Saturday 6 January 2018

Jenis asuransi jiwa Unitlink Berdasarkan Penempatan Dana

Berdasarkan penempatan dana investasinya, unitlink dibagi menjadi empat jenis, yaitu unitlink pasar uang (cash fund unitlink), unitlink pendapatan tetap (fixed income unitlink), unitlink campuran (managed fund unitlink), dan unitlink saham (equity fund unitlink). 

Pembagian berdasarkan penempatan dana ini sistemnya menyerupai pembagian jenis investasi di produk reksa dana karena memang strategi investasi unitlink berupa penempatan aset di penyertaan reksa dana

1.                 Unitlink Pasar Uang
Produk asuransi unitlink ini menempatkan seluruh porsi dana investasinya di instrumen pasar uang, seperti deposito berjangka dan surat utang yang berjangka kurang dari satu tahun.

Risikonya relatif rendah namun juga memberikan imbal hasil yang terbatas.
Produk ini cocok bagi orang yang tidak berani mengambil risiko yang besar.

2        Unitlink Pendapatan Tetap
Produk asuransi unitlink ini menempatkan porsi dana investasi yang dikelola sekurang-kurangnya 80% di instrumen surat utang atau obligasi, dan selebihnya di instrumen pasar uang.

Risiko investasinya lebih tinggi daripada unitlink pasar uang, dengan nilai imbal hasil yang lebih tinggi pula, tetapi masih lebih rendah daripada imbal hasil dari unitlink campuran atau saham.

Produk ini cocok bagi orang yang ingin mendapatkan imbal hasil yang relatif stabil

3        Unitlink Campuran
Produk asuransi unitlink campuran menempatkan porsi dana investasi di beragam instrumen, seperti saham, surat utang, dan pasar uang, dengan perbandingan yang tidak termasuk dalam kategori unitlink pendapatan tetap atau saham.

Potensi imbal hasil dan risiko dari produk ini secara teori bisa lebih besar daripada unitlink pendapatan tetap, namun lebih kecil daripada unitlink saham.

Jenis ini cocok bagi orang yang ingin mendapatkan pendapatan cukup sambil mengharapkan hasil investasi jangka panjang.

4        Unitlink Saham
Produk asuransi unitlink saham menempatkan sekurang-kurangnya 80% dari portofolio investasi yang dikelola ke dalam instrumen saham.

Saham umumnya memberikan potensi imbal hasil yang lebih tinggi berupa keuntungan modal melalui pertumbuhan harga saham dan dividen.
Unitlink saham menawarkan potensi pertumbuhan nilai investasi yang paling besar, namun dengan risiko yang paling besar pula.

Jenis ini cocok bagi orang yang mengharapkan hasil investasi tinggi dan terbiasa dengan risiko tinggi.

Ada satu lagi jenis produk asuransi unitlink terbaru berdasarkan penempatan dana yang disebut unitlink syariah, dimana porsi dana investasinya ditempatkan berdasarkan prinsip syariah.
Unitlink syariah juga dibagi menjadi empat kategori seperti di atas, seperti unitlink saham syariah, unitlink campuran syariah, dan unitlink lainnya.

Related Posts

Jenis asuransi jiwa Unitlink Berdasarkan Penempatan Dana
4/ 5
Oleh