan kemampuan
kecil dilakukan oleh individu . Seperti Chief Excecutive
3 Paternalistic
Perusahaan melihat
seperti ketika karyawan bekerja seperti cara kebapakan , karyawan patuh kepada
Manager perusahaan , seperti seorang anak patuh kepada orang tuanya
4. Militaristic / Hierarchical
Manajemen dibentuk
dengan cara formal dengan batasan pekerjaan yang jelas
5. Democratic / Consultative
Keputusan diambil
dari referensi banyak Staf yang positif
sebelumnya .
3
Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber
daya manusia, uraikan perbedaan antara reward
yang bersifat
extrinsic dengan
intrinsic. (sept 2015 no 3)
Jawaban :
Penghargaan
dibagi 2 katagori:
1.
Intrinsik
Penghargaan Intrinsik diperoleh dari
asosiasi individu dalam melakukan pekerjaannya seperti penggunaan ketrampilan
personal secara penuh, penanganan masalah, pencapaian target, bekerja dengan
minded people , Intrinsic lebih cenderung ke arah motivasi dibandingkan dengan
ekstrinsik .
2. Ektrinsik
Penghargaan yang diberikan kepada
karyawan oleh perusahaan dan tidak muncul dari pekerjaannya sendiri . Seperti
Salary, Wages, Bonus kinerja, lembur, holiday pay dan kontribusi pensiun .
Dasar penghargaan kepada invidudu sbb :
1. Kinerja
à Cash
Bonus
2. Usaha à
3. Senioritas
4. Persamaan
4
Dalam kaitan dengan fungsi manajemen pemasaran,
uraikan apa yang dimaksud dengan market segments dan berikan contohnya. (sept
2015 no 4)
Jawaban
yang disarankan :
Market segmentation adalah suatu kelompok dari orang – orang dengan permintaan dan kebutuhan yang relative sama dibanding dengan yang lainnya dalam suatu market. Segmen ini berisi orang yang relatif sama kebutuhan dan keinginannya juga benefit dari produk yang dilihatnya.
Market segmentation adalah suatu kelompok dari orang – orang dengan permintaan dan kebutuhan yang relative sama dibanding dengan yang lainnya dalam suatu market. Segmen ini berisi orang yang relatif sama kebutuhan dan keinginannya juga benefit dari produk yang dilihatnya.
Contoh Segmentation dalam Motor car :
- Luxurious Cars
- Economy Cars
- Family Cars
- Sport Cars
- Automatic Cars
- Classic Cars dan lain sebagainya
- Luxurious Cars
- Economy Cars
- Family Cars
- Sport Cars
- Automatic Cars
- Classic Cars dan lain sebagainya
5
Dalam kaitan dengan konsep tata kelola
perusahaan, uraikan 3 (tiga) tanggung jawab direksi. (sept
2015 no 5)
Jawaban
:
1. Memastikan Executive Director dan
senior management menjalankan kepentingan Shareholder dan melaksanakan bisnis
sesuai peraturan pemerintah
2.
Menyetujui
laporan perusahaan dan akuntansi, annual budget, strategi dan other important
plan .
3.
Selecting,
appraising,rewarding CEO dan memastikan succession planning .
4.
Melihat
proses analisa risiko dan memastikan tindakan mitigasi terhadap risiko .
Memastikan
perusahaan terintegrasi dengan prinsip – prinsip dengan baik Seperti Akurasi
laporan keuangan , pemenuhan legal dan regulasi serta dengan peraturan etika
standard perusahaan
Tambahan
Board
of Directors
(BOD)
Bertanggung jawab terhadap
kebijakan perusahaan secara menyeluruh (termasuk menetapkan kebijakan
strategis utk mencapai tujuan perusahaan) Þ strategic role
Legal responsibility/ role:
1 beritikad
baik/ jujur
2 bertindak hati-hati, teliti & didasarkan keahlian yg
dimiliki
3. mengawasi pembuatan & distribusi laporan keuangan
perusahaan
4. memastikan perusahaan mematuhi peraturan hukum yg berlaku
BOD bertanggung jawab kepada
pemegang saham, hak & kewajiban BOD dituangkan dlm company’s articles of
association/ written partnership agreement.
6. Dalam
kaitan dengan prinsip akuntansi keuangan, uraikan 4(empat) pihak yang perlu
mengetahui profitability perusahaan. (sept
2015 no 6)
Jawaban
:
1.
Pemegang
Saham yang akan tertarik pada:
-
Return on keuntungan investasi mereka,
dividen, pertumbuhan modal;
-
Stabilitas
perusahaan, solvabilitas dan apakah mungkin ada kebutuhan untuk hal itu
meningkatkan modal
ekstra
-
Keuntungan masa depan perusahaan, termasuk
jenis dan penyebaran bisnisnya.
2.
Pemegang polis akan
tertarik pada:
- Stabilitas perusahaan termasuk solvabilitas sebagai jaminan
kemampuannya untuk memenuhi kewajibannya kepada mereka
- Apakah mereka mendapatkan nilai untuk uang atau jika premi
termasuk margin keuntungan yang tidak semestinya
-
Polis memiliki hak tertentu yang timbul dari pembelian polis asuransi, yang
paling penting adalah hak untuk menerima manfaat dari kontrak asuransi.
3. Analis investasi dan komentator
tertarik
Kinerja saham perusahaan, yang tergantung pada
persepsi pasar masa depan, dipengaruhi oleh, antara faktor-faktor lain, jenis
dan penyebaran bisnis, profitabilitas, cadangan didistribusikan, kebijakan
dividen, kebijakan manajemen dan kemampuan serta tren general economic.
4. Penasihat keamanan Reasuransi tertarik
dalam:
-
Tingkat kesehatan underwriting
perseroan,
-
Keamanan perusahaan seperti yang
ditunjukkan pada solvabilitas
-
Daya tahan perusahaan
-
Kekuatan kelompok mana
perusahaan berada.
5. Asuransi lain tertarik
-
Underwriting dan laba
perbandingan
-
Kebijakan pemasaran dan
perkembangan.
6. Karyawan (termasuk manajemen) tertarik:
-
Efisiensi dan profitabilitas
perusahaan secara keseluruhan;
- Rencana masa depan;
- Rencana masa depan;
-
Keamanan perusahaan, termasuk
kemungkinan pengambilalihan.
7. Pemerintah dan regulator
tertarik
- profitabilitas perusahaan itu akan
mampu:
o
memenuhi pajaknya?
o
terus mempekerjakan orang?
o
menjadi pesaing kuat di pasar
global?
-
sesuai dengan persyaratan hukum
dan peraturan
-
Sesuai dengan
tanggung jawab etika dan sosial,.
7. Dalam
kaitan dengan manfaat laporan keuangan perusahaan, uraikan 4 (empat) laporan
keuangan
berdasarkan IFRS. (sept
2015 no 7)
Jawaban
:
Laporan
keuangan IFRS terdiri :
- Neraca
- Laporan
Laba Rugi
- Laporan
arus kas
- Catatan
termasuk ringkasan kebijakan akuntansi
yang berarti .
8. Dalam
kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi keuangan, uraikan 3 (tiga)
sumber cash flow perusahaan. (sept 2015 no 8)
Jawaban
:
1 Pengguna cash flow
2. Bentuk
laporan arus kas
a. Aktivitas
operasional
b. Aktivitas
investasi
c. Aktivitas
keuangan
3. Meningkat
/ turun kas dan setara kas
. Contoh
sederhana dari laporan kas
4. Arus kas bisnis jangka panjang
9. Dalam
kaitan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, jelaskan 4 (empat) tahapan dalam
proses proses penilaian karyawan. (sept 2015 no 9)
Jawaban
:
1.
assessing
the individual performance
( menilai kemampuan individu ) : perincian tugas adalah biasa digunakan pada
saat memutuskan batas tanggung jawab telah dipenuhi, dilampaui atau jatuhnya
kurang dari standar yang diminta.
2.
ageeing
the assestment ( persetujuan penilaian ) : tahap berikutnya adalah memberikan kesempatan
untuk diskusi dan umpan balik kepada individutentang kemampuan mereka. Hal ini
biasanya dilakukan pada wawancara penilaian.
3.
identifying
training and development needs
( kebutuhan mengidentifikasi pelatihan dan pengembangan) : pelatihan dan
pengembangan individu perlu untuk dikenali, aspek ini seharusnya tidak hanya
dikonsentrasikan pada ketrampilan individu saat ini, tapi juga pada persiapan
pribadi untuk tugas yang lebih penting dimasa yang akan dating
2.
setting
objectives ( menyusun
tujuan yang akan dicapai ) : setelah tiga tahapan pertama selesai , juru
nilai dan orang yang sedang dinilai seharusnya setuju pada tujuan realistis
yang akan dicapai pada waktu review berikutnya
10. Dalam
kaitan dengan prinsip akuntansi keuangan : (sept 2015 no 10)
a. Uraikan
apa yang dimaksud dengan depresiasi.
b. Jelaskan
contoh penerapan metode depresiasi
straight line.
Jawaban yang disarankan :
a.
Depresiasi
• suatu cara untuk mengalokasikan
pembebanan biaya yang mempunyai masa guna lebih dari satu periode, biasanya
berkaitan dengan biaya asset seperti peralatan yang digunakan untuk memproduksi
barang atau jasa
• penggunaan asset ini akan menyebabkan
nilainya berkurang dari waktu ke waktu, dan pengurangan nilai ini yang disebut
depresiasi
• Pembebanan biaya dengan metode
depresiasi berbeda dengan pembebanan biaya dengan metode tunai
b.
Metode Depresiasi
• Biaya depresiasi disebarkan secara
rata ke seluruh masa guna dari suatu asset
• Contoh : Nilai asset Rp. 5.500.000
Masa guna 5 tahun
Depresiasi per tahun menjadi :
Rp. 5.500.000,- = Rp. 1.100.00 / tahun
Masa guna 5 tahun
Depresiasi per tahun menjadi :
Rp. 5.500.000,- = Rp. 1.100.00 / tahun
11. Dalam
kaitan dengan prinsip tata kelola manajemen perusahaan asuransi, jelaskan 5
(lima) langkah yang dapat membantu seorang manajer dalam mengambil keputusan. (sept
2015 no 11)
Jawaban
:
Pendekatan
alternatif yang merupakan proses keputusan dengan model 5C yang disarankan
masyarakat Industri yaitu :
1. Consider
Tahap persiapan dengan masalah yang
dipertimbangkan .
2. Consult
Inisiatif dilakukan dengan
melibatkan dampaknya .
3. Crunch
Kebutuhan untuk memastikan sesuatu
dikerjakan .
4. Communicate
Langkah telah diputuskan dan mengapa
, dijelaskan kepada staf
5. Check
Kebutuhan untuk kembali dan
monitoring hasil keputusan
12. Dalam kaitan dengan prinsip akuntansi
keuangan, uraikan : (sept 2015 no 12)
a. 3
(tiga) non current
assets.
b. 3
(tiga) current
assets.
c. 2
(dua) current liabilities.
Jawaban ::
a. 3
(tiga) non current
assets.
Jenis kekayaan yang dimiliki dari bisnis dimana
perusahaan cenderung mempertahankan
lebih dari satu tahun atau Fixed Asset (Aktiva tetap)
Seperti
:
1.
Citra dan asset tidak kentara yang lainnya ( Hak
Paten, Brand atau perizinan)
2
Harta benda misalnya Mesin dan
peralatannya, bangunan dan tanah
3.
Investasi
b.
3 (tiga)
current assets.
Jenis kekayaan yang bisnis sendiri dan cenderung
digunakan 12 bulan atau Asset yang bersifat likuid dan dapat dikonversikan
menjadi kas dalam waktu kurang dari satu tahun
Seperti
1
Kas dan kesamaan kas , Surat
berharga, Piutang Uisaha, Biaya dibayar dimuka
2
Stock
3 Debitur (Biaya
dibayar dimuka)
c.
2 (dua)
current liabilities.
Pasiva
lancar (Curent liabilities) atau hutang jangka pendek
-
Pinjaman yang harus dilunasi dalam waktu kurang dari satu
tahun
-
Hutang usaha, hutang-hutang lainnya seperti bunga ataua
pajak, biaya yang belum dibayar, surat hutang jangka pendek
13. Dalam kaitan dengan prinsip akuntansi keuangan, uraikan 7
(tujuh) perbedaan antara
akuntansi
keuangan dan akuntansi manajemen. (sept 2015 no 13)
Jawaban
:
1.
Struktur dan sumber
2.
Format
3.
Periode waktu
4.
Regulasi
5.
Persyaratan hukum menerbitkan akuntansi
6.
Akses informasi akuntansi manajemen
7.
Persyaratan Audit
14. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen
pemasaran, jelaskan 4 (empat) konsep pokok pemasaran. (sept
2015 no 14)
Jawaban
:
Pemasaran
adalah serangkaian proses manajemen berdasarkan interaksi personal perusahaan dan memahami nasabah Existing
dan potensial dimana dapat memberikan kebutuhan
dan keinginannya
.
Tambahan
Definsi marketing termasuk yang memberikan keuntungan .
Key
marketing concepts
1. Barang dan Jasa
2. Kebutuhan dan keinginan
a.
Kebutuhan manusia ( Biologi dan fisiologi
b.
Kebutuhan perusahaan dan (
sasaran, pendanaan, peralatan , supply dan jasa sesuai
dengan sasaran perusahaan ) .
3. Marketing & Market Segments
4. Marketing Mix ( Product, Price,
Promotion, Place, People dan Process )
soal jawaban 103 bisnis dan finansial ujian aamai sept 2015
4/
5
Oleh
sudarno hardjo