Wednesday 22 June 2016

Soal - Jawaban UjianLSPP AAMAI 103 insurance business and financial Maret 2016

1.                  Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi keuangan, uraikan apa yang dimaksud dengan persamaan akuntansi (accounting equations). (Mar 2016 no 1)

Jawaban :
Merupakan suatu hubungan korelasi mengenai bagaimana suatu harta (assets) didanai
          Dirumuskan dalam persamaan
Assets = capital + liabilitis
          Persamaan ini harus selalu seimbang (balance)

2.                  Dalam kaitan dengan konsep dan tata kelola perusahaan, uraikan 4 (empat) peran external auditor. (Mar 2016 no 2)

Jawaban :
Lebih khusus melakukan pengawasan apakah :
1.            Laporan keuangan memberikan pandangan yang benar dan wajar dan memenuhi dengan aspek hukum yang relevan dan persyaratan regulator.
2.            Informasi yang diberikan pada laporan direksi telah konsisten dengan Akunnya.
3.            Bagian khusus dari laporan gaji Direksi telah memenuhi Undang – Undang.
4.            Perusahaan telah menjaga catatan akuntasi dengan baik

3.                  Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, uraikan 3 (tiga) komponen motivasi. (Mar 2016 no 3)

Jawaban yang disarankan :
Merupakan suatu rangkaian faktor yang mendorong kita untuk melakukan hal tertentu atau sebaliknya menarik kita dari perilaku tertentu.

Ditentukan oleh 3 komponen :
1)         Direction
                        Apa seseorang yang ingin dicoba untuk dilakukan
2)         Effort        
                        Seberapa keras yang telah dilakukan seseorang     
3)         Persistence 
            Berapa lama sesorang berusaha secara terus – menerus

4.                  Dalam kaitan dengan fungsi manajemen pemasaran, uraikan 5 (lima) proses yang dilakukan perusahaan dalam pengembangan produk. (Mar 2016 no 4)

Jawaban :
1.             Penelitian pasar
2.             Rancangan produk
3.             Uji model yang pertama ( prototype )
4.             Melakukan penambahan yang dibutuhkan
5.             Produksi secara komersial

5.                  Dalam kaitan dengan konsep tata kelola perusahaan, uraikan 5 (lima) elemen penting dalam komunikasi individu. (Mar 2016 no 5)

Jawaban :
Ada 5 unsur penting pada setiap komunikasi individu :
1.         source : biasanya perusahaan
2.         message : biasanya informasi mengenai barang dan jasa.
3.         Medium :  saluran komunikasi  tv,radio,internet,  konferensi atau seminar.
4.         reciever : seseorang atau bisnis yang menerima       komunikasi.
1.            respons : reaksi dari berita.

6.                  Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, uraikan 4 (empat) strategi pengembangan sumber daya manusia terintegrasi. (Mar 2016 no 6)
:
Jawaban :
1.             Ketrampilan yang diperlukan
2.             Nilai dan budaya perusahaan
3.             Struktur perusahaan yad
4.             Potensi pola karir

7.                  Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, uraikan 3 (tiga) faktor yang dapat membentuk budaya perusahaan. (Mar 2016 no 7)

Jawaban :
1.             Krisis perusahaan
2.             Merger dengan perusahaan lain
3.             Adaptasi membangun budaya sendiri
4.             Perubahan perusahaan
-           Rancangan pekerjaan
-           Rekruitemen Baru
-           Sistim pengawasa

8.                  Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi keua  ngan, uraikan perbedaan antara budgeting dan forecasting. (Mar 2016 no 8)
            Jawaban :
Definisi Budget : pernyataan keuangan dan kuantitatif yang disiapkan ke depan secara khusus periode akuntansi .
Fungsi Bugetting dilaksanakan ketika telah dihitung strategi perusahaan dan tujuan lain dengan rencana korporasi

Baudgetting biasanya digunakan pada waktu jangka pendek. Manager akan tertarik pada persepsi Jangka panjang dan dibuatkan penetapan rencananya .
Hal ini termasuk aktivitas yang disebut Forecasting .Forecasting digunakan untuk menjelaskan prediksi jangka menengah pendapatan dan pengeluaran perusahaan .


9.         Dalam kaitan dengan konsep tata kelola perusahaan, uraikan : (Mar 2016 no 9)
a.         7 (tujuh) keuntungan organic growth.
b.         2 (dua) kelemahannya.

:
a.         7(tujuh) keuntungan
1          Kunci Perusahaan banyak yang telah mengikuti pendekatan pertumbuhan organik telah menemukan bahwa hal itu dapat memberikan manfaat tren panjang dan hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan.

Bila dibandingkan dengan pendekatan non-organik, pertumbuhan organik dapat memberikan biaya yang lebih rendah dan keuntungan investasi lebih baik karena membuat perusahaan meregangkan batas-batasnya dan mengambil inovasi.
2          Pendekatan. memungkinkan. eksekutif untuk berkonsentrasi pada pencapaian tujuan strategis dan tidak dibelokkan oleh harus memimpin integrasi merger atau bisnis yang diperoleh.
3          Budaya orang bentrokan dan masalah moral, yang sering timbul melalui merger atau akuisisi, yang dihindari mampu terus fokus dan berkonsentrasi pada pencapaian tujuan bisnis tanpa perbedaan yang jelas dalam pendapat tentang norma-norma dan bagaimana mereka harus bekerja sama
4.         Ketika ada merger atau akuisisi perusahaan, karyawan akan mengharapkan pengurangan staf dan penghematan biaya. Ini akan memperkenalkan ketidakpastian di kalangan staf, konsekuensi yang sering cenderung menurunkan produktivitas. Suatu pendekatan organik membantu staf untuk merasa lebih aman sehingga memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada tuntutan internal. Juga dengan pendekatan ini, staf sering terlibat dalam generasi ide untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi biaya operasi.
5.         Pertumbuhan organik dapat lebih ekonomis dibandingkan dengan akuisisi. Ketika ada akuisisi perusahaan, sering premi dibayar untuk bisnis dan ini bisa mengurangi re-nilai akuisisi dan tidak meningkatkan nilai pemegang saham seperti yang diharapkan.
6.         Dari sudut pandang seorang analis, pendekatan ini memiliki manfaat nyata dalam bahwa mereka dapat mengukur efektivitas, bisnis yang telah dicapai melalui upaya internal tanpa sosok yang terdistorsi melalui merger atau akuisisi. Ini berarti cek dapat dibuat, apakah pertumbuhan bisnis adalah nyata, berkelanjutan atau benar-benar tertular.
7.         Pendekatan pertumbuhan organik juga bisa menjadi salah satu kurang berisiko. Sebuah contoh yang baik di mana hal yang salah di jalur non-organik adalah Royal Bank of Scotlands (RBS) akuisisi ABN AMRO Bank Belanda, yang mengakibatkan RBS harus diselamatkan oleh pemerintah Inggris sebagian besar disebabkan oleh portofolio beracun Bank Belanda.

b.         Kekurangan dari pertumbuhan organik
1.            Dengan pertumbuhan bisnis organik rute biasanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk tumbuh karena permintaan karyawan yang dapat menangani proses pertumbuhan seiring dengan tindakan lain yang diperlukan untuk memajukan bisnis.
2.            Ini bisa berarti komitmen waktu besar dan sumber daya sebagai personil mungkin perlu ditemukan, direkrut dan dilatih, aset tetap yang diperoleh, saluran penjualan didirikan dengan pemasaran yang luas untuk mendapatkan productsknown di lapangan baru mereka.
3.            Risiko yang lebih dapat terlibat dalam rute organik, sebagai sebuah bisnis akan perlu menanggung biaya seluruh risiko itu sendiri. Dikombinasikan dengan harus menyiapkan jalan bisnis baru dapat berarti generasi pendapatan dan keuntungan mungkin lambat.

Selain itu, aspirasi pangsa pasar dan alasan target  ditetapkan, bisnis yang berisiko dan berpotensi menguntungkan dapat diambil pada sehingga tidak hanya membahayakan prospek pertumbuhan yang sehat tetapi juga keuangan stabilitas perusahaan itu.


10.       Dalam kaitan dengan konsep tata kelola perusahaan, uraikan : (Mar 2016 no 10)
a.         Pengertian outsourching.
b.         5 (lima) kelebihan dan kekurangannya.

Jawaban :
a.         yang dimaksud dengan outsourcing.
Menggunakan ketrampilan bersumber dari luar perusahaan untuk melaksanakan pekerjaan ( Cleaning & Catering Services )
b.         Masing-masing 5 (lima) kelebihan dan kekurangan dari outsourcing.
            Keuntungan outsourcing
1.            Sebagai kebutuhan bisnis berubah, perusahaan memiliki keuntungan dari hanya membayar untuk apa yang mereka butuhkan daripada mempertahankan mereka sendiri di-rumah layanan. Hal ini terlihat ketika tidak ada permintaan untuk layanan dan perusahaan yang tersisa dengan sumber daya yang tidak terpakai. Dengan outsourcing dapat menyelesaikan dengan kontrak untuk biaya kurang dari menutup daerah rumah di-down.
2.            Bisnis ini dijamin tingkat pelayanan tertentu sebagaimana diatur dalam kontrak.
3.            Bisnis dapat anggaran untuk biaya pra-disepakati tetap untuk jasa yang telah disepakati.
4.            Perusahaan outsourcing biasanya spesialis dalam wilayah mereka dan akan membawa keterampilan baru dan metode bekerja untuk sebuah perusahaan.
5.            Banyak kontrak outsourcing menyebabkan peluang kemitraan baru antara bisnis dan perusahaan outsourcing, karena mereka belajar cara-cara baru dalam melakukan proses bisnis.
6.            Usaha yang outsourcing klaim untuk menjadi jauh lebih fleksibel dalam sikap karena mereka tidak terikat dalam rumah-praktek dan politik.
7.            Bisnis dapat meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan produk baru dan kecepatan mereka ke pasar.
8.            Usaha yang melakukan outsourcing memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada area bisnis inti mereka.

Kekurangan outsourcing
1             Setiap bentuk kontrak yang memungkinkan bisnis untuk melakukan outsourcing proses akan berarti bahwa kontrol tertentu dan arah akan hilang.
2             Bahkan jika kerusakan dapat diberikan untuk layanan yang buruk, bisnis akan kehilangan, karena pelanggan tidak akan memahami seluk-beluk kebutuhan untuk outsourcing, sehingga kerusakan pada reputasi sulit untuk membalikkan.
3             Di daerah tertentu, ada risiko nyata bahwa informasi rahasia atau rahasia akan hilang atau bocor ke luar sebagai staf eksternal tidak menyadari pentingnya mereka.
4             Jika bisnis terlalu tergantung pada proses outsourcing, maka akan terbuka untuk biaya yang lebih tinggi, karena harus mempertahankan kontrak eksternal, bahkan jika ada alternatif yang lebih murah internal
5             Jika perusahaan outsourcing masuk ke masalah keuangan bisnis akan menghadapi masalah untuk menemukan penyedia alternatif.

11.      Dalam kaitan dengan konsep tata kelola perusahaan, jelaskan 6 (enam) kelemahan dari merger and acquisitions. (Mar 2016 no 11)

Jawaban :
1.                        Mengurangi pilihan pelanggan melalui pengurangan jumlah organisasi yang menawarkan produk kepada pelanggan. Ini berarti akan ada pengurangan dalam kompetisi. Untuk menjaga terhadap hal ini Pemerintah membentuk Komisi Persaingan (sebelumnya Merger & Komisi Monopoli). Selain itu, sebagai akibat dari krisis perbankan dan kebutuhan: Pemerintah untuk masuk dan bale beberapa bank, komisaris persaingan Uni Eropa telah terlibat dan terdaftar kekhawatiran pada kurangnya kompetisi di industri perbankan di Inggris . Hal ini mungkin berarti bahwa bank-bank yang telah menerima dana akan gol publik harus dipecah untuk menciptakan persaingan yang lebih besar.
2              Dampak pada staf yang terkena dan biaya moral staf redudansi dapat dipengaruhi jauh, terutama jika proses perubahan keseluruhan tidak dikelola secara efektif. Seringkali biaya redudansi dan / atau penugasan kembali staf tinggi dengan kerugian yang signifikan dari pengalaman staf yang berharga, keterampilan dan pengetahuan.
3              Clash budaya budaya perusahaan perusahaan dapat digambarkan sebagai kepribadian organisasi. Jika ini adalah sangat berbeda dari satu sama lain itu mungkin sulit untuk menyetujui pendekatan budaya yang akan memungkinkan organisasi untuk bekerja sama secara efektif dan bergerak maju. Ada beberapa kasus di mana bentrokan budaya dicegah merger akan maju.
4              Mata dari bola 'perubahan saat mengambil tempat sering merger atau akuisisi akan menyebabkan besar' jumlah perubahan. Akibatnya, sebagian besar energi organisasi 'mungkin diarahkan terhadap proses perubahan bukannya menumbuhkan bisnis dan memberikan layanan kepada pelanggan.
5              Mengurangi layanan pelanggan sementara perubahan yang dilaksanakan sejumlah faktor dampak mungkin 'pada layanan pelanggan seperti semangat staf berkurang, kurangnya komunikasi, staf tidak tahu apa yang sedang terjadi atau apa produk mereka untuk menjual atau apa yang mereka katakan kepada pelanggan dengan akibat peningkatan dalam keluhan dan kerugian bisnis.
6              Diharapkan M & A tidak benar-benar disadari setiap kali merger atau akuisisi diumumkan, janji-janji besar yang dibuat oleh direksi dengan biaya yang dapat disimpan dan  nilai pemegang saham akan ditingkatkan. Seringkali janji tidak datang ke hasil penuh atau  tidak benar diukur sehingga nilai riil dari perubahan ini tidak jelas terlihat.


12.       Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, jelaskan 3 (tiga) komponen man power planning. (Mar 2016 no 12)

Jawaban :
Dua kunci komponen strategi Sdm adalah Tenaga kerja dan suksesi .
Perencanaan tenaga kerja membantu menentukan jumlah dan ketrampilan sdm perusahaan akan dibutuhkan untuk mencapai strategi tujuan ketika  perencanaan suksesi yang memastikan kelanjutan dan pertumbuhan manajemen bisnis dan memastikan bahwa suksesi untuk posisi kunci telah teridentifikasi dan dikembangkan

1          Sifat perencanaan Tenaga Kerja
Perencanaan Sdm untuk memastikan bahwa penyediaan orang dalama perusahaan secara kuantitas memadai dan berisi kualitas yang diperlukan untuk memastikan pencapaian sasaran perusahaan .
3 ( tiga ) komponen utama perencanaan Sdm yaitu supply,demand dan time .
Kontribusi perencanaan Sdm untuk  mengurangi masalah keseimbangan supply dan demand dengan penyediaan waktu yang dapat diambil untuk memperoleh recovery

1.             Keluaran Dari rencana tenaga kerja
Perbandingan perkiraan supply dan demand akan mengindikasikan perubahan akan dibutuhkan sehubungan dengan persyaratan tenaga kerja perusahaan .
Proses perencanaan Sdm akan menghasilkan formulasi sasaran sdm untuk mengkoreksi imbalances dengan perusahaan.
Beberapa sasaran termasuk, contoh :
            -           improvisasi progres karir
            -           modifikasi struktur usia
            -           optimalisasi campuran ketrampilan
            -           memperkecil wastage

Untuk mencapai sasaran Tenaga Kerja diperlukan perencanaan tindakan Manager :
-                      Program rekruiment
-                      Program pelatihan
-                      Redundancy
-                      Short – time working
-                      Re – organisasi
-                      Re – training dan mengembangkan ketrampilan

3          Problems and limitations
Masalah utama yang sering , memperoleh perkiraan yang akurat . Idealnya proses perencanaan dilakukan selama 5 tahun. Pelaksanaannya dapat dilakukan penyesuaian kecil dibuat perencanaan Tenaga Kerja berdasarkan tahunan .
Masalah lain yang termasuk :
            -           memperoleh informasi up dating
            -           perubahan yang cepat dalam lingkungan bisnism
            -           hukum
            -           perubahan pasar tenaga kerja
            -           Kebijakan pemerintah
            -           Kesulitan memperoleh komitmen


13.       Dalam kaitan dengan manajemen keuangan, jelaskan : (Mar 2016 no 13)
a.         4 (empat) komponen income statement.
b.         3 (tiga) format cash flow statement.

Jawaban ;
a.       4 (empat) komponen income statement
1.             Gross profit
Laba Bruto dihitung dengan mengurangi biaya penjualan dari Turnover . Biaya harus sesuai dengan pendapatan yang pada umumnya sama dengan periode akuntasi . Sehingga nilai stock yang tidak terjual tidak dimasukkan dalam laporan laba rugi.
Revenue – Jumlah nilai dari semua penjualan selama setahun .
Biaya penjualan – Biaya membeli stock selama setahun yang terjual kemudian . Tidak termasuk uang yang dikeluarkan untuk stock tapi belum terjual

            2.         Profit for the year
a.         Finance income
             Pendapatan yang diterima setiap investasi selama setahun
b.         Finance costs
             Biaya pinjaman yang dibuat perusahaan  seperti Bank loan.
c.         Overheads
             Biaya – biaya lain yang dikeluarkan oleh perusahaan seperti biaya Manajemen, Staf dan akomodasi kantor.
d.         Taxation
             Semua bisnis yang harus membayar pajak atas keuntungan .

3.         Movement in equity
            Cadangan akan meningkat atas profit dan berkurang atas pembayaran dividen kepada pemegang saham . Perubahan cadangan diubah ke modal . Contoh Statement of changes in equity (SOCE ) , Statement of recognised income and expense (SORIE )

a.            3 (tiga) format cash flow statement
1          Pengguna cash flow
2.         Bentuk laporan arus kas
a.          Aktivitas operasional
b.          Aktivitas investasi
c.          Aktivitas keuangan
            3.         Meningkat / turun kas dan setara kas
             .          Contoh sederhana dari laporan kas
            4.         Arus kas bisnis jangka panjang

14.       Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi keuangan, jelaskan 3 (tiga) metode pencadangan klaim pada perusahaan asuransi. (Mar 2016 no 14)

Jawaban :
            1.         Catagorising claims and collecting the claims statistics
            Penentuan jumlah klaim yang tepat dengan membuat klaim permintaan informasi yang berguna analisa .  Informasi klaim pada umumnya kecelakaan tahunan dan dengan alasan premi yang diterima pada akhir hari periode akuntansi dan tujuan dengan keuntungan yang membutuhkan kesesuaian dengan klaim kecelakaan  yang timbul pada hari yang sama
Informasi yang pada umumnya dikelompokkan berdasarkan Class Of Business ( Motor, property,Liability etc ) dan setiap  statistik klaim atas kelas dikelompokkan dalam katagori tergantung bagaimana pengembangan klaim setiap kelas .

                        Penetapan katagori tersebut berdasarkan :
-           Length of tail ( Pada saat dari tanggal kejadian sampai pemberitahuan dan pembayaran ) .
-           Pola klaim yang diharapkan
-           Harapan surplus atau defisit pada klaim yang sedang berjalan
-           Nilai klaim rata – rata

Rule of thumb “ Liability claims are separated from property damage claims and large claims are extracted from statistics and assesed separately “ .
Pengembangan katagori klaim untuk setiap kelas bisnis mengikuti statistik yang dikelompokkan atas kecelakaan tahunan :
            -           Jumlah klaim yang dilaporkan
            -           Jumlah yang tidak terjadi klaim
            -           Jumlah nilai klaim yang dibayarkan
            -           Jumlah nilai estimasi klaim masih outstanding pada akhir periode .

Claim development triangles :


Incident year







1
2
3
4
5
6
2xx3
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx
2xx4
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx

2xx5
Xxx
Xxx
Xxx
Xxx


2xx6
Xxx
Xxx
Xxx



2xx7
Xxx
xxx




2xx8
Xxx






2.         Range of methodologies
a.         Proyeksi klaim dibayar
            Metode sederhana mengektrapolasi pembayaran klaim dan tidak menggunakan informasi lain yang tersedia seperti biaya klaim yang terjadi .Pembayaran telah mengacu inflasi yang memiliki asumsi bahwa pengalamam klaim inflasi yang lalu akan menjadi pengalaman yad .   
b.         Proyeksi klaim yang terjadi
            Metode ini menggunakan lebih informasi, harapan metode ini akan menghasilkan lebih akurat jumlah klaim dibandingkan klaim yang dibayarkan pada proyek .
c.         Metode rasio kerugian
            Metode yang digunakan untuk dimiliki sendiri tapi dapat digunakan tahun kecelakaan terkini dimana nilai yang dibayarkan atau klaim yang terjadi rendah sehubungan dengan jumlah klaim yang diharapkan .
d.         Bornhuetter Ferguson
Kombinasi straightforward dari metode rasio kerugian dengan salah satu mengembangkan pembayaran kerugian atau kerugian yang terjadi.
Pada tahun pertama dan kedua diperkirakan klaim 5 % dan 15 % . Kemudian pengembangan tahun pertama , 5 % dari proyeksi yang akan menjadi dasar metode pengembangan pembayaran dan 95 % proyeksi rasio kerugian . Pada proporsi tahun kedua digunakan perubahan menjadi  15 % dan 85 %

3.         Menentukan jumlah yang disisihkan untuk klaim
-                     Board harus memutuskan apa yang dipresentasikan secara wajar pada laporan keuangan dan mulai dari sini opini signifikan estimasi akuntasi seperti jumlah klaim yang dikesampingkan .
-                     Board pada umumnya akan memutuskan kebijakan cadangan klaim dimana termasuk keputusan mengesampingkan jumlah klaim seperti tidak ada antisipasi yang run – off
-                     Klaim run – off , Akurasi jumlah yang dikesampingkan seperti keputusan klaim run – off .
-                     Run – off pada tahun ini : biaya yang terjadi selama setahun atas jumlah klaim yang dikesampingkan pada saat awal tahun .




Materi lengkap  soal -jawaban 103 bisnis dan finansial dari 2006 sampai 2016

Silahkan Free Download disini :   DOWNLOAD

Related Posts

Soal - Jawaban UjianLSPP AAMAI 103 insurance business and financial Maret 2016
4/ 5
Oleh