Tuesday 20 June 2017

kelemahan atau bahaya yang mungkin terjadi apabila suatu analisa risiko hanya dilakukan berdasarkan statistik saja

 a.             Statistik sangat tergantung pada akurasi dan relevansi data yang digunakan
b.            Membutuhkan intervensi dari manajer risiko dalam menggunakan data-data  tersebut.
c.             Dengan kata lain, data tidak bisa digunakan begitu saja karena ada beberapa hal yang dapat mengganggu.


Hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan analisa statistic: 
Kita dapat mendasarkan pengambilan keputusan berdasarkan analisa statistic, namun sebelum menggunakan analisa statistic, seorang manajer risiko, juga harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
a.                  Perubahan-perubahan lingkungan
Pastikan bahwa data-data dalam menganalisa statistic telah di update/ diperbaharui dengan informasi-informasi / perkembangan2 terbaru tentang risiko yang akhir-akhir ini terjadi yang merupakan pengalaman yang nyata dan telah merubah pandangan tentang suatu risiko. Seperti:
- Peristiwa bocornya pipa gas yang menimbulkan dampak yang luar biasa bukan hanya di lingkungan industri namun juga lingkungan sekitarnya. 
- Demonstrasi besar-besaran menentang kenaikan harga bahan bakar

b.         Risiko Katastropik
                        Risiko katastropik sangat jarang terjadi, namun bila terjadi akan menimbulkan kerusakan / dampak yang luar biasa. Contoh: Hurricane (topan), strom, dll. Untuk itu, ada baiknya para ahli manajemen risiko mengambil tindakan dengan mencoba mengindentifikasi setiap risiko katastropik dengan jalan memberi nama dan mengamati frekwensi terjadinya, sehingga setidaknya risiko katastropik yang mungkin terjadi dapat diantisipasi serta dampak kerugiannya dapat diminilisasi.

c.         Kualitas input data
Angka statistic memerlukan ketepatan dan keakuratan data yang tinggi agar statistic yang dihasilkan benar-benar mencerminkan risiko yang sesungguhmya serta menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi yang benar atas tindakan yang perlu diambil guna mengantisipasi risiko  serta dampak yang ditimbulkan.
Untuk itu seorang manajer resiko sebaiknya memeriksa ulang untuk memastikan data-data yang digunakan dalam analisa statistic adalah valid dan benar.

Related Posts

kelemahan atau bahaya yang mungkin terjadi apabila suatu analisa risiko hanya dilakukan berdasarkan statistik saja
4/ 5
Oleh