Thursday, 3 July 2025

MARINE HULL INSURANCE - ASURANSI RANGKA KAPAL

 

MARINE HULL INSURANCE Asuransi yang menjamin kepentingan tertanggung atas Rangka Kapal Laut terhadap kerusakan / kerugian yang terjadi sebagai akibat dari musibah / kecelakaan.

 

TERTANGGUNG

1)           Pemilik kapal

2)           Perusahaan pengirim / pengangkutan

3)           Perusahaan Pembuat kapal

4)           Pihak lain yang memiliki insurable interest (Leasing, kreditur, dll)

 

 

 

OBYEK PERTANGGUNGAN

1)         Kapal yang sudah beroperasi (In- Commision vessell)

2)         Kapal yang sudah sedang dibangun (Vessell under construction)

3)         Kapal yang sedang diperbaiki (Vessell under repair)

4)         Kapal yang melakukan pelayaran untuk diserahkan kepada pembelinya atau pemiliknya (vessell on delivery voyage)

 

KEPENTINGAN YANG DAPAT DIASURANSIKAN

1)        Rangka kapal beserta mesin-mesinnya (Hull & Machineries)

2)        Kepentingan Penyewa / pen-charter kapal (Charterer’s Interest). Biasanya berupa penggantian biaya-biaya operasional yang akan/telah dikeluarkan penyewa selama dia menyewa kapal tersebut.

3)        Biaya Sewa (Charterer’s Freight). Biasanya berupa penggantian biaya sewa atas jangka waktu sewa yang belum dijalani, diakibatkan terjadinya total loss atas kapal tersebut.

4)         Uang Tambang (Freight). Penggantian uang tambang yang baru dibayar apabila barang sudah sampai tujuan (Payable at destination)

5)        Tanggung jawab hukum ats pihak ketiga (Third party liability / Collision Liability)

 

RISIKO-RISIKO YANG DIJAMIN 

1)      Bahaya Laut (Perils of the seas) 

          •       Cuaca Buruk (Heavy weather) 

          •         Tenggelam (Sinking) 

          •          Terbalik (Capsizing) 

          •        Tabrakan (Collision) 

          •        Bersenggolan (Contact) dengan benda-benda terapung, melayang,              tetap  atau bergerak. 

          •           Kandas (Stranding) 

          •           Kapal Menyentuh dasar laut atau karang / pasir (Grounding) 

2)         Bahaya Sungai (Perils of the river) 

3)       Bahaya Danau (Perils of the lake) 

4)       Kebakaran (Fire) 

5)       Peledakan (Explosion) 

6)       Pencurian dengan kekerasan (Violence theft) 

7)       Pengorbanan bagian dari kapal dalam upaya mencegah kerugian yang lebih besar atas kapal yang bersangkutan (Jettison) 

8)       Pembajakan (Piracy) 

9)       Pecahnya / hancurnya atau kecelakaan terhadap instalasi atau reactor nuklir 

10)     Bersenggolan dengan pesawat udara atau benda-benda yang serupa atau dengan alat angkut darat, perlengkapan atau instalasi-instalasi dok atau pelabuhan. 

11)     Gempa bumi, letusan gunung berapi atau petir. 

12)     Kecelakaan pada waktu bongkar-muat, penggeseran/pemindahan barang atau bahan baker 

13)     Meledaknya boiler, patahnya As atau cacat tersembunyi pada rangka kapal atau mesin-mesinnya. 

14)     Kelalaian nahkoda, ABK, atau perwira kapal 

15)     Kelalaian bengkel (repairer)datau pen-charter 

16)     Barratry = Pelanggaran atau perbuatan salah yang dilakukan oleh nahkoda atau ABK yang dengan sengaja membuat si pemilik kapal menderita kerugian.

 

  RISIKO YANG DIKECUALIKAN 

1)          Perang (War Exclusion) 

          •         Perang sipil, revolusi, pemberontakan, atau                     tindakan   serupa lainnya. 

          •         Ditahan, disandera dalam kondisi perang 

          •       Kerusakan akibat senjata saat perang, torpedo, dll. 

2)        Pemogokan (Strikes Exclusion) 

3)      Para pelaku pemogokan, partisipan yang mengganggu proses kerja, huru-hara, atau pergolakan sipil 

4)    Terorisme ataupun akibat tindakan seseorang yang memiliki motof politik 

5)     Perbuatan Jahat (Malicious Acts Exclusion) 

6)     Ledakan 

7)      Senjata perang 

8)      Perbuatan jahat yang bermotif politik 

9)      Nuklir 

10)    Senjata / perang atom/nuklir / bahan radioaktif lainnya

 

JENIS KERUGIAN YANG DIJAMIN

1)  Kerusakan Total (Total Loss)

•(ATL) = Actual Total Loss Ã  Kapal hancur total.

•(CTL) = Constructive Total Loss Ã  Kapal belum hancur total, namun biaya perbaikannya akan melebihi nilai pertanggungannya.

2)  Kerusakan Sebagian (Partial loss)

•(GA) = General Average Ã  Mengorbankan barang demi menyelamatkan kapal, misalnya dengan mengurangi muatan, dll.

•(PA) = Particular Average Ã  Kerugian sebagian atas kapal dan kerugian sebagian tsb bukan berbentuk GA.

3)(SLC) = Sue & Labour Charges Ã  Biaya yang dikeluarkan tertanggung, pegawai, atau agennya, untuk kepentingan mencegah atau memperkecil kerugian atau kerusakan yang dijamin polis

4)(SC) = Salvage Charges Ã  Biaya yang dapat dituntu oleh pihak penolong berkenaan dengan pertolongan yang telah diberikannya terhadap kapal atau barang-barangnya.

5)(CL) = Collision Liability Ã  Tanggung jawab yang berkenaan dengan peristiwa tabrakan antara dua buah kapal.

 


LUAS JAMINAN

1)  All Risk (Full Terms) Institute Time Clause (ITC) Hull 1 / 10 / 83 (Cl. 280)

Menjamin:

a)Kerusakan Parsial (Parsial loss) baik GA ataupun PA

b)Total Loss, baik ATL ataupun CTL

c)SLC

d)SC

e)CL

2)  Total Loss Only (TLO) Institute Time Clause (ITC) Hull 1 / 10 / 83 (Cl. 284)

Menjamin:

1)Total Loss, baik ATL, CTL, ataupun Total loss yang disebabkan akibat tindakan GA

2)SLC

3)SC

4)CL

3)  Total Loss Only (TLO) Institute Time Clause (ITC) Hull 1 / 10 / 83 (Cl. 289)

Menjamin:

a)Total Loss, baik ATL ataupun CTL. (Total loss akibat tindakan GA tidak dijamin)

b)SLC

c)SC

Related Posts

MARINE HULL INSURANCE - ASURANSI RANGKA KAPAL
4/ 5
Oleh