Wednesday 25 May 2016

Soal - jawaban 101 prinsip dan praktek asuransi ujian aamai maret 2015



berkaitan dengan kebutuhan dasar asuransi, uraikan masing-masing 2(dua) manfaat asuransi bagi tertanggung berbentuk perusahaan dan bagi masyarakat secara luas. (mar 2015 no 1)

            Jawaban :
manfaat asuransi bagi tertanggung berbentuk perusahaan
1          Peace of mind
-           Dengan mengetahui bahwa telah ada asuransi untuk menanggulangi akibat finansial dari risiko-risiko tertentu, maka timbul ketenangan (peace of mind) bagi Tertanggung; baik perorangan maupun perusahaan
-           Jika banyak risiko yang dapat menimbulkan hilangnya modal, maka orang tidak mau berinvestasi dalam dunia usaha
-          Lapangan kerja terbatas, pasokan barang berkurang, kebutuhan impor meningkat, kesejahteraan secara umum menurun
-         Dengan berasuransi, sebagian risiko-risiko dialihkan ke perusahaan asuransi
-           Insentif bagi pengusaha untuk lebih berinvestasi

2.         Social benefits
-         Dengan berasuransi, pengusaha mempunyai dana untuk memulihkan usahanya setelah terjadinya suatu risiko kerugian; menjadi pemacu aktivitas usaha
-           Lapangan kerja dapat dipertahankan. pasokan barang atau jasa dapat dijamin; sumber pendapatan bagi masyarakat secara umum tetap terjamin

manfaat asuransi masyarakat secara luas.
1.         Loss control
-          Perusahaan asuransi mempunyai kepentingan untuk menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan risiko kerugian; bukan hanya untuk meningkatkan profitabilitas mereka sendiri tapi juga berkontribusi bagi penurunan secara umum atas kerugian ekonomi akibat peristiwa kerugian
-          Banyak perusahaan asuransi mengembangkan keahlian di bidang teknologi yang beragam dari pengendalian risiko
-         Melalui pengalamannya dalam menghadapi risiko-risiko yang ditutup perusahaannya, surveyor perusahaan asuransi umumnya memberikan saran-saran (advices) tentang pengendalian risiko kepada Tertanggung

2          Social benefits
-         Dengan berasuransi, pengusaha mempunyai dana untuk memulihkan usahanya setelah terjadinya suatu risiko kerugian; menjadi pemacu aktivitas usaha
-          Lapangan kerja dapat dipertahankan. pasokan barang atau jasa dapat dijamin; sumber pendapatan bagi masyarakat secara umum tetap terjamin

2.        Berkaitan  dengan  konsep manajemen risiko, uraikan 2(dua)  aspek  utama  dalam pengukuran tingkat risiko. (mar 2015 no 2)

Jawaban :
Risiko biasanya dinilai dari segi:
•           Frekuensi: seberapa sering akan terjadi?
•           keparahan: ketika itu tidak terjadi, seberapa serius akan itu?

Faktor-faktor yang berhubungan dengan kedua frekuensi dan keparahan harus diperhitungkan dalam penilaian kami dari risiko, dan hubungan ini bervariasi dari satu resiko yang lain.

1.         Frekuensi tinggi dan rendah Keparahan
Dalam hal ini, akan ada sejumlah besar kerugian kecil dan kerugian besar relatif sedikit.

Contohnya, pencurian ponsel atau klaim kaca depan motor. Penelitian ke industri
insiden telah menunjukkan pola yang sama. Segitiga Heinrich (menunjukkan bahwa untuk setiap luka yang besar di tempat kerja, ada 30 yang kecil dan 300 non-cedera kecelakaan.

Kerugian tersebut relatif diprediksi dan dapat disebut sebagai biaya klaim `mendasari 'dan harus kira-kira berada dalam proporsi langsung dengan anggota unit paparan diasuransikan. Sebuah underwriter bijaksana harus dapat memprediksi tingkat kerugian sampai tingkat tertentu toleransi. Sebagai contoh, pada akun properti yang mungkin Anda harapkan antara 20% dan 25% dari total premi yang akan terkena biaya klaim yang mendasari, yaitu tidak termasuk cuaca dan lemparan besar yang telah melekat pada mereka tingkat volatilitas.

2.         Rendah frekuensi dan keparahan tinggi
Di sini, situasinya adalah sebaliknya: akan ada insiden lebih sedikit, tetapi ketika mereka lakukan terjadi hasilnya akan jauh lebih serius. Grafik akan terlihat sebagai berikut:

Sebuah contoh yang baik dari jenis profil risiko akan menjadi kecelakaan yang melibatkan kapal laut minyak pembawa, misalnya

Exxon Valdez, atau minyak Buncelield insiden depot pada tahun 2005. Kemajuan teknologi dapat membantu mengurangi frekuensi kecelakaan.

Kerugian ini jauh lebih diprediksi dibandingkan dengan kerugian yang mendasari kami sebut di atas. Akibatnya, entitas asuransi akan mempengaruhi reasuransi untuk lebih lanjut tentang reasuransi) untuk melindungi diri terhadap volatilitas tersebut.

Reasuransi akan berlaku untuk:
•           besar kerugian yang spesifik, atau

•         akumulasi eksposur yang menciptakan kerugian besar untuk asuransi setelah peristiwa tunggal; atau
•           efek dari akumulasi peristiwa selama periode tertentu.
            Sebagai bagian dari proses ini asuransi akan memantau akumulasi.

3.         Berkaitan dengan struktur pasar asuransi, uraikan masing-masing 2 (dua) kelebihan dankekurangan direct marketing sebagai salah satu saluran distribusi pemasaran asuransi darisudut pandang tertanggung. (mar 2015 no 3)
           
Jawaban :
Penjualan secara langsung maksudnya tidak melibatkan pihak lain dalam pendistribusiannya, beberapa keuntungan yang diperoleh antara lain:
1.                menurunkan biaya pemasaran karena tidak memerlukan extra cost untuk membayar pihak lain sehingga diharapkan premi dapat bersaing
2.                dari sudut pandang pembeli, mereka dapat dengan langsung berinteraksi dengan penjual sehingga merasa nyaman

Kerugian :
1.                Salah satu kelemahan dari sudut pembeli pandang adalah bahwa produk hanya satu perusahaan tersedia , kecuali beberapa panggilan telepon yang dibuat .
 2         Kerugian lebih lanjut dari sudut pembeli pandang adalah bahwa tidak ada saran independen mengenai kesesuaian tersedia dan tidak ada bantuan yang independen dalam hal klaim

4.         Berkaitan dengan prinsip dasar asuransi dalam perjanjian asuransi, uraikan pengertian average condition. (mar 2015 no 4)
           
Jawaban :
Terjadi karena ada under insurance
Dikarenakan penanggung hanya menikmati premi penyelesaian claim sebagai indemnity, dengan rumusan sebagai berikut:

Sum Insured x Loss
Full value

Tertanggung menerima kurang dari apa yang dideritanya tapi secara implisit tertanggung mendanai sendiri karena under insurance or self insurance

5.         Berkaitan dengan prosedur underwriting, uraikan isi deklarasi dan penngatan (attestation clause) yang umumnya terdapat pada bagian akhir dari Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA). (mar 2015 no 5)

Jawaban :
Proposal form biasanya juga memuat juga deklarasi yang menegaskan bahwa proposal dan isinya adalah dasar dari pada kontrak dan proposer akan menerima bentuk kontrak penanggung. Proposer menjamin kebenaran jawaban-jawabannya, namun pada saat ini jaminan dimaksud dibatasi dengan kata-kata:
            “To the best knowledge and belief of proposer”

6.         Berkaitan dengan prosedur underwriting, uraikan 3 (tiga) hal pokok tentang polis asuransi sebagai bentuk formalitas dari apa yang telah disepakati para pihak dalam perjanjian asuransi. (mar 2015 no 6)

Jawaban :
Polis adalah suatu dokumen yang merupakan bukti akan adanya kontrak / perjanjian, tetapi bukan perjanjian itu sendiri. Di dalam kontrak tersebut ada offer and acceptance.
1.               Offer      :           tertanggung menyerahkan risiko untuk diambil alih oleh penanggung ( pada proposal form)
2.              Acceptance        :           penanggung menerima pengalihan tersebut dengan menerbitkan polis (dalam polis)
3.              Yang menandatangani proposal form adalah tertanggung, sedangkan yang menandatangani polis adalah penanggung

7.         Berkaitan dengan sifat risiko dan loss ratio klaim terhadap premi, uraikan 3 (tiga) hal yang selalu dinilai atau dipertimbangkan dalam proses underwriting asuransi. (mar 2015 no 7)

Jawaban :
Klaim adalah “cost of production” untuk perusahaan asuransi dan analisa yang akurat dari
1          sejarah masa lalu klaim (dan mengalir dari ini, peramalan biaya masa depan klaim) sangat penting untuk profitabilitas akun underwriting entitas asuransi.
2          Identifikasi tren adalah pertimbangan utama bagi manajer underwriting ketika membuat keputusan mengenai hal underwriting dan premi.
3          Menganalisis informasi klaim dalam berbagai cara menyediakan manajer underwriting dengan informasi yang diperlukan untuk memastikan bahwa prediksi dapat dibuat tentang pola hilangnya masa depan dan, pada gilirannya, premi yang diperlukan untuk menutupi masa depan biaya klaim diantisipasi.
Ada banyak cara yang berbeda bahwa analisis ini dapat dilakukan dan banyak detail dari teknik analisis klaim berada di luar ruang lingkup matakuliah ini. Namun, pentingnya informasi mengenai klaim dalam persyaratan underwriting dan tarif premi dapat dihargai melalui pemahaman dari berbagai pertanyaan underwriter akan bertanya ketika mempelajari data klaim

8.        Berkaitan dengan konsep pemantauan kinerja underwriting, uraikan perbedaan konsep pemantauan berdasarkan tahun underwriting dan tahun pembukuan. (mar 2015 no 8)

                        Jawaban :
1.               Underwriting year
Jenis periode pemantauan digunakan pada tingkat akun, dengan data polis individu yang dikelompokkan ke dalam tahun underwriting 'berdasarkan tahun di mana incepts  polis  (atau memperbarui).

Dengan asumsi periode polis dua belas bulan panjangnya , dua tahun akan berlalu antara awal tahun underwriting dan tanggal terakhir dari cover polis terakhir yang melekat pada tahun itu. Namun, risiko tersebut akan menjadi tunduk pada underwriting tertentu dan filsafat harga yang digunakan selama tahun underwriting. periode pemantauan sehingga berfokus pada kedua tren klaim dan juga dampak dari pengambilan keputusan karena berkembang dengan waktu.

2                  Accounting Year
ini mirip dengan pendekatan tahun kalender, tetapi dengan modifikasi berikut:
-        Periode akan tergantung pada tahun keuangan, misalnya 01/10-0/09,  bukan 01/01-31/12.
-           premium prospektif dan perkembangan klaim dari akhir  tahun buku harus diperkirakan.

Karena perkiraan digabungkan, tren lebih sulit untuk dideteksi, karena itu, informasi ini hanya boleh digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan sebagai upaya terakhir.

Related Posts

Soal - jawaban 101 prinsip dan praktek asuransi ujian aamai maret 2015
4/ 5
Oleh