Thursday 16 January 2020

Cara Mencegah Klaim Ditolak Pihak Asuransi

Musim hujan telah meninggalkan jejak kehancuran di beberapa wilayah di Jabotabek, dan sebagian telah tergenang air dan menyebabkan kerusakan luas pada properti serta kendaraan dan aset lainnya. Ada beberapa contoh mobil yang terendam banjir atau mengalami kerusakan parah. Bagaimana membuat klaim yang cerdas untuk asuransi adalah cara penting untuk keluar dari masalah ini. Berikut adalah beberapa langkah penting yang harus diambil saat menyelesaikan klaim asuransi. 1.1 Jangan mencoba menyalakan mobil yang tenggelam Ini mungkin terdengar tidak intuitif, tetapi ini menguntungkan Anda. Jika mobil Anda tenggelam di dalam air, jangan mencoba untuk menghidupkannya. Lebih baik mencoba mengambil beberapa gambar mobil. Bahkan dalam kasus bagian rumah yang rusak, Anda perlu mengambil fotonya “Tidak wajib untuk mengambil gambar kerusakan. Tetapi lebih baik menggunakan teknologi ini untuk keuntungan Anda. Foto dan video memberikan bukti nyata dari kerusakan, Jika Anda mencoba menghidupkan mobil Anda, ini dapat merusak mesin mobil dan hal yang sama tidak dijamin polis asuransi. Jika mobil Anda rusak di jalan dan kena dampak banjir bahkan sebelum surveyor asuransi datang mencapai mobil Anda, otoritas memindahkannya bersama dengan kendaraan lain, foto-foto ini dapat ditunjukkan sebagai bukti kerusakan, Bahkan jika otoritas memindahkan kendaraan Anda sebelum Anda mengambil gambar, itu tidak mempengaruhi peluang Anda untuk mendapatkan klaim 1.2 Segera beri tahu perusahaan asuransi Banjir menyebabkan kerusakan dalam skala besar dan akan ada banyak tumpukan klaim. "Informasikan ke perusahaan asuransi sesegera mungkin dan kemudian laporkan kendaraan yang terkena dampak ke pusat layanan. Anda dapat menghubungi perusahaan asuransi melalui tetephone, android atau tertulis dengan mengisi formulir klaim yang ditentukan dan mengunjungi kantor cabang atau dengan menghubungi nomor layanan pelanggan atau melalui email. Beberapa perusahaan asuransi juga memungkinkan Anda untuk melakukan klaim menggunakan aplikasi mobile mereka. Beberapa aplikasi tidak hanya menyediakan informasi klaim, tetapi juga memungkinkan Anda mengunggah foto. Anda juga dapat mengirim foto melalui email, meskipun itu tidak wajib. Setelah memberi tahu perusahaan asuransi, mintalah nomor registrasi klaim. Agen atau broker asuransi Anda juga dapat membantu Anda mengajukan klaim. Sebagian besar Polis menuntut segera melaporkan kerugian dalam 7 (tujuh) hari setelah kejadian. “Lebih baik untuk memberi tahu perusahaan asuransi secepatnya dan memeriksa kendaraan jika ada klaim banjir karena semakin banyak waktu yang Anda gunakan untuk membawa kendaraan ke pusat layanan, semakin besar kemungkinan air menyebabkan kerusakan jangka panjang pada Kendaraan Anda. 1.3 Dokumen Polis di email Jika Anda salah meletakkan dokumen atau kehilangannya saat banjir, jangan berkecil hati. Email Anda biasanya memiliki salinan polis asuransi karena sebagian besar perusahaan asuransi mengirimkan polis tersebut melalui surat elektronik, selain mengirimkan salinan fisik kepada Anda. Jika tidak, agen atau broker Anda dapat membantu Anda. “Jika Anda telah membeli polis asuransi melalui agregator, ada kemungkinan bahwa Anda akan mendapatkan detail polis dalam satu menit dengan menelepon agregator. Perusahaan asuransi Anda juga dapat memperoleh rincian polis jika Anda memberi tahu mereka nama, nomor ponsel, dan informasi dasar lainnya. 1.4 Kerusakan dan kerugian besar ditanggung Jika banjir menghanyutkan barang-barang dan kendaraan penting Anda, jangan berkecil hati. Jika Anda memiliki polis asuransi rumah dan motor, Anda dapat mengklaim kerugian Lebih baik memilih produk asuransi motor komprehensif. Asuransi Household (building) struktur rumah tidak membayar barang di rumah. Anda perlu mengambil Polis terpisah untuk menjamin kehilangan barang-barang tersebut. Hanya Barang-barang yang terdaftar di dalam daftar isi yang diasuransikan berdasarkan polis asuransi Harta Benda. Jika banjir menyapu barang-barang yang diasuransikan, maka pemegang polis perlu menetapkan kerugian. Perusahaan asuransi akan mengambil pandangan dalam fakta-fakta yang disajikan dalam klaim dan pada saat survei. Misalnya, jika seseorang mengklaim kehilangan sebuah Barang yang disimpan di loker elektronik karena banjir, maka perusahaan asuransi akan bergantung pada tanda ketinggian air di dinding dan tingkat di mana loker ditempatkan. Jika ketinggian air jauh di bawah tingkat loker, kerugiannya tidak dapat digantikan 1.5 Proses penyelesaian yang berkepanjangan Bergantung pada besarnya kerugian Anda akan diganti setelah mengikuti proses penyelesaian klaim yang jatuh tempo. “Jika Anda memiliki jaminan nol depresiasi, biaya penggantian ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun, dengan tidak adanya itu Anda harus membayar kontribusi Anda di mana pun berlaku. Misalnya bagian tertentu mungkin berharga Rp 10.000.000, yang mungkin perlu diganti. Jika Anda memiliki jaminan depresiasi nol, perusahaan asuransi akan membayar seluruh jumlah sesuai nilai pertanggungan. Namun dalam jaminan tradisional, hanya nilai yang didepresiasi yang akan dibayarkan, misalnya Rp 8.000.000, tergantung pada tahun penggunaannya. Pemegang polis harus membayar jumlah yang tersisa. Jika mobil tidak dapat diperbaiki, kendaraan dihilangkan dan perusahaan asuransi menyatakan 'total kerugian'. "Dalam hal kerugian total, pemilik mobil dibayar sesuai nilai kendaraan yang diasuransikan". Hal yang sama berlaku untuk kehilangan barang elektronik secara total seperti komputer, pesawat televisi dan telepon seluler dan barang-barang yang diasuransikan lainnya. Sebagian besar perusahaan asuransi dengan jelas meletakkan proses untuk mengikuti dan menyederhanakan teknik penyelesaian klaim ketika klaim tersebut muncul dalam skala besar. Ini harus secara signifikan mengurangi kerumitan yang dihadapi oleh pembeli asuransi yang terkena dampak. 1.6 Ambil tindakan pencegahan Berikut adalah beberapa tips yang ditawarkan oleh para pakar industri untuk membuat proses klaim Anda lebih lancar. "Jangan membeli depresiasi nol dan Jaminan perlindungan mesin untuk memastikan ketenangan pikiran. "Manfaat tambahan dapat dibeli pada saat perpanjangan polis, jika Anda belum membelinya sebelumnya." Saat membeli polis Harta Benda (kebakaran), karena asuransi rumah, l untuk meninjau daftar benda-benda yang diasuransikan dan nilainya yang telah Anda nyatakan. Anda harus memperbarui mereka setiap kali Anda memperbarui polis. Jika Anda memiliki rumah, Anda harus mengasuransikan baik struktur maupun isi rumah. Jika Anda tinggal di rumah sewa, maka Anda memiliki pilihan untuk mengasuransikan isi rumah. 2. Hindari Kesalahan Ini Saat Mengajukan Klaim Asuransi Anda mungkin membuat kesalahan ketika mengajukan klaim asuransi. Kesalahan seperti itu mudah dilakukan tetapi dapat memiliki konsekuensi serius, termasuk pembayaran yang tertunda atau bahkan penolakan klaim. Berikut adalah kesalahan umum yang dilakukan serta langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menghindarinya. 2.1 Kegagalan Memberitahu Penanggung Anda Segera Satu kesalahan umum adalah gagal menghubungi perusahaan asuransi Anda segera tentang kecelakaan atau kerugian yang berpotensi ditanggung oleh polis Anda. Jangan tunda, Segera hubungi perusahaan asuransi Anda. Hal ini penting karena dua alasan. Pertama, klaim lebih mudah disesuaikan ketika peristiwa baru saja terjadi dan bukti masih segar. Bukti fisik dan ingatan saksi memudar seiring waktu. Kedua, pemberitahuan yang tepat waktu adalah syarat perlindungan dalam sebagian besar polis asuransi komersial. Polis properti komersial biasanya memerlukan pemberitahuan segera jika ada kerugian atau kerusakan. Sebagian besar polis pertanggungjawaban umum dan mengharuskan Anda untuk memberi tahu perusahaan asuransi sesegera mungkin dalam hal terjadi, pelanggaran, klaim, atau tuntutan. Jika Anda gagal melaporkan kehilangan atau klaim dalam waktu yang wajar, perusahaan asuransi Anda mungkin menolak pembayaran. Anda dapat melaporkan kerugian atau klaim ke agen atau broker asuransi Anda. Yang terakhir akan meneruskan informasi kepada perusahaan asuransi Anda atas nama Anda. Agen atau broker Anda akan mendapatkan formulir klaim dan membantu Anda menyelesaikannya 2.2 Dokumentasi yang Buruk Penyimpanan dokumen yang buruk di pihak Anda dapat menunda pembayaran klaim Anda. Dokumentasikan setiap komunikasi yang Anda miliki dengan perusahaan asuransi Anda mengenai klaim Anda. Catat waktu, tanggal, dan konten setiap percakapan verbal. Simpan semua dokumen dalam file terpisah sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan cepat. Jika Anda mengirimkan dokumen kertas ke perusahaan asuransi Anda, simpan salinan masing-masing untuk file Anda. Pastikan untuk mencatat tanggal dokumen dikirimkan. Jika Anda berbicara dengan penangan klaim atau karyawan perusahaan asuransi lainnya di telepon, kirimkan ringkasan percakapan kepada orang itu melalui surat atau email Ketika terjadi kecelakaan atau kehilangan, dokumentasikan adegan dengan kamera jika Anda dapat melakukannya dengan aman. Ambil foto properti Anda yang rusak. Kirim gambar ke perusahaan asuransi Anda ketika Anda mengajukan klaim. Foto-foto dapat membantu memverifikasi deskripsi tertulis Anda tentang peristiwa dan properti yang rusak. 2.3 Kegagalan untuk Bekerja Sama Dengan Penanggung Anda Anda juga dapat menunda pembayaran klaim jika Anda tidak bekerja sama dengan perusahaan asuransi Anda. Perusahaan asuransi Anda membutuhkan kerja sama Anda untuk menyelesaikan klaim Anda secara efisien dan efektif. Jika Anda gagal mematuhi permintaan perusahaan asuransi untuk informasi yang terkait dengan klaim Anda, tindakan Anda dapat memberikan alasan kepada perusahaan asuransi untuk menolak pertanggungan. Banyak perusahaan asuransi melampirkan instruksi tertulis pada polis mereka mengenai prosedur yang harus Anda ikuti jika terjadi kecelakaan atau kerugian. Simpan instruksi ini dengan polis Anda sehingga Anda dapat memeriksanya sebelum mengajukan klaim. Anda juga harus terbiasa dengan kondisi kerugian dalam polis Anda. Ini menguraikan kewajiban yang harus Anda penuhi di dalam kontrak asuransi untuk mendapatkan pembayaran untuk klaim atau kerugian. Banyak polis yang secara khusus menyatakan bahwa Anda harus bekerja sama dengan perusahaan asuransi dalam penyelidikan atau penyelesaian klaim. Polis pertanggungjawaban juga mengharuskan Anda untuk bekerja sama dalam pembelaan Anda. 2.4 Kegagalan untuk Mempertahankan Properti Yang Rusak Jika properti di tempat atau tempat kerja Anda rusak oleh kebakaran, banjir atau bahaya lainnya, Anda mungkin tergoda untuk membuangnya. Jangan lakukan itu, Biarkan properti seperti itu sampai adjuster telah memeriksanya. Kalau tidak, Anda bisa menghancurkan bukti berharga dari kerugian. Perhatikan bahwa jika properti yang diasuransikan di bawah properti komersial atau asuransi kerusakan fisik otomatis rusak, Anda wajib melindungi properti itu dari kerusakan lebih lanjut. Sebagai contoh, anggaplah angin topan membuat lubang di atap gedung yang Anda miliki. Anda harus melindungi atap dari kerusakan lebih lanjut oleh hujan atau bahaya lainnya dengan menutupi lubang dengan terpal atau bahan serupa. 2.5 Tidak Menelepon Polisi Dalam beberapa kasus, Anda dapat melanggar ketentuan polis Anda jika Anda gagal memanggil polisi. Banyak polis properti komersial mewajibkan Anda untuk menghubungi polisi jika hukum telah dilanggar. Misalnya, vandalisme umumnya dilarang oleh hukum, jadi Anda harus menelepon polisi sebelum mengajukan klaim vandalisme. Polis standar menyatakan bahwa Anda harus menghubungi polisi jika mobil yang dilindungi atau peralatannya dicuri. Anda harus menelepon polisi setelah kecelakaan mobil walaupun Anda tidak diharuskan untuk melakukannya berdasarkan polis. Dibagian polis mewajibkan Anda untuk memberi tahu polisi jika ada yang terluka atau terbunuh, atau jika kecelakaan tersebut telah menyebabkan kerusakan properti yang melebihi jumlah rupiah tertentu. Laporan polisi dapat bermanfaat bagi Anda dan perusahaan asuransi Anda karena memverifikasi fakta yang terkait dengan kecelakaan atau kehilangan tersebut. Laporan dapat membantu mempercepat penyelesaian klaim Anda. 2.6 Membayar Klaim Pihak Ketiga Keluar dari Saku Jika kecelakaan terjadi di mana pihak ketiga mengalami cedera tubuh ringan atau kerusakan properti, Anda mungkin tergoda untuk memberikan kompensasi kepada orang tersebut dari kantong Anda daripada mengajukan klaim ke asuransi. Ini adalah ide yang buruk karena beberapa alasan. Pertama, cedera yang tampak minor pada saat kecelakaan dapat menjadi serius. Demikian juga, beberapa cedera mungkin tidak segera terbukti. Seseorang yang kendaraannya Anda rusak dalam tabrakan otomatis dapat mengalami kendala beberapa hari setelah kecelakaan. Kedua, Anda dilarang untuk secara sukarela melakukan pembayaran, dengan asumsi kewajiban apa pun, atau mengeluarkan biaya apa pun tanpa persetujuan dari perusahaan asuransi Anda. Jika Anda melakukan pembayaran kepada seseorang yang kemudian mengajukan klaim atau gugatan terhadap Anda, perusahaan asuransi Anda dapat menolak pertanggungan untuk klaim dengan alasan bahwa Anda melanggar ketentuan polis. Berpikir dua kali sebelum Anda melakukan pembayaran dari kantong anda untuk cedera, kerugian. Seperti disebutkan sebelumnya, luka yang tampaknya kecil bisa menjadi besar. Mereka juga dapat menghasilkan tuntutan hukum terhadap Anda. 2.7 Tidak Mempertanyakan Perhitungan Perusahaan Asuransi Anda Sebagian besar klaim kerusakan properti otomatis diselesaikan berdasarkan perhitungan asuransi atas nilai properti yang rusak. Mobil yang rusak biasanya dinilai berdasarkan nilai tunai aktualnya. Properti komersial yang rusak dapat dinilai berdasarkan nilai tunai aktual atau biaya penggantiannya. Tidak peduli berapa nilai properti Anda yang rusak, Anda harus mendapatkan perkiraan realistis biaya untuk memperbaiki atau menggantinya. Jangan berasumsi bahwa perkiraan biaya asuransi ini akurat. Biaya perbaikan dan penggantian sangat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Biaya konstruksi di diluar pulau jawa secara signifikan lebih tinggi daripada di pulau jawa. Jika nilai properti Anda sulit dinilai, pertimbangkan untuk menyewa adjuster publik untuk membantu Anda. Adjuster publik yang berpengalaman akan menghitung biaya perbaikan atau penggantian untuk Anda dan membimbing Anda melalui proses klaim. Orang ini akan bernegosiasi dengan adjuster perusahaan asuransi atas nama Anda untuk mendapatkan penyelesaian yang menguntungkan. 2.8 Mengakui bahwa Anda Salah Ketika kecelakaan terjadi di mana orang lain terluka atau properti mereka rusak, jangan mengakui tanggung jawab. Ada beberapa alasan untuk ini. Untuk satu hal, penyebab kecelakaan mungkin berbeda dari apa yang Anda pikirkan. Kecelakaan itu mungkin melibatkan faktor-faktor yang tidak terlihat ketika insiden itu terjadi. Kedua, pihak yang terluka mungkin mengajukan tuntutan terhadap Anda. Penerimaan tanggung jawab Anda dapat merusak kemampuan perusahaan asuransi Anda untuk membela Anda terhadap klaim. Ketiga, polis pertanggungjawaban melarang pemegang polis untuk memikul kewajiban apa pun tanpa persetujuan dari perusahaan asuransi. Pengakuan kesalahan mungkin merupakan pelanggaran kontrak asuransi, yang dapat menjadi alasan bagi penanggung untuk menolak pertanggungan atas klaim. 2.9 Gagal Menindaklanjuti Dengan Adjuster Setelah mengajukan klaim, Anda dapat duduk, bersantai, dan menunggu pembayaran dari perusahaan asuransi Anda. Jawabannya adalah tidak, Jangan lupa selalu mengikuti perkembangan jejak klaim Anda. 2.10 Gagal Membaca Polis Anda Beberapa orang senang membaca kontrak asuransi. Namun, membaca polis Anda sangat penting karena Anda perlu memahami apa yang dijamin dan tidak dijamin. Baca polis Anda segera setelah Anda menerimanya dari perusahaan asuransi Anda. Jika Anda kesulitan memahami kata-kata itu, minta bantuan agen atau broker Anda. Tinjau polis Anda lagi sebelum Anda mengajukan klaim. Pastikan Anda memahami tugas yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan pembayaran atas kerugian 3. Hindari kesalahan selama proses kecelakaan mobil Klaim asuransi kecelakaan tidak semudah disetujui seperti yang dipikirkan kebanyakan orang. Dari titik kontak hingga mengembalikan mobil Anda ke jalan, berikut adalah kesalahan umum yang tidak boleh Anda lakukan selama proses klaim. Masuk ke dalam kecelakaan mobil adalah bagian yang tidak menguntungkan dan berada di jalan. Suka atau tidak, itu bisa terjadi pada siapa saja, setiap hari. Dan itu tidak selalu merupakan kasus sederhana untuk membuktikan bahwa Anda tidak bersalah dan berhasil memperbaiki mobil Anda tanpa mengeluarkan sepeser pun. Karena itu, penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan yang lebih penting apa yang tidak boleh dilakukan jika ada masalah, sehingga masalah yang lebih kecil akan muncul selama proses klaim asuransi. Agar tidak menjadi korban dari sistem, berikut adalah lima kesalahan yang harus dihindari ketika Anda perlu membuat klaim asuransi kendaraan bermotorn 3.1 Memindahkan kendaraan yang terlibat sebelum mendokumentasikan Kecuali jika mobil Anda perlu dipindahkan ke bahu jalan untuk alasan keamanan, ambil semua foto yang diperlukan (area kecelakaan, kondisi lalu lintas, sudut benturan, plat nomor, kerusakan yang terlihat, dan keterangan pengemudi) sebelum memindahkan mobil Anda. Anda tidak akan mau mengambil risiko memberi perusahaan asuransi yang terlibat memberi kesempatan untuk menyengketakan klaim Anda dan harus membayar semua kerusakan? 3.2. Menentukan kesalahan Wajar jika pihak-pihak yang terlibat dalam kecelakaan mencoba saling menyalahkan. Dan jangan terkejut bahwa bahkan setelah menerima kesalahan di tempat kejadian, pihak lain dapat mengubah ceritanya setelah berbicara dengan asuransi mobilnya. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendokumentasikan adegan kecelakaan dengan benar, dalam hampir setiap cara yang memungkinkan. Terlepas dari foto, pernyataan saksi bisa jadi sangat penting. Jika Anda atau penumpang Anda dapat mencatat saksi mata, itu sangat membantu. Nyalakan perekam video atau suara di telepon Anda dan rekam apa yang terjadi, dapatkan nama dan nomor telepon, dan sebagainya. Jika tidak, dapatkan surat tertulis dan ditandatangani 3.3 Gagal bertindak cepat Semakin lama Anda perlu memberi tahu perusahaan asuransi Anda, semakin sulit bagi Anda. Jangan menghabiskan waktu berhari-hari untuk mengirim pesan kepada pihak lain sebelum memutuskan untuk mengajukan klaim asuransi. Kecelakaan itu harus dilaporkan kepada perusahaan asuransi Anda dalam waktu 72 jam, atau pada hari kerja berikutnya. Jika Anda gagal melakukannya, Anda tidak akan ditanggung, dan perusahaan asuransi Anda akan memiliki hak untuk menolak klaim Anda. Anda juga harus membuat laporan polisi ketika kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan, kerusakan properti, pejalan kaki atau pengendara sepeda, kasus tabrak lari, atau cedera yang memerlukan rawat inap atau perawatan medis. 3.4 Truk derek dan bengkel yang tidak resmi Kecuali Anda telah membayar premi asuransi yang lebih tinggi untuk memperbaiki mobil Anda di bengkel pilihan Anda, hindari tawaran dari operator dan bengkel truk penarik yang tidak sah. Menerima bantuan mereka dapat mempersulit klaim Anda. Sangat penting untuk mencari nasihat dari perusahaan asuransi Anda di hotline mereka sebelum berdiskusi dengan operator truk derek yang ada di lokasi dan mengirim mobil Anda ke bengkel reparasi. Jika Anda mencium yang tidak beres atau tidak mengerti sesuatu, bicarakan lagi dengan perusahaan asuransi Anda. 3.5. Settlement yang tertunda Jangan menganggap semuanya berjalan lancar setelah klaim selesai. Anda berhak tahu apa yang terjadi dan memeriksa status kasus Anda, paling tidak 1 kali sehari. Penundaan mungkin semata-mata karena perusahaan asuransi mobil sedang menunggu untuk menerima dokumen yang hilang dari Anda atau untuk mendengar dari Anda. Tidak ada ruginya bertanya apakah ada yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat prosesnya. 3.6. Menerima Penyelesaian Cepat. Jika Anda telah terluka parah dalam kecelakaan mobil, Anda mungkin memiliki tagihan medis yang tinggi di atas hilangnya pendapatan dan kerusakan kendaraan. Perusahaan asuransi tahu Anda sedang stres. Mereka tahu apa ukuran penyelesaian klaim asuransi kecelakaan mobil untuk menawarkan sehingga akan terlihat cukup baik untuk Anda terima. Bahkan, mereka tahu itu kurang layak bagi Anda, tetapi begitu Anda menandatangani cek, mereka lolos dan dapat menutup file Anda. Anda harus ingat bahwa setelah cedera serius, Anda mungkin memerlukan rehabilitasi fisik, pekerjaan di luar perawatan medis. Anda mungkin memiliki masalah medis yang memerlukan perawatan berkelanjutan. Anda mungkin akan terjebak dengan biaya medis di masa depan dan harus membayarnya sendiri.

Related Posts

Cara Mencegah Klaim Ditolak Pihak Asuransi
4/ 5
Oleh