Thursday 24 November 2016

BADAI, BANJIR, LEDAKAN PIPA DAN SUBSIDENCE - MASTER ASURANSI


Ledakan pipa
Faktor-faktor penilaian ledakan pipa
·         sifat system air /
·         tingkat sistem air, dan /
·         kondisi perawatannya./
Talang air merupakan risiko tambahan untuk jaminan ledakan pipa
Karena jika tersumbat atau tidak dapat menangani volum air, dapat mengakibatkan tumpahnya air yang masuk ke dalam bangunan dan menyebabkan kerusakan terhadap stok atau isi bangunan yang lain

Subsidence .
Faktor-faktor penilaian risiko ledakan pipa
·         Subsidence disebabkan oleh adanya pekerjaan bawah tanah atau mengerutnya lapisan tanah bawah yang disebabkan oleh hilangnya air karena kekeringan atau akar pohon à lapisan tanah bawah yang banyak mengandung tanah liat
·         Heave merupakan kebalikan dari subsidence dan dapat terjadi ketika air kembali ke tanah setelah kekeringan lewat atau pohon tumbang
·         Lanslip adalah suatu pergerakan ke bawah yang cepat di bawah pengaruh gravitasi dari suatu massa bebatuan atau bumi pada suatu kemiringan à Oddy v. Phoenix Assurance Company Ltd (1966)
·         Pada umumnya, subsidence, heave dan landslip dijamin sebagai suatu peril tunggal sehingga menghindari kemungkinan sengketa mengenai penyebab yang tepat dari peristiwa yang dijamin.

Badai dan banjir .
Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam menilai risiko badai
·         situasi/lokasi, apakah daerah tersebut terekspos terhadap badai atau tidak,
·         konstruksi, khususnya atap,
·         perawatan, khususnya sehubungan dengan saluran air di atop dan fasilitas pembuangan air hujan;
·         kecukupan dan kondisi fasilitas pembuangan air;
·         umur dan kondisi bangunan secara umum,
·         rincian kerusakan sebelumnya;
·         kerentanan stok, mesin dan isi lainnya;
·         situasi stok dan mesin dalam bangunan;
·         tingkat hunian, apakah bangunan selalu dikunjungi secara regular sehingga kerusakan akan cepat diketahui dan diperbaiki.
·         Didefinisikan sebagai air yang melimpah keluar batas normal dari aliran air alami atau buatan (selain tangki, peralatan atau pipa air) atau danau, kolam, terusan atau bendungan.
·         Risiko banjir juga dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Jika air laut sedang pasang, air sungai tidak dapat mengalir ke laut à daerah rnuara sungai mengalami banjir pada saat hujan lebat.
·         Risiko banjir dari pipa air utama kota yang bocor membutuhkan informasi mengenai ukuran dan tekanan pipa utama air, serta lokasi bangunan sehubungan dengan jalan à risiko lebih kecil jika bangunan berlokasi lebih tinggi daripada jalan atau di jalan yang lebih tinggi.
·         Faktor penting lain adalah kondisi sistem pembuangan air, apakah dirancang sesuai dengan pengetahuan atau mengantisipasi kuantitas air yang mungkin ada.

Badai
Dafam Oddy v. Phoenix Assurance Company Ltd (1966), Veale, J. mendefinisikan badai sebagai :
…………sejenis angin hebat yang biasanya disertai dengan hujan atau hujan es atau salju Badai tidak selalu berarti cuaca buruk secara terus menerus, atau hujan lebat atau hujan secara terus menerus.
Sebagai panduan, penanggung pada umumnya menerima bahwa telah terjadi badai apabila sejumlah bangunan di suatu daerah tertentu telah menderita kerusakan pada saat yang sama.

Related Posts

BADAI, BANJIR, LEDAKAN PIPA DAN SUBSIDENCE - MASTER ASURANSI
4/ 5
Oleh