Friday 5 January 2018

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi Jiwa Unit Link adalah paduan asuransi dan investasi dalam satu produk.

Kelebihan unit link antara lain sebagai berikut :


Sebagai produk asuransi yang banyak dipilih dan digunakan oleh masyarakat umum, maka sudah pasti asuransi unit link memiliki beragam manfaat yang dianggap menguntungkan bagi pihak penggunanya. Beberapa poin di bawah ini adalah manfaat asuransi unit link yang bisa kita dapatkan:

1.                  Perlindungan tambahan
Asuransi unit link memiliki beragam jenis asuransi tambahan (rider) yang bisa kita pilih dan sesuaikan dengan beragam kebutuhan kita. Hal ini tentu akan sangat mudah dan praktis karena kita tidak membutuhkan berbagai macam jenis asuransi dan cukup menggunakan satu unit link saja untuk segala kebutuhan kita. Namun satu hal yang patut kita perhitungkan sejak awal adalah menganai besaran premi yang harus kita bayarkan akibat adanya rider di dalam unit link yang kita gunakan, karena penggunaan rider akan selalu dibarengi dengan penambahan sejumlah premi.

2.                  Premi tidak hangus
Berbeda dengan asuransi jiwa murni, di dalam unit link premi yang kita bayarkan tidak akan hangus, dan bisa dicairkan jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya. Hal ini tentu saja cukup menguntungkan, karena pada asuransi jiwa murni akan menerapkan sistem premi hangus jika ternyata risiko yang ditanggung tidak terjadi hingga masa berlaku asuransi telah selesai.

3.                  Masa pertanggungan yang panjang
Asuransi unit link juga menawarkan masa pertanggungan yang panjang dan bahkan jauh melampaui masa pertanggungan yang ditetapkan di dalam asuransi jiwa murni. Di dalam asuransi unit link, tertanggung bisa mendapatkan masa pertanggungan selama, 75 tahun, 80 tahun, atau hingga 100 tahun. Masa pertanggungan ini akan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing yang diterapkan oleh perusahaan asuransi

4.                  Manfaat double
Sebagaimana kita ketahui, asuransi unit link merupakan layanan asuransi yang terdiri dari manfaat perlindungan dan juga investasi. Kita bisa mendapatkan kedua manfaat tersebut sekaligus, dengan hanya membayar sejumlah premi kepada perusahaan asuransi yang kita gunakan. Dengan begitu, bukan hanya perlindungan terhadap berbagai risiko yang terjadi pada diri kita saja, namun dalam hal ini kita juga akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari investasi yang kita lakukan tersebut.

5.                  Kemudahan berinvestasi
Seringkali kita mengalami kebingungan dan ketakutan pada saat harus berinvestasi pada satu instrumen investasi tertentu, hal ini bisa terjadi akibat minimnya pengetahuan kita mengenai investasi itu sendiri. Namun dengan unit link, kita akan mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam berinvestasi, karena investasi yang kita lakukan dalam unit link akan ditangani oleh ahli yang profesional yang berasal dari perusahaan asuransi yang kita gunakan. Dengan begitu, kita tidak perlu merasa khawatir dan kebingungan mengenai investasi, kita juga bisa mendapatkan informasi detail mengenai segala sesuatunya dengan cara menanyakan hal tersebut pada pihak perusahaan asuransi.
5          Polis yang tidak berubah
Asuransi unit link adalah asuransi yang fleksibel dan memudahkan kita dalam menambah dana ataupun menarik dana tersebut. Kita juga diberi kemudahan untuk mengalihkan dana investasi yang kita miliki ke jenis investasi lainnya yang disediakan oleh pihak asuransi.

6.                  Fasilitas cuti premi
Di dalam asuransi unit link, dikenal istilah fasilitas cuti premi. Fasilitas ini memungkinkan kita untuk cuti sementara dalam membayar premi yang menjadi kewajiban kita selaku tertanggung. Namun dalam masa ini, kita tetap bisa mendapatkan manfaat dari polis asuransi yang kita gunakan, termasuk mendapatkan beragam informasi lainnya yang memang menjadi hak kita sebagai pengguna unit link.

Kekurangan Asuransi Unit Link

Meski memiliki beragam manfaat, namun unit link juga memiliki risiko kerugian akibat adanya berbagai hal yang menjadi dampak dari investasi yang terdapat di dalamnya. Kita bisa melihatnya dalam beberapa poin di bawah ini:

1.                  Manfaat investasi yang tidak maksimal
Unit link pada dasarnya adalah sebuah layanan asuransi yang bertujuan untuk melakukan proteksi, dan hal ini merupakan fungsi utama dari asuransi ini. Dengan menilik hal tersebut, maka bisa dipastikan bahwa manfaat investasi yang terdapat di dalam unit link tidak akan bisa berjalan dengan maksimal, di mana investasi langsung akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan manfaat yang kita dapatkan dari investasi unit link.

2.                     Premi yang tinggi
Asuransi unit link menerapkan jumlah premi yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan asuransi jiwa murni. Hal ini bahkan bisa berkali lipat jumlahnya. Premi yang tinggi ini bisa terjadi akibat adanya fungsi investasi yang terkandung di dalam asuransi unit link, di mana pada dasarnya dana premi yang kita bayarkan memang digunakan sebagai dana investasi oleh perusahaan asuransi yang kita gunakan.

3.                  Tak ada jaminan keuntungan
Meski menawarkan investasi, namun pada dasarnya asuransi unit link tidak memiliki jaminan keuntungan pada investasi yang kita lakukan. Hal ini justru berpotensi untuk sangat merugikan, karena meskipun tidak ada jaminan keuntungan dari investasi yang kita lakukan, namun segala macam biaya yang timbul akibat adanya investasi tersebut bersifat tetap dan wajib kita bayarkan.

4          Nilai perlindungan kecil
Jika dibandingkan dengan asuransi jiwa murni, maka nilai perlindungan yang diberikan oleh asuransi unit link jauh lebih kecil. Hal ini berbanding terbalik dengan besaran premi dan biaya yang harus kita bayarkan, di mana asuransi jiwa murni justru menawarkan jumlah premi yang jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan asuransi jiwa unit link.

5          Besaran biaya asuransi terus meningkat
Meski pembayaran premi di dalam unit link bersifat tetap hingga masa pertanggungan selesai, namun pada kenyataannya biaya asuransi yang ditetapkan oleh unit link akan meningkat setiap tahun, dan hal ini tidak akan ditampilkan di dalam proposal asuransi tersebut.

Hal ini bisa dilihat dengan adanya tanda asterik (*) yang terdapat di dalam biaya asuransi, yang berbunyi: “Merupakan biaya asuransi pada saat usia masuk. Biaya asuransi akan berubah dari tahun ke tahun sesuai dengan usia pada saat tahun berjalan …”. Hal ini menjadi bukti bahwa besaran biaya asuransi yang dipungut oleh perusahaan penyedia layanan unit link, akan meningkat setiap tahunnya

Related Posts

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Unit Link
4/ 5
Oleh